Matematika

Cara Menghitung Volume Balok

cara menghitung volume balok
Written by Elsya Islamay

Cara Menghitung Volume Balok – Grameds tentu tahu bukan bahwa dalam ilmu matematika kita dapat mempelajari beberapa cabang ilmu di dalamnya, seperti aljabar, geometri, aritmatika, dan lain sebagainya. Tidak terkecuali dengan berbagai macam dari bentuk bangun datar dan bangun ruang.

Akan tetapi, kita tidak akan membahas cabang ilmu matematika secara keseluruhan ya grameds. Pada satu artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara menghitung volume dari salah satu bangun ruang.

Sebelum itu, grameds tahu tidak apa saja yang termasuk ke dalam macam-macam bangun ruang?

Bangun ruang mencakup kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola. Umumnya bangun ruang tersebut memiliki rumus, ciri-ciri, sifat, dan lain sebagainya dengan masing-masing perbedaannya. Dengan demikian, artikel ini akan membahas salah satu dari bangun ruang, yaitu balok.

Balok adalah salah satu jenis bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi dengan enam bidang sisi yakni berupa persegi panjang. Balok juga mempunyai enam buah sisi, delapan titik sudut, dan dua belas rusuk.

Adapun, bidang-bidang sisi pada balok letaknya saling berpasangan dan sejajar. Sisi-sisi pada balok yakni panjang, lebar, tinggi, dengan memiliki panjang yang berbeda.

Grameds juga bisa membaca salah satu rekomendasi buku berikut ini yang berjudul “Bangun Datar dan Bangun Ruang” karya Dewi Djuwita yang hanya tersedia di Gramedia.com untuk mengetahui lebih jelas lagi tentang beberapa informasi lainnya tentang bangun ruang. Langsung saja klik di bawah ini ya grameds!

beli sekarang

Bentuk balok pun banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti kotak makanan, penghapus, bak ikan, kotak minuman, bak mandi, kotak sepatu, kotak pos, buku, lemari, kulkas, dan lain sebagainya.

Nah, grameds telah mengetahui apa yang dimaksud dengan balok melalui ulasan artikel sebelumnya bukan? Selanjutnya, kita akan mengetahui bagaimana cara menghitung volume pada balok. Simak hingga akhir artikel di bawah ini ya grameds!

Rumus Volume Balok

Diketahui bahwa cara menghitung volume balok sangatlah sederhana dan mudah untuk diingat. Cukup dengan mengalikan tiga buah sisi pada balok tersebut, yakni panjang, lebar, dan tinggi.

Sumber: Kelasprogrammer.com (Google)

Salah satu hal paling penting yang perlu diperhatikan dalam menghitung volume balok ini adalah memastikan panjang pada seluruh sisinya dalam satu satuan yang sama. Misalnya panjang pada balok tersebut dinyatakan dalam cm atau m, maka pada lebar dan tingginya juga harus dinyatakan dalam cm atau m sehingga didapatkan hasil yang benar dan sesuai.

Dengan demikian, satuan pada volume balok adalah satuan panjang pangkat tiga atau yang biasa dikenal dengan istilah kubik. Misalnya, cm3 (centimeter kubik), m3 (meter kubik), dan lain sebagainya.

Agar grameds lebih memahami bagaimana cara menghitung volume balok, maka perhatikan beberapa contoh soal berikut ini dengan menggunakan rumus di atas.

Contoh Soal 1 

Diketahui bahwa terdapat panjang, lebar, dan tinggi suatu balok berturut-turut adalah 3 cm, 2 cm, 4 cm.

Ditanya: hitunglah volume pada balok tersebut?

Jawab:

Diketahui bahwa panjang = 3 cm, lebar = 2 cm, dan tinggi = 4 cm.

V = p x l x t

V = 3 x 2 x 4

V = 24 cm3

Tidak perlu khawatir ya grameds, kamu dapat mempelajari lebih luas lagi tentang bagaimana cara menghitung volume balok atau bangun ruang lainnya melalui rekomendasi buku pelajaran berikut ini karena cara menghitung volume balok dapat dipelajari pada bangku sekolah dasar kelas 5. Kamu dapat mengetahuinya lebih dulu jika telah membaca dan melatihnya sehari-hari di rumah sehingga mudah saat menemukan soal seperti ini dalam pelajaran di sekolah. Langsung saja klik di bawah ini!

beli sekarang

Contoh Soal 2 

Diketahui suatu balok memiliki panjang 10 m, lebar 2 m, dan tinggi 200 cm.

Ditanya: Hitunglah berapa volume pada balok tersebut?

Jawab:

Cara penyelesaian pada contoh soal yang kedua pada dasarnya sama saja dengan soal sebelumnya, akan tetapi pada tinggi balok tersebut belum menggunakan satuan yang sama. Maka dari itu, kamu harus menyamakan satuan tersebut terlebih dahulu sehingga memiliki satuan yang sama.

Panjang = 10 m

Lebar = 2 m

Tinggi = 200 cm menjadi 2 m

Maka, masukkan pada rumus v = p x l x t

V = 10 x 2 x 2

V = 40 m3

Contoh Soal 3 

Sebuah balok mempunyai panjang 300 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 20 cm.

Ditanya: hitunglah berapa volume pada balok tersebut?

Jawab:

V = p x l x t

V = 300 x 10 x 20

V = 60.000 cm3

Contoh Soal 4 

Diketahui bahwa Budi memiliki sebuah kolam berbentuk balok dengan panjang 80 cm, lebar 60 cm, dan tingginya 40 cm. Pada kolam tersebut tentunya akan diisi oleh air.

Ditanya: berapa banyak air yang dibutuhkan untuk mengisi ⅔ pada kolam milik Budi tersebut?

Jawab:

Diketahui bahwa panjang kolam (p) = 80 cm, lebar (l) = 60 cm, dan tinggi (t) = 40 cm.

Ditanya: volume balok pada kolam ⅔

V = ⅔ x p x l x t

V = ⅔ ( 80 cm x 60 cm x 40 cm)

V = ⅔ (192.000 cm3)

V = 128.000 cm3

Jadi, banyaknya air yang dibutuhkan untuk mengisi ⅔ kolam milik Budi adalah 128.000 cm3.

Contoh Soal 5 

Jojo ingin membuat sebuah kolam lele berbentuk balok dengan lebar 40 cm, panjang 3/2 kali lebarnya dan tinggi kolam lele 4 lebihnya dari ukuran lebar tersebut.

Ditanya: Berapakah volume pada kolam lele yang akan dibutuhkan oleh Jojo?

Jawab:

Diketahui:

Lebar kolam lele (l) = 40 cm

Panjang kolam lele (p) = 3/2 x (l) = 3/2 x 40 = 60 cm

Tinggi kolam lele (t) = (l) + 4 = 40 + 4 = 44 cm

Rumus: v = p x l x t

V = 60 cm x 40 cm x 44 cm

V = 105.600 cm3

Jadi, volume pada kolam lele yang dibutuhkan Jojo adalah 105.600 cm3.

Grameds juga bisa membaca salah satu buku berikut ini yang berjudul “Matematika Dasar” karya Afidah Khairunnisa yang berisikan tentang informasi peran perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta referensi dan acuan bagi mahasiswa atau peminat matematika dalam mempelajari salah satu bangun ruang atau ilmu matematika yang lain. Dapatkan bukunya dengan mengklik di bawah ini ya grameds!

beli sekarang

Nah, itulah pembahasan pada satu artikel ini tentang bagaimana cara menghitung volume balok beserta beberapa contoh soal terkait volume pada balok. Semoga setelah membaca artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang cara menghitung volume pada balok yang belum diketahui.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

 

Jika grameds memiliki ketertarikan untuk mencari beberapa informasi lainnya tentang cara menghitung bangun ruang selain balok kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu dalam berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!

Penulis: Elsya Islamay

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien