Agama Islam

5 Doa Untuk Orang Sakit di Dalam Islam

Doa Untuk Orang Sakit
Written by Wida Kurniasih

Doa Untuk Orang Sakit – Menjenguk orang sakit bukan hanya membawakan buah-buahan atau makanan enak. Bukan pula hanya untuk menghibur pasien. Menjenguk orang sakit kurang lengkap jika tidak dibarengi dengan doa agar orang yang sakit tersebut segera sembuh. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas doa-doa yang dapat kita bacakan kepada orang sakit. Yuk, Grameds langsung saja kita meluncur.

Seputar Orang Sakit

Seputar Orang SakitTidak ada orang yang mengharapkan sakit. Semua orang berharap selalu sehat. Tentu ini hal yang wajar karena saat Anda merasa sakit atau tak enak badan, Anda tidak bisa melakukan aktivitas normal, tubuh terasa tak enak, tidak bisa bepergian, tidak makan berbagai jenis makanan, dan masih banyak hal-hal yang tidak mengenakkan lainnya.

Di saat sakit seperti ini, seseorang lebih banyak memahami arti kehidupan. Tidak hanya itu, orang yang sakit biasanya, hatinya dilembutkan. Sehingga ia lebih bisa merenungi kesalahan-kesalahan yang telah ia lakukan. Ia juga membutuhkan bantuan doa agar segera sembuh.

Anjuran Untuk Berdoa

Anjuran Untuk BerdoaDalam ikhtiar untuk menggapai cita-cita, cinta, dan harapan, seorang muslim diwajibkan untuk berdoa. Karena berdoa merupakan salah satu bentuk ketundukkan muslim sebagai hamba Allah SWT. Mau pekerjaan lancar, berdoa. Mau bisnis sukses, berdoa. Mau makan, berdoa. Mau ujian sekolah, berdoa. Termasuk ingin sembuh dari penyakit, berdoa.

Allah ‘Azza wa Jalla memerintahkan perintah agar seorang muslim melalui banyak ayat di dalam kitab suci Al Quran. Salah satunya sebagaimana yang tertuang di dalam Surat Al Baqarah ayat 186.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Untuk menguatkan pentingnya berdoa, Rasulullah SAW juga menyebutkan dalam hadits riwayat Imam Tirmidzi nomor 3370, Imam Ibnu Majah nomor 3829, dan Imam Ahmad 2/62.

“Tidak ada sesuatu yang lebih besar pengaruhnya di sisi Allah Ta’ala selain do’a.”

Sudah banyak kisah shahih atau valid yang membuktikan keampuhan doa. Maka dari itu, doa merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh orang sakit agar segera diberikan kesembuhan.

Doa Untuk Orang Sakit

macam-macam Doa Untuk Orang SakitAda beberapa macam doa yang diperuntukkan orang sakit. Ada doa yang langsung secara spesifik diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya, doa yang diajarkan oleh para ulama, dan ada juga yang bisa Anda susun sendiri.

Selain berdoa untuknya, tidak salahnya Anda mengajaknya untuk memperbanyak doa juga. Namun pastikan bahwa ajakan tersebut merupakan ajakan yang menenangkan, bukan ajakan yang mengintimidasi atau memvonis kurang berdoa.

Kalimat semisal “Makanya banyak doa biar nggak sakit atau cepet sembuh” bisa saja menyakiti perasaan orang yang sakit. Meskipun mungkin maksud dari nasehat tersebut baik, tapi cara menyampaikannya lah yang menggores luka di hati pasien. Seakan-akan menuduh dia kurang berdoa.

Padahal, Allah memberikan rasa sakit bisa saja sebagai ujian. Namanya ujian, kalau lulus berarti naik kelas. Jadi sakit bukan berarti selalu sebagai adzab. Sebagai sesama manusia yang mungkin akan merasakan sakit juga, hendaknya kita menghadirkan ketenangan di dalam hati pasien.

Berikut ini merupakan contoh doa yang dapat Anda panjatkan untuk orang sakit.

1. Syafakallah dan Sejenisnya

Doa ini mungkin sangat familiar bagi Anda. Di grup-grup WhatsApp dan Telegram, bahkan di media sosial lainnya, doa ini banyak berseliweran ketika ada berita seseorang yang sakit. Doa ini memang memohonkan kesembuhan.

Ada beberapa macam mengenai doa ini. Jika pasien laki-laki, maka doanya syafakallah. Jika pasiennya perempuan, syafakillah (menggunakan ki) adalah doa yang harus Anda bacakan. Bagaimana jika yang sakit adalah orang ketiga (dia)? Jika dia laki-laki, maka doanya syafahillah (menggunakan hi). Sementara jika dia perempuan, maka doanya syafahallah (menggunakan ha).

Arti syafakallah atau syafakillah sendiri adalah semoga Allah menyembuhkanmu (sesuai dengan jenis gender). Sedangkan syafahillah  atau syafahallah berarti semoga Allah menyembuhkan dia (sesuai dengan gender).

Doa ini mempunyai versi panjang. Yang mempunyai makna lebih spesifik. Berikut ini doanya.

Syafakillah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman

Arti doa ini adalah semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.

BACA JUGA: Arti Kata Syafakillah, Syafakallah, Syafahullah dan Syafahallah

2. Doa Sakit 1

Menjenguk orang sakit merupakan amal kebaikan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya. Melalui hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dan Imam Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW mengajarkan doa ini ketika menjenguk para sahabatnya.

As’alullahal azhima rabbal ‘arsyil ‘azhimi an yassfiyaka

Artinya: “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.”

3. Doa Sakit 2

Doa lainnya untuk mendoakan orang sakit adalah memohon kepada Allah mengangkat penyakit tersebut.

Imsahil ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifa’u. La kasyifa lahu illa anta

Artinya: “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Engkau.”

4. Doa Ruqyah Untuk Mengobati Anggota Tubuh Yang Sakit

Ruqyah yang sesuai dengan ajaran Islam merupakan salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit medis ataupun non medis. Ruqyah merupakan salah satu sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk berobat.

Doa di bawah ini bisa Anda baca dengan memegang bagian tubuh yang sakit.

Bismillah (3x). A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir (7x)

Artinya: ”Dengan menyebut nama Allah. Dengan menyebut nama Allah. Dengan menyebut nama Allah. Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai (7x).”

5. Doa Sakit 3

Doa lainnya yang dapat Anda bacakan untuk kesembuhan orang sakit adalah doa di bawah ini.

Allāhumma rabban nās mudzhibal ba’si, isyfi, antas syāfi, lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman

Artinya: “Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.”

Dari manakan doa ini berasal? Dari Rasulullah SAW yang disampaikan beliau dalam hadits melalui riwayat Imam Bukhari nomor 5742 dan Imam Muslim nomor 2191.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Grameds, sebenarnya masih ada banyak jenis doa yang bisa Anda bacakan untuk orang sakit. Beberapa doa ada yang secara spesifik menyebutkan nama. Masih ingin tahu lebih lanjut? Anda dapat menambah referensi doa Anda dengan buku-buku pilihan kami. Ada banyak buku yang kami sediakan membahas tuntas mengenai doa, termasuk doa untuk orang sakit. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia tidak akan membiarkan Anda sendirian dalam dunia ilmu pengetahuan.

Penulis: Nanda Iriawan Ramadhan

Panduan Lengkap Doa untuk Muslimah

Panduan Lengkap Doa untuk Muslimah

Beli Buku di Gramedia

60+ Hafalan Doa Dan Hadis Pilihan Anak Saleh

60+ Hafalan Doa Dan Hadis Pilihan Anak Saleh

Beli Buku di Gramedia

Doa Mendampingi Orang Sakit

Doa Mendampingi Orang Sakit

Beli Buku di Gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien