Agama Islam

Bacaan Sholawat Beserta Manfaat dan Keutamaannya

bacaan sholawat
Written by M. Hardi

Bacaan Sholawat – Dalam agama Islam, ada banyak sekali amalan yang bisa dilakukan untuk menambah pahala seorang muslim. Dari sekian banyak amalan, salah satunya adalah amalan membaca sholawat. Selain itu, bacaan sholawat juga beragam. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang bacaan sholawat beserta manfaat dan juga keutamaannya.

Pengertian Shalawat Kepada Nabi Muhammad SAW

bacaan sholawat

Sumber: Pixabay

Nabi Muhammad SAW adalah Nabi terakhir yang membawa agama Islam untuk kemaslahatan umat. Nabi Muhammad SAW adalah sebagai Rasulullah SAW untuk membawa agama Islam sebagai agama terakhir untuk menyempurnakan agama-agama sebelumnya.

Nabi Muhammad merupakan utusan Allah SWT yang memberikan syafaat atau pertolongan pada umatnya di hari kiamat nanti. Salah satu ikhtiar seorang muslim agar bisa mendapatkan syafaat Nabi Muhammad kelak adalah dengan mengamalkan bacaan sholawat.

Cinta kepada Rasulullah SAW adalah suatu kewajiban sebagai umatnya. Sebagai umat Nabi Muhammad SAW kita harus mengikuti tingkah laku dan sifat beliau untuk membuktikan cinta kita kepadanya. Salah satu bukti cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW dengan membaca shalawat. Membaca shalawat adalah salah satu ibadah yang dianjurkan bagi umat muslim.

Allah pun memerintahkan umat Islam untuk senantiasa memanjatkan shalawat pada Nabi Muhammad. Perintah ini tertuang dalam Al-Qur’an Surah al-Ahzab ayat 56 sebagai berikut.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Misalnya, amalan membaca shalawat setiap Jumat yang bisa dinilai sebagai ibadah sunnah. Secara bahasa sholawat merupakan bentuk jamak dari sholla yang memiliki arti yaitu doa. Menurut istilahnya, shalawat adalah bentuk doa dan pujian untuk Nabi sebagai ibadah kepada Allah SWT. Terdapat tiga macam sholawat, yaitu sholawat dari Allah, dari malaikat, dan dari manusia atau umatnya.

Pengertian dari beberapa ulama tentang sholawat dari Allah artinya pemberian rahmat dan kemuliaan menurut Ibnu Katsir. Jika dari malaikat, artinya berupa memohonkan ampunan, namun jika dari umatnya artinya adalah doa agar beliau dilimpahi rahmat dan kemuliaan.

Menurut Imam Nawawi menjelaskan bahwa shalawat dari Allah berarti untuk menambah kemuliaan. Selain itu, terdapat ulama juga menjelaskan bahwa Allah SWT bershalawat kepada Nabi Muhammad artinya bahwa Allah SWT memujinya di hadapan malaikat-malaikat-Nya.

https://www.gramedia.com/products/mutiara-shalawat-70-shalawat-utama-kepada-nabi-muhammad-saw-dan-khasiat-khasiatnya?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/mutiara-shalawat-70-shalawat-utama-kepada-nabi-muhammad-saw-dan-khasiat-khasiatnya?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Bacaan-bacaan Shalawat

bacaan sholawat

Sumber: Pixabay

Ada beragam jenis bacaan shalawat Nabi yang bisa dilafalkan. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah bacaan sholawat, yang bisa kamu bacakan.

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Shallallahu ‘alaihi wa sallim

Artinya : “Semoga shalawat dan salam dari Allah atasnya (Rasulullah)”

atau

اَللَْهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ

Allahumma sholli ‘alaih

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah shalawat kepadanya”

صَلَّى اللَّهُ عَلَى مُحَمَّدٍ

Shollallahu ala sayyidina muhammad

Artinya: “Semoga shalawat dari Allah atas (Nabi) Muhammad”

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ‘ala muhammad wa ‘alaa aali muhammad

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.”

Bacaan Shalawat Nabi dengan Fi’il madhi

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin wa ‘alā ālihī wa shahbihī wa sallama

Bacaan Shalawat Nabi dengan Fi’il amr

اللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ

Allāhumma shalli wa sallim wa bārik ‘alā sayyidinā Muhammadin wa ‘alā ālihī wa shahbihī

Sholawat Syifa

Diambil dari bahasa Arab, syifa artinya adalah obat. Shalawat satu ini disebut juga sebagai shalawat Thib al-Qulub dan Sholawat Nur al-Abshar. Melantunkan Shalawat Thibbil Qulub yang istiqamah dalam bilangan berapapun akan memberi manfaat.

Bagi umat Islam bisa memberikan ketenangan batin, ketentraman, menyembuhkan penyakit hati, diberi kesehatan lahir dan batin serta diberi kesembuhan dari berbagai penyakit atas izin Allah SWT. Manfaat di atas berlaku bagi umat Islam yang istikamah membaca Shalawat Thibbil Qulub dalam bilangan berapa pun.

InsyaAllah akan diberi kesehatan lahir dan batin serta diberi kesembuhan dari berbagai penyakit atas izin Allah SWT. Hal tersebut juga dijelaskan dalam kumpulan zikir Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah. Isinya menyatakan bahwa :

“Shalawat Tibbil Qulub ini teruji (berfaedah) untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit dzahir ataupun batin” (KH Muhammad bin Abdullah Faqih, Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah, hal. 47).

Manfaat di atas berlaku bagi umat Islam yang istiqomah dalam membaca Shalawat Thibbil Qulub dalam bilangan berapa pun. InsyaAllah akan diberi kesehatan lahir dan batin serta diberi kesembuhan dari berbagai penyakit atas izin Allah SWT.

Berikut bacaan shalawatnya

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma shalli ‘ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa’afiyatil abdani wa syifa’iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa ‘ala alihi wa shahbihi wa baarik wa sallim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, sebagai dokter hati dan menjadi obatnya. Obat untuk badan dan penyembuhnya, cahaya segala penglihatan dan menjadi sinarnya. Semoga keberkahan dan keselamatan dicurahkan pada keluarga dan sahabat-sahabatnya.”

Shalawat Nariyah

Bacaan shalawat lainnya yang bisa diamalkan oleh umat Islam, yakni Shalawat Nariyah. Dalam buku Sholawat Populer: Esensi Shalawat Bagi Ummat Nabi Muhammad SAW karya KH. Suhaidi Ghazali, Shlawat Nariyah adalah sebuah shalawat yang disusun oleh Syekh Nariyah.

Shlawat Nariyah memiliki banyak keutamaan, salah satunya dipercaya sebagai sholawat yang mujarab mengabulkan berbagai jenis hajat, utamanya rezeki dan dimudahkannya segala urusan. Bacaan shalawat Nabi ini dipanjatkan untuk mengharapkan kesejahteraan dan menghindarkan kesulitan.

Bacaan shalawat nariyah:

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

“Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadin alladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdho bihil hawaiju wa tunalu bihir ‘ibu wa husnul khotimah wa yustasqol gomawo biwajhihil kariim wa ‘ala alihi wa shohbihi fi kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Shalawat Ibrahimiyah atau Shalawat Tasyahud

Bacaan shalawat ini dipanjatkan kepada Allah untuk Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad SAW. Sholawat ini dibacakan setiap kali tahiyat akhir dalam sholat. Shalawat dipanjatkan agar mendapatkan ketentraman dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

للَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

“Allahumma sholli ‘ala muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa ali ibrahim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa barakta ‘ala aali ibrahim, fil ‘alamina innaka hamiidummajiid.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung.”

Shalawat Tasyahud diajarkan oleh Rasulullah SAW sendiri dan diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Bacaan ini juga menjadi bacaan saat tasyahud dalam ibadah sholat.

Sholawat berikutnya dari hadits Shahih Al-Bukhari No: 5883

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَاصَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allaahumma shalli alaa muhammad, wa ajwajihi wadurriyatihi Kamaa shallaita alaa ali ibraahiim Wabaarik’alaa muhammaddin wa ajwajihi wa duriyatihi Kamaa baarakta alaa ali ibraahiima innaka hamidum majiid.

Artinya: “Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad, istri-istrinya dan anak keturunannya sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada keluarga Ibrahim dan berilah barakah kepada Muhammad, istri-istrinya dan anak keturunannya sebagaimana Engkau telah memberi barakah kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha mulia.”

https://www.gramedia.com/products/165-shalawat-nabi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/165-shalawat-nabi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Keutamaan Shalawat Nabi

bacaan sholawat

Sumber: Tribunnews.com

Keutamaan dalam membaca shalawat ada dalam surat Al-Ahzab ayat 56 yaitu:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Surat Al-Ahzab ayat 56).

Terdapat berbagai keutamaan bagi yang sering mengimplementasikan bacaan ini dalam kehidupannya. Bershalawat kepada junjungan dilakukan saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Berbagai keutamaan dari membaca shalawat Nabi, antara lain:

Perintah Allah SWT Kepada Hamba-Nya untuk Bershalawat

Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan untuk orang beriman bershalawatlah kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, terutama pada hari Jumat agar Allah senantiasa melimpahkan rahmat kepada kita semua.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikatNya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al Ahzab : 56)

Allah SWT Bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW

Allah SWT bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW yakni Ia memuliakannya di depan para malaikat dan memberinya rahmat dari-Nya.

Malaikat Bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Para malaikat juga bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Hal ini merupakan sebagai bentuk para malaikat dalam memohon ampunan untuk beliau dan memohon ridho Allah SWT.

  • Sebab terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan dunia serta mensucikan hati seorang muslim.
  • Menyebabkan adanya pujian dan sanjungan dari penduduk langit dan bumi terhadap orang yang mengucapkannya.
  • Hamba yang bershalawat satu kali, Allah membalasnya 10 kali
  • Berbagai keutamaan membaca sholawat nabi salah satunya adalah, siapa yang bersholawat kepada Nabi Muhammad sekali, Allah SWT membalas kepadanya 10 kali.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: “Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

  • Penyebab adanya berkah dalam diri orang yang mengucapkannya serta adanya berkah dalam amal perbuatan dan umurnya.
  • Terpancarnya cahaya bagi seorang muslim ketika ia melintasi shirat diatas neraka jahannam yang gelap gulita di akhirat kelak.
  • Mendapatkan syafaat oleh Rasulullah SAW di akhirat kelak
  • Semakin dekat kedudukannya dengan Nabi Muhammad SAW.

Keistimewaan Sholawat Nabi

bacaan sholawat

Sumber: Detikcom

Berbagai keberkahan akan memancarkan kehidupan umat muslim bagi yang senantiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-harinya. Begitu banyak keistimewaan yang akan menyelimuti roda kehidupan bagi penggiatnya, sebagai berikut:

  1. Rutin bersholawat, maka lisan akan senantiasa menyebut sang kekasih tercinta, junjungan kami Nabi Muhammad SAW
  2. Diselimuti oleh ketenangan jiwa serta manisnya iman dan taat dalam beribadah.
  3. Membaca sholawat satu kali, akan mendapatkan manfaat dari Allah SWT berupa rahmat dan maghfiroh (pengampunan) sepuluh kali lipat.
  4. Membaca 10 kali dibalas 100 kali dengan 100 kali membaca sholawat dicatat dan dijamin bebas dari munafik dan bebas dari neraka serta digolongkan dengan para syuhada.

Membaca shalawat memiliki banyak keutamaan, seperti menentramkan hati dan menghilangkan kesedihan. Hal ini dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Mundah dan Jabir, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa membaca sholawat padaku 100 kali maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat dan 30 di dunia… Dan hadis Rasulullah yang mengatakan; Perbanyaklah sholawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan.” (HR. Ibnu Mundah dan Jabir)

Manfaat Membaca Shalawat

Adapun manfaat dari membaca shalawat secara rutin, antara lain:

  1. Mudahnya do’a seorang hamba untuk terkabul jika selalu mengiringinya dengan sholawat
  2. Wujud implementasi perintah Allah SWT untuk senantiasa bersholawat dan bertaslim untuk junjungan kami Nabi Muhammad SAW
  3. Disinari oleh pancaran cahaya iman, rahmat, dan keberkahan
  4. Kehidupannya akan diiringi oleh semangat juang tinggi dalam beribadah
  5. Memiliki akhlak yang mulia dan berjihad bersungguh sungguh sebagaimana jihadnya junjungan kami Nabi Muhammad SAW
  6. Jadikan bacaan shalawat nabi untuk menemani jejak langkah kehidupan maka akan senantiasa mengarahkan langkah menuju jalan yang benar dan penuh keberkahan.
  7. Terdapat begitu banyak manfaat dan keistimewaan dari Allah SWT bagi umat muslim yang mencintai dan memuji Rasulullah SAW.

https://www.gramedia.com/products/sifat-shalat-nabi-ped-lkp-shalat-rasulullah-saw?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/sifat-shalat-nabi-ped-lkp-shalat-rasulullah-saw?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Penutup

Jadikanlah bacaan shalawat sebagai rutinitas sehari-hari agar kelak kau akan merasakan berbagai manfaat dan keberkahan. Mulailah dari yang ringkas, hingga bacaan-bacaan shalawat lebih kompleks lainnya maka hati kau akan senantiasa bergetar akan kuasa Allah SWT.

Mari menjadi umat muslim yang gemar memuji Allah dan nabi serta mengajak orang di sekitarnya untuk bersholawat juga. Memuji dan mendoakan Nabi Muhammad SAW merupakan pembangun pondasi akar iman dan takwa, jadilah muslim produktif yang senantiasa mengimplementasikannya.

Grameds bisa mendapatkan informasi lebih seputar bacaan shalawat dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien