in

Kumpulan Doa untuk Anak Sholeh dan Sholehah

Mendapatkan karunia berupa anak yang baik dan berbakti adalah sebuah kebahagiaan terbesar saat menjadi orang tua. Tentu seluruh orang tua di dunia ini menginginkan memperoleh anak yang seperti itu. Salah satunya adalah dengan doa untuk anak sholeh dan sholehah kepada Allah SWT.

 

1. Hadist Mendoakan Anak agar menjadi Anak Sholeh

Anak yang sholeh-sholehah adalah impian dan idaman setiap orang tua. Seluruh orang tua pasti akan terus berdoa agar dikaruniai anak-anak yang sholeh-sholehah dan berbakti kepada mereka. Berikut adalah doa dalam hadits agar mendaatkan karunia anak-anak yang sholeh sholehah.

Dalam kehidupan ini, keinginan terbesar dari orang tua adalah mendapatkan anak-anak yang sholeh sholehah dan berbakti kepada keduanya. Termasuk anak-anak hufadz yang mengerti dan paham mengenai agama. Terdapat beberapa macam ciri-ciri anak sholeh sholehah.

 

  • Berbakti kepada Orang Tua

Salah satu ciri anak yang sholeh/sholehah adalah berbakti kepada kedua orang tuanya. Ini menjadi bagian dari perintah agama yang wajib untuk dilakukan. Anak sholeh akan memahami hal ini dengan benar dan tepat. Maka dari itu, mereka akan berusaha untuk dapat melakukannya.

Anak yang mau untuk berbakti kepada kedua orang tuanya akan mendapatkan surga Allah SWT. Mereka akan mau melakukan apapun untuk orang tuanya, dengan catatan apa yang diinginkan oleh orang tua tidak melanggar perintah Tuhan.

 

  • Melaksanakan Sholat Lima Waktu di Awal dan Menjalankan Ibadah Wajib Lainnya

Ciri anak sholeh/sholehah berikutnya adalah melaksanakan sholat lima waktu di awal dan menjalankan ibadah-ibadah wajib lainnya. Seperti puasa Ramadhan dan lain sebagainya. Selain sholat, mereka juga akan mengerjakan ibadah wajib dengan sukarela.

Anak sholeh sholehah tidak akan pernah merasa rugi mengerjakan ibadah-ibadah wajib seperti ini. Tetapi, justru mereka akan merasa sangat senang dan akan melaksanakannya setiap hari. Tanpa adanya penolakan atau mengeluh.

 

  • Jujur dan Amanah dalam Hidupnya

Berikutnya adalah bersikap jujur dan amanah dalam menjalani hidupnya. Anak yang sholeh dan sholehah tidak akan berbohong ataupun tidak dapat dipercaya untuk menjaga amanah dari orang lain. Dengan begitu, ia akan disukai oleh masyarakat dan terhindar dari gunjingan orang.

Jujur dan amanah menjadi salah satu dari prinsip kehidupan yang wajib dimiliki oleh orang lain. Sebetulnya, hal ini harus dimiliki oleh setiap orang dalam menjalani hidup. Karena dengan kedua sikap ini akan menjadikan hidup lebih tenang dan mudah menggapai kesuksesan.

gramedia back to kampus
  • Rendah Hati dan Tidak Sombong

Anak yang rendah hati dan tidak sombong akan sangat disukai oleh semua orang. Anak yang sholeh dan sholehah tidak akan bersikap tidak baik kepada orang lain. Anak sholeh akan mengerti bahwa sikap sombong bukan hal baik untuk dilakukan kepada sesama manusia.

Pada dasarnya, semua hal yang dimiliki oleh manusia adalah milik Tuhan. Sebab itu, anak-anak yang sholeh sholehah akan mempunyai sikap rendah hati dan tidak bersikap sombong. Anak sholeh dan sholehah yang baik akan mampu melakukan ini dengan baik dan tidak akan mengharapkan apapun.

  • Mudah dalam Memaafkan Kesalahan

Berikutnya adalah mudah untuk memaafkan kesalahan orang lain ataupun keluarga sendiri. Anak yang sholeh akan paham bahwa segala sesuatu itu tidak akan ada yang sempurna. Baik itu kepada dirinya sendiri, teman-temannya, guru atau bahkan hingga orang tuanya sendiri sekalipun.

Maka dari itu, seorang anak yang sholeh menjadi lebih gampang untuk memaafkan kesalahan dari orang-orang yang pernah berbuat salah kepadanya. Bahkan anak-anak seperti ini tidak akan ragu untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf ketika berbuat salah.

 

2. Doa untuk Anak dari Para Nabi

Tidak hanya orang tua jaman sekarang, para nabi juga sering kali mendoakan anak-anaknya  dengan doa-doa yang baik. Karena harapan terbesar orang tua adalah kelak anak-anaknya bisa menjadi anak yang sholeh sholelah dan berbakti terhadap mereka berdua dalam keadaan apapun.

 

Doa Rasulullah pada Cucunya Hasan dan Husein agar Diberikan Perlindungan oleh Allah

Pertama adalah doa Rasulullah SAW kepada cucunya Hasan dan Husein agar diberikan perlindungan oleh Allah SWT. Rasulullah sangat mencintai dan menyayangi cucu-cucunya dengan sepenuh hati. Bahkan Rasul kerap kali menciumi kedua cucunya itu. Berikut adalah kutipan doanya.

Bagi seorang kakek dan nenek, harta yang paling berharga adalah cucunya sendiri. Tak terkecuali bagi Rasulullah SAW. Rasul sangat menyayangi kedua cucunya yang bernama Hasan Husein. Anak-anak dari Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az-Zahra putri tercinta Rasulullah SAW.

Nabi memang teramat sangat mencintai kedua cucunya itu. Beliau bahkan sering sekali menggendong atau mencium kening dan pipi dari keduanya. Seperti yang kita ketahui, kasih sayang seorang kakek dan nenek terhadap cucunya kerap kali lebih besar daripada anak-anaknya sendiri.

 

Doa Nabi Zakaria agar diberi Anak yang Baik

Nabi Zakaria pernah memanjatkan doa untuk anak sholeh kepada Allah SWT. agar diberikan anak yang baik. Doa tersebut tertulis di dalam Al-Qur’an pada surah Ali Imran ayat 38. Beliau memanjatkan doanya hampir setiap hari dan terus berharap agar doa-doanya terkabulkan.

Doa Nabi Ibrahim untuk Anak dan Cucunya

Sama dengan Rasulullah SAW. Nabi Ibrahim juga sangat mencintai dan menyayangi anak dan cucu-cucunya. Nabi Ibrahim bahkan setiap malah seringkali mendoakan semua anak-anak dan cucu-cucunya agar menjadi orang-orang yang sholeh-sholehah. Berikut adalah doanya.

Sebagai seorang kakek yang baik dan penyayang, Nabi Ibrahim kerapkali melantunkan doa-doa yang baik dan mulia untuk semua seluruh anak-anak dan cucunya. Nabi Ibrahim tidak pernah membeda-bedakan antara satu putra dengan putra yang lain.

Nabi Ibrahim adalah sosok ayah dan kakek yang baik dan penyayang. Beliau sangat mencintai dan menyayangi anak dan cucu-cucunya. Tidak pernah sedikitpun membeda-bedakan diantara mereka. Maka dari itu, tidak ada permusuhan antar saudara.

3. Pilihan Doa untuk Anak

Terdapat beberapa macam doa pilih untuk anak yang bisa Anda terapkan sehari-hari. Disamping terus berdoa, orang tua juga harus memberikan pemahaman dan juga pengajaran berbudi pekerti luhur untuk bisa mengimbanginya. Berikut adalah beberapa doa-doanya.

 



Doa untuk Anak agar Beriman dan Bertakwa

Pertama adalah doa untuk anak agar beriman dan bertakwa. Orang tua harus memanjatkan doa ini setiap hari. Lebih baik lagi jika berdoa pada waktu-waktu yang mustajabah. Dengan mengharap ridho Allah SWT. dan dengan berbagai keyakinan bahwa doa tersebut akan dikabulkan.

Allah SWT. berfirman dalam surah Al-Furqon ayat 74. Ini adalah salah satu dari doa yang bisa dipanjatkan untuk dapat memperoleh anak-anak yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Selalu mengingat Tuhannya dimanapun ia berada.

Setiap anak menjadi karunia terbesar orang tua dari Allah SWT. Selain terus memanjatkan doa agar anak bisa menjadi seperti yang diinginkan oleh orang tuanya. Mereka juga harus memberikan pengajaran-pengajaran yang mulia dan baik kepada anak.

 

Doa untuk Anak agar Sholeh dan Sholehah

Anak-anak yang sholeh sholehah adalah sebuah anugerah terindah untuk pasangan suami istri yang telah menikah. Tetapi perlu diingat bahwa karakter orang tua akan diwarisi oleh anak-anaknya. Jadi, jika Anda menginginkan anak sholeh sholehah, maka sebaiknya buatlah diri sendiri seperti itu juga.

Dalam dunia ini, memiliki anak sholeh sholehah menjadi dambaan bagi setiap orang tua. Semua orang pasti akan sangat membutuhkan kehadiran anak-anak seperti ini. Anak yang sholeh sholehah akan bersikap baik terhadap sesamanya dan tidak akan bertindak kasar kepada orang tuanya.

 

Doa untuk Anak agar Berbakti pada Orangtua dan Taat pada Allah

Sebagai seorang anak, Anda tentu saja memiliki kewajiban untuk berbakti kepada mereka berdua. Membantu di saat dalam kesusahan dan tidak bersikap kasar kepadanya. Orang tua adalah harta terbesar seorang anak, terutama bagi anak laki-laki.

Setelah menikah, tanggung jawab anak perempuan sudah tidak berada di pundak kedua orang tuanya. Tetapi berpindah ke pundak suaminya. Surga istri berpindah ke suami dan bukan di ibunya lagi. Berikut adalah beberapa tanda anak berbakti.

  • Memikirkan Orang Tua lebih Banyak daripada Kekasihnya

Pada masa sekarang ini, hampir seluruh anak-anak sudah memiliki kekasih. Tetapi perlu diingat selama belum menikah, tanggung jawab dan dosa seorang anak perempuan berada di pundak ayah dan ibunya. Maka dari itu, sebaiknya Anda lebih memperhatikan dan memikirkan orang tua terlebih dahulu.

Berbeda halnya dengan anak laki-laki, baik sebelum maupun sesudah menikah. Surga seorang anak laki-laki tetap berada di kaki ibunya dan ia wajib untuk tetap berbakti pada kedua orang tuanya. Bahkan juga untuk istrinya sendiri, karena ini akan menjadi salah satu kewajibannya juga.

  • Merawat dan Menjaga Orang Tua Tanpa Pamrih


Seorang anak yang berbakti kepada orang tuanya tidak akan mengeluh ketika mereka sakit dan harus melakukan tanggung jawabnya untuk menjaga. Anak yang berbakti kepada orang tua akan menjaga kesehatan mereka dan menganggapnya sebagai hal utama untuk diperhatikan.

Semua anak harus melakukan kewajibannya untuk menjaga orang tuanya dengan sepenuh hati dan melakukan hal terbaik untuk keduanya. Termasuk juga tidak menyakiti hati keduanya dengan perkataan yang menyakitkan hati.

  • Tidak Membentak dan Mengeluh

Berikutnya adalah tidak membentak dan mengeluh dengan orang tua. Berbicara dengan orang tua harus dilakukan dengan lembut dan penuh dengan kasih sayang. Supaya tidak menyakiti hatinya atau membuat mereka terluka dengan perkataan tersebut.

Perkataan anak yang terkesan membentak atau marah-marah dapat membuat orang tua terluka. Ini bisa membuat hubungan anak dengan orang tua meregang dan menjadi tidak baik. Maka dari itu, perlu untuk menghindari berkata tidak baik kepada kedua orang tua..

  • Melakukan Apa yang Diinginkan dan Diminta oleh Orang Tua

Berikutnya adalah melakukan apa yang diinginkan dan diminta oleh orang tua kepada Anda. Orang tua manapun pasti menginginkan kebaikan bagi anak-anaknya. Tidak ada orang tua di dunia ini yang menginginkan anaknya menderita. Semuanya pasti ingin agar anaknya bahagia dan sejahtera.

Dalam setiap doanya, orang tua sudah pasti memohon anaknya selalu bahagia dan mendapatkan apa yang diinginkannya. Bagi seorang anak, kebahagiaan dan kesehatan orang tua harus menjadi prioritas utama dalam kehidupan. Apalagi untuk seorang anak lelaki, baik yang sudah menikah atau belum.

 

Doa untuk Anak agar Pintar dan Bermanfaat bagi Umat

Berikutnya adalah doa orang tua untuk anak agar menjadi pintar dan bermanfaat bagi umat. Anda pasti sering kali mendengar orang-orang tua berdoa agar anak mereka bermanfaat bagi seluruh umat manusia. Karena memang ini adalah doa tebesar mereka.

Bagi orang tua yang menyaksikan anak-anaknya dapat membawa manfaat dan keberkahan di lingkungan masyarakat, pasti akan merasa bahagia dan bangga. Dengan ini, anak akan bisa memberikan ilmu yang sudah diperolehnya dan mempraktikkan langsung di masyarakat.

Sebagaimana ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang bisa memberikan sumbangsih kepada masyarakat di sekitarnya. Ia harus bisa memberikan pengertian dan pembenaran saat terdapat kebimbangan dalam menghadapi suatu masalah di dalam lingkungan masyarakat.

 

Doa agar Anak Memiliki Pemahaman yang Benar

Selanjutnya adalah doa yang dipanjatkan orangtua agar anaknya memiliki pemahaman yang benar. Semua orangtua pasti ingin memiliki harapan yang sama yakni ingin agar anaknya bisa tumbuh dengan baik dan mampu memiliki pemahaman yang tepat.

Dalam hadits di atas dijelaskan bahwa agar anak-anaknya diberikan kepahaman mengenai urusan agama dan juga tafsir ayat-ayat Al-Qur’an. Seluruh orang tua pasti menginginkan hal ini untuk anak-anaknya agar mereka bisa berpikir dengan cara-cara yang tepat dan benar.

Setiap orangtua pasti memiliki harapan-harapan baik untuk anak mereka. Salah satunya adalah keinginan agar anaknya memiliki pemahaman yang benar dan tepat. Termasuk juga berbagai macam doa-doa yang tepat untuk anak-anak mereka.

 

Doa untuk Anak agar Sehat dan Cerdas

Selanjutnya yakni doa untuk anak agar menjadi anak-anak yang sehat dan cerdas. Semua orang tua tentu ingin agar anaknya bisa tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas dalam segala hal. Itu semua akan memberikan manfaat bagi orang tua dan lingkungannya juga.

Seluruh orang tua di dunia ini pasti menginginkan anaknya dapat tumbuh menjadi anak-anak yang sehat dan cerdas. Dengan begitu, mereka akan membawa kebanggaan kepada orang tuanya dan menjadikannya anak yang bisa membedakan hal-hal baik dan buruk.

Bukan hanya itu saja, anak yang sehat dan cerdas juga dapat memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat dalam menangani masyarakat. Sekaligus memberikan penyelesaian masalah berdasarkan pada pengetahuan yang dimilikinya dari alam sekolah dan pengalamannya.

 

Doa untuk Anak agar Mendapat Keberkahan

Berikutnya adalah doa yang dipanjatkan agar anak bisa mendapatkan keberkahan. Baik di dunia maupun di akhirat. Setiap orang tua di dunia ini pasti menginginkan anaknya bisa membawa dan memperoleh keberkahan di dalam hidupnya.

Berdasarkan kandungan doa di atas, ini berisi mengenai doa-doa orang tua agar anaknya dapat diperbaiki sikap dan keturunannya serta semua hal yang berurusan dengan dunia dan akhirat. Termasuk juga memperoleh keberkahan di dalam menjalani urusan-urusannya.

Setiap orangtua memang pasti akan memanjatkan doa-doa ini untuk mempermudah segala urusan anak-anaknya, baik dalam urusan dunia maupun akhiratnya. Ini adalah bukti bahwa anak adalah harta paling berharga mereka.

Demikian pembahasan mengenai doa untuk anak sholeh. Terdapat bermacam-macam doa yang bisa dipanjatkan oleh orang tua untuk anak-anaknya. Doa orang tua menjadi salah satu yang paling mustajab. Sekian penjelasannya dan semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Artikel Terkait Anak

Rekomendasi Buku Islami

Kumpulan Kisah Islami Penuh Hikmah

Kumpulan Kisah Islami Penuh Hikmah

Parenting Islami

Parenting Islami

secangkir kopi berpikir positif islami

Secangkir Kopi Berpikir Positif Islami

Ensiklopedi Akhlak Rasulullah

Ensiklopedi Akhlak Rasulullah

Muslim Daily

Muslim Daily

Ishmatul Anbiya`: Misi Tanpa Salah Para Pembawa Risalah

Ishmatul Anbiya`: Misi Tanpa Salah Para Pembawa Risalah

Hidup Minimalis Ala Rasulullah

Hidup Minimalis Ala Rasulullah

Fiqih Untuk Pemula: Sebuah Pedoman Belajar Fiqih Dalam Kehid

Fiqih Untuk Pemula: Sebuah Pedoman Belajar Fiqih Dalam Kehid

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy