Agama Islam

Doa Nabi Khidir Ini Saat Punya Keinginan atau Hajat

Doa Nabi Khidir
Written by Ananda

Doa Nabi Khidir – Tidak hanya bekerja keras, dalam usaha untuk meraih sesuatu yang diimpikan juga sangat dianjurkan untuk dibarengi dengan doa dan zikir kepada Allah SWT. Hal tersebut lantaran rezeki yang baik diperoleh atas izin dan ridha-Nya.

Salah satu doa setelah shalat yang dapat dipanjatkan yaitu doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat. Nabi Khidir merupakan nabi utusan Allah SWT yang disebutkan secara implisit dalam Al-Qur’an Surat Al-Kahfi ayat 60 -65 dan ayat 82. Namun, tidak termasuk dalam 25 Nabi dan Rasul yang kita kenal.

Selain itu, doa Nabi Khidir diyakini dibaca untuk menghilangkan kesulitan dan penderitaan. Seperti yang diketahui bahwasanya setiap manusia dalam hidupnya tidak selalu merasakan bahagia.

Ada kalanya manusia mendapatkan kesulitan dan penderitaan sebagai ujian dari Allah SWT. Setiap ujian dan cobaan yang diberikan tersebut tentu mempunyai tujuan. Jadi, kita sebagai manusia hendaknya selalu bersiap untuk menghadapinya.

Untuk menghadapi segala ujian dan cobaan yang diberikan oleh Allah SWT kita harus menjalaninya dengan kesabaran, doa serta perjuangan untuk bertahan. Seperti membaca doa Nabi Khidir yang akan diberikan. Musibah yang menimpa tersebut juga belum tentu menjadi azab karena kita melakukan dosa. Ada kemungkinan hal tersebut merupakan ujian yang diberikan untuk mengangkat derajat kita sebagai manusia untuk menjado manusoa yang lebih baik lagi di mata Allah SWT.

Doa Nabi Khidir

Doa Nabi Khidir

unsplash.com

Sifat dan kepribadian baik Nabi Khidir diceritakan dalam Al-Qur’an dan hadist. Salah satu amalan yang rutin dikerjakan Nabi Khidir yaitu doa dan dzikir. Nah berikut doa Nabi Khidir yang biasa dibaca umat Islam untuk memohon dikabulkan hajatnya:

1. Doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat dan artinya

Berikut doa Nabi Khidir yang dapat Grameds baca setelah shalat maghrib atau subuh agar dilancarkan rezekinya.

Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad wa alihi wa shahbihi wa sallim.

Allahumma kamaa lathafta fii ‘azhamatika duunalluthafaa, wa ‘alawta bi’ azhamatika alal ‘uzhamaa, wa ‘alimta maa tahta ardhika ka’ilmika bimaa fauqa ‘arsyika, wa kaanat wasaawisusshuduuri kal’alaaniyyati ‘indaka, wa ‘alaaniyyatulqauli kassirri fii ‘ilmika, wanqaada kullu syai-in li ‘azhamatika, wa khadha’a kullu dzi sulthaanin li sulthaanika, wa shaara amruddunya wal aakhirati kulluhu biyadika.

Ij’al lii min kulli hammin ashbahtu aw amsaiytu fiihi farajan wa makhrajaa, Allahumma inna ‘afwaka ‘an dzunuubiy, wa tajaawazaka ‘an khathii’athiu, wa sitraka alaa qabiihi a’maaliy, athmi’niy an as-aluka maa laa astawjibuhu minka mimma washhartu fiihi, ad’uuka aaminan, wa as aluka musta ‘anisaa.

Wa innakalmuhsinu ilayya, wa analmusii’u ilaa nafsiy fiima bayniy wa bainika, tata waddadu ilayya bini’matika, wa atabagghadhu ilaika bilma’ashiy, walakinnatsiqata bika hamalatniy ‘alal Jaraa-ati ‘alaika, fa’ud bifadhlika wa ihsaanika ‘alayya. Innaka antattawaaburrahiim, wa shallallahu alaa Sayyidina Muhammadin wa alihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya: “Ya Allah, sebagaimana Engkau bersikap lemah lembut dalam keagungan-Mu melebihi segala yang lemah lembut, dan Engkau Maha Tinggi dengan keagungan-Mu atas segala yang agung, dan Engkau Maha Mengetahui apa yang ada di dalam bumi-Mu sebagaimana Engkau mengetahui apa yang ada di atas ‘arsy-Mu, dan bisikan hati di sisi-Mu sama seperti ucapan terang-terangan, dan ucapan terang-terangan sama di sisi-Mu dengan bisikan hati, dan tunduklah segala sesuatu kepada keagungan-Mu, dan merendahlah segala yang memiliki kekuasaan kepada kekuasaan-Mu, dan jadilah perjara dunia dan akhirat berada di tangan-Mu, jadikanlah bagiku dari segala keluh kesah yang menimpaku pada sore atau pagi hari kelapangan dan jalan keluar darinya”.

“Ya Allah sesungguhnya kemaafan-Mu atas dosa-dosaku, dan penghapusan-Mu atas semua kesalahanku, dan penutupan-Mu atas perbuatan burukku, kesemuanya itu mendorongku untuk memohon kepada-Mu apa-apa yang aku tak pantas menerimanya dari apa-apa yang aku teledor padanya, aku memohon kepada-Mu dalam keadaan aman, dan aku meminta kepada-Mu dengan keadaan rasa senang hati, sedangkan Engkau adalah selalu berbuat baik kepadku, dan aku selalu berbuat jahat terhadap diriku sendiri dalam masalah yang menyangkut hubungan aku dengan Engkau”.

“Engkau selalu membuatku menyayangi-Mu dengan senantiasa memberi nikmat-Mu kepadaku meskipun Engkau tidak membutuhkan aku, dan aku selalu membuat-Mu murka dengan bermaksiat kepada-Mu, akan tetapi kepercayaanku kepada-Mu membawaku untuk berani (memohon) kepada-Mu, maka jenguklah aku dengan karunia dan kebaikan-Mu kepadaku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat, lagi Maha Penyayang.”

2. Doa Nabi Khidir agar terhindar dari kesulitan dan dilapangkan rezekinya

Bismillahi ma sya-allah la yasuqul khoiro illallah, bismillahi m sya-allah la yashrifus su-a illallah, bismillah ma sya-allah ma kana min ni’matin fa minallah, bismillah mas sya-allah la hawla wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adzim.

Artinya: “Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak- Nya, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak- Nya, tidak ada yang menyingkirkan keburukan kecuali Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak- Nya, tidak ada kenikmatan melainkan dari Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak- Nya, tiada daya untuk berbuat kebaikan kecuali dengan pertolongan Allah. Dan tiada kekuatan untuk menghindari dari perbuatan maksiat kecuali dengan perlindungan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”

Banyak para ulama yang merekomendasikan doa Nabi Khidir ini sebagai doa yang dapat membantu kita sebagai manusia dan umat muslim dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan.

Pada dasarnya Allah SWT telah menetapkan rezeki umat- Nya sesuai dengan takaran masing- masing. Saat mempunyai hajat atau keinginan, bukan tidak mungkin keinginanmu tersebut akan terkabul suatu saat nanti. Asalkan dibarengi dengan ikhtiar sungguh-sungguh, salah satunya dengan membaca doa-doa Nabi Khidir di atas.

Ada yang mengatakan, apabila Nabi Khidir dan Nabi Ilyas berkumpul, beliau berdua tidak berpisah kecuali membaca doa-doa tersebut terlebih dahulu.

Doa Nabi Khidir

Doa Nabi Khidir dan Surat Al-Waqi’ah

Saat mengamalkan Doa Nabi Khidir, bisa juga dibersamai dengan Surat Al-Waqiah yang dikenal memiliki keutamaan memperlancar rezeki. Selain itu, dengan mengamalkan surah Al- Waqiah juga akan ada beberapa keajaiban, sebagai berikut.

1. Ayat seribu dinar

Masyarakat sering menyebut surah Al Waqiah sebagai ayat seribu dinar. Karena dianggap sebagai pembuka pintu rezeki apabila diamalkan setiap hari.

2. Dijauhkan dari kemiskinan

Pahala besar akan didapatkan seseorang yang membaca surat Al Waqiah setiap malam. Selain membaca dengan rutin, dapat menjauhkan seseorang dari kemiskinan untuk selama hidupnya.

Apalagi dengan membaca surat Makiyyah sebanyak 14 kali setelah menunaikan ibadah sholat Asar atau sekali duduk, maka kekayaan yang didapat oleh orang tersebut akan belimpah.

“Ajarkanlah surah Al-Waqiah kepada istri-istrimu. Karena sesungguhnya ia adalah surah kekayaan”.

3. Mendatangkan syafaat di hari kiamat

Imam Ja’far Ash-Shadiq berkata: “ Barang siapa yang merindukan surge dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqia’ah; dan barang siapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As- Sajadah.” (Tsawabul A’mal, hlm 117)

4. Dijadikan hartawan yang dermawan

Agar seseorang menjadi orang kaya, maka aman dari surat Al Waqiah ini dibacakan sebanyak 3 kali sesudah selesai menunaikan sholat subuh.

5. Mengajarkan ilmu tauhid

Dalam surat Al Waqiah memang tidak secara langsung menerangkan ayat tentang kekayaan, rezeki dan hal semacamnya. Namun surah ini mengajarkan tentang tauhid yang membuat seseorang percaya pada Allah SWT.

6. Diberikan ketenangan

“Barang siapa yang membaca surat Al-Wagi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama: (Tsawabul A’mal, halaman 117).

Tata cara amalan doa Nabi Khidir, sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah yang terbuat dari tanah liat.
  2. Isilah wadah tersebut dengan air hujan yang turun langsung dari langit, tanpa terhalang genting, daun, dan lain-lain.
  3. Berpuasalah selama tujuh hari dan setiap malam ambil air yang di wadah kemudian bacakan doa Nabi Khidir sebanyak 3333 kali, kemudian tiupkan ke air tersebut.

Bacaan doa Nabi Khidir:

Allahumma sholi’alaa sayyidina Muhammad wa alihi kama laanihaayatin likamaalihi wa’ada hamaaluhu.

Air yang sudah didoakan dengan doa Nabi Khidir tersebut, dapat diminum sehari-hari. Dan juga digunakan untuk berbuka puasa sunnah 7 hari. Atas izin Allah SWT, siapa yang mengamalkannya dengan niat tulus karena Allah semata maka akan mendapatkan kecerdasan otak.

Doa Nabi Khidir

Keutamaan Doa Menurut Islam

1. Ibadah

Tujuan utama dari doa adalah untuk beribadah kepada Allah SWT dan ibadah itu wajib dilakukan oleh umat Islam. Ibadah sendiri merupakan hal paling mulia yang dapat dilakukan dan ditunjukkan kepada Allah SWT.

2. Bertawakal kepada Allah

Keutamaan lain dari berdoa yaitu sebagai bukti bahwa kita bertawakal kepada Allah SWT. Dengan kita sebagai umat beragam yang berdoa kepada Allah SWT maka kita telah menyerahkan segala apapun yang terjadi dalam kehidupan yang dijalani kepada Allah SWT.

3. Memperlihatkan kekuasaan Allah

Doa dalam agama Islam dapat memperlihatkan kekuasaan Allah SWT. Maka dari itu keutamaan lain dari doa adalah memperlihatkan bahwa hanya Allah SWT sebagai Yang Maha Kuasa.

Dengan berdoa, berarti kita sebagai umat Islam telah menyadari bahwa Allah SWT telah memberikan segala kenikmatan kepada kita dan menerima segala pertobatan kita.

Allah SWT berfirman, “Siapa yang memperkenankan (doa) orang yang mengalami kesulitan dan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah SWT ada Tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingat-Nya”. (QS. An Naml: 62).

4. Meningkatkan ketakwaan

Berdoa sama dengan kita melakukan interaksi dengan Allah SWT atau juga berkomunikasi dengan-Nya. Sehingga orang yang berdoa akan semakin dekat dengan Allah SWT. Cara meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT adalah dengan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Maka dianjurkan bagi umat Islam untuk mengimbangi segala usaha yang ada di dunia dengan berdoa.

5. Agar dijauhkan bencana

Berdoa kepada Allah SWT juga dilakukan untuk meminta pertolongan agar senantiasa dijauhkan dari bencana dalam bentuk apapun itu. Akan tetapi, ada satu hal yang perlu diketahui bahwa doa yang kita panjatkan sejatinya dapat ditunda dan digantikan dengan sesuatu yang lain yang menurut Allah SWT jauh lebih baik dari apa yang diminta.

“Dan aku akan berdoa kepada Tuhanku, mudah-mudahan aku tidak akan kecewa dengan berdoa kepada Tuhanku.” (Maryam : 48).

6. Agar dijauhkan dari kemurkaan Allah SWT

Menurut sebuah hadist, Allah akan merasa murka apabila kita sebagai umatnya tidak pernah meminta atau berdoa kepada-Nya. Oleh sebab itu, agar kita tidak membuat Allah SWT marah maka kita harus berdoa dan meminta kepada- Nya.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang tidak meminta pada Allah, maka Allah akan murka padanya.” (HR. Tirmidzi no. 3373).

7. Hati menjadi tenang

Doa Nabi Khidir

unsplash.com

Cara lain agar membuat hati kita tenang salah satunya dengan berdoa. Segala apapun yang sedang kita alami dan rasakan berdoalah agar hati menjadi jauh lebih tenang. Berdoa dalam Islam dipercaya menjadi cara agar manusia dapat hidup di dunia dan di akhiratnya dengan tenteram.

Allah SWT berfirman, “Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah- lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar Ra’du: 28).

8. Agar dijauhkan dari muadarat

Berdoa juga sebagai salah satu cara umat manusia dalam Islam menjauhkan diri dari mudarat dan menemukan pintu rahmat dari Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda,”Barang siapa diantara kaluan telah dibukakan baginya pintu doa, pasti dibukakan pula baginya pintu rahmat, dan tidaklah Allah diminta sesuatu yang Dia berikan lebih Dia senangi dari pada diminta kekuatan.”

Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda: “Sesungguhnya doa itu bermanfaat baik terhadap apa yang terjadi maupun belum terjadi, maka hendaklah kalian berdoa.” (HR.At-Tirmidzi V/552) no. 3548.

9. Dapat mengenal Allah SWT

Dengan kita sebagai umat Islam melakukan doa maka kita dapat mengenal Allah SWT dengan baik dari apa yang telah kita doakan dan Allah SWT berikan. Doa yang dipanjatkan adalah sebagai wujud keyakinan kita kepada Allah SWT bahwa Dialah Yang Maha Mencukupi, dan Maha Mengasihi.

10. Menghilangkan keputusasaan

Bagi kamu yang merasa selama di dunia ini mengalami keputusasaan dan merasa tidak sanggup menyelesaikannya maka berdoalah. Allah SWT akan mendengarkan keluh kesah umatnya yang tulus. Yakinlah dengan iman yang kuat bahwa Allah SWT akan membantumu dan menghilangkan keputusasaan itu serta memberikan solusi yang terbaik pada masalah yang dialami.

11. Sebagai rasa bersyukur

Dengan berdoa berarti kita juga mensyukuri apa yang telah diberikan oleh Allah SWT. Saat kita mendapatkan rezeki yang melimpah dan kenikmatan maka bersyukur dan teruslah berdoa agar hal baik tersebut dapat selalu mendatangi kita. Dengan ucapan syukur yang sering kita sebutkan maka kita akan semakin dekat dengan Allah SWT.

Doa Nabi Khidir

Itulah doa Nabi Khidir yang bisa dibaca saat kita sedang merasa mendapatkan kesulitan dan musibah yang diberikan oleh Allah SWT. Semoga yang sedang mempunyai hajat atau keinginan segera terkabul ya, jangan lupa untuk terus berdoa.

Jika Grameds masih membutuhkan referensi terkait doa Nabi Khidir, maka kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com. Gramedia akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga artikel ini menginspirasimu, ya!

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

BACA JUGA:

  1. Kumpulan Doa Sehari-Hari untuk Memudahkan Aktivitas
  2. Doa-Doa Nabi Sulaiman AS dan Hikmahnya
  3. 8 Doa di Pagi Hari dalam Islam yang Perlu Diketahui
  4. Kumpulan Buku Dzikir Pagi dan Petang Best Seller
  5. Buku Shalawat, Doa, & Dzikir Best Seller


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien