Technology

Media: Pengertian, Fungsi, dan Jenis yang Perlu Kamu Tahu

Written by Restu

Pengertian Media – Dewasa ini, mungkin sudah semua orang menggunakan media dalam melakukan aktivitas terutama aktivitas yang berhubungan komunikasi antara individu yang satu dengan individu lainnya. Dengan adanya media, maka setiap orang akan lebih mudah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Oleh karenanya, pengertian media bisa dibilang sangat luas, bagi kamu seorang guru pasti akan menentukan media pembelajaran yang pas kepada para peserta didiknya.

Tidak hanya itu, media yang lebih sering digunakan untuk perantara berkomunikasi sering digunakan pada para pekerja atau bahkan pejabat-pejabat politik yang ingin mencalonkan dirinya. Media yang sering muncul pada saat pesta demokrasi Indonesia biasanya lebih dikenal dengan sebutan media komunikasi politik. Jadi, kamu jangan heran apabila saat pesta demokrasi Indonesia akan ada banyak informasi dari berbagai macam media yang isinya isu-isu atau fakta-fakta politik saja.

Media yang digunakan dengan maksimal, maka setiap informasi yang diberikan akan maksimal juga dan pendengar, penerima, atau pembaca informasi dapat mendapatkan informasi yang bermanfaat. Namun, media yang digunakan hanya untuk beberapa kepentingan, tak menutup kemungkinan informasi pada media tersebut keasliannya kurang bisa menjamin, sehingga antara pemberi informasi dan penerima pesan bisa terjadi kesalahpahaman. Bahkan, bisa memunculkan suatu konflik.

Supaya kamu bisa menggunakan media dengan baik dan benar, maka perlu untuk memahami pengertian dari media. Selain itu, kamu juga perlu memahami setiap jenis media serta manfaat media dapat dirasakan dengan maksimal. Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui dan memahami pengertian media hingga jenis-jenis dari media itu sendiri?

Kamu tak perlu bingung untuk mencari informasi tersebut karena di dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang pengertian media, pengertian media menurut para ahli, hingga manfaat dari media yang sudah digunakan.

Pengertian Media

Media merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Latin sekaligus memiliki bentuk jamak atau sering disebut dengan medium. Sementara itu, kata media secara harfiah memiliki arti perantara. Dalam hal ini, perantara yang dimaksud adalah adanya perantara antara sumber informasi atau pesan (a source) dan adanya penerima pesan atau informasi (a receiver). Maka dari itu, sering sekali kita melihat media yang ada di  kehidupan sehari-hari, seperti koran, artikel online, film, televisi, dan masih banyak lagi.

Dengan kehadiran media di dunia ini, maka seseorang akan mudah terbantukan, sehingga segala sesuatu yang sedang dilakukan akan mudah terselesaikan. Bahkan, media ini bisa mengurangi terjadinya kesalahpahaman antara pemberi informasi atau penerima informasi. Selain itu, media bisa dimanfaatkan untuk kita belajar, semakin banyak kita belajar semakin bertambah pengetahuan dan wawasan yang dimiliki oleh seseorang.

Seiring dengan perkembangan zaman, media mengalami perkembangan juga, yang tadinya media hanya dalam bentuk kertas saja, sekarang media sudah bisa diakses melalui alat elektronik, seperti handphone, computer, laptop, dan sebagainya. Kemudahan akses untuk memperoleh media seharusnya dimanfaatkan dengan bijak supaya seseorang atau kelompok tidak ketinggalan informasi.

Selain itu, di dalam dunia pendidikan pasti akan terjadi komunikasi antara peserta didik dengan guru atau pengajar dan sering dikenal dengan istilah media pembelajaran. Sudah menjadi sangat u

mum kalau informasi berupa ilmu pengetahuan yang ada pada dunia pendidikan harus diberikan dengan maksimal agar peserta didik dapat menerima ilmu pengetahun dan wawasannya bertambah.

Dengan adanya media pembelajaran pada saat melakukan aktivitas belajar mengajar, maka komunikasi antara guru dengan peserta didik akan terjalin lebih harmonis dan mereka bisa saling memahami dengan setiap informasi yang diberikan. Jadi, bagi para guru sebaiknya pilihlah media pembelajaran yang sangat sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Rasanya belum lengkap kalau membahas pengertian media, tetapi tidak langsung dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam KBBI, media adalah alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televises, film, poster, dan spanduk.

Pengertian Media Menurut Para Ahli

Nah itulah pengertian dari media yang perlu kamu tahu supaya kamu lebih mudah untuk mendalami pengertian media, maka di bawah ini ada pengertian media yang telah disampaikan oleh beberapa ahli.

Schramm

Schramm mengungkapkan bahwa media adalah sebuah teknologi pembawa pesan atau informasi yang sifatnya instruksional serta bisa dilihat, dibaca, didengar, dan dimanipulasi.

Leslie J. Brggs

Menurut Leslie J. Briggs, media adalah  alat yang bentuknya berupa wujud fisik yang biasanya digunakan pada saat menyampaikan isi materi. Leslie J. Briggs juga mengatakan kalau alat yang dimaksud, seperti tape recorder, video recorder, gambar, kamera, televisi, grafik, dan komputer.

Purnawati dan Eldawi

Punawati dan Eldawi menyatakan bahwa media adalah segala sesuatu yang bisa dipakai untuk memberikan pesan yang berasal dari pengirim pesan kepada penerima pesan, sehingga penerima pesan yang diterima dapat memengaruhi perasaan, ikiran, dan perhatian siswa dan menciptakan kegiatan belajar mengajar.

Gagne

Menurut Gagne, media adalah salah satu jenis komponen yang ada di dalam lingkungan para siswa serta bisa meningkatkan minat untuk belajar.

Sadiman

Sadiman menyatakan kalau media adalah berisi tentang berbagai macam hal yang biasanya dipakai untuk mengirimkan pesan atau informasi kepada penerima pesan, sehingga penerima pesan (siswa) perasaan, pikiran, perhatiannya, dan minat dalam kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Miarso

Media menurut Miarso adalah berbagai macam sesuatu yang bisa berfungsi untuk memberikan pesan atau informasi yang di mana pesan tersebut bisa memengaruhi perhatian, pikiran, dan keinginan para siswa untuk belajar.

Robert Heinich

Menurut Robert Heinich, media adalah sesuatu yang dapat membawa sebuah informasi atau pesan yang terjadi antara sumber pesan (source) dengan penerima informasi (receiver).

Arsyad

Arsyad menyatakan kalau media adalah suatu hal yang bisa dijadikan sebagai perantara atau pengirim pesan yang berasal dari pengirim pesan kepada penerima pesan. Dalam hal ini, Arsyad juga mengatakan bahwa media bisa juga berupa perangkat lunak (software) atau perangkat lunak (hardware).

Ahamad Rohani

Ahmad rohani mengatakan bahwa media adalah suatu hal yang bisa diterima oleh alat indera manusia serta berfungsi sebagai perantara, alat, atau sarana dalam melakukan kegiatan berkomunikasi atau digunakan untuk proses belajar mengajar.

Santoso S. Hamikaya

Menurut Santoso S. Hamikaya, media adalah adalah berbagai macam bentuk perantara yang seringkali digunakan oleh seseorang untuk menyebarkan ide yang dimilikinya supaya ide tersebut bisa sampai kepada penerima ide.

Degeng

Menurut Degeng, media adalah sebuah komponen yang berkaitan dengan strategi penyampaian yang bisa diisi dengan pesan yang akan disampaikan kepada pembelajaran dan biasanya berupa bahan, orang, dan alat.

Blake dan Horlsen

Blake dan Horalsen mengungkapkan bahwa media adalah suatu saluran komunikasi yang biasanya dipakai untuk memberikan pesan antara sumber pesan (berasal dari pemberi pesan) dan isi pesan (diterima oleh penerima pesan)

Dari pengertian media yang sudah diungkapkan oleh beberapa ahli, maka bisa dibilang kalau media itu sering sekali digunakan oleh banyak orang terutama untuk memberikan informasi. Informasi yang diberikan dengan suatu media dapat diterima dengan baik oleh penerima pesan atau informasi selama pemberi pesan dan penerima pesan memiliki kegiatan berkomunikasi yang baik.

Beberapa ahli juga mengatakan bahwa media ini sangat berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh para guru atau pendidik dengan peserta didik. Maka dari itu, informasi, pesan, ilmu pengetahuan, dan wawasan dapat diterima dengan baik selama para perasaan dan perhatian peserta didik bisa fokus terhadap informasi yang diberikan oleh guru.

Fungsi Media

Pengertian Media

pixabay

Media yang bisa digunakan pada berbagai macam bidang, mulai dari pendidikan, hingga politik, dan masih banyak lagi. Adapun beberapa fungsi media secara umum, yaitu:

1. Sebagai Sarana Informasi Bagi Masyarakat

Setiap masyarakat pasti membutuhkan yang namanya informasi karena dengan informasi itu seseorang atau sekelompok masyarakat bisa menambah wawasannya. Fungsi media sebagai sarana informasi ini memudahkan masyarakat mendapatkan informasi. Hanya dengan handphone saja, kamu sudah bisa mendapatkan banyak informasi. Selain itu, informasi bisa juga diperoleh melalui televisi. Semakin banyak informasi yang diterima oleh masyarakat, maka semakin bertambah wawasan.

2. Sebagai Sarana Untuk Menyalurkan Ide dan Gagasan

Fungsi kedua dari media adalah sebagai sarana untuk menyalurkan ide atau gagasan. Setiap orang pasti memiliki ide dan gagasan di dalam pikirannya, sehingga seseorang bisa berpikir kreatif. Ide dan gagasan yang hanya ada di dalam kepala, jika tidak dituangkan, maka orang lain tidak akan tahu. Saat ini, sudah ada berbagai macam media yang bisa digunakan untuk menyalurkan ide dan gagasan, seperti film, cerpen, novel, dan sebagainya.

3. Sebagai Sarana Pendidikan Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Fungsi selanjutnya dari media adalah sebagai sarana pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam dunia pendidikan, media bisa dikatakan sangat penting untuk memberikan informasi kepada peserta didik, sehingga guru akan mencari media pembelajaran yang cocok dengan karakteristik peserta didik serta tidak membuat bosan peserta didik ketika belajar. Tanpa adanya media pembelajaran, maka peserta didik akan kesulitan dalam menangkap atau menerima informasi ilmu pengetahuan.

4. Sebagai Sarana Untuk Mendapatkan Hiburan

Media bukan hanya berfungsi untuk mendapatkan informasi atau memberikan informasi saja, tetapi bisa juga berfungsi untuk mendapatkan hiburan. Fungsi ini bisa dibilang mampu menghilangkan rasa penat sedang dialami oleh seseorang. Pada umumnya, media yang bisa menghibur seseorang ini berupa film, musik, buku, dan lain-lain.

5. Sebagai Sarana Pengawas Sekaligus Pengontrol Kegiatan Sosial

Fungsi media selanjutnya adalah sebagai sarana pengawas sekaligus pengontrol kegiatan sosial. Dengan adanya media, setiap anggota masyarakat tidak mudah untuk melakukan kegiatan atau tindakan yang membahayakan. Dengan berkurangnya tindakan-tindakan yang membahayakan, maka bisa membuat suatu lingkungan masyarakat menjadi lebih sejahtera.

6. Sebagai Sarana Untuk Menyelesaikan Keterbatasan Pada Alat Indera, Ruang, dan Waktu

Media berfungsi sebagai sarana untuk menyelesaikan keterbatasan pada alat indera, ruang, dan waktu. Oleh sebab itu, adanya media membuat semua masyarakat mudah memperoleh informasi. Hal ini dikarenakan sudah banyak media yang bisa membantu kita untuk memberikan informasi dan menerima informasi.

Jenis-Jenis Media

Setelah membahas fungsi dari media, kini saatnya kita membahas jenis-jenis dari media. Media memiliki tiga jenis, yaitu media visual, media audio, dan media visual audio.

1. Media Visual

Media visual adalah salah satu jenis media yang lebih mengutamakan alat indera penglihatan, sehingga biasanya media ini berbentuk gambar, video, dan sebagainya. Pada umumnya, media visual yang sering digunakan oleh orang banyak adalah proyektor dan informasi yang disampaikan kepada penerima informasi dengan bentuk visual juga.

Adapun media visual yang memiliki dua jenis, yaitu media visual gerak dan media visual diam. Bahkan, kedua jenis media visual tersebut bisa digabung menjadi satu kesatuan. Dengan adanya media visual, maka akan banyak sekali orang yang tertarik untuk menerima informasi yang diberikan. Selain itu, materi yang diberikan pada media visual akan mudah dipahami karena memiliki contoh gambar yang berupa fakta.

2. Media Audio

Media audio adalah media yang biasanya dipakai untuk menyiarkan suatu informasi atau pesan melalui suara. Oleh sebab itu, alat indera pendengaran menjadi alat indera yang cukup penting dalam menerima pesan melalui media audio. Media audio ini biasanya sering kita temukan pada siaran-siaran radio. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, media audio mengalami perkembangan menjadi podcast.

Kamu bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang ada pada suatu siaran podcast. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pesan yang diterima melalui media audio memiliki sifat berupa memberikan informasi verbal dan memberikan informasi non verbal. Informasi verbal berupa kata-kata atau bahasa lisan. Sedangkan informasi non verbal berupa vokalisasi atau bunyi-bunyian.

3. Media Visual Audio

Media visual audio adalah jenis media yang menggabungkan media visual dengan media audio, sehingga informasi yang diberikan berupa gambar atau video yang memiliki suara. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang mengatakan kalau media visual audio ini lebih menarik untuk dilihat dan didengar. Penggabungan dua media ini bukan hanya merangsang satu alat indera saja, tetapi bisa langsung dua alat indera, yaitu alat indera pendengaran dan penglihatan.

Media visual audio dibagi menjadi dua jenis, yaitu media visual audio gerak dan media visual audio diam. Media visual audio gerak bisa kita lihat gambar bersuara, film, dan lain-lain. Sedangkan media visual audio diam berupa buku bersuara, halaman bersuara, dan sebagainya.

Manfaat Media

Pada dasarnya, media memiliki banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan langsung atau di waktu yang akan datang. Akan tetapi, manfaat utama dari media adalah bisa meningkatkan hubungan komunikasi antara individu yang satu dengan yang lainnya. Berikut ini beberapa manfaat dari media.

1. Masyarakat bisa mendapatkan informasi lebih cepat, sehingga tidak ketinggalan informasi. Informasi yang semakin cepat diterima ini dipengaruhi dengan adanya perkembangan teknologi atau internet.

2. Masyarakat mudah memberikan informasi karena informasi bisa diberikan melalui handphone.

3. Informasi yang diberikan bisa dengan maksimal, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara pemberi pesan dan penerima pesan.

4. Pesan mudah diberikan kepada penerima pesan karena tidak membutuhkan waktu yang lama atau lebih efektif dan efisien.

Kesimpulan

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media merupakan suatu alat yang umumnya berfungsi untuk memberikan informasi kepada orang lain atau kepada kelompok lain. Informasi yang diberikan itu bisa memengaruhi kondisi alat indera yang kita miliki. Misalnya, seorang guru sedang menggunakan media pembelajaran yang hanya fokus pada audio atau suara saja, sehingga alat indera peserta didikan akan langsung menerima dan menyimak informasi yang sudah diberikan.

Pada umumnya, setiap media yang digunakan untuk berkomunikasi sudah ada sejak lama, tetapi tak semua orang menggunakan jenis media yang ada. Dengan kata lain, seseorang atau kelompok yang menggunakan media hanya untuk keperluan atau kebutuhannya saja. Jadi, bijaklah dalam menggunakan suatu media atau beberapa media.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien