in

Doa Saat Melihat atau Mendengar Suara Hantu

Pixabay

Doa saat melihat atau mendengar suara hantu – Makhluk Tuhan bukan hanya malaikat, manusia, hewan,  dan tumbuhan. Tetapi juga makhluk tak kasat mata seperti jin, setan dan iblis adalah makhluk-Nya. Sering kali sebagai manusia kita melihat atau mendengar suara-suara hantu ketika kita berada dalam situasi seperti itu ada doa ketika kita berdoa untuk melihat atau mendengar suara-suara hantu yang bisa kita baca.

Suara-suara hantu ini bisa ada bisa jadi pada saat kita sedang tidak fokus atau hanya sebuah perbuatan setan yang membuat kalian merasa takut, ketakutan pada manusia ini membuat setan semakin senang karena kemudian ia akan terus mengganggu. Oleh karena itu, kalian harus membaca doa ketika melihat atau mendengar suara aneh dan merasa terganggu.

Melalui doa, Allah akan selalu melindungi kita dan menghilangkan rasa takut dalam diri kita. Sebagai makhluk beriman hendaknya kita menyerahkan segala sesuatu yang terjadi kepada Allah Swt. semata.

Kita sebagai umat Islam tentu harus selalu berdoa kepada Allah untuk memohon perlindungan dari segala ancaman baik itu dari sesama manusia, hewan, atau pun makhluk halus yang mengganggu kehidupan kita. Dengan kita berdoa InyaAllah Allah Swt. akan memberikan perlindungan dan mengusir hantu yang mengganggu kita.

beli sekarang

Buku doa dan zikir ini juga dimaksudkan untuk membantu kita semua memohon kepada Allah dengan lafaz yang baik, yang dianjurkan Rasululllah dan insya Allah, juga disukai oleh-Nya. Mari kita lantunkan doa terindah kala kita susah, sedih, dan bahagia.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Gramedia akan memberikan beberapa doa-doa saat kita melihat atau mendengar suara hantu di sekitar kita. Bagi kalian yang ingin tahu kelanjutannya, mari simak ulasan berikut.

1. Membaca Surat Al-Baqarah

Cara yang efektif saat kita melihat atau mendengar suara hantu adalah dengan membaca surat Al-Baqarah secara penuh. Cara ini berdasarkan hadis dari Abu Hurairah RA., ia menerangkan bahwa Rasulullah saw., bersabda, “Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR Muslim, At-Turmudzi).

Selain itu, ada juga hadis lain yang memperkuat hadis sebelumnya, yaitu dari sahabat Ibnu Mas’ud yang mengatakan bahwa, “Sesungguhnya setan, apabila mendengar surat Al-Baqarah dibacakan dalam rumah, maka dia akan keluar dari rumah itu.” (HR Ad-Darimi, At-thabrani).

Hantu atau jin yang lari dari rumah karena seseorang membaca surat ini adalah mereka yang menggoda manusia secara terang-terangan. Artinya, hantu yang benar-benar mengganggu manusia hingga membuat penghuni rumah tidak nyaman, ketika dibacakan surat Al-Baqarah akan pergi dari rumah.

Hal ini juga pernah disampaikan oleh Ibnu Hibban yang didapat dari Imam Abu Hatim yang berkata, “Rasulullah SAW bersabda:  “Setan tidak akan memasuki rumahnya’, maksudnya adalah setan yang membangkang (mengganggu), bukan yang lainnya.” (HR Ibnu Hibban).

2. Membaca Ayat Kursi

Allahu la ilaha illa huw, al-ayyul-qayym, la ta`khuzuhu sinatuw wa la na`um, lahu ma fis-samawati wa ma fil-ard, man zallazi yasyfa’u ‘indahu illa bi`iznih, ya’lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bisyai`im min ‘ilmihi illa bima sya`, wasi’a kursiyyuhus-samawati wal-ard, wa la ya`uduhu hifzuhuma, wa huwal-‘aliyyul-‘azim.

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

3. Membaca Surat An-Nas

Qul a’uzu birabbin-naas. Malikin-naas. Ilaahin-naas. Min syarril-waswaasil-khannaas. Allazii yuwaswisu fii suduurin-naas. Minal-jinnati wan-naas.

Artinya: Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.

4. Membaca Surat Al-Falaq

Qul a’uuzu birabbil-falaq. Min syarri maa khalaq. Wa min syarri gsiqin izaa waqab. Wa min syarrin-naffaasaati fil-‘uqad. Wa min syarri aasidin izaa asad.

Artinya: Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk) yang Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

5. Membaca Doa Masuk Rumah

Jika ingin kalian ingin mengusir setan yang mengganggu sampai menampakkan dirinya atau mengeluarkan suara aneh maka kalian bisa membaca doa ketika masuk rumah. Dari Jabir bin Abdillah RA, Rasulullah bersabda.

“Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’

Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’.” (HR. Muslim, Abu Daud dan yang lainnya).

Berikut adalah doa masuk rumah.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Assalaamu ‘alaynaa wa ‘alaa ‘ibaadillahish shaalihiina. Allaahumma innii as-aluka khayral mawliji wa khayral makhraji. Bismillahi walajnaa wa bismillaahi kharajnaa wa ‘alallahi tawakkalnaa, alhamdulilaahil ladzii awaanii.

Artinya : Semoga Allah mencurahkan keselamatan atas kami dan atas hamba-hamba-Nya yang saleh. Ya Allah, bahwasanya aku memohon pada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluarku. Dengan menyebut nama-Mu aku masuk, dan dengan menyebut nama Allah aku keluar. Dan kepada Allah Tuhan kami, kami berserah diri. Segala puji bagi Allah yang telah melindungi kami. (HR. Abu Daud).

6. Membaca Doa Menutup Pintu

Selain masuk rumah, ada pula doa ketika menutup pintu. Doa ini ada karena Rasululllah saw., pernah bersabda, “Tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah. Karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup (yang disebut nama Allah).” (HR Bukhari, Muslim dan yang lainnya).

7. Membaca Doa Saat Keluar rumah

Bismillahi tawakkaltu ‘alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: “Dengan nama Allah aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

8. Membaca Doa Saat Mendengar Suara Hantu

Allahumma inna naj’aluka fi nuhurihim wa na’udzubika min syururihim. 

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya kami menyerahkan leher mereka kepada (kekuasaan)-Mu dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan-kejahatan mereka.”

Ketika membaca doa, kita harus meyakinkan dan pastikan bahwa Allah adalah pelindung terbaik dari semua kejahatan yang mengancam kita. Selain itu, kita harus menjaga kewaspadaan dan dzikir kepada Allah. Doa ini juga bisa dibaca setiap hari selama beraktivitas.

Dalam hadis riwayat Abu Daud dan Turmudzi disebutkan bahwa, mereka yang membaca doa di atas ketika keluar rumah akan dilindungi, diberi pentunjuk, dan kecukupan. Setelah membaca doa ini para hantu yang mendengar akan berteriak, Bagaimana kalian bisa mengganggu orang yang sudah diberi hidayah, dicukupi, dan dilindungi.” (HR Abu Daud, Turmudzi).

Grameds, demikianlah artikel mengenai doa-doa pada saat melihat atau mendengar suara hantu di sekitar kita dan mengusirnya. Tentu di mana pun kita berada pasti ada makhluk lain juga yang menghuni. Namun, jika mereka sangat mengganggu dan menggoda kita maka kita harus membaca doa-doa agar mereka menjauhi kita.

Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih banyak doa-doa untuk menghindari makhluk halus atau pun doa lain, kalian bisa membeli buku yang tersedia di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan berbagai buku berkualitas yang bisa kalian dapatkan. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang

Buku ini mengurai cara paling asyik dalam menyikapi momen-momen keresahan. Anda bisa mulai membacanya dari bagian mana saja. karena setiap pembahasan sesungguhnya mengajak pembaca untuk membuka kunci hidup bahagia dan tenteram dengan rahmat Allah Swt.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq