in

Arti Kata Syafakillah, Syafakallah, Syafahullah dan Syafahallah

Mengenal Arti Syafakillah, Syafakallah, Syafahullah dan Syafahallah – Grameds, pasti kamu sering mendengar ucapan-ucapan seperti Syafahullah, Syafahallah, Syafakillah, dan Syafakallah ketika seseorang sedang sakit. Kata-kata ini banyak digunakan oleh orang lain untuk menyampaikan doanya ketika sedang menjenguk orang sakit.

Di dalam ajaran Islam terdapat hadist-hadist yang menganjurkan seseorang menjenguk orang yang sedang sakit. Contohnya seperti hadist riwayat Ahmad yang menjelaskan tentang sabda Rasulullah SAW mengenai orang yang sedang sakit.

Rasulullah SAW bersabda “Orang yang mengunjungi orang sakit laksana ia berjalan di dalam rahmat Allah, dan Rasulullah saw meletakkan tangannya di atas pinggangnya, beliau juga bersabda, “Seperti ini mendatangi dan membelakangi, dan jika ia duduk di sampingnya maka rahmat Allah telah meliputinya.”.

Meskipun kata-kata tersebut sudah banyak digunakan, tetapi bagi sebagian orang kata-kata tersebut masih terdengar asing. Banyak orang yang belum mengerti dan paham mengenai arti serta penggunaan dari kata Syafahullah, Syafahallah, Syafakillah, dan Syafakallah.

Walaupun Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim, tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa kata-kata tersebut bukanlah sebutan yang umum dalam aktivitas sehari-hari bagi masyarakat awam, melainkan lebih sering digunakan oleh kalangan orang-orang yang dianggap lebih religius dibandingkan dengan masyarakat pada umumnya. Artikel kali ini akan membahas makna, penggunaan serta contoh dari kata Syafahullah, Syafahallah, Syafakillah, dan Syafakallah.

Makna & Arti Kata Syafakillah

1. Pengertian Syafakillah

Kata syafakillah juga sering digunakan oleh seseorang untuk mendoakan orang yang sedang sakit. Banyak ditemui di kolom media sosial seseorang yang mendoakan orang lain.

Kata ini digunakan khusus untuk perempuan. Arti dari kata syafakillah adalah “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu”.

Biasanya banyak orang yang langsung mengatakan kata syafakillah, tetapi ada juga yang mengatakan kata syafakillah dibarengi dengan doa lain.

Seperti “Syafakillah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman”, kalimat tersebut memiliki arti “Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya”.

2. Contoh Penggunaan Syafakillah

Kata syafakillah ditujukan kepada orang kedua, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kata ini biasanya digunakan untuk mendoakan orang yang sedang sakit secara langsung, maksudnya orang tersebut sedang berbicara bersama. Selain itu, ada juga yang menggunakannya secara tidak langsung atau tertulis, biasanya menggunakan media sosial.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh dalam penggunaannya.

Ada dua orang sahabat berpapasan di jalan, sebut saja A dan B. A menyapa B dan bertanya kemana ia akan pergi, lalu B menjawab ia akan pergi ke apotek untuk membeli obat untuknya. Kemudian A memberikan doa kesembuhan untuk B menggunakan kata syafakillah.

Maksud dari cerita di atas adalah, kata syafakillah diucapkan langsung kepada orang yang sakit. Dalam cerita di atas A mengucapkan kata syafakillah langsung kepada B yang sedang sakit.

Express Mudah Belajar Bahasa Arab
Express Mudah Belajar Bahasa Arab

tombol beli buku

Makna & Arti Kata Syafakallah

1. Pengertian Syafakallah

Selanjutnya kata syafakallah, kata ini juga kerap digunakan untuk mendoakan orang yang sakit. Kata ini khusus digunakan untuk seorang laki-laki yang sedang sakit. Kata syafakallah berarti “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu”.

gramedia back to kampus

Doa lain yang menggunakan kata syafakallah adalah Syafakallah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman”, yang memiliki arti “Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya”

2. Contoh Penggunaan Syafakallah

Kata ini digunakan untuk seorang laki-laki yang sedang sakit dan secara langsung. Digunakan untuk kata ganti orang kedua. Meskipun tidak mengucapkan melalui lisan, jika diucapkan langsung kepada orang yang sakit tetap menggunakan kata syafakallah.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh dalam penggunaannya.

Ada dua sahabat laki-laki di dalam satu kelas, sebut saja C dan D. ketika C tidak masuk sekolah, D langsung menghubunginya secara langsung melalui telepon. C mengatakan bahwa ia tidak masuk sekolah karena sakit. Ketika mendengar itu, D mengucapkan doa untuk kesembuhan C menggunakan kata syafakallah.

Maksud dari cerita di atas adalah, kata syafakallah digunakan untuk mendoakan seorang laki-laki yang sedang sakit secara langsung kepadanya. Meskipun melalui tulisan atau telepon, jika ditujukan langsung maka tetap menggunakan kata syafakallah.

Makna & Arti Kata Syafahullah

1. Pengertian Syafahullah

Kata syafahullah adalah salah satu kata yang sering diucapkan seseorang ketika menjenguk atau mengutarakan responnya terhadap orang yang sedang sakit. Kata syafahullah memiliki arti “Semoga Allah SWT menyembuhkan dia”. Kata dia di dalam kalimat tersebut mengarah kepada seseorang yang sedang sakit dan berjenis kelamin laki-laki.

2. Contoh Penggunaan Syafahullah

Kata ini digunakan oleh seseorang untuk orang yang sedang sakit, tetapi tidak diutarakan langsung melainkan melalui orang lain. Kata ini digunakan untuk kata ganti orang ketiga, artinya penggunaannya secara tidak langsung.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh dalam penggunaannya

Ada seorang anak laki-laki yang sedang pergi untuk bekerja di luar kota, sehingga ia jauh dari kedua orang tuanya maupun keluarganya. Suatu ketika ayah dari anak tersebut jatuh sakit, lalu ibunya mengabari. Lalu anaknya memberikan doa menggunakan kata syafahullah untuk ayahnya.

Maksud dari cerita di atas adalah penggunaan kata syafahullah yang digunakan tidak langsung kepada orang yang dituju. Dalam cerita di atas, sang anak menyampaikan kata Syafahullah melalui ibunya, tidak langsung kepada ayahnya.

Makna Arti Kata Syafahallah

1. Pengertian Syafahallah

Kata syafahallah juga termasuk kata yang berupa doa untuk mendoakan orang yang sedang sakit. Kata syafahallah adalah ditujukan kepada seorang perempuan yang sedang sakit. Arti dari kata syafahallah adalah “Semoga Allah SWT menyembuhkan dia”. Kata dia di dalam kalimat tersebut mengarah kepada seorang perempuan yang sedang sakit.

2. Contoh Penggunaan Syafahallah

Kata ini digunakan oleh seseorang untuk orang yang sedang sakit, tetapi tidak langsung mengatakannya kepada orang tersebut. Kata ini adalah kata ganti orang ketika, jadi disampaikan melalui orang lain.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh dalam penggunaannya.

Ada seorang kakak beradik laki-laki yang sudah lebih dulu berkeluarga dan memutuskan untuk pindah rumah, suatu ketika istrinya sakit. Sang kakak kemudian memberitahukan kabar tersebut kepada adik laki-lakinya. Karena terhalang oleh jarak, maka adiknya hanya mengirimkan doa dari jauh dengan mengatakan syafahallah.

Maksud dari cerita di atas adalah, kata syafahallah digunakan untuk mendoakan orang sakit tetapi tidak langsung diucapkan kepada orang yang sedang sakit. Melainkan melalui orang lain, dari cerita di atas sang adik menyampaikan kata syafahallah melalui kakak laki-lakinya. Kata syafahallah tersebut ditujukan kepada kakak iparnya.

Baca juga artikel terkait “Arti Kata Syafakillah, Syafakallah, Syafahullah dan Syafahallah” :

Kamus Bahasa Arab Lengkap & Akurat
Kamus Bahasa Arab Lengkap & Akurat

tombol beli buku

Kesimpulan

Itulah arti dari kata Syafahullah, Syafahallah, Syafakillah, dan Syafakallah serta penggunaan dan contohnya. Selain kata-kata yang juga termasuk doa untuk disampaikan kepada orang yang sedang sakit tersebut, masih banyak kosakata bahasa Arab atau bahasa asing lainnya yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berkomunikasi sudah popular dengan sesama. Kata-kata tersebut sudah populer dan banyak digunakan.

Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan membantu Grameds dalam memahami berbagai kosakata asing lainnya. Grameds juga bisa mengunjungi gramedia.com untuk mencari buku-buku rekomendasi yang bisa membantu Grameds belajar.

Asyiknya Belajar Bahasa Arab dan Inggris: Makanan Favoritku
Asyiknya Belajar Bahasa Arab dan Inggris: Makanan Favoritku

tombol beli buku

Mudah Belajar Bahasa Arab untuk Pemula
Mudah Belajar Bahasa Arab untuk Pemula

tombol beli buku



Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih