Agama Islam

8 Doa di Pagi Hari dalam Islam yang Perlu Diketahui

Doa di Pagi Hari dalam Islam
Written by Ananda

Doa di Pagi Hari dalam Islam – Berdoa adalah amalan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Berdoa adalah salah satu cara untuk menghubungkan antara hamba dengan Sang Pencipta, Allah SWT. Melalui doa ini, kita dapat memenuhi keinginan dengan penuh harapan akan terpenuhi dengan cara yang baik dan diridhoi Allah SWT. Ibadah doa ini juga merupakan amalan yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk berdoa dan memohon pada-Nya. Seperti pada Q.S. Ghafir ayat 60, yang artinya seperti berikut ini:

“Dan Tuhanmu berkata: Ada banyak doa yang bisa diajarkan oleh Nabi dan diamalkan oleh umatnya. Salah satunya adalah doa di pagi hari yang mengutamakan untuk membuka pintu berkah dan rezeki”.

Dalil tentang perintah doa dan dzikir pagi itu sendiri ada dalam Q.S. Al Ahzab Ayat 42-43 yang artinya:

“Dialah yang memberikan rahmat kepadamu dan para malaikatnya (meminta ampunan kepadamu). Semoga dia membawamu dari kegelapan menuju yang terang. Dan Dia adalah orang yang paling dermawan bagi orang-orang beriman.”

Setiap umat muslim pasti mendambakan ridho dari Allah SWT untuk setiap aktivitasnya. Kita pasti ingin segala suatu hal yang kita lakukan berjalan lancar.

Kumpulan Doa di Pagi Hari dalam Islam

Ada beberapa doa di pagi hari yang bisa Grameds amalkan sesuai dengan Ayat Al-Quran dan Hadits seperti berikut ini:

1. Doa di Pagi Hari Agar Mendapat Berkah dan Rezeki

Untuk memulai hari, mintalah berkat kepada Allah SWT. Salah satu doa di pagi hari yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ada yang tertulis dalam kitab Al-Adzkar Nawawi karya Imam Nawawi yang berbunyi seperti berikut ini:

Allahumma Bika Asbahna, Wa Bika Amsayna Wabika Nahya Wabika Namuutu Wailaikannusyuur.”

Artinya: “Ya Allah, atas keberkahan-Mu kami dapat menikmati dan menghadapi pagi hari, karena berkah-Mu kami dapat menghadapinya hingga berada di sore hari, karena-Mu pula kami bisa hidup kelak hingga kami wafat. Hanya kepada-Mu kelak kami akan kembali.”

Doa di Pagi Hari dalam Islam

Doa di Pagi Hari dalam Islam (unslash.com/Faseeh Fawaz)

Selain itu doa pagi tersebut yang biasa diamalkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud dalam Sahih Muslim yang bunyinya seperti berikut ini:

“Ashbahna wa ashbahal mulku lillāhi wal hamdu lillahi, la ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai‘in qadir. Rabbi, as’aluka khaira ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha, wa a‘udzu bika min syarri ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha. Rabbi, a‘udzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘azabi fin nari wa ‘adzābin dil qabri.”

Arti: “Kami dan kuasa Allah SWT di pagi hari dan segala puji bagi Allah SWT. Tiada tuhan yang lain selain Allah Yang Maha Esa, dan tiada pula sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa karunia dan segala puji bagi-Nya serta kuasa atas segala sesuatu hal. Ya Tuhanku, aku memohon kepada-Mu atas kebaikan malam ini dan malam sesudahnya.

Aku memohon perlindungan-Mu atas kejahatan yang terjadi di malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari segala bentuk kemalasan dan keburukan di masa tua. Selain itu, aku juga memohon perlindungan dari siksa api neraka dan siksa kubur.”

2. Doa Agar Dihindarkan dari Rezeki yang Haram

Selain rezeki- rezeki yang baik, seseornag bisa saja memperoleh rezeki yang buruk dengan berbagai cara yang tidak baik. Parahnya terkadang kita tidak sadar, bahwa kita memperoleh rezeki yang haram. Nah, untuk terhindar dari hal buruk tersebut, Grameds bisa ngamalkan doa pagi hari berikut ini:

“Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak”

Artinya: “Ya Allah hamba mohon cukupkanlah kami dengan segala bentuk rezeki yang halal dan jauhkanlah kami dari rezeki yang haram. Selain itu cukupkanlah juga aku dengan karunia-Mu dari bergantung hanya pada-Mu.” (Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits HR. Tirmidzi no. 3563 ini adalah hadits hasan).

Doa-Doa Mustajab Para Nabi: Ali Abdullah

3. Doa di Pagi Hari Untuk Berserah Diri Pada Allah SWT

Mengutip dari Imam An-Nawawi dalam kitabnya bernama Al-Adzkar tentang doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah SAW saat pagi hari dengan berserah diri hanya kepada Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Esa, yang berbunyi seperti berikut ini:

“Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru”

Artinya, “Ya Allah, denganmulah aku di pagi hari, denganmu aku di sore hari, dan denganmu pula kami hidup hingga mati. Hanya kepadamu kami akan kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah).

4. Doa di Pagi Hari untuk Memohon Perlindungan dari Makhluk Jahat

Sepeti yang kita ketahui bahwa kita hidup didunia ini juga berdampingan dengan makhluk lainnya. Meskipun pada dasarnya semua makhluk adalah ciptaan Allah SWT, namun ada pula yang dapat berdampak buruk bagi manusia. Sebagai umat muslim, Grameds bisa mengamalkan doa berikut ini di pagi hari agar dilindungi dan terhindar dari makhluk jahat:

A’udzu bi kalimatillahit tammati min syarri ma khalaq”

Artinya, “Sesungguhnya aku berlindung atas nama Allah SWT yang sempurna dari segala kejahatan ciptaan-Nya,” (HR Muslim dan Ibnu Sina)

5. Doa di Pagi Hari Agar Terlindung dari Setan

Kita semua tahu bahwa musuh terbesar manusia adalah setan. Dalam hal ini doa pagi hari dapat diamalkan untuk memohon perlindungan dari setan adalah seperti berikut ini:

“Allahumma fathiras samawati wal ardhi, ‘alimul ghaibi was syahadah, rabba kulli syai’in wa malikah, ashadu an la ilaha illa anta. A‘udzu bika min syarri nafsi wa syarris syathani wa syirkih”

Artinya, “Tuhanku, sang pencipta langit dan bumi yang mengetahui segala hal yang ghaib dan nyata, tuhan sang penguasa segala sesuatu hal. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah SWT. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan nafsu, kejahatan setan dan sekutu- sekutunya,” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

6. Doa di Pagi Hari Memohon Perlindungan dari Keburukan

Kita tentu tidak ingin mengawali hari dengan keburukan dan kesialan. Hal itu tentu bisa dilakukan dengn berharap dan berdoa kepada Allah SWT untuk memohon perlindungan dari segala hal keburukan, seperti lafal doa berikut ini:

Doa di Pagi Hari dalam Islam

Doa di Pagi Hari dalam Islam (unsplash.com/masjidmpd)

“Bismillahil ladzi la yadhurru ma‘as mihi syai’un fil ardhi wa la fis sama’i wa huas sami’ul ‘alim”

Artinya, “Dengan menyebut nama Allah SWT, suatu Zat yang apapun di bumi dan langit tidak mudharat dengan namanya. Dia Maha Mendengar dan Maha Tahu,” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

7. Doa Agar Selalu Mendapatkan Kasih Sayang Allah SWT

Semua orang pasti mendamba welas asih Allah SWT, termasuk kasih saying-Nya yang begitu luas dan tak terhingga jumlahnya. Berikut ini doa yang bisa Grameds panjatkan di pagi hari untuk memohon kasih sayang Allah SWT:

“Ya awwalal awwalin wa yaa aakhirol aakhiriina wa yaa dzal quwwatil matiin wa roohimal masakiin wa yaa arhamar rahimin”

Artinya: “Wahai Yang Maha Awal di antara mereka yang awal, wahai Yang Maha Akhir di antara mereka yang terakhir. Wahai Pemilik Kekuatan, wahai Maha Penyayang orang-orang miskin, wahai Maha Pengasih di antara mereka yang maha pengasih.” Lafal doa ini dikutip dari sebuah hadits Riwayat Abu Dawud.

8. Bacaan Dzikir untuk Pagi Hari

Kita juga disarankan untuk berdzikir di pagi hari. Anjuran ini tentu berdasarkan Q.S. Ali Imran ayat 191 yang menunjukan bahwa “Mereka yang berdzikir (mengingat) kepada Allah SWT ketika berdiri, duduk dan berbaring”.

Ada beberapa lafal atau bacaan dzikir yang bisa dibaca saat pagi hari, yakni ayat kursi (1 kali di pagi dan sore hari), Q.S. Al-Ikhlas (3 kali di pagi dan sore hari), Q.S. Al-Falaq (3 kali di pagi dan sore hari) dan Q.S. An-Nas (3 kali di pagi dan sore hari).

70 Doa Paling Populer Sepanjang Masa: Anna Catherine

Keutamaan Doa di Pagi Hari dalam Islam

Perlu Grameds ketahui bahwa ketika membaca doa di pagi hari dengan hati dan niat yang tulus dapat memberikan dampak positif. Mengapa demikian? Karena berkat doa di pagi hari tersebut, kita bisa memulai hari dengan lebih baik sehingga kehidupan kita menjadi memiliki kekuatan besar dari dalam diri secara tidak langsung. Nah, berikut ini beberapa keutamaan ketika kita rutin dan tulus berdoa di pagi hari untuk memperoleh ridho dari Allah SWT:

1. Jalan Mendapatkan Rezeki Atau Pembuka Rezeki

Dikatakan bahwa membaca doa di pagi hari dapat membuat seseorang lebih mudah untuk memperoleh rezeki, dalam bentuk apapun. Hal ini sejalan dengan disebutkan dalam ayat Al-Qur’an berikut ini:

“Berdoalah kalian kepada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Sesungguhnya orang yang sombong dari menyembah-Ku maka akan masuk neraka jahanam dalam keadaan yang hina.” (Surat al-Mumin: 60).

2. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Ketika seseorang dengan tulus melafalkan doa di pagi hari dengan rutin, maka hamba tersebut akan dekat dengan Allah SWT. Kita mungkin merasa tenang dan damai di pagi hari dan semua aktivitas akan dimulai lebih mudah. Pada dasarnya Allah SWT selalu terlibat untuk menyederhanakan semua masalah seseorang kapanpun itu.

Itulah sebabnya dengan berdoa di pagi hari, maka hamba-Nya tersebut akan selalu mengingat Allah SWT dalam setiap aktivitasnya, sehingga ia menjaga dan takut untuk berbicara ketika berurusan dengan hal-hal duniawi.

3. Bentuk Syukur

Membaca doa di pagi hari merupakan bentuk rasa syukur yang diberikan kepada Allah SWT atas nikmat tidur di malam hari. Saat kedua mata kita terbangun lagi, Tuhan telah memberi kesempatan hambanya untuk terus berusaha kembali. Hal ini telah disebutkan dalam Al-Quran seperti berikut ini:

“Dan Dia menjadikan malam untukmu (sebagai) sebuah pakaian bagimu dan tidur untuk beristirahat, dan Dia mengilhami hari-hari di siang hari lagi.” (Q.S. Al-Furqan: 47).

4. Menjalani Aktivitas dengan Tenang dan Semangat

Secara tidak langsung, di dalam alam bawah sadar kita, ketika percaya pada hal baik maka aktivitas kita juga akan tersugesti baik. Alam sadar seseorang akan membentuk lebih tenang dan tidak takut menghadapi masalah yang akan dihadapinya karena percaya Allah SWT akan memberi perlindungan dan memberikan ridho-Nya. Akibatnya kita juga cenderung lebih semangat menjalani aktivitas kita mulai dari pagi hari sekalipun.

Saat kita melakukan berbagai hal dengan tenang dan bersemangat, tentu hal tersebut akan kita jalani dengan menyenangkan. Misalnya bekerja, sekolah atau menuntut ilmu, dan urusan duniawi lainnya. Segala sesuatu berada di tangan Allah, maka satu-satunya jalan untuk meminta dan berharap hanya kepada Allah SWT. Jadi tidak heran, jika kita sudah terbiasa memanjatkan doa saat mengawali sesuatu, maka akan berjalan lebih lancar dan berkah, karena pada dasarnya kita percaya pada diri sendiri dan Allah SWT akan mempermudahnya.

5. Lebih Percaya Diri

Kepercayaan diri biasanya diperlukan seseorang untuk menghadapi sesuatu yang berat, besar, serius, dan sebagainya. Namun ada pula seseorang yang kurang percaya diri dengan sesuatu yang dianggap kurang banyak sebagai hal yang kecil. Kepercayaan diri itu tentu harus dibentuk dengan berbagai cara, bergantung karakter seseorang itu. Namun tahukah Grameds bahwa dengan berdoa sebelum melakukan sesuatu bisa membuat orang lebih percaya diri?

Mungkin Grameds pernah mengalami hal ini misalnya hendak ujian sekolah, wawancara kerja, atau urusan lain, yang hal tersebut membuat kita menjadi deg-degan atau tidak percaya diri. Lalu hal yang justru menguatkan kita dan membuat keberanian untuk menghadapinya adalah meminta petunjuk dan ridho dari Allah SWT.

Semua hasil dari keputusan benar-benar kita serahkan kepada Allah SWT dan percaya segala keputusan tersebut adalah yang terbaik untuk kita, termasuk kegagalan atau kekalahan. Dengan berdoa, kita semakin percaya diri dengan diri kita sendiri termasuk pada kekuasaan Allah SWT, pemilik alam semesta serta isinya.

BACA JUGA:
1. Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Beserta Adab dan Manfaatnya
2. Amalan Doa Penenang Hati agar Terhindar dari Galau dan Sedih
3. Doa-Doa Nabi Sulaiman AS dan Hikmahnya
4. Doa Ziarah Kubur Beserta Adab dan Amalannya 

Nah, itulah penjelasan tentang kumpulan doa di pagi hari dan keutamaannya jika kita tulus dan rutin melakukannya. Apakah Grameds tertarik mencobanya? Kebiasaan yang baik tentu dimulai dari hal-hal baik, salah satunya dengan berdoa kepada Allah SWT. Jadikan doa sebagai cara mendekatkan diri kepadanya olah alih-alih meminta sesuatu darinya.

Selain referensi kumpulan doa-doa di atas, tentu masih ada banyak jenis doa yang bisa dilafalkan untuk niat yang baik. Jika Grameds tertarik mempelajari doa-doa ini lebih banyak dan dalam lagi, maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com. Selamat belajar.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien