in

Website Proxy Gratis Terbaik dengan Berbagai Macam Fitur

Proxy gratis terbaik – Proxy adalah server atau sistem yang bertindak sebagai perantara antara komputer pengguna dan internet. Ketika komputer pengguna mengirimkan permintaan ke internet, permintaan tersebut dikirimkan ke proxy terlebih dahulu. Kemudian, proxy akan mengirimkan permintaan tersebut ke internet dan menerima respon dari internet. Setelah itu, proxy akan mengirimkan respon tersebut kembali ke komputer pengguna.

Ada beberapa manfaat dari penggunaan proxy di antaranya adalah anonymity, filtering, performance, security dan geo-restriction. Dengan menggunakan proxy, pengguna dapat meningkatkan privasi data serta dapat mengakses situs yang telah diblokir pada wilayah tertentu. Apabila ingin menggunakan  proxy, Grameds bisa mencoba menggunakan website penyedia proxy gratis terbaik. Simak review singkat dan penjelasannya dalam artikel berikut.

Apa yang Dimaksud dengan Proxy? 

Sumber: Pexels

Proxy adalah sebuah server atau sistem yang bertindak sebagai perantara antara komputer pengguna dengan internet. Ketika komputer pengguna mengirimkan permintaan ke internet, permintaan tersebut dikirimkan ke proxy terlebih dahulu. Kemudian, proxy akan mengirimkan permintaan tersebut ke internet dan menerima respon dari internet. Setelah itu, proxy akan mengirimkan respon tersebut kembali ke komputer pengguna.

Salah satu manfaat utama menggunakan proxy adalah anonimitas. Proxy dapat membantu menyembunyikan identitas pengguna di internet dengan menggunakan IP proxy yang berbeda daripada IP asli pengguna. Selain itu, proxy juga dapat memfilter konten yang tidak diinginkan, seperti iklan atau situs web yang tidak sesuai dengan aturan perusahaan.

Proxy juga dapat meningkatkan kecepatan akses internet karena dapat menyimpan file yang sering diakses ke dalam cache-nya, sehingga tidak perlu mengunduh file yang sama dari internet setiap kali diakses. Selain itu, proxy juga dapat membantu meningkatkan keamanan dengan mengenkripsi koneksi internet pengguna dan mencegah serangan dari internet. Terakhir, proxy juga dapat membantu mengatasi larangan geografis dengan mengakses situs web yang diblokir di wilayah tertentu.

Kekurangan dari Proxy

Meskipun dinilai memiliki banyak manfaat bagi penggunanya, tetapi menggunakan proxy untuk menjelajah internet pun memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Rentan mendapatkan serangan cyber

Meskipun proxy dapat melindungi komputer dari serangan cyber yang sederhana, namun proxy tidak dapat menahan serangan cyber yang kompleks dan canggih. Hal ini dikarenakan beberapa proxy tidak memiliki enkripsi. Selain itu, kebanyakan proxy masih menggunakan sertifikat SSL untuk mengenkripsi data. Akibatnya, ketika enkripsi SSL dijalankan, data yang kita miliki menjadi rentan terhadap serangan.

2. Pengguna proxy lebih mudah dilacak

Proxy menyimpan hampir semua informasi perangkat yang digunakan, termasuk kata sandi, lokasi, nomor telepon, bahkan alamat rumah. Meskipun informasi ini seharusnya aman, tetapi jika proxy tersebut disusupi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, maka informasi pribadi pengguna pun bisa terancam.

Para penyusup dapat dengan mudah mencuri semua informasi pribadi yang ada di data cache, dan menyalahgunakannya untuk melakukan berbagai tindak kejahatan seperti penipuan.

3. Tak selalu cocok dengan jaringan internet

Proxy dapat menjadi pilihan yang baik untuk melindungi informasi pribadi. Namun, tidak semua proxy dapat digunakan pada jaringan komputer. Salah satu alasannya adalah karena jaringan dan proxy memiliki konfigurasi yang berbeda.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Jika proxy yang digunakan tidak kompatibel atau tidak cocok dengan jaringan yang Grameds miliki, ada dua cara untuk menyelesaikannya. Pertama, Grameds bisa mencari proxy jenis lain yang sesuai dengan jaringan, atau melakukan konfigurasi sendiri untuk menyesuaikan keduanya.

4. Harus melakukan konfigurasi kode

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kadang-kadang pengguna perlu melakukan konfigurasi sendiri dengan menulis beberapa kode agar proxy kompatibel dengan jaringan yang dimiliki. Bagi yang sudah terbiasa, ini tidak menjadi masalah.

Namun, bagi yang belum terbiasa, melakukan konfigurasi kode bisa menjadi tantangan yang cukup berat. Pengguna diharuskan menulis kode dengan sempurna untuk mencegah para peretas masuk dan mencuri data pribadi. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan ini.

Risiko Menggunakan Proxy

Selain beberapa kelemahan tersebut, menggunakan proxy juga memiliki beberapa risiko yang harus diketahui oleh penggunanya. Beberapa risiko dari menggunakan proxy di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Proxy mencatat seluruh aktivitas pengguna

Proxy memang dapat menyembunyikan aktivitas dan alamat IP pribadi penggunanya dari server luar. Namun, proxy juga secara diam-diam mencatat seluruh aktivitas pengguna, termasuk berbagai macam informasi pribadi yang pernah pengguna ketik di internet. Akan tetapi, sisi positifnya pengguna dapat mengakses website dengan lebih cepat.

Sisi buruknya, data pribadi pengguna menjadi sedikit lebih rentan. Kemungkinan data pengguna dicuri memang sangat minim, namun tetap saja kemungkinan terjadinya tindakan kejahatan seperti serangan cyber atau pencurian data selalu ada.

  • Tidak semua website proxy melakukan enkripsi

Selain hanya menggunakan sertifikat SSL untuk melakukan enkripsi data, beberapa proxy seperti transparent proxy tidak melakukan enkripsi sama sekali. Enkripsi adalah proses untuk mengacak data dan mengubahnya menjadi serangkaian kode rahasia yang hanya dapat dimengerti oleh orang-orang yang memiliki akses untuk membacanya.

Dengan tidak melakukan enkripsi, maka akan membuat pihak ketiga atau para peretas dapat dengan mudah membaca berbagai informasi pengguna. Hal ini tentu saja sangat berbahaya, sehingga Grameds harus memastikan untuk memilih jenis proxy terbaik untuk memastikan keamanan data pribadi.

Manfaat Menggunakan Proxy

Pixabay

Meskipun menggunakan proxy terdengar cukup berisiko dan berbahaya, tetapi proxy juga memiliki beberapa manfaat, berikut beberapa manfaat menggunakan proxy:

1. Anonymity

Proxy dapat membantu menyembunyikan identitas pengguna di internet dengan menggunakan IP proxy yang berbeda daripada IP asli pengguna.

2. Filtering

Proxy dapat memfilter konten yang tidak diinginkan, seperti iklan atau situs web yang tidak sesuai dengan aturan perusahaan.

3. Performance

Menggunakan proxy dapat meningkatkan kecepatan akses internet karena proxy dapat menyimpan file yang sering diakses ke dalam cache-nya, sehingga tidak perlu mengunduh file yang sama dari internet setiap kali diakses.

4. Security

Proxy dapat membantu meningkatkan keamanan dengan mengenkripsi koneksi internet pengguna dan mencegah serangan dari internet.

5. Geo-restriction

Proxy dapat membantu mengatasi larangan geografis dengan mengakses situs web yang diblokir di wilayah tertentu.

Proxy Gratis Terbaik

Sumber: Pexels

Setelah mengetahui apa itu proxy, risiko, kelemahan, kelebihan dan manfaat ketika menggunakan proxy, tentunya Grameds tahu bahwa untuk menghindar dari serangan cyber atau risiko lain adalah dengan memilih proxy terbaik untuk melindungi data pribadi Grameds.

Oleh sebab itu, berikut beberapa rekomendasi website penyedia proxy gratis terbaik yang bisa Grameds coba.

1. Cyberghost

Cyberghost merupakan website yang menyediakan layanan web proxy gratis. Dengan menggunakan website satu ini, alamat IP dari website tujuan pun akan disembunyikan. Layanan dari Cyberghost hadir dalam bentuk extension untuk Google Chrome maupun Firefox yang bisa ditambahkan oleh pengguna melalui halaman Chrome Web Store dan Firefox Add ons.

Setelah selesai memasang extension dari Cyberghost, pengguna hanya cukup mengaktifkan ekstensinya dan bisa menggunakan web proxy dengan gratis dengan 8 pilihan server berbeda dari 4 negara seperti Amerika Serikat, Belanda, Romania dan Jerman.

Website satu ini merupakan salah satu penyedia proxy gratis terbaik yang tidak akan menyimpan data log pengguna dalam bentuk apapun. Selain itu, pengguna juga tidak perlu melakukan login atau pendaftaran untuk dapat menikmati layanan dari Cyberghost.

Akan tetapi, website satu ini memiliki kekurangan yaitu tidak memiliki versi halaman web, sehingga pengguna harus menginstall extension cyberghost lebih dulu untuk dapat menggunakannya.

2. Kproxy

Kproxy merupakan salah satu proxy web gratis yang paling populer. Layanan ini sudah ada sejak tahun 2005 dan saat ini memiliki lebih dari 1,5 juta pengguna dari berbagai negara di seluruh dunia.

Seperti web proxy pada umumnya, website Kproxy memiliki kotak pencarian yang dapat pengguna isi dengan alamat website tujuan yang ingin pengguna akses.

Anda dapat memilih salah satu dari sepuluh server yang tersedia dengan mengklik opsi “change server”. Sayangnya, tidak ada informasi mengenai lokasi server sehingga Anda tidak dapat memilih negara secara spesifik. Kproxy juga menyediakan plugin untuk Chrome dan Firefox dengan dua pilihan lokasi server, yaitu Kanada dan Perancis.

Sama seperti Cyberghost, Anda tidak perlu melakukan pendaftaran atau login untuk menggunakan layanan Kproxy. Namun, sebagai situs proxy online gratis, Kproxy membatasi sesi browsing selama tiga jam atau setelah mencapai kuota 300 MB. Setelah itu, Anda akan diberi opsi untuk melakukan upgrade ke versi berbayar, atau menunggu selama 30 menit sebelum bisa menggunakan layanannya kembali.

Perlu dipertimbangkan juga bahwa Kproxy juga akan menyimpan data alamat IP Anda. Untuk mendapatkan KProxy Pro, Anda harus membayar sebesar 10 dolar atau sekitar 144 ribu Rupiah per bulannya.

3. Hidester 

Sama seperti Kproxy, Hidester juga merupakan proxy server gratis dengan fitur pencarian.

Hidester merupakan layanan situs proxy online gratis yang baru. Namun, fitur yang ditawarkan oleh Hidester lebih banyak dibandingkan dengan proxy server gratis lainnya.

Hidester dilengkapi dengan fitur enkripsi 128-bit dan SSL. Dengan demikian, semua data yang dikirimkan dan diterima akan dienkripsi sehingga tidak bisa dibaca oleh pihak lain.

Hidester menyediakan dua pilihan lokasi server, yaitu di benua Amerika dan Eropa. Sayangnya, tidak ada keterangan mengenai negara spesifik tempat lokasi server tersebut.

Selain itu, Hidester juga dapat menghapus skrip untuk memblokir iklan, serta memblokir cookies. Dengan demikian, pengguna tidak akan terganggu oleh iklan di website yang Grameds kunjungi, serta tidak akan ada website yang memantau kegiatan pengguna. Hidester juga dilengkapi dengan generator password yang dapat membantu pengguna menciptakan password yang aman.

Keunggulan utama dari Hidester adalah keamanan data. Penyedia web proxy server gratis satu ini tidak menyimpan data pengguna dalam bentuk apapun. Selain itu ada beberapa kelebihan dari Hidester seperti fitur enkripsi SSL, blok cookies dan skrip iklan, tidak menyimpan data pengguna dan bisa mengakses media sosial.

4. ProxySite

Salah satu keunggulan dari ProxySite adalah desain antarmuka yang mudah digunakan. Situs proxy web gratis ini dilengkapi dengan tombol pintas untuk beberapa website populer, seperti YouTube, Facebook, Twitter, Reddit, dll.

Untuk mengakses website lainnya, pengguna hanya perlu mengetikkan domain yang ingin Grameds tuju pada kolom “website”, memilih server, lalu mengklik tombol “GO”. ProxySite juga menyediakan 37 pilihan server dari dua benua, yaitu 18 server Eropa dan 19 server Amerika.

Sayangnya, ProxySite akan mencatat log penggunaan Grameds dan menyimpannya selama kurang lebih 14 hari terhitung mulai dari hari terakhir Grameds menggunakan layanannya. Jadi, jika Grameds tidak ingin data Grameds tercatat, maka Grameds perlu mempertimbangkan kembali sebelum menggunakan website proxy online gratis satu ini.

5. CroxyProxy

Layanan web proxy gratis CroxyProxy juga tersedia dalam bentuk website dengan kotak pencarian. Oleh karena itu, penggunanya tidak perlu melakukan pendaftaran untuk menggunakannya.

Keunggulan dari CroxyProxy terletak pada fitur pencariannya. Selain dapat mengetikkan alamat URL website tujuan, pengguna website ini juga dapat langsung melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu seperti saat menggunakan Google.

Selain itu, CroxyProxy juga dilengkapi dengan fitur enkripsi SSL, serta permalink. Dengan permalink, Grameds dapat membagikan link dari website yang Grameds kunjungi kepada orang lain yang dapat diakses melalui proxy online.

Untuk melakukannya, Grameds perlu membuka halaman website menggunakan CroxyProxy. Di bagian atas, Grameds akan menemukan tombol permalink pada toolbar CroxyProxy. Klik tombol tersebut agar Grameds bisa mendapatkan link website yang telah menggunakan proxy. Perlu diingat bahwa link yang dibagikan melalui fitur ini hanya akan aktif selama tiga jam saja.

Saat Grameds sedang browsing dengan CroxyProxy, semua alamat URL yang Grameds kunjungi akan tercatat dalam log dan disimpan selama kurang lebih 30 hari. Selain dapat diakses secara langsung melalui browser, CroxyProxy juga tersedia dalam bentuk plugin untuk Chrome maupun Firefox.

6. HideMyAss (HMA)

Sama seperti Hidester, HMA adalah layanan proxy online gratis yang dilengkapi dengan fitur enkripsi SSL, penghapusan skrip iklan, dan pemblokiran cookies. Namun, pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut sesuai kebutuhan.

Penggunaan proxy server gratis ini cukup sederhana, yaitu dengan memasukkan alamat domain website yang ingin Grameds tuju ke dalam kolom yang telah disediakan dan tidak perlu melakukan pendaftaran untuk menggunakannya.

Proxy web gratis ini menyediakan enam pilihan lokasi server, yaitu New York (AS), Seattle (AS), Frankfurt (Jerman), Amsterdam (Belanda), London (Inggris), dan Praha (Republik Ceko). Meskipun memiliki banyak pilihan server, tetapi Grameds hanya dapat menggunakan HMA pada satu tab browser saja.

Selain melalui browser, Grameds juga dapat menggunakan HMA dalam bentuk plugin untuk Chrome dan Firefox. Plugin ini menyertakan dua fitur tambahan yaitu Auto Hide dan Tab Killer.

Auto Hide dapat menyembunyikan lokasi penggunanya secara otomatis, sehingga tidak perlu khawatir identitas Grameds akan terbongkar. Sementara Tab Killer berguna untuk menyembunyikan semua tab browser yang terbuka dengan cara menekan tombol pintas pada keyboard.

7. Megaproxy 

Megaproxy mengklaim layanan proxy online gratisnya sulit dideteksi oleh banyak website populer, sehingga aman digunakan. Hal ini penting karena banyak proxy online gratis yang tidak mampu mengakses layanan Google dan konten-konten berbasis multimedia atau sosial media.

Selain itu, Megaproxy juga mengklaim bahwa tidak hanya menyembunyikan alamat IP pengguna, tapi juga menyembunyikan browser dan sistem operasi yang digunakan. Untuk menggunakan layanan Megaproxy, pengguna cukup mengunjungi situsnya dan memasukkan alamat domain ke dalam kotak pencarian.

Sayangnya, karena layanan ini gratis, pengguna hanya dapat membuka 60 halaman website dalam rentang waktu lima jam saja.

Itulah beberapa rekomendasi website proxy gratis terbaik yang bisa Grameds coba. Apabila tertarik dengan bidang IT, Grameds bisa mempelajarinya lebih lanjut dengan membaca buku.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan berbagai macam buku berkualitas dan tentunya original. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Rujukan:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nuryanto H

Memiliki latar belakang yang berhubungan dengan dunia teknologi, tentunya menulis mengenai kemajuan teknologi selalu menjadi salah satu hal yang digemarinya. Mulai dari review HP, laptop hingga perangkat teknologi lainnya.