in ,

9 Cara Menghasilkan Uang Dari Instagram Yang Bisa Kamu Coba!

Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram – Di era kemajuan teknologi pada masa kini, media sosial tak dapaat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hampir setiap hari kita dihadapkan dengan berbagai macam suguhan konten di media sosial, yang salah satunya yakni Instagram.

https://www.qoala.app/

Dengan Instagram, Grameds tak sekadar bisa membagikan foto atau video saja, tetapi juga bisa dijadikan sebagai jembatan untuk mendapatkan uang. Meski demikian, banyak orang yang masih bertanya-tanya mengenai bagaimana cara menghasilkan uang dari Instagram.

Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram

Nah, dalam artikel kali ini akan berisi tentang cara menghasilkan uang dari Instagram. Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Menjalin kerja sama dengan merek tertentu

Cara mendapatkan uang dari Instagram yang pertama ialah dengan menjalin kerja sama dengan merek tertentu. Dengan kata lain, Grameds mendapatkan sponsor dari merek tersebut.

Cara ini dapat Grameds lakukan dengan mengunggah foto atau video dengan menyertakan produk sponsor di dalamnya, tetapi sebelumnya Grameds perlu mendapatkan sponsor terlebih dahulu.

Cara untuk mendapatkan sponsor atau mitra tersebut bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Biasanya, ada merek yang menghubungi Grameds terlebih dahulu apabila mereka tertarik dengan personal branding Grameds di Instagram.

Cara lainnya, Grameds juga bisa mencari perusahaan yang bisa Grameds ajak untuk bekerja sama atau dengan bantuan dari pihak ketiga seperti agensi. Mereka akan menghubungkan Grameds dengan mitra sehingga memungkinkan untuk terjadinya kerja sama lebih lanjut.

Setelah itu, pilih merek atau produk yang benar-benar Grameds sukai dengan spesifik supaya mudah ditemukan oleh para pengguna lainnya.

Lalu, buat unggahan atau cerita dengan memperhatikan standar periklanan yang telah Grameds sepakati sebelumnya. Grameds pun akan mendapatkan uang dari merek tersebut apabila kerja sama telah terjalin.

2. Bergabung dengan program afiliasi

Program afiliasi ialah sebuah program yang dapat memberi Grameds komisi apabila berhasil membuat orang lain membeli produk dari pihak tertentu.

Bergabung dengan program ini berarti Grameds harus menghubungkan diri dengan bisnis maupun produk tertentu. Dengan begitu, Grameds akan memasarkan produk mereka dengan platofrm Instagram.

Biasanya, bisnis atau produk yang bekerja sama akan memberikan tautan atau diskon tertentu yang bisa digunakan oleh para pengikut.

Jika pengikut Grameds menggunakan kode diskon atau link tersebut, maka Grameds pun akan mendapatkan uang.

3. Mempromosikan barang dagangan sendiri

Salah satu cara untuk mendapatkan uang dari Instagram yang paling mudah dilakukan ialah dengan menjual barang dagangan Grameds sendiri. Pasalnya, Instagram kini banyak dijadikan sebagai wadah untuk pemasaran produk.

Di awal, Grameds tentu perlu lebih banyak usaha untuk membangun audiens untuk usaha di Instagram terlebih dahulu.

Setelah itu, Grameds dapat beriklan untuk mengarahkan audiens yang tertarik ke produk di Instagram melalui konten. Barulah Grameds dapat mengarahkan mereka ke kontak atau tautan laman e-commerce yang Grameds miliki.

Instagram juga sudah mempunyai fitur Instagram Shopping yang memungkinkan para pengguna bisa berbelanja dengan melihat tampilan gambar dan video. Grameds juga dapat memasukkan berbagai informasi produk ataupun mengarahkan mereka ke situs yang lainnya.

Dengan menjual produk sendiri, Grameds pun tidak perlu khawatir dengan ketentuan-ketentuan merek saat mengunggah produk.

4. Membangun komunitas

Tahun ini, Instagram memperkenalkan fitur baru yakni langganan atau Subscriptions yang dapat membuat semua content creator bisa menghasilkan uang bulanan.

Cara mendapatkan uang dari Instagram dengan cara Subscriptions ini yaitu para pelanggan membayar bulanan untuk melihat konten eksklusif dari para konten kreator. Mereka juga mendapatkan subscriber badge di samping namanya.

Grameds bisa membuat story, live, unggahan, dan reels yang eksklusif bagi para pengikut yang telah berlangganan.

5. Manfaatkan badge di Instagram Live

Live Badge merupakan fitur baru di Instagram yang membantu para content creator dan influencer untuk mendapatkan uang. Badge ini bisa Grameds dikatakan sebagai tip yang Grameds terima saat siaran langsung.

Cara mendapatkan uang dari Instagram melalui fitur ini adalah dengan menerima badge dari para pemirsa yang telah mereka beli dengan harga tertentu. Selama streaming langsung, dalam kolom komentar mereka akan memberikan badge tersebut untuk Grameds.

6. Uangkan konten video dengan iklan

Cara lain untuk bisa mendapatkan uang tambahan dari Instagram yakni dengan menguangkan video yang diunggah dengan iklan in-stream.

Jumlah uang yang Grameds dapatkan akan disesuaikan dengan jumlah penayangan video.

Menurut Instagram, Grameds akan mendapatkan maksimal 55 persen dari pendapatan iklan yang dihasilkan pada tiap tampilan video. Pendapatan itu nantinya akan masuk ke rekening Grameds pada tiap bulannya.

Cara untuk mengaktifkan iklan video in-stream cukup dengan 3 langkah saja. Pertama, Buka Account Settings -> Creator -> In-Stream Video Ads.

Setelah itu, pilih Get Started, lalu baca dan setujui syarat dan ketentuannya. Terakhir, pilih Allow Monetization pada video Instagram milik Grameds dan klik Continue untuk menyelesaikannya.

7. Menjual foto yang diunggah

Cara mendapatkan uang dari Instagram yang berikutnya ialah dengan menjual foto secara online. Pada dasarnya, Instagram memanglah merupakan platform untuk berbagi foto. Oleh karena itu, foto tersebut bisa dijadikan aset yang dilisensikan, dicetak, dan dijual.

Caranya, lisensikan hasil foto Grameds melalui market foto seperti 500px atau Twenty20. Foto-foto yang digemari para audiens dapat bermacam-macam, mulai dari foto-foto yang bagus sampai foto-foto yang unik.

Kalau sudah, mulai tawarkan kepada para audiens untuk membeli foto hasil karya Grameds.

8. Jasa Titip Barang

Untuk mendapatkan uang dari Instagram, Grameds juga bisa membuka jasa titip barang.

Dengan menyediakan layanan ini artinya Grameds mempunyai tanggung jawab untuk membelikan produk sesuai dengan titipan para konsumen.

Untuk memulai bisnis ini Grameds bisa memotret produk-produk yang dipajang di berbagai toko kemudian unggah foto tersebut di Instagram.

Sebelum memutuskan untuk membuka jasa titip barang melalui Instagram ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan di antaranya seperti berikut ini.

  1. Menetapkan jenis barang: Grameds dapat membuka layanan jasa titip untuk barang tertentu, contohnya, jasa titip pakaian wanita.
  2. Pantau tren: pastikan juga untuk selalu mengikuti perkembangan tren supaya Grameds dapat selalu memenuhi kebutuhan konsumen.
  3. Potret barang dengan resolusi bagus: pastikan untuk memotret segala sisi barang dengan resolusi yang bagus supaya konsumen bisa melihat segala sisi barang dengan jelas.
  4. Pahami aturan toko: jangan lupa untuk selalu memperhatikan peraturan toko lantaran tak semua toko mengizinkan pengunjung untuk memotret produk yang ditawarkannya.

9. Instagram NFT

Instagram digadang-gadang akan meluncurkan fitur baru bernama Instagram NFT yang akan mulai diuji coba di Amerika Serikat.

Melalui fitur ini, penggunanya dapat memajang koleksi NFT yang mereka miliki pada feed, story, dan direct message.

NFT yang dipamerkan ini nantinya akan memiliki tag khusus yang diberi nama digital collectibles.

Jika tag ini di klik, maka audiens akan melihat informasi seperti nama pemilik dan pencipta NFT.

Dengan adanya fitur ini, karya digital para content creator akan mendapat nilai exposure yang tinggi sehingga dapat berpengaruh terhadap tingkat penjualannya.

Berapa Banyak Pengikut yang Dibutuhkan untuk Menghasilkan Uang dari IG?

https://elsamara.id/

Menurut digital marketing specialist terkenal, Neil Patel, hanya dengan 1000 pengikut saja, Grameds sudah memiliki potensi untuk menghasilkan uang dari Instagram.

Kuncinya terletak pada tingkat engagement pengikut, yaitu frekuensi pengikut dalam menyukai, mengomentari, dan membagikan unggahan Grameds.

Walaupun hanya memiliki 1000 pengikut, dengan fanbase yang memiliki antusiasme tinggi untuk berinteraksi dengan setiap unggahan Grameds, pemilik brand di luar sana akan tertarik untuk bekerjasama dengan Grameds.

Setelah memiliki semakin banyak pengikut, Grameds pun bisa membuat brand milik sendiri dan menjualnya melalui akun Instagram yang telah Grameds bangun.

Dari sekian cara mendapatkan uang dari Instagram yang telah kami sampaikan, mana yang ingin Grameds coba?

Jangan khawatir apabila Grameds masih pemula, karena semua hal besar memang dimulai dari hal kecil.

Yang terpenting Grameds terus konsisten dalam berkarya dan berinteraksi dengan audiens dengan keunikan Grameds sendiri.

Akan tetapi, jika Grameds merasa memerlukan tambahan pengikut, berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk mendapatkan banyak pengikut

Cara Mendapatkan Banyak Pengikut

Instagram adalah tempat yang tepat untuk segala macam penggunaan. Mulai dari untuk akun pribadi, brand, hingga organisasi. Semakin banyaknya akun di Instagram, semakin ketat pula persaingan untuk mendapatkan pengikut.

Hanya membagikan foto, video, atau story pun tidak cukup. Grameds harus memanfaatkan Instagram dengan lebih pintar agar akun Grameds stand out sehingga orang lain tertarik untuk mengikuti. Grameds bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan lebih banyak pengikut di Instagram.

1. Jangan menyetel akun ke mode private

Mem-private akun Instagram memang baik untuk menjaga privasi. Walau begitu jika tujuan Grameds adalah untuk mendapatkan banyak pengikut, Grameds harus membuka akun menjadi publik. Dengan begitu calon pengikut bisa melihat feed dengan lebih leluasa.

Selain itu, akun akan lebih visible ketika disetel ke publik. Unggahan yang Grameds bagikan bisa dipromosikan ke explore orang lain sehingga dapat menarik pengikut baru.

2. Lengkapi dan siapkan profil

Langkah awal yang harus Grameds lakukan sebelum mencari pengikut baru adalah menyiapkan profil akun. Gunakan username yang mudah diingat, lengkapi semua kolom data profil yang dibutuhkan seperti Bio, Website, dan lain-lain. Grameds juga harus memasang foto profil yang menarik.

Langkah ini penting untuk membangun first impression orang lain kepada akun Grameds. Apabila Grameds ingin terlihat lucu, maka gunakan kata-kata yang menggambarkannya di kolom Bio. Lakukan sesuai dengan style yang Grameds inginkan.

3. Ikuti akun tokoh terkenal

Cara mudah untuk menambah pengikut adalah dengan mem-ikuti akun orang-orang terkenal yang memiliki jutaan pengikut. Misalnya artis, selebgram, youtuber, bahkan tokoh politik. Grameds bisa mem-ikuti hingga 15 akun dalam satu waktu.

Grameds bisa melakukannya dengan cepat kok. Cukup ikuti akun lain yang direkomendasikan Instagram setelah Grameds membuka satu akun tokoh terkenal. Setelahnya Grameds akan melihat notifikasi dibanjiri oleh pengikut baru.

4. Jangan khawatir jumlah mengikuti-mu bertambah, tinggal klik berhenti mengikuti

Mengikuti akun tokoh terkenal membuat jumlah mengikuti semakin besar? Jangan khawatir, Grameds bisa langsung klik berhenti mengikuti. Berikan jeda waktu selama 10 hingga 15 menit dari saat Grameds mem-ikuti mereka. Dengan begitu, jumlah pengikutmu bertambah tetapi mengikutimu tetap. Lakukan langkah ketiga dan keempat ini dengan rutin, setidaknya tiga kali dalam satu hari.

5. Unggah foto atau video di feed secara rutin saat prime time

Tidak cukup hanya melakukan ikuti-berhenti mengikuti secara rutin, Grameds juga harus menjaga keaktifan akun Grameds. Setidaknya unggah foto atau video di feed-mu minimal satu kali dalam sehari. Dengan begitu, tingkat engagement dengan pengikut akan tetap terjaga. Cara ini juga bisa menarik pengikut baru di akun Grameds.

Grameds juga harus memperhatikan waktu untuk membagikan unggahan. Pengguna Instagram pada umumnya aktif di tiga waktu utama, yaitu pagi hari pukul 08.00-09.00, siang hari pukul 12.00, dan malam hari pukul 19.00-20.00. Dari ketiganya, waktu yang paling ramai adalah di malam hari. Pastikan Grameds membagikan unggahan di sekitar waktu tersebut.

6. Gunakan tagar dengan kreatif

Jangan menyepelekan kekuatan dari tagar jika akun Grameds masih tergolong akun kecil. Sebab dengan menambahkannya di kolom caption, orang lain akan dengan mudah menemukan unggahan yang Grameds bagikan. Unggahan yang disertai tagar akan mendapatkan lebih banyak like dan comment dari pengguna lain.

Tambahkan beberapa tagar di setiap unggahan. Batas maksimalnya adalah 30. Akan tetapi jangan asal comot ya. Grameds harus menggunakan tagar yang relevan, populer, dan sesuai dengan audiens yang Grameds sasar.

7. Cross promoting di akun media sosial lainnya

Tentunya Grameds punya akun di Facebook, Twitter, Snapchat, atau media sosial lainnya kan? Langkah selanjutnya yang bisa Grameds lakukan untuk menambah pengikut adalah dengan mempromosikan akun Grameds di platform lain. Dengan begitu, Grameds bisa menarik teman-teman di media sosial lain untuk mengikuti akun Instagram milik Grameds.

Jika Grameds sedang membangun akun untuk bisnis atau menyelenggarakan campaign, Grameds juga bisa mempromosikannya secara offline. Misalnya dengan membuat brosur, poster, dan media lain yang bisa menarik perhatian publik.

8. Memelihara feed Instagram

Tidak bisa dimungkiri bahwa orang lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat visual. Oleh karena itu, Grameds harus menyamakan tone unggahan yang Grameds bagikan agar akun menjadi semakin menarik.

Gunakan tone warna yang Grameds sukai dan menggambarkan karakter. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan filter yang sama di setiap unggahan. Ada banyak aplikasi edit foto yang bisa membantu melakukannya.

9. Ikuti tren-tren terbaru

Ada banyak tren menarik di Instagram. Contoh tren yang pernah booming adalah In My Feelings Challenge dan Ice Bucket Challenge. Untuk menambah pengikut, Grameds bisa aktif mengikutinya.

Unggah foto atau video yang berkaitan, kemudian tambahkan tagar di caption-mu. Selain itu saat Grameds berada di acara tertentu, unggah momenmu dengan tagar yang berkaitan. Misalnya saat mendatangi konser, datang ke museum, dan lain-lain.

10. Memanfaatkan targeted ads di Instagram

Jika akun yang Grameds miliki adalah akun bisnis atau organisasi, Grameds bisa mempromosikannya melalui targeted ads di Instagram. Tentunya cara ini berbayar tetapi bisa secara efektif menambah pengikutmu.

Sebelum menggunakannya, Grameds harus tahu siapa audiens yang relevan dari akunmu. Mulai dari usia mereka, pekerjaan, hingga interest-nya. Ini karena Grameds akan diminta untuk memberikan spesifikasi target audiens saat menyetel iklan.

Itulah berbagai cara untul mendapatkan uang dari Instagram yang bisa Grameds coba. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa menginspirasi Grameds dalam menggunakan media sosial Instagram, ya!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien