in

5 Rekomendasi Parafrase Tools Indonesia

Pharapassing tools Indonesia – Dalam berbagai bidang seperti pendidikan dan pekerjaan, kita dituntut untuk dapat menulis. Baik itu untuk mengerjakan tugas, ataupun memang itu merupakan profesi yang kita gunakan.

Dalam menulis, pastinya kita mengacu pada sebuah referensi atau sumber, seperti teori, pendapat para ahli, laporan, dan lain sebagainya. Namun, kita tidak dapat menyalin seluruh referensi itu dengan begitu saja, karena terdapat aturan hak cipta dan plagiarisme.

Lantas, bagaimana jika Anda ingin mengutip dari referensi, tapi tidak ingin terkena pelanggaran hak cipta dan plagiarisme? Cara yang dapat dilakukan adalah dengan parafrasa. Parafrasa sendiri merupakan sebuah teknik yang dipakai dalam menulis atau menyampaikan pendapat.

Secara harfiah, kata parafrasa berasal dari sebuah kata dalam bahasa Latin, yaitu “paraphrase“ atau bahasa Yunani, yaitu “paraphrasein”, yang memiliki makna cara ekspresi tambahan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), parafrasa atau parafrase merupakan penguraian atau pengungkapan kembali suatu teks atau karangan dari bentuk kalimat dalam sebuah tingkatan atau bahasa tertentu menjadi susunan kata yang lain, tanpa mengubah makna aslinya. Parafrasa juga dapat diartikan sebagai rekonstruksi ulang sebuah kalimat untuk menjelaskan makna yang tersembunyi.

Teknik parafrasa dalam menulis menjadi suatu hal yang tak melanggar hukum, karena penulis akan menulis ulang sebuah gagasan berdasarkan pengertiannya, dalam bentuk kalimat yang baru.

Berdasarkan pengertian parafrasa yang telah dijelaskan di atas, dapat dirangkum bahwa tujuan dari dilakukannya parafrase adalah sebagai berikut.

Tujuan Melakukan Parafrase

Secara umum, parafrase mempunyai 2 tujuan utama, yakni untuk menghindari pelanggaran hak cipta dan plagiarisme, serta membuat sebuah ide atau gagasan menjadi lebih mudah dimengerti.

1. Menghindari pelanggaran hak cipta dan plagiarisme

Tujuan melakukan parafrase yang pertama adalah untuk menghindari pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Plagiarisme sendiri menjadi sebuah bagian yang dikatakan sebagai pelanggaran hak cipta, karena merupakan kegiatan yang dapat dikategorikan sebagai pencurian dan pemalsuan karya orang lain.

Mengutip ide atau gagasan dari pihak lain sebenarnya boleh, jika ditulis ulang menggunakan teknik parafrasa.

Kutipan yang disajikan dengan kalimat atau bahasa sendiri tidak dianggap sebagai penjiplakan karya. Namun, tentunya Anda harus memastikan bahwa inti, isi, dan makna gagasan tersebut tidak berbeda dari tulisan sumber atau referensi.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Perlu diingat juga untuk tetap menuliskan sumber dan referensi yang digunakan di bagian daftar pustaka.

2. Membuat sebuah ide atau gagasan menjadi lebih mudah dimengerti

Tujuan parafrase selanjutnya adalah membuat sebuah ide atau gagasan menjadi lebih mudah dimengerti. Melakukan teknik parafrase dapat membantu menyampaikan kembali informasi dari sumber menggunakan bahasa yang mudah dimengerti banyak orang.

Contohnya, sebuah puisi yang banyak menggunakan kata-kata kiasan dapat diubah menjadi sebuah narasi yang memakai diksi umum yang mudah dimengerti menggunakan teknik parafrase.

Nah, itu dia Grameds pengertian dan tujuan dari parafrase. Ternyata, parafrase sangat penting untuk dipelajari ya. Selain untuk menunjang pekerjaan, parafrase juga dapat melatih kemampuan interpretasi dan  bahasa seseorang. Setelah mengenal pengertian dan tujuan parafrase, selanjutnya akan dijelaskan ciri-ciri dari parafrase.

Ciri-Ciri Parafrase

Setelah mengetahui tujuan dari parafrasa, maka di poin ini, kita akan membahas tentang ciri-ciri parafrasa. Ciri-ciri parafrase adalah sebagai berikut.

  1. Parafrase memiliki bentuk atau susunan yang berbeda dengan teks asli sumber.
  2. Teknik penyampaian bahasa berbeda dengan gagasan aslinya.
  3. Isi dan makna teks tidak berubah dari sumber aslinya.
  4. Kalimat parafrase disampaikan secara komunikatif sehingga lebih mudah dipahami para pembaca.

Itu dia Grameds 4 ciri parafrase. Mungkin di antara Grameds masih ada yang bingung nih mengenai bagaimana cara melakukan parafrase. Tenang saja, Grameds, karena di zaman yang modern ini, teknologi dapat membantu segala aktivitas kita.

Tak terkecuali dalam melakukan parafrase. Saat ini, telah tersedia banyak alat parafrase yang dapat mempermudah pekerjaan kita. Di bawah ini akan diuraikan 5 alat parafrase untuk bahasa Indonesia.

Paraphrasing Tool Indonesia

Berikut ini paraphrasing tool Indonesia yang bisa kamu gunakan.

1. Paraphrase.io 

https://www.paraphraser.io/id/parafrase-online 

Alat parafrase daring mempunyai banyak fitur, di antaranya menghapus plagiarisme, dan merekonstruksi ulang artikel atau esai. Alat parafrase bahasa Indonesia Paraphrase.io dapat menjadi pilihan yang baik, karena alat parafrase yang satu ini berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dikembangkan menggunakan teknologi mutakhir.

Paraphraser.io dapat membantu Anda untuk menyusun ulang teks dengan cepat dan mudah. Alat parafrase yang satu ini juga memungkinkan Anda untuk memparafrase beberapa teks sekaligus. Anda dapat menggunakan alat parafrase yang tidak berbayar ini untuk mengubah susunan kalimat, paragraf, artikel, atau esai panjang Anda.

Paraphraser.io sendiri memiliki sejumlah kelebihan yang dapat menjadi pertimbangan bagi Anda dalam memiliki alat parafrase. Kelebihan-kelebihan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Mempertahankan makna aslinya.

Tak seperti alat parafrase lainnya yang mungkin mengubah makna kalimat, alat parafrase yang berbasis AI ini akan mengubah susunan kalimat, tetapi mempertahankan makna asli kalimat yang Anda kirim.

  • Hasil masuk akal dan dapat mudah dimengerti manusia 

Paraphraser.io dapat menghasilkan susunan teks ulang yang tingkatannya dapat dimengerti manusia. Hasil parafrase dari alat yang satu ini bisa dibaca dengan mudah, masuk akal, dan tentunya bebas plagiarisme.

  • Berbasis AI yang canggih

Alat parafrase ini menggunakan teknologi AI paling canggih yang berdasarkan NLP. Maka itu, alat parafrase yang satu ini bisa memparafrasekan kalimat hingga artikel lengkap.

Cara Menggunakan

Lalu, bagaimana ya cara untuk menggunakan Paraphraser.io? Mudah saja, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Unggah file yang ingin diparafrase atau ketik teks di kotak input.
  2. Di antara keempat mode yang tersedia di Paraphraser.io (Standar, Kelancaran, Kreatif, dan Lebih Pintar), pilih salah satu mode frasa ulang.
  3. Klik tombol kirim dan tunggu hasilnya.

2. Rephrase

https://www.rephrase.info/id/parafrase-online

Alat parafrase Indonesia yang satu ini mampu menyusun ulang teks dengan mengganti kata-kata dari sumber dengan pilihan kata yang memiliki makna sama, atau memakai struktur kalimat yang serupa. Rephrase memungkinkan Anda untuk membuat artikel menjadi unik, menulis unggahan blog, dan membuat copywriting untuk pemasaran.

Rephrase.info menawarkan alat parafrase bahasa Indonesia yang canggih, karena didukung oleh  teknologi AI. Rephrase sudah mengembangkan alat parafrase yang sempurna bagi para penulis yang berdasarkan teknologi modern.

Cara Menggunakan

Rephrase bekerja dengan menyusun ulang kalimat dan membuat paragraf menjadi bebas dari plagiarisme. Rephrase memiliki sejumlah kelebihan yang dapat menguntungkan Anda, yakni sebagai berikut.

  1. Alat parafrase ini tidak memiliki batasan jumlah kata
  2. Tidak seperti alat parafrase lainnya yang memiliki batasan jumlah kata, Rephrase memungkinkan Anda untuk melakukan parafrase artikel yang panjang tanpa membagi-baginya.
  3. Dapat memparafrasekan kalimat secara efektif
  4. Rephrase memungkinkan Anda untuk memparafrasekan teks secara efektif. Dengan menggunakan alat parafrase ini, Anda bisa menulis ulang artikel, esai, atau blog dalam jumlah yang tidak terbatas. Hasil tulisan Anda dijamin unik dan terlihat profesional.

Cara Menggunakan Rephrase

Cara menggunakan alat parafrase yang satu ini sangat sederhana, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Di antara kelima mode parafrase yang tersedia (Standar, Kreatif, Cerdas, Resmi, dan Kelancaran), pilih salah satu mode.
  2. Unggah dokumen, tulis teks, atau tempel teks pada kotak yang tersedia.
  3. Pilih bahasa yang diinginkan.
  4. Isi kotak reCAPTCHA dan verifikasi.
  5. Klik tombol Parafrase Online dan tunggu hasilnya.
  6. Teks yang telah paraphrase siap diunduh atau disalin.

3. Prepostseo

https://www.prepostseo.com/id/paraphrasing-tool

Alat parafrase Prepostseo menyediakan jasa parafrase teks online yang tidak berbayar, dan berbasis teknologi AI yang canggih. Prepostseo merupakan alat parafrase online terbaik yang bisa membantu para penulis dan peneliti. Alat ini dapat mengubah teks dari baris ke baris, juga kata per kata. Anda dapat menghasilkan teks yang bebas dari plagiarisme dalam hitungan beberapa detik saja.

Prepostseo mengembangkan alat parafrase online ini menggunakan teknik-teknik dan algoritma yang canggih untuk memberikan hasil yang efektif bagi setiap teks yang ingin Anda ubah susunannya. Alat parafrase online Indonesia ini menggunakan kecerdasan buatan untuk merekonstruksi ulang teks tanpa mengubah makna aslinya.

Alat ini juga memungkinkan untuk menghasilkan teks yang mudah dibaca dan meminimalisir plagiarisme dalam teks yang Anda buat. Alat parafrase Prepostseo menjadi alat yang efisien saat Anda mencari alat untuk memparafrasekan teks yang telah Anda tulis.

Cara Menggunakan

Adapun sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Prepostseo adalah sebagai berikut.

  1. Proses parafrase kalimat, artikel, atau esai dalam waktu yang cepat
  2. AI Mode yang kreatif dan lugas
  3. Meningkatkan kosakata, nada tulisan, keterbacaan, dan gaya bahasa
  4. Bahasa tidak terbatas
  5. Tidak berbayar

4. Check Plagiarism

https://www.check-plagiarism.com/id/paraphrasing-tool

Jika Anda sedang membutuhkan alat untuk mengubah kata-kata dengan kata yang serupa atau sinonim, atau ingin mengubah susunan artikel atau esai Anda, dan mencari cara baru untuk mengekspresikan kata, frasa, serta kalimat, paraphrasing tool yang satu ini dapat menjadi pilihan tepat.

Sesuai dengan namanya, alat parafrase yang satu ini juga biasa digunakan sebagai alat untuk memeriksa, dan menghindari plagiarisme dengan membantu membuat teks menjadi unik.

Check Plagiarism dapat menjadi alat penunjang bagi Anda yang pekerjaannya menulis artikel, dokumen bisnis, konten untuk situs web, dan lain sebagainya. Check Plagiarism akan memfasilitasi pertukaran ide dalam proses menulis secara kreatif.

Paraphrasing tool yang gratis ini dapat mengganti dan membangun kembali kerangka frasa, tanpa mengubah arti yang sebenarnya.

Adapun sejumlah keunggulan yang dimiliki Check Plagiarism, yakni:

  1. Tidak perlu mendaftar untuk menggunakannya.
  2. Proses parafrase aman dan cepat.
  3. Gratis
  4. Hasilnya unik dan ramah SEO.
  5. Kompatibel dengan seluruh browser dan perangkat.

Cara Menggunakan

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini, ya!

  1. Tulis atau tempel teks pada kotak yang tersedia.
  2. Klik tombol Parafrase.
  3. Tunggu proses analisis.
  4. Hasil teks yang unik siap digunakan.
  5. Pastikan untuk memeriksa plagiarisme.

5. DupliChecker: 

https://www.duplichecker.com/id/article-rewriter.php

Paraphrasing tool yang tersedia di DupliChecker disebut juga sebagai article spinner. Jika Anda sedang mencari alat untuk menyusun kembali kata-kata untuk hasil tulisan Anda, alat yang satu ini dapat menjadi pilihan tepat.

Selain dapat membantu Anda membuat teks menjadi unik dan terbebas dari plagiarisme, terdapat sejumlah manfaat lain jika menggunakan alat parafrase dari DupliChecker. Penjelasannya sebagai berikut.

Menambah pengetahuan kosakata baru

Dengan menggunakan alat parafrase, Anda bisa mengetahui kata-kata sinonim dari teks yang Anda masukkan. Kata-kata yang mungkin Anda sudah ketahui atau mungkin belum Anda ketahui. Maka itu, alat ini dapat menambah pengetahuan kosakata Anda, sekaligus memberikan pengetahuan baru mengenai pilihan kata yang lebih baik, yang bisa Anda gunakan di berbagai konteks tulisan. Dengan mempelajari hal ini, Anda bisa menghadirkan variasi dalam konten yang Anda tulis, dan menghindari penggunaan kata-kata yang itu-itu saja.

Membantu menyelesaikan deadline yang singkat Orang yang memiliki pekerjaan menulis sebagian besar akrab dengan tenggat waktu yang singkat. Bagi Anda yang juga memiliki situasi seperti itu, Anda dapat menggunakan article spinner sebagai alat bantu Anda.

Dengan algoritma yang cerdas dan canggih, paraphrasing tool ini dapat melakukan pekerjaan dalam hitungan detik saja. Akhirnya, Anda tidak perlu khawatir lagi akan tenggat waktu.

Membantu menghasilkan konten yang berkualitas 

Setiap penulis atau kreator konten pastinya ingin membuat konten yang berkualitas. Salah satu indikator pengukur tingkat kualitas sebuah konten adalah keunikan konten itu sendiri. Maka dari itu, dengan kehadiran DupliChecker, Anda tidak perlu khawatir lagi akan kualitas konten.

Anda dapat dengan mudah dan cepat menghasilkan konten yang unik dan berkualitas dengan bantuan alat parafrase online yang gratis ini.

Paraphrasing tool yang otomatis ini dapat memberikan hasil teks yang disusun ulang, yang tentunya berkualitas tinggi. Dengan algoritma berbasis AI, paraphrasing tool ini dapat dipercaya untuk membantu pekerjaan Anda menjadi lebih mudah, dan tetap menjaga kualitas, bahkan meningkatkannya.

Menghemat sumber daya 

Menulis bukan sebuah tugas yang mudah, karena menulis juga membutuhkan berbagai sumber daya. Investasi yang dituntut dari seorang penulis juga cukup besar, seorang penulis harus menginvestasikan pengetahuan berbahasa, usaha, dan juga waktu untuk menghasilkan karya yang unik dan berkualitas.

Paraphrasing tool online ini dapat membantu Anda menghemat sumber daya. Article spinner yang gratis ini dapat Anda manfaatkan untuk memberikan hasil yang terbaik untuk konten Anda.

Cara Menggunakan

Cara menggunakan alat parafrase yang satu ini sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  1. Ketik atau tempel teks di kotak yang tersedia, atau pilih tombol “Unggah File Anda”, kemudian pilih dokumen teks yang Anda ingin ubah susunannya.
  2. Isi kotak dan periksa Google Captcha untuk memastikan keamanan
  3. Klik tombol “Tulis Ulang Artikel”.
  4. Tunggu dan prediksi hasil di Bagian Output.
  5. Teks yang unik siap Anda gunakan.

Nah, itu dia Grameds 5 rekomendasi paraphrasing tool Indonesia yang bisa Anda gunakan untuk membantu berbagai pekerjaan Anda. Kini, pekerjaan menulis dapat diselesaikan dengan lebih mudah ya.

Meskipun sudah menggunakan alat, tetapi perlu diingat juga untuk selalu mengecek hasil parafrase, karena bagaimanapun juga kecerdasan buatan tidak akan sepenuhnya sesuai dengan kecerdasan manusia.

Grameds, sekian artikel “5 Rekomendasi Alat Parafrase Indonesia”. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda, dengan menambah pengetahuan baru. Bagi Grameds yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang bahasa Indonesia, kalian bisa belajar dengan buku-buku yang tersedia di Gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia menyediakan berbagai buku yang dapat menunjang aktivitas belajar Anda. Selamat membaca. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa parafrasa merupakan cara untuk mengungkapkan suatu pesan dengan gaya penulisan sendiri. Maka dari itu, untuk mengasah kemampuan parafrasa, maka kamu perlu memahami ejaan bahasa Indonesia dulu. Buku PUEBI Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia ini bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan kamus bahasa Indonesia yang biasa digunakan oleh siswa hingga mahasiswa dalam mencari suatu kata. Jika kamu ingin mendapatkan buku Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka bisa mendapatkannya dengan klik gambar di bawah ini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa parafrasa merupakan cara untuk mengungkapkan suatu pesan dengan gaya penulisan sendiri. Maka dari itu, untuk mengasah kemampuan parafrasa, maka kamu perlu memahami ejaan bahasa Indonesia dulu. Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia PUEBI  ini bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nuryanto H

Memiliki latar belakang yang berhubungan dengan dunia teknologi, tentunya menulis mengenai kemajuan teknologi selalu menjadi salah satu hal yang digemarinya. Mulai dari review HP, laptop hingga perangkat teknologi lainnya.