in

12 Gaya Rambut Keriting Pria yang Trendy dan Modern Saat Ini!

Dmarge.com

Gaya Rambut Keriting Pria – Bukan hanya wanita, tetapi pria juga tak jarang bingung dalam menentukan model rambutnya. Terlebih gaya rambut keriting pria. Pasalnya, rambut keriting tak seperti rambut lurus yang mudah diatur bentuknya.

Rambut keriting ini memiliki gaya rambut yang cukup terbatas. Hal ini disebabkan karena bentuk rambutnya yang tak biasa.

Meski mayoritas pria di Indonesia memiliki rambut lurus, tetapi ada juga beberapa orang yang memiliki rambut keriting sedari lahir. Jenis dari rambut keriting ini juga berbeda antara satu dan lainnya.

Sebenarnya, kunci utama dari memilih model atau gaya rambut keriting pria adalah mencocokkannya dengan bentuk wajah kita. Sebab, tak semua bentuk model atau gaya rambut keriting pria ini cocok dengan wajah seseorang.

Misalnya, ada tipe wajah yang hanya cocok menggunakan beberapa gaya rambut keriting tertentu. Tetapi ada juga yang cocok dengan gaya rambut apa saja.

Oleh karena itu, usahakan sebelum memilih gaya rambut, kita melihat terlebih dahulu bentuk wajah seperti apa yang kita miliki. Setelah itu, coba cocokkan dengan gaya rambut yang ingin dipilih. Hal ini dilakukan agar pilihan gaya rambut dapat sesuai dan memberikan kepercayaan diri kepada penggunanya.

Lantas, apa saja rekomendasi gaya rambut keriting pria? Penasaran? Yuk, simak ulasannya!

Rekomendasi Gaya Rambut Keriting

1. Gaya rambut medium curly hairstyles

Gaya Rambut Keriting Pria
pinterest.com/Jungsandmanner

Model atau gaya rambut keriting pria yang pertama adalah gaya rambut medium curly hairstyles. Gaya rambut ini sangat simpel dan sederhana sehingga cocok untuk diaplikasikan pada wajah pria yang berbentuk lonjong, bulat, dan oval.

Jika diperhatikan, model rambut ini dapat digunakan oleh siapa saja. Sebab, rasanya model rambut keriting ini cocok digunakan pada semua tipe wajah pria.

Potongan model rambut ini bisa dibilang sangat simpel karena hanya perlu merapikan bagian samping kepala saja. Bagian tersebut dirapikan dan dipotong hingga memiliki ketebalan 1 sampai 3 centimeter.

Sedangkan, potongan model rambut pada bagian atas kepala dibiarkan keriting saja. Panjang rambut pada bagian atas ini dapat bervariasi antara 3 sampai 5 centimeter.

Selain memberikan kesan yang rapi, potongan gaya rambut keriting pria ini juga tampak cocok untuk digunakan oleh pria usia berapa pun. Itu karena model rambut ini dapat tetap memberikan kesan modis bagi penggunanya.

2. Gaya rambut curly afro hairstyles

Gaya Rambut Keriting Pria
hairstylecamp.com

Curly afro hairstyles adalah salah satu gaya rambut keriting pria yang sangat populer. Gaya rambut ini terkenal di berbagai negara di dunia, khususnya negara barat seperti Amerika Serikat. Hal ini disebabkan karena potongan gaya rambut ini biasa digunakan oleh orang-orang kulit hitam.

Padahal sebenarnya, potongan curly afro hairstyles ini berasal dari Afrika Selatan. Namun, pada saat ini model rambut ini jauh lebih populer di Amerika Serikat dibanding di negara aslinya.

Gaya potongan afro ini biasa digunakan oleh para pria yang memiliki rambut keriting kecil-kecil. Dalam bahasa Indonesia, istilah rambut keriting kecil-kecil ini dikenal juga dengan sebutan keriting kribo.

Untuk gaya rambut yang satu itu, kamu cukup memotong rambut keritingmu dengan metode potongan crew cut. Gaya rambut curly afro hairstyles ini sangat cocok digunakan pada pria yang memiliki wajah bulat. Tetapi tak perlu khawatir, gaya ini juga bisa, kok, digunakan untuk orang yang berwajah oval.

3. Gaya rambut long curly hairstyles

Untuk model potongan rambut keriting yang selanjutnya adalah long curly hairstyles. Rambut ini sebenarnya bisa kamu dapatkan dengan cara memanjangkan rambut pendekmu selama beberapa bulan.

Pada umumnya, pria akan dengan sengaja memilih untuk memanjangkan rambut ikalnya. Hal ini sebenarnya bukan tanpa alasan juga. Karena terkadang, beberapa orang dari mereka akan malas memotong rambutnya.

Tak jarang mereka juga memanjangkan rambut agar bisa menata rambutnya dengan cara mengikatnya ke belakang. Sehingga dapat menampilkan wajah dengan kesan yang lebih maskulin.

Perawatan untuk jenis gaya rambut ini sedikit agak lebih sulit dibanding gaya rambut lainnya. Namun memang, model rambut ini dapat mengubah kesan yang ditampilkan pada pria menjadi lebih maskulin.

Gaya rambut ini juga cocok untuk digunakan oleh semua bentuk wajah. Tak terkecuali orang dengan bentuk wajah yang tirus dan kotak.

4. Gaya rambut short curly hairstyles

Jika tadi ada model rambut long curly hairstyles, maka kali ini adalah model rambut short curly hairstyles. Gaya rambut ini adalah versi pendek dari long curly hairstyles. Model rambut ini adalah gaya dengan potongan pendek untuk rambut yang keriting.

Gaya rambut ini juga dikenal dengan julukan gaya rambut the lion hair. Hal ini disebabkan kerena bentuk potongan rambutnya yang mirip dengan rambut singa.

Jika kamu ingin menggunakan model rambut ini, kamu bisa memotong rambutmu sepanjang telinga. Atau, kamu bisa memotong rambut hingga tersisa 4 sampai 6 centimeter saja.

Kamu juga bisa tampil lebih bergaya menggunakan model rambut ini. Kamu bisa membuat belah pinggir pada rambut bagian depanmu dan mengesampingkan sebagian rambut tersebut ke salah satu sisi. Dijamin, kamu pasti akan terlihat lebih dandy.

Perlu diingat, gaya rambut ini cocok digunakan oleh pria dengan bentuk wajah yang oval dan lonjong.

5. Gaya rambut short sides and curly hair on top

Gaya Rambut Keriting Pria
archziner.com

Gaya rambut short sides and curly hair on top adalah salah satu gaya rambut yang paling banyak diminati oleh pria dengan rambut keriting. Hal ini disebabkan karena gaya ini memberikan kesan untuk pria terlihat lebih modis dan rapi.

Sebenarnya, gaya rambut ini adalah hasil penggabungan dua model potongan rambut. Dua model potongan rambut ini adalah crew cut dan punk. Namun, hal yang membedakan dari gaya rambut ini adalah pengaplikasiannya pada rambut keriting, bukan rambut lurus.

Jadi, saat kamu akan mencoba gaya rambut ini, bagian samping rambutmu akan benar-benar dipotong crew cut. Tinggi rambutnya pun hanya 0,5 sampai 1 centimeter saja.

Potongan ini juga semakin ke bawah akan semakin memangkas habis rambutmu. Sedangkan, pada bagian atas rambut justru dibiarkan panjang sekitar 5 sampai 7 centimeter.

Untuk perawatan dan penataannya, kamu bisa menggunakan bantuan gel rambut untuk rambut bagian atas. Ini dilakukan untuk mempermudah kamu dalam mengatur model rambutnya. Model rambut yang satu ini cocok digunakan untuk pria dengan wajah lonjong.

6. Gaya rambut fringe curls for brooding men

Gaya Rambut Keriting Pria
orami.com

Gaya rambut fringe curls for brooding men adalah gaya rambut keriting pria yang paling banyak digunakan pada runaway atau fashion show. Hal ini disebabkan karena gaya rambut ini dapat membuat pria tampil lebih modis dan menawan.

Gaya rambut yang satu ini merupakan potongan gaya yang menerapkan model rambut bagian atas yang agak messy dari rambut lainnya. Pada bagian rambut atas, rambut tersebut akan dibiarkan agar panjang.

Sedangkan, potongan rambut akan dibuat semakin pendek jika semakin ke bawah. Gaya rambut ini cocok digunakan oleh semua bentuk wajah, mulai dari oval, kotak, dan bulat. Namun biasanya, gaya rambut ini lebih banyak digunakan oleh orang-orang berwajah panjang.

7. Gaya rambut curly hair side part

Gaya Rambut Keriting Pria
trendyseekers.com

Gaya rambut curly hair side part adalah salah satu gaya potongan rambut keriting yang tak biasa dan jarang digunakan. Tetapi, gaya rambut keriting ini dapat memberikan tampilan yang membuat pria jadi terlihat lebih trendy dan modis.

Gaya rambut ini juga merupakan sebuah gabungan dan inovasi dari dua model rambut. Dua model rambut tersebut adalah medium curly hairstyles dan short curly hairstyles.

Jadi saat penerapannya, salah satu bagian sisi rambut akan benar-benar dipangkas dan dipotong. Pada bagian ini, tinggi rambut hanya akan ditinggalkan sekitar 1 centimeter saja.

Sementara itu, sisi bagian rambut lainnya akan dipotong dengan gaya medium curly hairstyles. Gaya rambut ini pun sebenarnya cocok digunakan untuk semua bentuk wajah. Namun, perlu kepercayaan diri lebih untuk menerapkannya sehari-hari.

8. Gaya rambut shakespeare hairstyle

Gaya Rambut Keriting Pria
pinterest.com

Gaya rambut keriting pria yang satu ini cukup unik. Karena akan membawa kita kembali ke masa lalu, yaitu era abad ke-15-an.

Sesuai dengan namanya, shakespeare hairstyle, gaya rambut keriting ini terinspirasi dari gaya rambut seorang pujangga dan penulis populer dari Inggris. Dia adalah William Shakespeare.

Hal yang paling ditonjolkan dari gaya rambut yang satu ini adalah rambut yang disisir dan dirapikan ke arah belakang secara keseluruhan. Maka dengan demikian, seluruh area dahi akan terekspos tanpa rambut sedikit pun.

Gaya rambut ini sebenarnya bisa digunakan oleh semua bentuk wajah. Namun dengan catatan, harus memiliki dahi yang bagus dan juga alis yang tidak terlalu lebar.

9. Gaya rambut sleek back curls

Gaya Rambut Keriting Pria
orami.com

Apakah kamu termasuk orang yang sering menonton film-film barat dan Hollywood? Jika jawabannya iya, maka kamu pasti sudah tidak asing dengan gaya rambut yang satu ini.

Tampilan gaya rambut keriting sleek back curls ini cukup sering dijumpai di film-film barat. Karena kebanyakan para aktornya menggunakan selama pengambilan gambar film.

Sebenarnya, gaya rambut yang satu ini terinspirasi dari potongan rambut short curly hairstyles. Model ini mengambil inovasi dari potongan rambut tersebut dengan cara menata rambutnya secara lebih berbeda.

Saat kamu ingin menggunakan gaya rambut ini, kamu bisa menyisir rambut bagian depanmu secara penuh ke belakang. Kemudian, gunakanlah sedikit gel rambut untuk mengaturnya agar terlihat lebih rapi.

Sementara itu, rambut bagian samping juga disisir rapi. Pada bagian ini, rambut tidak disisir secara rapi, tetapi dibuat sedikit agak bergelombang. Hal ini dilakukan untuk memberikan tampilan rambut yang agak jatuh ke bawah.

Kini, model rambut seperti ini cukup digemari oleh kalangan pria. Itu disebabkan karena gaya rambut keriting ini dapat membuat penggunanya terlihat lebih maskulin.

10. Gaya rambut curly curtains

menhairstyletips.com

Gaya rambut ini adalah salah satu gaya rambut yang paling banyak digemari. Yap, model potongan curly hairstyles sangat populer di berbagai kalangan pria di negara-negara barat.

Gaya rambut keriting ini cukup sederhana dan simpel, sehingga banyak disukai. Model potongannya pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan potongan short curly hairstyles.

Hanya saja, hal yang membedakan curly hairstyles dan short curly hairstyles adalah panjang dan pendeknya potongan rambut. Pada gaya short curly hairstyles, rambutnya dipotong lebih pendek dan diberikan sentuhan crew cut pada rambut bagian samping.

Gaya rambut ini dinamakan curtains karena pada bagian depan rambut sengaja diberikan sedikit poni yang menggantung. Hal ini terinspirasi dari gaya rambut koma hair yang sedang tren di negeri Gingseng, Korea Selatan.

11. Gaya rambut quiff modern

latest-hairstyles.com

Selain mencoba potongan gaya rambut yang curly, kamu juga bisa mencoba berbagai varian penataan rambut yang lain. salah satunya adalah quiff modern. Gaya rambut ini adalah gaya rambut yang mengharuskan kamu memotong rambutmu sedikit.

Gaya rambut ini mungkin biasa digunakan oleh orang dengan rambut yang lurus. Tetapi pada kenyataannya, gaya rambut ini juga bisa digunakan untuk rambut yang keriting.

Agar memberikan kesan yang lebih keren, kamu juga bisa memberikan tekstur pada rambutmu. Hal ini cukup dilakukan dengan menyisir rambut dengan jari. Gaya rambut yang satu ini juga dikenal sebagai gaya rambut bed head, karena membuat penggunanya seperti baru bangun tidur.

Namun, jika sebelumnya kamu memiliki potongan model rambut yang sedikit medium undercut, kamu harus menggunakan beberapa peralatan untuk penataan rambut. Alat-alat tersebut adalah sisir blow dry dan hair dryer.

12. Gaya rambut keriting perm (permanent treatment)

popmama.com

Sebelum memutuskan untuk memilih gaya rambut yang akan kamu coba selanjutnya, kamu juga harus tahu gaya rambut keriting apa yang saat ini sedang trendi. Adapun, salah satu gaya rambut keriting yang saat ini sedang cukup populer adalah gaya rambut keriting perm.

Kata perm merupakan singkatan dari kata permanent treatment. Ini berarti sebuah teknik yang digunakan untuk menghasilkan rambut keriting dengan obat kimia. Selain itu, teknik ini juga menggunakan pengeriting rambut bersuhu panas.

Umumnya, gaya rambut keriting yang satu ini dapat bertahan selama 6-8 bulan dari proses treatment awal. Salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan cara memotong bagian bawah rambut dengan model potongan undercut.

Setelah itu, kamu bisa mengeringkannya menggunakan alat bernama hair dryer diffuser. Hal ini dilakukan untuk menjaga bentuk keriting yang diinginkan.

Kesimpulan

Mungkin masih banyak dari kita yang berpikir bahwa memotong rambut keriting menjadi pendek adalah solusi paling cepat dan instan untuk rambut keriting yang unruly dan frizzy. Namun ternyata, terdapat banyak varian potongan gaya rambut yang bisa dicoba oleh pria berambut keriting.

Beberapa gaya rambut keriting pria ini juga cukup keren dan populer di luar negeri. Namun, terkadang kita saja yang tidak ingin mengeksplorasi gaya rambut tersebut karena takut tidak cocok saat kita gunakan.

Padahal, kunci dalam mendapatkan dan mencoba potongan rambut keriting yang baru adalah dengan memilih model yang sesuai dengan bentuk wajah. Seperti untuk pria berwajah lonjong, gaya rambut keriting yang disarankan adalah medium curly hairstyles, short curly hairstyles, dan short sides and curly hair on top.

Sedangkan untuk pria dengan wajah bulat, gaya rambut yang direkomendasikan adalah medium curly hairstyles, curly afro hairstyles, dan fringe curls for brooding men. Adapun hal yang tak kalah penting dari menyesuaikan model rambut dan wajah adalah dengan menjaga kelembaban dan kesehatan rambut tersebut.

Untuk rambut yang sedikit panjang, rambut berminyak dan terasa lepek adalah hal yang wajar. Maka dari itu, kamu harus mengganti sampo yang kamu gunakan dengan shampoo khusus rambut berminyak. Sebab, tak seperti rambut lurus. Rambut keriting memiliki kecenderungan lebih mudah patah karena kutikulanya yang terangkat.

Dengan demikian, menjaga kesehatan dan kelembaban gaya rambut keriting pria ini merupakan hal yang cukup penting. Pastikan juga kamu menggunakan conditioner pada rambutmu agar tampilannya terlihat tetap keren seharian.

Jika kamu ingin mencari berbagai macam genre buku, maka bisa menemukannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Raden Putri

BACA JUGA:

  1. Model Rambut Pria 2022 dan Cara Perawatannya 
  2. 20 Gaya Rambut Pria Korea Style yang Cocok untuk Dicoba! 
  3. 15 Model Rambut Ikal Pria yang Bikin Kamu Makin Gaya 
  4. 15 Rekomendasi Potongan Rambut Pendek Pria Stylish 
  5. 4 Tipe Model Rambut Comma Hair dan Bagaimana Cara Menatanya 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda