in

Manfaat Istirahat yang Cukup & Artinya bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Istirahat yang Cukup & Artinya bagi Kesehatan Tubuh – Kurangnya istirahat yang cukup pada seseorang bisa membuat kehidupan yang dijalani sehari-hari akan terasa kurang maksimal dan kurang produktif, seperti kurang konsentrasi, mudah marah, daya ingat menurun, kesehatan tubuh menjadi menurun, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, kurang tidur atau tidak bisa mendapatkan istirahat yang cukup bisa menyebabkan pekerjaan atau tugas-tugas menjadi tidak terselesaikan dengan baik. Bukan hanya iu, kurangnya tidur juga bisa menyebabkan menurunnya produktivitas di berbagai bidang.

Waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa rata-rata 7-8 jam di malam hari. Namun, bagi beberapa orang ada yang tidur hanya 6-7 jam, tetapi masih bisa fokus dan produktif dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan maksimal.

Di sisi lain, ada sebagian orang yang hanya tidur 6-7 jam, tetapi dalam menjalani kehidupan sehari-hari menjadi kurang produktif dan kurang fokus sehingga setiap pekerjaan atau tugas yang diberikan tidak bisa diselesaikan dengan maksimal.

Bagi sebagian orang sudah tahu bahwa jam tidur yang ideal 7-8 jam, tetapi tidak semua orang tahu cara-cara supaya bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Ulasan di bawah ini akan membahas tips mendapatkan tidur yang cukup, manfaat istirahat yang cukup hingga makanan yang dapat mempermudah tidur.

Hakikat Istirahat yang Cukup

Ilustrasi Istirahat yang Cukup
Ilustrasi Istirahat yang Cukup

Jam tidur yang cukup dibutuhkan oleh setiap orang. Tidur yang cukup bagi orang dewasa ialah 7-8 jam. Jika kamu bisa melakukan tidur yang cukup secara terus-menerus maka kualitas tidur menjadi lebih baik karena kamu tidur dengan lelap. Istirahat yang cukup merupakan kunci supaya mendapatkan tubuh, jiwa, dan pikiran yang sehat. Oleh karena itu, bagi kamu yang suka begadang mulai sekarang sebaiknya dikurangi.

Selain memenuhi waktu istirahat yang cukup (8 jam), kamu juga perlu tidur dan bangun secara teratur. Dengan kata lain, setiap hari diusahakan tidur dan bangun di waktu dan jam yang sudah ditentukan.

Hal itu perlu dilakukan secara teratur karena tubuh jadi tahu cara jam kerjanya, kapan harus berhenti melakukan aktivitas dan tidur serta kapan harus memulai aktivitas, seperti mengerjakan pekerjaan atau tugas, olahraga, dan aktivitas-aktivitas lainnya.

Untuk kamu yang tidak membuat jam tidur yang teratur jangan khawatir karena pada dasarnya, setiap orang mempunyai jam biologis yang dapat memberi tahu kapan kamu mengantuk dan kapan kamu tidak mengantuk.

Jika kamu lebih nyaman untuk melakukan tidur menggunakan waktu biologis yang dimiliki maka diperlukan penyesuaian waktu tidur (biologis) dan pola hidup (pekerjaan, bersosialisasi, dan lain-lain) yang sedang kamu jalani. Untuk melakukan penyesuaian ini sangat tidak mudah dan dibutuhkan niat yang sungguh-sungguh.

Biasanya hal yang dialami ketika melakukan penyesuaian jam tidur dengan pola hidup akan terjadi tidur yang buruk (tidak nyenyak) selama beberapa periode. Jika kamu merasakan kendala seperti itu pada penyesuaian pola hidup dan waktu tidur di hari-hari pertama maka jangan merasa frustasi karena itu adalah hal yang wajar bagi tubuh.

Tubuh juga butuh waktu untuk menyesuaikan waktu tidur dan pola hidup kamu. Jika hal seperti ini dilakukan secara berulang-ulang maka tubuh perlahan-lahan akan bisa menyesuaikan pola hidup dan waktu tidur.

Bagi sebagian orang mengalami kesulitan untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup sehingga ketika menjalani aktivitas sehari-hari menjadi tidak produktif dan cenderung lebih suka marah.

Oleh karena itu, cara untuk mendapatkan istirahat yang cukup perlu diketahui oleh setiap orang khususnya orang dewasa yang sudah mempunyai kesibukan mulai dari pagi hingga malam.

gramedia obf
Mengapa Kita Tidur: Mengungkap Keampuhan Tidur dan Bermimpi
Mengapa Kita Tidur: Mengungkap Keampuhan Tidur dan Bermimpi

tombol beli buku

Mengapa kita tidur? dan Mengapa tidur itu penting?

Buku yang ditulis oleh Profesor Matthew Walker ini telah memecahkan misteri terkait pertanyaan mengapa tidur itu penting. Dengan melakukan banyak penelitian pengamatan dengan berbagai makhluk, Walker akhirnya menuangkan segala temuannya ke dalam buku ini.

Buku ini akan menjabarkan secara rinci mengapa kita tidur, apa yang sebenarnya terjadi saat kita tidur, dan mengapa pola tidur kita dapat berubah. Buku ini bagus untuk dijadikan referensi bacaan kalian.

Tips untuk Mendapatkan Istirahat yang Cukup

Bagi orang dewasa waktu tidur yang cukup adalah 7-8 jam. Jika kamu sudah tidur dengan waktu tersebut, tetapi ketika bangun tidur masih merasa capek maka kamu membutuhkan pengaturan jam tidur. Adapun beberapa cara atau tips supaya kamu bisa dengan mudah mendapatkan waktu tidur yang cukup. Simak cara-caranya sebagai berikut.

1. Lingkungan Tidur yang Nyaman

Lingkungan tidur yang nyaman menjadi salah satu cara yang bisa membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Untuk membuat lingkungan tidur yang nyaman bisa dimulai dari beberapa hal, yaitu:

a. Suhu ruangan kamar

Jika suhu ruangan terasa panas maka kamu akan kegerahan, jika suhu ruangan terasa dingin maka kamu bisa merasa kedinginan. Oleh karena itu, suhu ruangan perlu diperhatikan supaya bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

b. Matikan lampu 

Ketika tidur sebaiknya lampu dimatikan karena itu sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Dengan mematikan lampu maka mata akan berhenti bekerja karena tidak ada cahaya yang masuk ke mata.

c. Kualitas bantal dan guling

Bagi beberapa orang yang tidak bisa mendapatkan kualitas tidur dengan baik, sebaiknya mengecek kembali perlengkapan tidur yang dimiliki karena mungkin saja perlengkapan tidur seperti bantal dan guling yang dimiliki kurang baik.

d. Kualitas kasur

Bukan hanya kualitas bantal dan guling yang perlu diperhatikan, tetapi kualitas kasur juga perlu diperhatikan. Untuk pemilihan kasur ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu karena ada banyak sekali jenis kasur yang tersedia mulai dari yang berisi busa, udara, bahkan berisi air.

e. Posisi tidur

Posisi tidur juga bisa menentukan apakah  tidur kamu berkualitas atau tidak. Untuk posisi tidur harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kesehatan tubuh. Seperti penderita Gerd yang lebih nyaman tidur menghadap ke kiri.

Alangkah baiknya tidak memilih posisi tidur telungkup karena posisi tidur seperti itu bisa menekan tulang bahu dan tulang belakang. Terjadinya penekanan pada tulang bahu dan tulang belakang bisa menyebabkan penekanan saraf dan memberikan stres pada saluran penghubung tulang belakang.

2. Buat Jadwal Tidur yang teratur

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya kalau tubuh manusia mempunyai jam biologis. Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan jam tidur kamu dan pola hidup kamu dengan cara tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan.

3. Hindari Tidur Siang

Untuk kamu yang sudah dewasa sebaiknya tidak melakukan tidur di siang hari. Hal ini dikarenakan tidur di siang hari bisa membuat diri kamu sulit tidur di malam hari. Namun, jika kamu sangat perlu untuk tidur di siang hari sebaiknya dilakukan selama 30 menit dan sebelum pukul tiga sore.

4. Kurangi Mengonsumsi Kafein dan Alkohol

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik sebaiknya mengurangi kebiasaan mengonsumsi kafein dan alkohol. Jika masih ingin meminum kafein sebaiknya dilakukan delapan jam sebelum tidur. Meskipun alkohol bisa membuat mengantuk, tetapi hal itu bisa membuat kualitas tidur kamu terganggu.

5. Jauhi Alat Elektronik

Hindari aktivitas yang berhubungan dengan alat elektronik karena alat elektronik bisa membuat mata bekerja sehingga sulit untuk memejamkan mata. Alangkah baiknya, satu jam sebelum tidur, peralatan elektronik dimatikan.

6. Lakukan Hal-Hal yang Santai Sebelum Tidur

Jika kamu merasa tidak bisa tidur maka sebaiknya jangan dipaksakan karena tidak baik bagi kesehatan tubuh. Supaya bisa segera tidur sebaiknya lakukan beberapa hal yang santai yang bisa menenangkan pikiran kamu, seperti membaca buku, mandi, dan mendengarkan musik. Dengan melakukan hal-hal santai itu perlahan-lahan akan mengantuk dan jika sudah mulai merasa kantuk sebaiknya segera tidur.

7. Lakukan Olahraga Teratur

Jika kamu malas untuk berolahraga secara rutin sebaiknya kebiasaan itu segera dihilangkan. Dengan olahraga yang rutin maka kesehatan tubuh akan meningkat dan kualitas tidur juga akan meningkat. Olahraga yang baik bisa dilakukan pada pagi hari atau malam hari, jika lebih memilih malam hari sebaiknya dilakukan 3 jam sebelum tidur malam.

All About My Body : Saat Aku Tidur
All About My Body : Saat Aku Tidur

tombol beli buku

Tahukah bahwa saat kita tertidurpun, tubuh kita tetap sibuk di tiap malam, loh.

gramedia obf

Masa sih? Memangnya apa yang terjadi saat kita tidur? apa saja manfaat tidur bagi tubuh?

Penasaran? Temukan jawabannya di buku All About My Body: Saat Aku Tidur. 

Makanan yang Mempermudah Tidur

Untuk mengatasi permasalahan sulit tidur bisa dilakukan dengan memakan makanan yang dapat membantu untuk memudahkan tidur. Berikut beberapa makanan yang dapat memudahkan tidur kamu.

Pisang

Di dalam buah pisang terkandung potasium dan magnesium yang merupakan dua zat yang dapat bermanfaat untuk memudahkan kamu tidur secara teratur dan cukup. Dengan kedua zat itu otot-otot tubuh bisa menjadi lebih rileks sehingga bisa membuat tidur lebih nyenyak dan kualitas tidur meningkat.

Teh chamomile

Meskipun teh chamomile termasuk ke dalam minuman yang berkafein, tetapi para ahli mempunyai pendapat lain. Pendapat lain itu berupa teh chamomile mengandung zat theanin. Zat theanin ini sangat cocok untuk kamu yang mengalami kesulitan tidur. Dengan zat ini maka bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Kue dan makanan yang mengandung gula 

Sebenarnya makanan yang mengandung gula tidak baik bagi kamu yang sedang menjalankan diet, tetapi makanan yang mengandung gula bisa membantu seseorang yang sulit tidur. Hal itu dikarenakan mengonsumsi karbohidrat bisa membuat mata menjadi ngantuk dan ingin segera tidur. Namun, alangkah baiknya makanan jenis ini tidak dikonsumsi di tengah malam karena tidak baik kesehatan tubuh.

Susu atau yoghurt

Dengan meminum susu dan yoghurt maka bisa melonggarkan saraf-saraf yang tegang dan menurunkan tingkat stres. Dengan demikian, meminum kedua minuman itu bisa membuat tidur menjadi lebih cepat sehingga kualitas tidur bisa meningkat.

Komik Pendidikan Vitamin : Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan TidurKomik Pendidikan Vitamin : Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Tidur
Komik Pendidikan Vitamin : Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Tidur

tombol beli buku

Apakah kalian tahu bahwa salah satu vitamin yang berguna bagi tubuh kita adalah ‘tidur yang cukup’?

Bersama buku ini, kita akan diajak belajar cara hidup sehat sambil menjelajahi luar angkasa.buku ini memuat bagaimana cara mengatasi bau badan, melindungi tulang, hingga menjaga kualitas tidur yang baik. Selain itu, banyak sekali pembahasan yang disajikan di buku ini. Yuk, belajar dan sambil berjelajah!

Manfaat dari Istirahat yang Cukup 

Pentingnya kita untuk melakukan tidur secara teratur dan cukup. Istirahat yang cukup sangat penting untuk dilakukan setiap hari karena bisa menghasilkan beberapa manfaat. Berikut manfaat-manfaat istirahat yang cukup.

1. Memulihkan Badan Setelah Seharian Bekerja

Badan yang kita miliki bukanlah badan robot. Dengan kata lain, badan kita membutuhkan istirahat setelah sibuk bekerja selama delapan jam atau lebih. Untuk memulihkan badan yang sehat dapat dilakukan dengan cara melakukan tidur yang cukup dan teratur.

Dengan istirahat yang cukup maka badan kita bisa menjadi lebih sehat dan bisa bugar kembali. Badan yang sehat dan bugar bisa meningkatkan produktivitas dalam melakukan pekerjaan atau tugas.

2. Tidak Mudah Stres dan Marah

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari sebaiknya hindari mudah marah dan stres karena kedua hal itu sangat tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kestabilan emosi supaya tidak mudah stres dan marah.



Istirahat yang cukup menjadi salah satu cara untuk menstabilkan emosi. Emosi yang stabil bisa membuat diri kita menjadi lebih sabar dan lebih santai dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Aktivitas yang dilakukan dengan kesabaran dan santai akan lebih mudah untuk dikerjakan dan diselesaikan.

3. Saat Beraktivitas Konsentrasi Menjadi Meningkat 

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari pastinya akan selalu dihadiri dengan berbagai macam masalah. Masalah ini bisa membuat pikiran-pikiran kita menjadi kurang jernih sehingga akan berdampak pada pekerjaan dan aktivitas-aktivitas lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya pikiran-pikiran kurang jernih ini diganti dengan pikiran-pikiran jernih yaitu dengan cara melakukan tidur yang cukup dan teratur.

Diperlukan pikiran yang jernih untuk mendapatkan konsentrasi yang baik saat beraktivitas. Dengan demikian, pikiran jernih sangat diperlukan khususnya dalam dunia kerja.

4. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kronis

Penyakit kronis bisa terjadi oleh siapa saja dan umur berapa saja. Pada dasarnya, banyak sekali penyebab-penyebab munculnya penyakit kronis, salah satunya ialah istirahat yang kurang atau waktu tidur yang tidak cukup dan tidak teratur. Oleh karena itu, istirahat yang cukup perlu dilakukan oleh semua orang.

Dengan tidur yang cukup maka imun tubuh akan semakin bertambah. Imun yang semakin berkualitas bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit kronis.

Dampak Kurang Tidur bagi Kesehatan

Kurang tidur bisa menyebabkan dampak bagi kesehatan, antara lain:

1. Kurangnya Energi

Kurang tidur bisa menyebabkan kurangnya energi karena energi tubuh dipaksa untuk terus menerus bekerja tanpa harus istirahat. Padahal tubuh yang dimiliki manusia juga ada batasnya.

2. Sulit untuk Berkonsentrasi

Untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dibutuhkan konsentrasi, seperti pekerjaan atau tugas. Jika konsentrasi menurun maka pekerjaan atau tugas yang diberikan akan sulit untuk diselesaikan. Turunnya konsentrasi ini merupakan salah satu dampak dari kurang tidur.

3. Mood Menjadi Mudah Turun

Dampak kurang tidur selanjutnya adalah mood menjadi turun. Jika mood sudah turun bisa menyebabkan diri sendiri menjadi mudah  tersinggung atau baper. Mood yang sudah turun akan berdampak bagi diri sendiri karena akan sulit untuk melakukan interaksi sosial.

4. Berisiko Terjadi Kecelakaan

Kurang tidur bisa memunculkan rasa kantuk dan lalai sehingga bisa menyebabkan kecelakaan kerja, kendaraan, dan lain-lain. Kecelakaan-kecelakaan ini tidak hanya merugikan orang lain, tetapi juga diri sendiri.

Waspada Susah Tidur : Seluk Beluk Gangguan Tidur di Segala Usia
Waspada Susah Tidur : Seluk Beluk Gangguan Tidur di Segala Usia

tombol beli buku

Pernahkah kalian mengalami gangguan tidur? 

Gangguan tidur dapat diartikan sebagai salah satu penyakit yang dapat menimbulkan penyakit-penyakit lainnya. Apabila kalian sedang mengalami gangguan tidur, buku ini adalah solusi yang tepat untuk memecahkan masalah susah tidur kalian.

Buku ini akan membahas secara detail mengenai penyebab susah tidur, solusi agar bisa tidur dengan tenang tanpa gangguan dan rasa gelisah. Dengan membaca buku ini, kalian akan kembali merasakan nikmatnya tidur sehingga saat bangun, kalian akan merasakan kebugaran dan tentunya perasaan lega.

Penyebab Kualitas Tidur Terganggu

Kualitas yang buruk bisa terjadi karena beberapa penyebab. Simak penyebab-penyebab kualitas tidur terganggu.

1. Stres

Stres merupakan salah satu penyebab kesulitan tidur. Biasanya stres ini muncul karena adanya masalah pekerjaan, sekolah, perkawinan, dan penyakit yang serius. Masalah stres ini bisa saja hilang dengan tidur yang cukup dan teratur, tetapi jika kamu mengalami insomnia maka masalah stres ini akan sulit untuk diatasi.

2. Kerja Shift atau Lembur

Kerja shift atau lembur menjadi penyebab kualitas tidur terganggu karena jam tidur digantikan dengan jam kerja sehingga kamu tidak bisa melakukan tidur di waktu yang tepat (malam hari).

3. Kondisi Fisik

Beberapa kondisi fisik dapat mengganggu dalam mendapatkan kualitas tidur yang baik. misalnya, artritis dan kondisi lain yang menimbulkan rasa sakit, nyeri punggung, dan lain-lain.

4. Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak baik bagi kualitas tidur, seperti minum alkohol, minum minuman yang mengandung kafein, jarang melakukan olahraga, makan makanan yang tidak sehat, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Bagi para orang dewasa yang sudah bekerja sulit tidur menjadi salah satu masalah yang pasti dialami karena sudah sibuk dengan pekerjaannya. Masalah sulit tidur jangan dianggap remeh karena jika tidak segera diatasi akan menimbulkan rasa lelah dan bisa membuat kamu tidak produktif dalam melakukan pekerjaan.

Pada dasarnya, jumlah jam tidur tidak akan berkurang walaupun usia kamu terus bertambah. Oleh karena itu, kamu perlu memerhatikan dan tidak menganggap remeh kualitas jam tidur supaya kesehatan tubuh tetap terjaga dan kehidupan yang dijalani menjadi lebih produktif.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Tasya Talitha