in

12 Manfaat Bangun Pagi, Ini Tips Jitu Berhasil Melakukannya

Manfaat Bangun Pagi – Apakah teman-teman Grameds sedang berusahan bangun pagi? Tepat sekali, bangun pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan baik secara fisik maupun mental. Namun sayangnya banyak orang yang mungkin masih kesulitan bangun pagi atau belum bisa membiasakan diri untuk bangun pagi. Padahal manfaat bangun pagi bisa terasa dalam jangka pendek hingga jangka panjang jika hal tersebut sudah menjadi budaya atau kebiasaan baik.

Sebagian orang mungkin masih meremahkan manfaat bangun pagi karena merasa belum memiliki kebutuhan untuk bangun pagi. Perihal bangun pagi memang merupakan pilihan seseorang untuk melakukan gaya hidupnya masing-masing. Namun perlu Grameds ketahui bahwa bangun pagi adalah salah satu kebiasaan yang baik jika kita terapkan dalam aktivitas setiap hari karena memiliki banyak manfaat, baik secara fisik maupun kesehatan mental.

Siapa sih yang tidak mendambakan tubuh yang sehat dan pikiran yang sehata pula? Maka dengan membiasakan diri bangun pagi hal tersebut menjadi tidak mustahil akan berdampak bagi tubuh kita. Berikut ini manfaat bangun pagi yang perlu Grameds ketahui agar lebih yakin lagi menjadi bangun pagi menjadi pilihan habit dalam kehidupan sehari-hari:

MENGAWALI HARI DENGAN BANGUN PAGI

Mengapa kita perlu bangun pagi? Jawabannya sederhana, untuk mengawali hari dengan tenang. Disadari atau tidak meskipun bangun pagi bagi sebagian orang itu sulit, tetapi ketika kita berhasil bangun pagi pasti memiliki perasaan yang berbeda dibandingkan jika kita bangun kesiangan.

Apalagi bagi orang yang memiliki pekerjaan atau aktivitas yang padat, bangun kesiangan akan menjadi awal yang buruk di hari tersebut. Kita akan terburu-buru bahkan tidak sempat melakukan hal yang penting kita lakukan setelah bangun tidur, contohnya sarapan pagi.

Mengawali hari dengan bangun pagi memiliki efek atau manfaat yang sangat berpengaruh pada aktivitas kita sepanjang hari. Mulai dari efektifitas waktu sampai mood atau perasaan kita saat menjalani hari tersebut. Itulah sebabnya membiasakan bangun pagi adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental seseorang.

Itulah sebabnya banyak orang yang kemudian membuat strategi mengolah waktu istirahat dengan tidur yang cukup dan bangun pagi sesuai standar mereka. Bangun pagi biasanya diartikan  antara pukul 4.30 sampai pukul 6.00 yang mana masih bisa menikmati udara pagi yang sejuk dan masih segar.

Berikut ini beberapa manfaat bangun pagi yang bisa teman-teman Grameds rasakan secara langsung maupun tidak langsung: tombol beli buku

MANFAAT BANGUN PAGI

1. Awal Yang Baik Sebelum Beraktivitas

Bagun pagi akan membuat seseorang memulai aktivitasnya tanpa tergesa-gesa. Sehingga keadaan ini dapat membuat Grameds mengawali hari dengan perasaan yang positif dan persiapan yang baik. Bangun pagi akan membuat Grameds memiliki lebih banyak waktu mempersiapkan segala hal untuk aktivitas hari itu dan barang apa saja yang perlu dibawa untuk bekerja. Jadi aktivitas hari tersebut akan dilalui dengan baik dan lancar karena efek positif dari bangun pagi .

2. Membuat Orang lebih Sukses

Banyak hasil studi yang menunjukan bahwa bangun pagi dapat berhubungan dengan kesuksesan seseorang, meskipun situasi ini juga bergantung dengan kapasitas dan kepribadian seseorang itu sendiri. Anggapan tersebut memperkirakan bahwa orang yang bangun pagi lebih cocok dengan jadwal korporasi tradisional yang memang dimulai dari pagi hari. Hal ini kemudian dikaitkan dengan orang yang bangun pagi akan memiliki waktu yang elbih banyak untuk produktif sehingga memberikan mereka kesempatan untuk menjadi sukses.

3. Membangun Suasana Hati Yang Lebih Bahagia

Bangun pagi secara tidak langsung mampu membuat seseorang lebih bahagia karena hari mereka diawali tanpa terburu-buru yang dapat membuat peasaan orang menjadi kacau. Bagi sebagain orang sulit mengatur waktu, bangun kesiangan akan menjadi masalah yang merusak perasaan kita. Suasana hati kita akan bahagia jika aktivitas hari tersebut bisa dijalani dengan lancar karena menejemen waktu yang baik.

4. Memiliki Tubuh Yang Lebih Sehat Dan Bugar

Jika teman-teman Grameds berhasil bangun pagi dengan waktu istirahat tidur yang cukup maka memiliki dampak yang postif bagi kesehatan fisik. Tubuh akan akan terasa bugar saat bangun pagi karena lebih bersemagat dan bisa menghirup udara yang. segar. Bangun pagi dapat membuat tubuh seseorang lebih rileks dan lebih siap untuk beraktivitas padat sekalipun. Orang yang bangun pagi juga bisa memanfaatkan waktunya untuk olahraga ringan atau peregangan yang dapat membantu tubuh lebih sehat dan bugar di pagi hari.

5. Membuat Lebih Produktif

Bangun pagi artinya seseorang memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan banyak pekerjaan atau aktivitas dalam hari tersebut. Bangun pagi juga dapat membuat seseorang bisa merencanakan waktunya lebih efektif, sehingga membuat orang menjadi lebih produktif.

6. Membuat Mental Lebih Sehat dan Positif

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik seseorang, bangun pagi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang. Hal ini karena bangun pagi mampu membuat pikiran seseorang menjadi lebih positif dengan tidak ada rasa khawatir akan terlambat, terburu-buru, atau takut tidak bisa menyelesaikan pekerjaan di hari tersebut karena masalah manajemen waktu yang buruk.

banner-promo-gramedia

Jika  Grameds bangun keseingan pasti cenderung was-was jika tidak bisa melakukan sesutu hal atau menyelesaikannya dengana baik. Hal tersebut akan berpengaruh pada kondisi mental seseorang jika banyak pikiran atau kekhawatiran.

7. Lebih Aktif Saat Berkegiatan

Bangun pagi akan membuat seseorang lebih bersemangat dalam mengerjakan sesuatu karena energinya kembali prima karena istirahat yang cukup. Itulah sebabnya orang yang bangun pagi biasanya terlihat lebih aktif tidak tampak lesu atau tidak tampak ngantuk.

8. Memiliki Potensi Berprestasi Lebih Besar

Mengapa orang yang bangun pagi memiliki potensi untuk berprestasi? Semua orang sebenarnya memiliki kesempatan untuk berprestasi dengan cara mereka masing-masing. Namun bagi sebagian orang bangun pagi bisa menjadi upaya mereka untuk memperbesar kesempatan untuk berprestasi.

Hal ini kemudian kembali berhubungan dengan bagaimana seseorang mengatur dan menejemen waktunya untuk melakukan hal-hal positif atau produktufiatas dalam bekerja, berkarya, belajar, dan dan bentuk penjapaian prestasi lainnya.

9. Memiliki Perasaan Yang Lebih Tenang

Bangun pagi yang membuat perasaan orang lebih tenang adalah berkaitan kesehatan mental mereka. Perasaan tenang dapat muncul karena seseorang telah istirahat dengan cukup dan siap melakukan aktivitas yang sudah direncanakan.

Jadi seseorang tidak memiliki kekhawatiran apapun dibandingkan bangun kesiangan yang bisa menimbulkan perasaan tidak tenang dan kacau. Ketenangan seseorang biasanya terbentuk karena kondisi kenyamanan yang mereka rasakan tanpa menghawatirkan sesuatu. jadi bangun tidur dapat membangu seseorang untuk lebih tenang dan rileks.

10. Bisa Menyempatkan Diri Sarapan Tanpa Terburu

Bangun pagi akan memberikan Grameds waktu yang lebih untuk menyempatkan diri sarapan pagi tanpa terburu-buru. Sarapan pagi tentu menjadi hal penting yang perlu dilakukan sebelum memulai beraktivitas.

Apalagi jika memliki aktivitas pekerjaan yang padat seseorang butuh sarapan untuk menjaga asupan enegri untuk beraktivitas sepanjang hari. Jadi bangun pagi dapat memberikan kesempatan seseorang untuk sarapan pagi dengan baik.

11. Memiliki Waktu Untuk Berolahraga

Selain memiliki waktu untuk sarapan, bangun pagi juga dapat memungkinkan seseorang untuk melakukan olahraga, baik olahraga ringan atau berolahraga yang intens. Selain itu berolahraga di pagai hari juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan lebih efektif untuk dilakukan.

Berolahraga saat pagi hari juga dapat mempengaruhi energi seseoarang dalam menjalani aktivitasnya seharian. Jadi jika teman-teman Grameds berhasil bangun pagi coba sempatkan berolahraga pagi meskipun hanya olahraga ringan seperti peregangan.

12. Memiliki Kualitas Istirahat Yang Baik Karena Telah Terencana

Orang yang berencana bangun pagi biasanya akan menyesuaiakan kebutuhan waktu tidurnya agar tetap bisa bangun pagi namun tetap istirahat dengan cukup. Bangun pagi akan membuat seseorang memiliki kualitas istirahat yang baik, artinya tidak kurang dan tidak berlebihan. Orang yang memiliki waktu yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

tombol beli buku

TIPS BERHASIL MELAKUKAN KEBIASAAN BANGUN PAGI 

Setelah mengetahui apa saja manfaat bangun pagi, maka saatnya Grameds mempraktikkannya. Bagi para penderita insomnia atau gangguan tidur lainnya mungkin akan kesulitan jika harus bangun pagi. Meskipun sulit bukan berarti tidak mungkin karena ada beberapa upaya yang bisa dilakukan agar bisa tidur dengan nyenyak dan berhasil untuk bangun pagi. Berikut ini tips yang bisa Grameds terapkan jika ingin tidur dengan nyenyak dan berhasil bangun pagi:

1. Mematikan Lampu dan Benda Elektronik Sebelum Tidur

Grameds bisa mematikan lampu dan beberapa eletronik sebelum tidur karena bisa membantu untuk lebih cepat tidur. Bagi sebagian orang ada yang justru tidak bisa tidur jika dalam keadaan lampu mati. Namun dalam beberapa penelitian ilmiah kita lebih baik tidur dalam keadaan lampu mati karena mata dan organ tubuh yang lain dapat beristirahat dengan baik. Itu artinya mematikan lampu atau elektronik tertentu dapat meningkatkan kulitas tidur kita sehingga bisa bangun lebih pagi dengan keadaan segar bugar.

2. Mengetahui Jam Tidur Yang Dibutuhkan

JIka Grameds ingin berencana bangun pagi maka perlu merencanakannya dengan memperkirakan waktu tidur yang cukup. Berdasarkan beberapa penelitian lama waktu tidur yang baik adalah sekitar 7 sampai 8 jam dengan kualitas tidur yang baik. Jadi Grameds bisa sesuaikan waktu tidur agar bisa bangun pagi namun tetap memiliki waktu tidur yang cukup.

3. Gunakan Alarm Untuk Mengatur Waktu Bangun 

Alarm adalah alat bantu yang sangat efektif untuk membantu bangun pagi. Bagi sebagian orang alarm menjadi hal penting yang harus ada agar mereka bisa bangun pagi. Namun ada pula orang yang tidak berhasil bangun karena alarm karena biasanya mereka akan tidur kembali setelah alarm berbunyi dan berhasil meatikannya. Jadi Grameds bisa letakan alarm yang sulit dijangkau sehingga bisa bangun saat alram tersebut berbunyi tanpa mematikannya.

4. Upayakan Langsung Bangun Saat Pertama Kali Sadar Dari

Cara ini adalah keberlanjutan dari penggunaan alarm untuk mengatur waktu bangun tidur. Setelah berhasil bangun, usahakan tidak tergoda untuk tidur lagi karena hal itu akan membuat kamu gagal bangun pagi. Jika Grameds tidur lagi, justru akan  membuat kamu kembali terlelap dalam jangka waktu lebih lama.  Hal itulah yang akan membuat teman-teman Grameds menjadi kesiangan.

5. Bisa Mengonsumsi Kafein Saat Bangun

Setelah berhasil bangun, teman-teman Grameds bisa mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh hitam , dan teh hijau. Minuman berkafein ini dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dan dopamin agar meningkatkan mood dan energi tubuh. Jadi dengan mengonsumsi minuman ini, Grameds akan lebih bersemangat dan lebih fokus dalam menjalankan aktivitas sepanjang hari.

6. Melakukan Meditasi

Meditasi dapat dilakukan oleh orang yang mengalami gangguan tidur agar lebih mudah tidur dan bisa bengun pagi dengan waktu istirahat yang cukup. Meditasi secara tidak langsung dapat membuat fisik dan pikiran seseorang lebih rileks dan tenang sehingga membuat orang lebih mudah tidur. Beberapa gangguan tidur bisa dikendalikan dengan meditasi yang dilakukan secara rutin.

banner-promo-gramedia

7. Malakukan Olahraga

Melakukan olahraga secara rutin memang mendatangkan banyak manfaat kesehatan, termasuk terhadap kualitas tidur seseorang. Kegiatan olahraga akan membuat sistem tubuh menjadi stabil dan menuntut tubuh untuk beristirahat dengan cukup. Itulah sebabnya berolahraga juga dapat memperbaiki pola tidur seseorang menjadi lebih teratur. Olahraga juga bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana atau olahraga ringan saja untuk tetap menjaga kestabilan tubuh.

8. Hindari Begadang

Begadang mungkin menjadi hal utama yang perlu dipertimbangkan jika Grameds ingin bangun pagi. Efek begadang sangat berpengaruh pada kualitas tidur dan kebutuhan waktu istirahat seseorang. Jadi wajar saja orang yang suka bergadang pasti akan kesulitan untuk bangun pagi. Jadi jika Grameds ingin berusaha bangun pagi maka upayakanlah agar tidak begadang.

9. Batasi Waktu Tidur Siang

Istirahat saat siang hari dengan tidur memang perlu dilakukan, apalagi jika kegiatan aktivitas Grameds sangat padat. Namun terlalu lama saat tidur siang juga tidak baik karena justru akan membuat Grameds susah tidur di malam harinya. Grameds hanya dianjurkan tidur siang tidak lebih dari 20 menit saja. Untuk menghindari kantuk saat siang hari, Grameds bisa melakukan kegiatan santai yang tidak terlalu menguras tenaga, seperti ngobrol dengan rekan kerja, berjalan kaki kecil, minum-minuman dingin, dan sebagainya.

10. Menghindari Makanan Berat Menjelang Waktu Tidur

Saat malam hari tepatnya mendekati waktu tidur lebih baik menghindari makanan berat karena hal tersebut dapat membuat sistem pencernaan menjadi bekerja lebih keras. Hal ini akan mengganggu waktu menjalang tidur, jika dipaksa tidur akan sangat tidak nyaman dan tidak baik pula bagi kesehatan. Jadi jika Grameds merasa lapar dimalam hari menjelang waktu tidur, bisa mengakalinya dengan makan-makanan ringan saja secukupnya.

11. Menghindari Mengonsumsi Kopi atau Merokok Sebelum Tidur

Hindari konsumsi minuman berkafein yang justru akan membuat Grameds susah tidur. Jika Grameds tetap memaksa tidur setelah minum kopi dan ngerokok, maka hal itu akan mengganggu kualitas tidur. Selain itu organ tubuh tidak bisa rileks karena masih dibawah pengaruh kafein tersebut.

Nah, itulah penjelasan tentang manfaat bangun pagi dan tips melakukannya. Manfaat bangun pagi tersebut dapat Grameds rasakan secara langsung jika berhasil bangun pagi, namun juga bisa bermanfaat besar jika sudah menjadi kebiasaan.

Jika Grameds baru mau memulai untuk membiasakan diri bangun pagi, maka bisa melakukan beberapa tips di atas agar berhasil bangun pagi. Bagi sebagian orang bangun pagi mungkin sangat sulit dilakukan karena jam tidur yang berantakan dan belum terbiasa.

Teman-teman Grameds bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di http://www.gramedia.com untuk mencari referensi tentang manfaat bagun pagi. Berikut ini rekomendasi buku Gramedia yang bisa Grameds baca jika ingin membeisakan diri hidup sehat dengan cara biasa bangun pagi setiap hari: Selamat belajar. #SahabatTanpabatas

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus



  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti