in

15 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah – Apakah Grameds uska mengkonsumsi bawang putih? Teman-teman Grameds Pasti sudah tidak asing dengan bumbu dapur yang satu ini karena hampir semua bumbu masakan menggunakan bawang putih.

Sudah bukan rahasia umum jika bawang putih memiliki banyak kandungan manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya dengan dikonsumsi dalam keadaan mentah.  Manfaat makan bawang putih mentah secara dermatologis terbukti menangkal beberapa gangguan penyakit mulai dari flu batuk, radang.

Bahkan sampai penyakit serius sekalipun, seperti kolesterol, kanker, dan sebagainya. Itulah sebabnya banyak orang yang secara khusus mengkonsumsi bawang putih sebagai obat atau pencegahan gangguan penyakit tertentu. Mengkonsumsi bawang putih memang bisa menjadi alternatif alami yang bisa dilakukan untuk mencegah beberapa penyakit.

Sebenarnya apa kandungan bawang putih sehingga baik dikonsumsi tubuh?  Berikut ini penjelasan tentang kandungan nutrisi dan manfaat makan bawang putih mentah bagi kesehatan tubuh yang perlu Grameds ketahui:

Kandungan Nutrisi Bawang Putih

manfaat bawang putih

Sebagai salah satu jenis umbi-umbian, bawang putih yang memiliki nama latin Allium Sativum ini memiliki banyak kandungan nutrisi. Berikut ini kandungan nutrisi dalam bawang putih yang biasanya terdiri dari 1-10 siung (3 garm) yang perlu Grameds ketahui:

  • 4,5 kalori
  • 1 gram karbohidrat
  • 0,2 gram protein
  • 0,1 gram serat
  • 0,01 gram lemak
  • 0,03 gram gula alami
  • 5 milligram kalsium
  • 1 milligram magnesium
  • 11 miligram kalium
  • 3% Mangan untuk kebutuhan harian tubuh
  • 1% Selenium kebutuhan harian tubuh
  • Vitamin C sebanyak 0,9 miligram atau setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh
  • Zat besi 0,05 miligram  atau setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh
  • Tembaga, vitamin B1, dan fosfor

Manfaat makan bawang putih mentah juga berasal dari beberapa kandungan senyawa sulfur aktif, seperti s-allyl cysteine dan diallyl disulfide. Ketika Grameds mengunyah bawang putih, maka zat-zat sulfur yang keluar dari bau bawang putih akan bereaksi membentuk kandungan allicin yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini rincian manfaat makan bawang putih mentah yang bisa Grameds dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin:

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

manfaat makan bawang putih mentah

1. Menangkal Pilek, Batuk, Dan Radang

Mengkonsumsi bawang putih di pagi hari ternyata dapat menjadi obat alami untuk memperkuat kekebalan tubuh. Kandungan allicin dalam bawang putih efektif membunuh bakteri penyebab penyakit, seperti pilek, radang tenggorokan, dan batuk. Kandungan diallyl sulfide-nya juga dapat membantu melawan bakteri dalam tubuh.

Hal tersebut berdasarkan penelitian dari Advances in Therapy yang menyatakan bahwa mengkonsumsi suplemen bawang putih memiliki resiko terkena pilek lebih rendah dibandingkan orang yang hanya mengkonsumsi obat placebo. Clinical Nutrition juga pernah menunjukan penelitiannya yang membuktikan bahwa mengkonsumsi ekstrak bawang putih dapat mengurangi potensi terkena flu yang merupakan gangguan penyakit yang paling mudah dialami manusia.

2.  Mengobati Jerawat Membandel

Jerawat adalah masalah kulit yang paling mengganggu penampilan seseorang, itulah sebabnya banyak orang yang bersusah payah menggunakan berbagai cara untuk menghilangkannya. Salah satu cara untuk menghilangkan jerawat bisa Grameds lakukan secara alami menggunakan bawang putih. Ternyata bawang putih mentah bisa bermanfaat untuk menghilangkan jerawat bahkan yang membandel sekalipun.

Berdasarkan jurnal penelitian dari Angewandte Chemie menunjukan bahwa bawang putih memiliki kandungan allicin yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab kemunculan jerawat di wajah karena ada antibakteri di dalamnya. Bawang putih juga memiliki kandungan sulfat yang terbentuk dari dekomposisi allicin yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat, dan alergi penyakit kulit lainnya.

3. Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat makan bawang putih mentah ternyata juga bisa mengatasi masalah rambut, salah satunya adalah kerontokan. Bawang putih mengandung zat sulfur dengan keratin yang tinggi sehingga mampu membantu memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala. Apalagi jika Grameds punya masalah alopecia atau kebotakan maka bisa mengkonsumsi bawang putih mentah untuk mengatasinya.

4. Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur dapat membantu mencegah kadar kolesterol yang tinggi dalam darah.  Hal tersebut berdasarkan jurnal penelitian yang pernah dipublikasikan oleh Journal of Postgraduate Medicine yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi sekitar 10 gram atau 1 sampai 2 siung bawang putih setiap hari berturut-turut selama sebulan dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

Selain itu penelitian lain juga membuktikan hal tersebut, yakni Pakistan Journal of Pharmaceutical Medicine yang menemukan manfaat makan bawang putih mentah bisa meningkatkan jumlah kolesterol HDL atau kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol total dalam darah.

gramedia back to kampus

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Selain berkaitan dengan kolesterol, makan bawang putih dapat mengendalikan tekanan darah yang biasanya menjadi pemicu penyakit kardiovaskular. Jadi mengkonsumsi bawang putih mentah dapat mencegah tekanan darah tinggi. Bahkan bawang putih dianggap sebanding dengan obat hipertensi generik. Manfaat makan bawang putih mentah ini pernah dikemukakan oleh Pakistan Journal of Pharmaceutical yang mengungkapkan bahwa efek bawang putih dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolic yang setara dengan obat hipertensi atenolol.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Grameds bisa menjaga kesehatan jantung dengan rutin mengkonsumsi bawang putih mentah. Karena bawang putih ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga dapat mencegah terbentuknya enzim pada organ hati yang biasanya menjadi penyebab kadar kolesterol dalam tubuh.

Ternyata kandungan diallyl trisulfide dalam bawang putih juga dapat membantu melindungi jantung bagi orang yang pernah mengalami serangan jantung atau setelah bedah jantung dan orang yang pernah mengalami penanganan gagal jantung. Kemasyhuran manfaat bawang putih sebenarnya belum banyak penelitian yang membuktikannya dapat menjaga kesehatan jantung.

7. Menawarkan Efek Antiradang

Mengkonsumsi bawang putih mentah efektif meredakan efek antiradang dibandingkan bawang putih yang sudah diolah. Manfaat tersebut terlepas dari kandungan allicin yang ada di bawang putih. Manfaat ini bisa Grameds jika mengkonsumsi bawang putih mentah secukupnya, alias tidak berlebihan karena jika mengkonsumi bawang putih mentah jutru dapat memperparah jika dikonsumsi berlebihan.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ada yang pernah melakukan penelitian pada hewan yang menunjukan bahwa bawang putih dapat meminimalkan pengeroposan tulang terutama meningkatkan kadar estrogen pada wanita. Selain itu ada pula studi pada wanita menopause yang mengungkapkan bahwa bawang putih mentah dapat menurunkan tanda defisiensi estrogen yang dapat menyebabkan gangguan tulang.

Manfaat tersebut bisa Grameds rasakan jika mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin. Jadi makan bawang putih mentah sosok untuk dikonsumsi bagi penderita osteoporosis yang mampu memberikan  efek yang baik bagi tulang.

9. Menjegah Alzheimer Dan Demensia

Bawang putih mentah memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mencegah masalah jaringan otak, seperti Alzheimer dan demensia. Penyakit Alzheimer dan demensia dapat disebabkan karena stres oksidatif karena radikal bebas, sehingga mengkonsumsi antioksidan efektif mencegahnya semakin parah. Hal tersebut juga efek berkelanjutan karena mengkonsumsi bawang putih mentah baik untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang bisa mengurangi risiko penyakit alzheimer dan demensia.

10. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Manfaat makan bawang putih mentah yang sangat fenomenal adalah dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin dapat menurunkan resiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung dan kanker usus besar. National Cancer Institute bahkan merekomendasi untuk mengkonsumsi bawang putih mentah dibandingkan suplemen diet bawang putih.

Mengkonsumsi bawang putih mentah dua kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko terkena kanker paru dengan persentase 40 persen. Bawang putih juga bisa mengurangi risiko kanker prostat dengan kandungan antioksidannya yang mampu menangkal racun dan memperkuat daya tahan tubuh, sehingga mampu memperbaiki DNA yang rusak akibat kanker prostat.

11. Mengatasi Impotensi

Antioksidan yang ada dalam kandungan bawang putih membuat mengkonsumsinya dapat mengatasi impotensi. Efeknya darah enjadi encer dan aliran darah menuju penispun akan semakin lancer sehingga dapat merangsang ereksi penis. Manfaat makan bawang putih mentah ini bisa dilakukan sebelum melakukan aktivitas seksual.

novel romantis

12. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat makan bawang putih mentah untuk meningkatkan kesuburan pernah dikemukakan oleh Journal of Herbmed Pharmacology. Riset tersebut mengungkapkan bahwa bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat memperbaiki kadar testosterone dan struktur testicular yang menyebabkan kualitas sperma menjadi lebih baik. Riset ini memang belum dilakukan secara lebih lanjut tentang manfaat bawang putih untuk mengefektifkan kesuburan seseorang.

13. Meningkatkan Performa Olahraga

Apakah Grameds suka berolahraga? Nah, mengkonsumsi bawang putih mentah ternyata dapat meningkatkan performa olahraga menjadi lebih baik. Hal tersebut pernah dibahas dalam riset Indian Journal of Physiology and Pharmacology yang menunjukan bahwa mengkonsumsi minyak bawang putih dua kali dalam sehari selama enam minggu dapat menaikan performa olahraga terutama pada para penderita penyakit jantung. Keterujian manfaat ini masih membutuhkan banyak penelitian lebih lanjut karena melihat riset ini masih mengalami banyak kontradiksi.

14. Melawan Bakteri Dan Jamur

Merujuk pada penelitian yang pernah dilakukan Washington State University mengungkapkan bahwa kandungan diallyl sulfide pada bawang putih mampu mengatasi bakteri Campylobacter yang biasanya menjadi penyebab pada gangguan pencernaan. Itulah sebabnya bawang putih mentah mampu melawan bakteri dan jamur pada manusia, bahkan 100 kali lipat kemampuannya lebih efektif daripada antibiotic pada umumnya. Dari situlah bawang putih memiliki potensi yang besar untuk menjadikannya sebagai alternatif antibiotic alami.

15. Meringankan Keracunan Timah

Dalam dunia kesehatan keracunan timah sangat berisiko dalam berbagai macam masalah kesehatan yang serius. Namun gejala tersebut dapat diringankan salah satunya dengan mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin. Kandungan diallyl sulfide dan sulfur pada bawang putih dipercaya mampu memberikan perlindungan yang efektif dari kandungan logam berat, seperti timah yang bisa jadi masuk ke dalam tubuh manusia.

Studi dari Basic & Clinical Pharmacology & Toxicology pernah menunjukan bahwa kandungan bawang putih dapat menurunkan kadar timah dalam darah hingga 19%. Sudi ini adalah penelitian yang dilakukan pada para pegawai pabrik baterai mobil yang banyak bersinggungan dengan bahan timah.

16. Menjaga Kesehatan Otak

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengkonsumsi bawang putih mentah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Berdasarkan penelitian dari Universitas Missouri menyatakan bahwa kandungan karbohidrat ruAng yang ada di bawang putih dapat melindungi sel-sel otak dari efek penuaan dan penyakit. Kandungan tersebut dapat mengurangi kadar oksida nitrat di sel mikroglia otak saat melawan peradangan dan stres oksidatif.

Dalam otak, sel mikroglia bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf, namun bisa melawan peradangan jika semakin banyak memproduksi oksida nitrat yang bisa menyebabkan kerusakan sel otak. Nah itulah sebabnya kandungan FruArg dalam bawang putih dapat memperbanyak sel mikroglia tanpa mengakibatkan kadar oksida nitrat meningkat dalam otak. Jadi mengkonsumsi bawang putih mentah bisa menjaga kesehatan sel-sel otak.

Mengapa manfaat bawang putih lebih baik dimakan mentah? Sebagian orang mungkin menilai bahwa rasa bawang putih mentah sangat tidak enak, apalagi ditambah dengan aromanya yang sangat menyengat.

Namun percayalah dalam kondisi paling segeralah nutrisi bawang putih dapat bekerja optimal dalam tubuh. Meskipun bagi sebagian orang mungkin mengkonsumsi bawang putih mentah ini tidak wajar, namun hal ini dapat memaksimalkan nutria bawang putih dibandingkan diolah terlebih dahulu atau bahkan dicampur dengan bahan yang lain.

Boleh Mengkonsumsi Bawang Putih Mentah Seberapa Banyak?

Karena khasiatnya yang bisa dibilang sangat mujarab seharusnya tidak membuat kita terlalu kalap atau berlebihan dalam mengkonsumsi bawang putih mentah. Sebenarnya tidak ada anjuran yang paten dalam menentukan seberapa banyak kita harus mengkonsumsi bawang putih mentah.  Jika Grameds memiliki kondisi tubuh yang sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan serius, maka bisa makan 1-4 siung bawang putih  per harinya. Hal tersebut dikemukakan oleh para ahli dari University of Maryland Medical Center.



Namun hal itu bisa bermasalah jika Grameds memiliki gangguan percernaan karena bawang putih mentah dapat memperparahnya. Selain itu Grameds juga harus berkonsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi bawang putih mentah jika memiliki keluhan alergi, asma, tekanan darah rendah, bisul, akan melakukan prosedur operasi, atau masalah tiroid. Grameds juga dihimbau mengurangi konsumsi bawang putih jika sedang mengkonsumsi sejumlah obat, seperti Pil KB, Isoniazid (Nydrazid, Cyclosporine, Obat HIV/AIDS, Obat anti nyeri NSAID, dan obat pengencer darah (Warfarin).

Perlu Grameds perhatikan jika gemar makan bawang putih mentah karena bisa berbahaya jika mengkonsumsinya terlalu banyak. Yang akan paling terasa saat mengkonsumsi bawang putih mentah adalah mulut terasa pana, diare, mual dan bau mulut atau bau badan. Jadi konsumsi bawang putih mentah tersebut secukupnya saja agar nutrisi bumbu dapur ini bisa optimal diserap tubuh.

Baca juga artikel terkait “Manfaat Makan Bawang Putih” :

Nah, itulah penjelasan tentang manfaat makan bawang putih mentah dan takaran mengkonsumsinya. Apakah Grameds tertarik untuk mencobanya? Tidak semua orang bisa mengkonsumsi bawang putih mentah dengan mudah karena rasa dan aromanya yang sangat menyengat.

Namun mengingat manfaat makan bawang putih mentah perlu Grameds pertimbangkan untuk menjadi alternative menjaga kesehatan tubuh secara alami dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Mengkonsumsi bawang putih mentah tersebut tentu sesuai anjuran dokter dan sewajarnya saja. Jangan sampai alih-alih memperoleh manfaat makan bawang putih mentah justru semakin memperburuk kondisi kesehatan.

Agar lebih yakin dengan manfaat bawang putih mentah Grameds bisa kunjungi koleksi bu Gramedia di http://www.gramedia.comuntuk memperoleh referensi tentang khasiat bawang putih. Berikut ini rekomendasi buku Gramedsi yang bisa Grameds baca tentang manfaat mengkonsumsi bawang putih:

tombol beli buku

Melihat potensi yang baik dari khasiat bawang putih, Grameds bisa jadikan ini sebagai peluang usaha. Bawang putih tentu jadi komoditi yang terus dibutuhkan banyak orang karena fungsi utamanya dalam dunia bumbu dapur. Jadi melakukan budidaya bawang putih memiliki peluang usaha yang baik jika digeluti dengan serius. Jika Grameds tertarik ingin melakukan budidaya bawang putih bisa mempelajarinya lebih jauh menggunakan buku koleksi buku Gramedia berikut ini: Selamat belajar. #SahabatTanpabatas

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus



  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti