in ,

13 Rekomendasi Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri – Bekerja di sebuah perusahaan ataupun instansi biasanya akan menuntut kita untuk bekerja secara profesional. Hal tersebut bertujuan agar kita bisa bekerja untuk waktu yang lama di perusahaan tersebut.

Namun, tidak jarang juga akan ada orang yang merasa jenuh atau bosan dengan pekerjaannya dan membuat mereka ingin resign atau mengundurkan diri. Di saat seperti itu, tentu kita akan memerlukan contoh surat pengunduran diri yang benar dan terlihat profesional.

Dimana kamu harus menyampaikan maksud dari pengunduran diri dengan cara yang benar. Sebab, hal tersebut dapat menjadi sesuatu yang sensitif.

Lalu, bagaimana contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar? Supaya kita tetap bisa menjaga kesan yang baik di tempat kita bekerja? Untuk kamu yang masih bingung terkait bagaimana cara membuat surat pengunduran diri, jangan khawatir. Sebab, di artikel kali ini kita akan membahas mengenai contoh surat pengunduran diri yang bisa kamu gunakan.

Table of Contents

A. Pengertian Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri atau resign adalah surat yang menjadi salah satu syarat administratif untuk memberitahu kepada HRD (Human Resource Development) ataupun atasan bahwa kamu ingin mengundurkan diri dari jabatan atau berhenti dari pekerjaan di suatu perusahaan.

Jenis surat yang satu ini menjadi bentuk resmi saat kamu ingin berhenti dari pekerjaan atau jabatan yang sedang kamu jalani. Setiap perusahaan ataupun instansi pasti akan mempunyai ketentuannya sendiri terkait surat pengunduran diri tersebut.

Secara tertulis, surat pengunduran diri yang kamu buat menjadi bentuk resmi bahwa kamu memang benar-benar sudah resign. Namun jika kamu mengundurkan diri melalui omongan atau lisan, maka kamu dapat dianggap tidak profesional dan terkesan tidak sopan.

Oleh karena itu, apabila kamu ingin resign dari pekerjaanmu, sangat penting untuk memberitahukan hal itu ke HRD menggunakan surat resmi yang ditulis secara baik dan benar.

berani resign

berani resign

B. Penyebab Karyawan Mengundurkan Diri

Penyebab kenapa karyawan memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya memang cukup beragam. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang umumnya dirasakan oleh karyawan yang memutuskan untuk resign:

1. Terlalu Banyak Menanggung Beban Kerja

Karyawan yang profesional dan berkualitas memang bisa menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal. Namun, biasanya dari hal itu, atasan jadi mulai memberikan tugas-tugas yang diluar job desc utama secara berlebihan.

Hal tersebut Ia lakukan tanpa mengetahui apakah karyawan tersebut mampu atau tidak. Disisi lain, para atasan tentu memiliki harapan yang besar agar tugas yang diberikan bisa diselesaikan dengan maksimal dan berkualitas tentunya.

2. Tidak Memperoleh Reward

Seorang atasan sudah seharusnya mengetahui dan mengenal para karyawan dan kontribusi mereka terhadap perusahaan. Sebab, setiap kontribusi yang diberikan oleh para karyawan kepada perusahaan, seharusnya diberikan reward atau hadiah.

Reward disini bisa diberikan dalam bentuk yang beragam, mulai dari kenaikan gaji, bonus, jalan-jalan, tempat kerja yang nyaman, dan lainnya. Selain itu, perusahaan juga bisa memberikan reward kepada karyawannya dengan cara mengumumkan siapakah karyawan yang sudah melakukan usaha terbaiknya selama setahun belakang.

Pastinya hal tersebut akan membuat hubungan atasan dengan para karyawan menjadi semakin erat dan bisa membuat karyawan lain menjadi lebih semangat.

3. Sikap Acuh Atasan Kepada Karyawan

Seorang atasan sudah sepatutnya harus peduli kepada para karyawannya. Peduli disini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti menyapa, bertanya kabar, memberikan solusi ketika terjadi masalah di dalam pekerjaan, dan memegang komitmen yang sudah disepakati sebelumnya dengan para karyawan.

Komitmen merupakan sebuah wujud tanggung jawab dan juga kepercayaan yang diberikan atasan kepada karyawannya. Dengan kata lain, komitmen tersebut dapat menaikkan produktivitas dan juga kepercayaan karyawan.

Apabila seseorang telah menjanjikan komitmen tapi ternyata Ia melanggar, maka secara otomatis karyawannya juga akan melakukan hal yang sama. Hal tersebut karena para karyawannya merasa diremehkan oleh atasan.

4. Mempunyai Partner Kerja yang Salah

Karyawan yang berkualitas akan menghargai sifat profesionalisme dan juga kerja kerasnya. Sehingga saat disandingkan dengan partner kerja yang tidak dapat menghargai sifat profesionalismenya, maka mereka akan kesulitan untuk produktif.

Tak jarang juga karyawan yang bekerja dengan partner yang tidak tepat membuat mereka akan lebih nyaman dan senang dalam menyelesaikan pekerjaan. Meskipun pekerjaan yang harus diselesaikan ada banyak.

Adapun solusi dari penyebab yang satu ini yaitu dengan membicarakan dulu setiap visi dan misi dalam mengerjakan setiap job desc yang akan diselesaikan bersama. Sehingga harapannya, semua pekerjaan yang diselesaikan secara bersama itu akan memberikan hasil yang maksimal.

5. Perusahaan Tidak Memberikan Ruang Passion Untuk Karyawan

Umumnya, seorang karyawan yang profesional dan berkualitas pasti ingin mengejar passionnya. Sehingga produktivitas mereka dalam bekerja akan terus meningkat.

Passion yang dimaksud disini merupakan sebuah tantangan tersendiri yang harus dicapai dan karyawan tersebut menyukai hal itu.

Beda halnya saat karyawan tidak diberikan ruang passion oleh perusahaan. Maka secara otomatis mereka tidak akan semangat untuk menyelesaikan pekerjaannya.

6. Kreativitas Karyawan Diabaikan

Adanya sebuah peningkatan kualitas karyawan seiring dengan meningkatkan kreativitas yang mereka lakukan untuk membuat perusahaan semakin berkembang dengan baik.

Namun hal tersebut akan berbeda jika kreativitas karyawan tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Tentu mereka akan lebih cepat merasa jenuh dengan potensi yang mereka miliki.

C. Alasan Mengapa Surat Pengunduran Diri Itu Penting

Membuat surat resign atau pengunduran diri ternyata menjadi sebuah hal yang penting saat kita ingin keluar dari suatu pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa alasan penting mengapa kita perlu membuat surat pengunduran diri dengan baik dan benar.

1.Mempunyai Profesionalisme Tinggi

Surat pengunduran diri yang ditulis dengan baik dan benar akan menunjukkan bahwa kamu mempunyai profesionalisme tinggi. Sehingga kamu akan tetap memiliki kesan dan image yang positif di tempat kamu bekerja.

Etika atau sikap yang baik saat seorang karyawan mengundurkan diri dari pekerjaannya memang dengan membuat surat pengunduran diri. Jadi bukan hanya memberitahu ke HRD atau atasan secara lisan saja ya.

2. Memberitahu Perusahaan Untuk Segera Mencari Pengganti

Saat kamu menyerahkan surat pengunduran diri dan langsung diserahkan kepada HRD atau atas, maka secara otomatis surat tersebut akan memberitahu kepada mereka untuk segera mencari karyawan pengganti.

Jika kamu resign begitu saja tanpa menyerahkan surat pengunduran diri, tentu hal itu akan sangat membuat perusahaan kesulitan dalam mencari pengganti dan mem-back up pekerjaan kamu. Apalagi jika pekerjaan bagianmu tidak bisa ditinggalkan.

Oleh karena itu, surat pengunduran diri dibuat supaya hubunganmu dengan perusahaan akan tetap terjalin dengan baik meski kamu sudah ingin meninggalkan pekerjaan tersebut.

Mengapa kita perlu menjaga hubungan kita dengan perusahaan tersebut? Sebab kita semua tidak tahu bahwa di masa depan mungkin saja kita akan memerlukan bantuan dari perusahaan yang dulu kita pernah bekerja.

3. Memberikan Informasi yang Jelas Mengenai Status Karyawan

Dengan membuat surat pengunduran diri, perusahaan akan memberikan kejelasan terkait status dari karyawan tersebut. Dengan kata lain, apabila surat pengunduran diri tersebut telah diserahkan, maka kamu tidak ada sangkut paut lagi dengan perusahaan tersebut.

D. Jenis-Jenis Surat Pengunduran Diri

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai pentingnya membuat surat pengunduran diri saat ingin resign dari perusahaan. Kali ini, kita akan membahas tentang jenis surat pengunduran diri yang dibagi menjadi dua, yaitu:

1. One Month Notice

Jenis surat pengunduran diri yang satu ini merupakan pemberitahuan satu bulan sebelum kita resmi resign dari perusahaan tersebut. Memberitahu terkait keputusan resign kepada atasan atau HRD satu bulan sebelumnya, maka artinya kamu memberikan perusahaan waktu untuk mencari pengganti untuk posisimu.

Oleh karena itu, one month notice merupakan waktu pengunduran diri yang dijadikan sebagai standar di banyak perusahaan.

2. Two Weeks Notice

Selain jenis one month notice, ada juga two weeks notice yaitu pemberitahuan kepada atasan sebelum kamu resign dua minggu sebelumnya. Pemberitahuan tersebut memang terkesan lebih mendadak jika kamu memang benar-benar ingin resign.

Maka dari itu, kamu harus memiliki alasan yang kuat dan logis mengapa kamu memutuskan untuk resign. Apabila tidak mempunyai alasan yang logis, maka kemungkinan besar permohonan pengunduran diri kamu akan ditolak oleh atasan.

E. Format Surat Pengunduran Diri

Saat kamu menulis surat resign, gaya bahasa yang digunakan harus formal, resmi, dan sopan. Ini adalah suatu kewajiban yang harus kamu terapkan pada pembuatan surat ini. Selain itu, surat pengunduran diri juga tidak perlu ditulis terlalu panjang, harus memiliki alasan yang jelas, dan juga tujuan yang jelas.

Semua hal tersebut harus dilakukan agar kamu tetap memiliki kesan yang baik dan profesional meski kamu sudah meninggalkan perusahaan tersebut. Berikut ini adalah beberapa format surat pengunduran diri yang baik dan benar:

a. Tanggal dan nama kota
b. Alamat perusahaan dan nama perusahaan
c. Salam pembuka
d. Penjelasan mengapa kamu ingin mengundurkan diri
e. Cantumkan tanggal kapan kamu akan resign
f. Ucapkan terima kasih dan permohonan maaf
g. Salam penutup dan tanda tangan

F. Contoh Surat Pengunduran Diri

Setelah memahami berbagai hal mengenai surat pengunduran diri. Berikut ini adalah beberapa contoh surat pengunduran diri dengan berbagai alasan dan juga tujuan:

1. Contoh Surat Resign Sederhana

Semarang, 24 Januari 2022
Kepada Yth,
HRD PT Maju Jaya
di Jl. Pandanaran, Semarang

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya atas nama Anisa Azizah bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Maju Jaya yang mana saya memiliki posisi sebagai Content Writer.
Saya melakukan permohonan ini karena ingin menjadi seorang freelancer. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang sudah diberikan kepada saya selama lima tahun ini. Saya mohon maaf apabila selama bekerja masih banyak melakukan kesalahan yang mungkin merugikan pihak perusahaan.
Demikian surat ini saya buat tanpa ada paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Semoga PT Maju akan semakin berkembang dan sukses.

Hormat saya,

Anisa Azizah

tombol beli buku

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi

Semarang, 24 Januari 2022
Kepada Yth,
HRD PT Maju Jaya
di Jl. Pandanaran, Semarang

Dengan hormat,

Nama : Anisa Azizah
Departemen : Content Writer
Jabatan : Copywriter
No Induk Karyawan : 12345678

Saya yang merupakan salah seorang karyawan PT Maju Jaya, ingin mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari pekerjaan dengan alasan ingin menjadi freelancer.
Adapun surat ini dibuat dengan berdasarkan pada ketentuan dan kontrak kerja yang tertulis pada surat kesepakatan bersama antara karyawan dan perusahaan. Surat ini juga dibuat berdasarkan dengan Undang-undang kerja dan sesuai dengan prosedur hubungan industrial PT Maju Jaya tanpa ada tekanan apapun yang tersembunyi di dalamnya.
Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Anisa Azizah

tombol beli buku

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Menggunakan Bahasa Indonesia

Semarang, 24 Januari 2022
Kepada Yth,
HRD PT Maju Jaya
di Jl. Pandanaran, Semarang

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Anisa Azizah
Alamat : Jalan Banaran, Sekaran, Semarang
Jabatan : Content Writer
Nomor ID : 12345678

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jabatan Content Writer di perusahaan Maju Jaya. Terhitung pada tanggal 1 /1 /2022 bersama dengan karena kontrak yang telah berakhir.

Saya memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan Maju Jaya. Tidak lupa saya ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin sempat saya lakukan dan meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu selama bekerja di Maju Jaya.

Dengan rasa syukur saya ucapkan berterima kasih kepada Bapak/Ibu karena sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan Maju Jaya selama lima tahun. Selain itu, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada rekan kerja yang telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya,

(Anisa Azizah)

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Menggunakan Bahasa Inggris

January 24st, 2022

Michael Lynch
CEO Maju Jaya Inc.
Jalan Pandanaran, Semarang

Dear Sir,

It greatly saddens me to send you this letter of resignation. Effective the end of this month, I will no longer be working at Maju JayaInc. as a Content Writer.

I will be resigning due to a number of worsening health complications for some time and feel it would be best to focus on recovery. Unfortunately, it has become clear that I am unable to meet my duties and expectations as a Content Writer. It is therefore in the best interest of all parties that I resign.

I have been very fortunate to be given the fantastic opportunities to grow and make lifelong friends during my time at Maju Jaya Inc. Thank you so much for your guidance and support during the last ten years.

Although I no longer can do the work I once could, I hope to remain a resource and that we will stay in touch. Thank you so much for all the opportunities, and I wish everyone at Lingkar Senja Inc. the very best and your company is always growing.

Sincerely,

Anisa Azizah

5. Contoh Surat Resign Masa Percobaan

tombol beli buku

Semarang, 24 Januari 2022
Kepada Yth,
HRD PT Maju Jaya
di Jl. Pandanaran, Semarang

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Anisa Azizah
Tempat, tanggal lahir : Semarang, 10 November 1990
Jabatan : Copywriter
Departemen : Content Writer
Bekerja sejak : 2016

Bermaksud untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT Maju Jaya, karena adanya masalah pribadi yang tidak bisa dijelaskan. Namun saya berterima kasih karena Selama saya bekerja di PT Maju Jaya ini, saya menerima banyak ilmu dan pengalaman kerja. Sehingga saya ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh rekan kerja yang ada. Sekian surat pengunduran diri saya. Tak lupa saya mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan yang saya perbuat.

Hormat saya,

Anisa Azizah

 

Contoh Surat Pengunduran Diri Pekerjaan Spesifik

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

Makassar, 20 Juli 2022

 

Kepada

Bapak X HRD PT. Jaya Makmur

di Jalan Kekuatan, Makassar

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Risky Ramdan

Jabatan : Staf QC Cokelat Manis

Nomor ID : 114212

Alamat : Jalan Bersama, Makassar Timur

Bermaksud menyampaikan permohonan pengunduran diri sebagai staf QC Cokelat Manis di PT. PT. Jaya Makmur pada tanggal 20 Januari 2022. Saya memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak kerja dengan alasan permasalahan keluarga yang tidak bisa disebutkan.

Saya ucapkan terima kasih kepada PT. PT. Jaya Makmur yang telah memberikan kesempatan bekerja sekaligus belajar selama ini. Serta merangkul seluruh karyawan layaknya sebuah keluarga. Saya haturkan permohonan maaf apabila kinerja saya jauh dari kesempurnaan dan beberapa kali melakukan kesalahan.

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih. Saya berharap PT. PT. Jaya Makmur semakin berkembang dan menjadi yang terbaik. Semoga manajemen dapat menerima permohonan pengunduran diri ini.

 

Hormat Saya,

TTD

Risky Ramdan

 

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Hotel

Jakarta, 23 Oktober 2021

 

Kepada Yth.

Manajer Hotel Kenangan Mulya

di

Tempat

 

Salam Hormat,

Melalui surat ini, saya … (nama lengkap) dari … (jabatan atau divisi) berniat untuk mengajukan pengunduran diri dari Hotel Kenangan Mulya per tanggal … (minimal 30 hari sebelumnya). Saya memutuskan untuk berhenti bekerja karena alasan melanjutkan bisnis keluarga.

Saya ucapkan permohonan maaf apabila ada kata dan perbuatan yang kurang menyenangkan baik disengaja maupun tidak. Tidak lupa, saya ungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Hotel Kenangan Mulya atas kesempatan kerja selama ini. Semoga Hotel Kenangan Mulya semakin maju dan berkembang.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya sampaikan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

 

Hormat Saya,

TTD

Nama Lengkap

 

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Pegawai Bank

Kota, tanggal bulan tahun pembuatan

 

Kepada Yth.

Kepala Cabang Bank X

di … (alamat spesifik kantor)

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini,

Nama : …

Jabatan : …

Nomor ID : … (Bila ada)

Alamat : …

Hendak mengajukan permohonan pengunduran diri dari Bank X terhitung … (minimal 30 hari sebelumnya). Saya memutuskan untuk berhenti bekerja karena harus merawat orang tua di rumah.

Terima kasih kepada Bank X atas kesempatan besarnya membentuk karyawan mengembangkan potensinya. Saya juga ingin mengucapkan permohonan maaf apabila kinerja saya jauh dari kesempurnaan dan beberapa kali melakukan kesalahan.

Sekian yang bisa saya sampaikan. Semoga manajemen dapat menimbang dan menerima permohonan pengunduran diri ini. Atas perhatiannya, saya haturkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

TTD

Nama Lengkap

 

4. Contoh Surat Pengunduran Diri CPNS/ASN

Kota (biasanya Jakarta sebagai pusat kementerian), tanggal bulan tahun pembuatan

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri Sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil

 

Kepada Yth.

Menteri … Republik Indonesia

di … (alamat kantor)

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : …

NIP : …

Pangkat/Golongan : …

Jabatan : …

Unit Organisasi : …

Tempat, tanggal lahir : …

No. Telepon : …

Alamat : …

bermaksud meminta permohonan berhenti sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil terhitung … (minimal 30 hari sebelumnya). Saya memutuskan untuk tidak melanjutkan ke tahap berikutnya dengan alasan … dan tanpa ada paksaan dari siapapun.

Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran atas kinerja saya selama bekerja sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil. Saya bersedia dikenai hukuman disiplin atau sanksi sesuai peraturan perundang-undangan bidang kepegawaian yang berlaku.

 

Yang membuat pernyataan,

TTD

Nama Lengkap

NIP

 

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pindah Tempat Tinggal

Kota, tanggal bulan tahun pembuatan

 

Kepada Yth.

Bapak/Ibu HRD PT. A

di … (alamat)

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini,

Nama : …

Jabatan : …

Nomor ID : …

Alamat : …

Saya berniat untuk mengajukan pengunduran diri dari PT. A terhitung tanggal … (minimal 30 hari sebelumnya). Saya memutuskan untuk berhenti bekerja karena mengikuti mutasi lokasi kerja pasangan di Kota Palembang.

Terima kasih kepada PT. A atas kesempatan besarnya karena telah menerima saya sebagai salah satu karyawan. Saya juga ingin mengucapkan permohonan maaf apabila kinerja saya jauh dari kesempurnaan.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini dibuat. Semoga manajemen dapat menimbang permohonan ini.

 

Hormat Saya,

TTD

Nama Lengkap

 

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Menikah

Kota, tanggal bulan tahun pembuatan

 

Kepada Yth.

HRD PT. Z

di

Tempat

 

Salam Hormat,

Melalui surat ini, saya … (nama lengkap) selaku … (jabatan atau divisi) berniat untuk mengajukan pengunduran diri dari PT. Z per tanggal … (minimal 30 hari sebelumnya). Saya memutuskan untuk berhenti bekerja karena alasan menikah dan berniat menjadi ibu rumah tangga.

Saya ucapkan permohonan maaf apabila selama bekerja ada kata dan perbuatan yang kurang berkenan. Saya juga ingin menghaturkan terima kasih kepada PT. Z atas kesempatan kerja yang diberikan. Semoga PT. Z mampu menjadi yang terbaik dan terdepan.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini dibuat tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

 

Hormat Saya,

TTD

Nama Lengkap

 

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pindah Perusahaan

Kota, tanggal bulan tahun pembuatan

 

Yang Terhormat,

HRD PT. B

di… (alamat)

 

Dengan Hormat,

 

Melalui surat resmi ini,

Nama : …

Jabatan : …

Nomor ID : …

Alamat : …

Saya berniat untuk mengajukan pengunduran diri dari PT. B terhitung tanggal … (minimal 30 hari sebelumnya). Saya memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak kerja dengan alasan menerima kesempatan di perusahaan lain.

Selama satu bulan terakhir, saya akan menyelesaikan tugas dan tanggung jawab semaksimal mungkin. Serta melatih anggota tim pengganti selama masa transisi. Terima kasih kepada PT. B atas kesempatan besarnya selama ini. Serta mewadahi semua karyawan untuk terus berprestasi tanpa melihat status maupun jabatan. Saya juga ingin mengucapkan permohonan maaf atas kekurangan saya.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini dibuat. Semoga manajemen dapat menimbang dan memaklumi permohonan ini.

Salam Hormat,

TTD

Nama Lengkap

 

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Sakit

Kota, tanggal bulan tahun pembuatan

 

Kepada Yth.

HRD PT. C

di

Tempat

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya … (nama lengkap) selaku … (jabatan atau divisi) hendak mengajukan pengunduran diri dari PT. C per tanggal … (minimal 30 hari sebelumnya). Saya memutuskan berhenti bekerja karena sakit dan membutuhkan banyak waktu untuk masa pemulihan.

Saya ucapkan permohonan maaf apabila selama bekerja ada kata dan perbuatan yang kurang berkenan. Saya juga ingin menghaturkan terima kasih kepada seluruh karyawan dan pimpinan PT. C atas kesempatan berharga yang diberikan. Semoga PT. C mampu menjadi yang terbaik dan terdepan.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini dibuat tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

 

Hormat Saya,

TTD

Nama Lengkap

 

Kapan memberikan surat resign?

Pihak perusahaan juga memiliki waktu untuk mencari pengganti kamu. Perlu diingat, bahwa setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri untuk karyawan ketika memberi informasi pengunduran diri kerja. Bisa dua minggu, satu bulan, hingga dua bulan sebelum melakukan resign.

Mengundurkan diri apakah dapat gaji?

Meskipun tidak mendapat pesangon, karyawan yang mengundurkan diri secara sukarela atau resign tetap berhak mendapat uang penggantian hak dan uang pisah. Hal ini tercantum pada UU Ketenagakerjaan Pasal 162 Ayat 1 yang besaran dan jangka waktu pembayarannya tergantung pada kebijakan perusahaan bersangkutan.

Apakah surat pengunduran diri ditulis tangan atau diketik?

Surat pengunduran diri dibuat oleh seseorang yang ingin berhenti dari pekerjaannya. cara membuat surat pengunduran diri sebenarnya bebas namun sebaiknya tetap formal. Penulisan surat jenis ini umumnya diketik agar terlihat formal. Pihak perusahaan sendiri bisa menerima surat tersebut atau menolaknya.

 

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Contoh Surat Pengunduran Diri

Written by Emka Umam