in

Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami dan Terpercaya

Cara Menambah Tinggi Badan – Salah satu hal yang dinilai bisa menunjang penampilan fisik seseorang yaitu tinggi badan. Tidak heran jika banyak sekali orang yang ingin mempunyai badan yang tinggi. Sebab, hal tersebut dianggap lebih menarik. Tapi, adakah cara yang bisa kita lakukan untuk menambah tinggi badan secara efektif?

Jadi, pada dasarnya penambahan tinggi badan dapat terjadi apabila lempeng pertumbuhan yang ada di dalam tulang masih terbuka. Lempeng tersebut akan terbuka pada usia pubertas dan biasanya akan menutup di usia 20 hingga 21 tahun.

Selain itu, ada berbagai macam faktor yang juga bisa mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan seseorang, yaitu faktor genetik, faktor eksternal dari lingkungan, hingga asupan gizi. Pastinya tidak ada cara supaya bisa cepat tinggi secara instan.

Semuanya tentu akan membutuhkan proses. Terlebih lagi dalam hal meninggikan badan. Namun, Anda bisa melakukan beberapa cara menambah tinggi badan yang ada di bawah ini. Khususnya untuk Anda masih yang berada di dalam usia pertumbuhan.

Cara Menambah Tinggi Badan

1. Asupan Nutrisi Seimbang

Selama masa pertumbuhan, sangat penting untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi supaya selalu mendapatkan gizi seimbang. Pastikan Anda selalu mengonsumsi makronutrien yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang. Misalnya saja dengan memenuhi kebutuhan protein, baik itu hewani atau nabati. Nutrisi tersebut bisa dengan mudah Anda temukan di dalam daging, ikan, makanan laut, telur, tempe, kacang-kacangan, dan juga sumber karbohidrat yang baik seperti halnya gandum.

[algolia_carousel]

Tak hanya itu saja, asupan mikronutrien yang terdiri dari vitamin dan mineral juga sangat penting untuk dikonsumsi setiap harinya. Vitamin dan mineral ini yang nantinya akan menunjang pertumbuhan tulang, antara lain kalsium, vitamin D, dan fosfor. Anda bisa mengonsumsi susu sebagai salah satu sumber kalsium dan berbagai macam protein untuk memperoleh berbagai macam mineral yang baik untuk tulang.

2. Menambah Frekuensi Makan

Cara menambah tinggi badan selanjutnya yaitu dengan menambah frekuensi makan menjadi lebih sering. Hal ini dipercaya bisa membantu menambah tinggi badan. Anda bisa makan sebanyak 4 hingga 6 kali dalam sehari. Namun, hal ini bukan berarti Anda bisa asal makan ya. Menu makanan yang dikonsumsi harus tinggi protein, kaya akan mineral dan vitamin, serta tinggi karbohidrat kompleks.

3. Hindari Lemak dan Gula

Hindari makanan yang mengandung gula tinggi dan memiliki kandungan lemak jahat, seperti halnya lemak jenuh ataupun lemak trans. Umumnya, makanan yang kaya akan gula seperti roti, kue, biskuit, coklat, permen, dan makanan siap saji memiliki kandungan lemak trans yang tinggi. Dimana makanan jenis ini juga bisa membuat pola makan Anda menjadi tidak sehat. Tak hanya itu saja, gula dan lemak yang berlebihan juga bisa menimbulkan berbagai macam komplikasi kesehatan di masa mendatang.

4. Tidur Cukup

Pasti banyak yang tidak menyangka bahwa tidur yang cukup juga termasuk ke dalam salah satu cara menambah tinggi badan. Faktanya, ketika tidur, terutama untuk tidur di malam hari, maka tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan. Oleh karena itu, pastikan Anda ataupun anak-anak selalu tidur dengan cukup setiap harinya guna menambah tinggi badan secara optimal. Hindari kebiasaan begadang karena ketika begadang, maka proses melepaskan hormon pertumbuhan akan terganggu. Maka dari itu, usaha meninggikan badan menjadi tidak efektif.

5. Olahraga Aerobik

Seperti yang kita tahu bahwa olahraga memiliki peran penting dalam menambah tinggi badan. Pada dasarnya, jenis olahraga apapun sangat baik untuk pertumbuhan, termasuk juga jenis aerobik. Dengan olahraga ini bisa menguatkan tulang dan otot, membantu menjaga berat badan agar tetap ideal, dan memicu produksi hormon pertumbuhan. Untuk anak yang masih berusia sekolah harus memperoleh waktu olahraga minimal satu jam setiap harinya.

6. Perbaiki Postur Tubuh

Kebiasaan membungkuk ketika duduk ataupun posisi tidur yang salah dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang dan juga tinggi badan. Oleh karena itu, pastikan postur tubuh harus selalu tegak saat duduk ataupun berdiri. Maka dari itu, pilihlah posisi tidur yang paling anatomis dan sesuai dengan lengkung tulang belakang Anda. Dengan begitu, tulang pun akan bertumbuh secara maksimal.

7. Konsumsi Suplemen Jika Dibutuhkan

Dengan mengonsumsi suplemen juga bisa menjadi salah satu cara supaya tinggi badan bertambah. Suplementasi vitamin D ataupun kalsium bisa membantu menjaga kesehatan dan juga kekuatan tulang. Sehingga akan mengoptimalkan masa pertumbuhan. Akan tetapi, Anda perlu mengonsultasikan terlebih dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen.

8. Yoga

Cara yang cukup efektif untuk menambah tinggi badan yaitu dengan yoga. Jenis olahraga yang satu ini mempunyai beberapa gerakan yang dapat menambah tinggi badan. Gerakan tersebut antara lain yaitu mountain pose, triangle pose, tree pose, surya namaskar, dan lain sebagainya. Pose yang ada di dalam yoga juga dapat memperbaiki postur tubuh. Sehingga penampilan Anda akan lebih proporsional. Selain itu, yoga juga bisa menghilangkan stres dan ketegangan pada otot dan juga sendi. Ketika hal tersebut hilang, maka hormon pertumbuhan akan mengalir lebih baik.

9. Lompat Tali

Permainan masa kecil yang satu ini dapat menjadi salah satu cara meninggikan badan. Melompat akan membuat tubuh menjadi lebih regang dan berkontraksi. Sehingga dapat membantu untuk meninggikan badan. Tak hanya itu saja, di telapak kaki juga diketahui mempunyai banyak sekali saraf yang berhubungan tubuh bagian atas. Ketika Anda bermain lompat tali, maka otot yang ada di bagian telapak kaki akan meregang dan berkontraksi. Gerakan tersebut akan meningkatkan hormon pertumbuhan yang berguna untuk menambah tinggi badan.

10. Sepak Bola

Jenis olahraga yang satu ini menjadi favorit banyak orang, terlebih untuk kaum laki-laki. Olahraga yang dimainkan oleh 11 orang ini memang menarik perhatian banyak orang. Selain sangat menyenangkan, olahraga sepak bola juga bisa meningkatkan pertumbuhan. Sepak bola juga mengharuskan pemainnya untuk berlari.

Aktivitas ini membuat otot lutut dan juga paha meregang sehingga akan membantu pertumbuhan. Gerakan sepak bola lain yang berperan dalam meningkatkan tinggi badan yakni menyundul, menghindari lawan, dan menggiring bola. Ketika gerakan tersebut dilakukan, maka lempeng pertumbuhan bisa menerima darah kaya oksigen dan juga hormon pertumbuhan. Dengan begitu, tinggi badan akan bisa bertambah.

Mungkinkah Orang Dewasa Bisa Menambah Tinggi Badan?

Ada berbagai macam cara menambah tinggi badan untuk orang dewasa yang bisa Anda temukan di media sosial. Hal ini pastinya cukup menarik untuk Anda yang merasa belum puas dengan tinggi badan sekarang. Akan tetapi, benarkah cara tersebut terbukti efektif atau jangan-jangan hanyalah iming-iming saja? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Saja yang Mempengaruhi Tinggi Badan?

Masuk ke usia dewasa, hormon pertumbuhan akan berhenti. Sehingga tulang Anda tidak akan lagi tumbuh. Itulah salah satu sebab mengapa tinggi badan orang dewasa relatif tetap dan tidak bertambah. Alih-alih bertambah tinggi, orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas justru akan semakin memendek sebanyak 1 cm setiap 10 tahun. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan dari National Library of Medicine. Akan tetapi, Anda mungkin saja sering mendengar beberapa metode yang disebut sebagai cara menambah tinggi badan untuk usia dewasa. Benarkah cara tersebut efektif? Yuk kita bahas satu per satu.

1. Minum Suplemen Kalsium

Kalsium memang sangat baik untuk dikonsumsi di usia anak-anak sampai remaja, karena hal tersebut bisa mendukung pertumbuhan tulang. Akan tetapi, apakah cara tersebut memang benar-benar efektif untuk menambah tinggi badan ketika dewasa? Ternyata jawabannya tidak. Di usia dewasa, hormon pertumbuhan akan semakin menurun. Akibatnya, tulang tidak dapat memanjang lagi. Bahkan, kepadatan tulang akan semakin menurun. Walaupun begitu, Anda akan tetap dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium walaupun sudah beranjak dewasa.

Adapun jumlah yang dianjurkan menurut Angka Kecukupan Gizi Kementerian Kesehatan yaitu sekitar 1.200 mg kalsium per harinya. Tujuannya yaitu untuk menjaga kepadatan dan juga kekuatan tulang serta mencegah pengeroposan. Hal tersebut memang bukan cara menambah tinggi badan orang dewasa secara langsung. Namun dengan menguatkan tulang, maka tubuh Anda akan lebih bisa tegak dan terkesan lebih tinggi.

2. Menarik Tubuh

Anda mungkin saja pernah melihat iklan alat penarik tubuh agar bisa tumbuh lebih tinggi. Cara tersebut dianggap bisa menambah tinggi badan orang dewasa. Padahal, pada kenyataannya cara tersebut hanyalah mitos belaka. Alih-alih bisa menarik tubuh, lebih baik Anda melakukan beberapa jenis olahraga seperti crunch, sit-up, push-up, plank untuk menguatkan otot inti tubuh.

Otot-otot seperti otot paha, perut, dan juga punggung, dada, serta perut bisa membantu untuk menopang tulang belakang Anda. Jika otot-otot tersebut terlalu lemah, tulang belakang tidak akan bisa ditopang dengan baik. Akibatnya, tubuh Anda perlahan akan membungkuk dan cenderung lebih pendek. Dengan melatih otot inti tubuh, maka hal itu juga bisa dicegah.

3. Bermain Basket

Mungkin saja Anda sering mendengar pendapat bahwa bermain basket bisa membuat tubuh lebih tinggi. Akan tetapi pada kenyataannya, tidak ada penjelasan secara ilmiah yang membuktikan hal tersebut. Walaupun begitu, olahraga basket memang sangat baik untuk melatih ketangkasan Anda. Tak hanya itu saja, olahraga yang satu ini bisa menjaga supaya tubuh tetap sehat dan bugar. Selain itu, hal ini juga telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Sport and Health Science. Adapun hasil dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa dengan berlatih basket secara rutin selama 3 bulan, maka tubuh bisa lebih sehat secara menyeluruh.

Apakah Obat Peninggi Badan Benar-benar Bisa Membuat Tinggi?

Tak hanya menjadi lebih kurus, banyak juga orang yang menginginkan untuk lebih tinggi. Sama halnya seperti usaha dalam menurunkan berat badan, orang yang mau tingginya bertambah juga akan melakukan berbagai macam cara seperti olahraga dengan rutin dan mengonsumsi obat penambah tinggi badan. Sekarang ini, makin banyak produk obat peninggi badan, namun apakah obat tersebut benar-benar bisa membuat tubuh menjadi lebih tinggi?

Kapan Puncak Pertumbuhan Tinggi Badan Terjadi?

Sebenarnya, setiap orang akan mengalami masa dimana terjadi pertumbuhan tinggi yang cukup pesat dan kemudian berhenti selamanya. Pertumbuhan yang pesat tersebut terjadi saat seorang anak akan masuk ke masa pubertasnya yakni 9 tahun pada anak perempuan dan 11 tahun untuk anak laki-laki. Pertambahan tinggi yang terjadi bisa mencapai 20% dari total tinggi saat dewasa nanti.

Percepatan pertumbuhan ini akan terjadi sekitar 24 sampai 36 bulan, bergantung dengan kondisi masing-masing anak. Setelah itu, grafik pertumbuhan anak akan semakin menurun dan berhenti di satu titik. Masa pertumbuhan akan berhenti, rata-rata terjadi pada anak perempuan ketika mereka berusia 18 tahun dan untuk laki-laki di usia 20 tahun. Saat Anda berada di titik akhir masa pertumbuhan, maka epifisis yakni bagian tulang yang paling ujung yang umumnya akan bertambah ketika masa pertumbuhan, akan berhenti bertambah.

Apakah Obat Peninggi Badan Efektif?

Sekarang ini, ada banyak sekali produsen yang memproduksi obat penambah tinggi badan dan menyatakan bahwa produknya tersebut telah berhasil dan efektif untuk menambah tinggi badan. Akan tetapi, hampir semua obat-obatan tersebut umumnya tidak mempunyai bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa obat tersebut bisa menambah tinggi badan.

Bahkan Food and Drug Administration, Amerika menyatakan bahwa mereka tidak pernah mengkonfirmasi dan mengatur terkait obat-obatan penambah tinggi badan. Hal tersebut berarti obat-obatan tersebut tidak tercatat dalam FDA dan mungkin bisa menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan. Berbagai macam merk obat penambah tinggi badan mengklaim bahwa produk mereka mengandung hormon pertumbuhan yang bisa membuat seseorang menjadi lebih tinggi. Padahal pada kenyataannya, hingga saat ini penggunaan hormon pertumbuhan belum disetujui oleh dokter.

Efek Samping Hormon Pertumbuhan

Pada orang yang mempunyai pertumbuhan yang normal, lalu mengonsumsi obat-obatan penambah tinggi badan yang diperkirakan mengandung hormon pertumbuhan, maka pastinya akan menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan. Pada dasarnya, hormon pertumbuhan bisa membuat proses penuaan semakin cepat. Oleh sebab itu, penggunaan yang tidak sesuai aturan akan menyebabkan penuaan dini. Tak hanya itu saja, risiko penggunaan hormon pertumbuhan yang tidak tepat juga akan menyebabkan hal-hal berikut ini:

[algolia_carousel page=2]

– Nyeri di bagian otot, sendi, dan juga saraf
– Mengalami pembengkakan di beberapa area tubuh atau edema
– Mengalami capal tunnel syndrome atau sindrom yang bisa menyebabkan nyeri dan kehilangan rasa pada tangan karena adanya tekanan pada sistem saraf
– Meningkatkan kadar kolesterol\

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Cara Menambah Tinggi Badan

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah