Ekonomi

10 Platform Blogging Gratis Yang Perlu Anda Coba

paltform blogging
Written by Umam

10 Platform Blogging Gratis – Terciptanya internet telah banyak menciptakan berbagai ruang interaksi, salah satunya platform blogging. Blog telah berhasil mempertemukan banyak penulis dengan pembacanya dari seluruh dunia tanpa ada batas. Pertemuan antara penulis dengan pembaca ini pada suatu platform blogging telah berhasil membuat sebuah ekosistem yang sangat ramai karena sangat bermanfaat.

Dalam dunia blogging, penulis tentu memiliki strategi agar tulisan yang dibuat dapat dibaca oleh banyak orang. Tentu, semakin banyak yang membaca sebuah tulisan dari penulis, maka semakin besar juga peluang penulis tersebut untuk mendapatkan kesuksesan. Namun, tidak hanya itu, pemilihan platform blogging yang tepat untuk publikasi tulisan juga sangat mempengaruhi kesuksesan dari penulis.

Di era internet yang berkembang dengan sangat pesat, ada banyak sekali alternatif untuk memilih platform blogging dan bisa digunakan secara gratis. Setiap platform blogging gratis menawarkan fitur dan kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan mengenai 10 platform blogging gratis beserta keunikan, kelebihan, hingga kekurangannya. Artikel ini dibuat bertujuan agar calon penulis blog dapat memiliki informasi yang cukup sebelum terjun untuk memiliki platform blogging yang dibutuhkan.

Beli Buku di Gramedia

A. 10 Platform Blogging Gratis

Dari berbagai platform blogging gratis yang tersedia, ada 10 platform blogging gratis terpopuler yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah penjelasan terkait jenis platform blogging gratis terbaik, di antaranya yaitu:

1. WordPress.com

Saat ini, WordPress.com dapat dikatakan sebagai platform blogging gratis yang paling terkenal di dunia. WordPress sendiri menyediakan dua jenis layanan utama yakni WordPress.org dan WordPress.com.

Platform blogging gratis yang dimiliki WordPress adalah WordPress.com. Dengan WordPress.com penulis bisa mempublikasi konten dengan sangat mudah, tidak hanya itu, WordPress.com juga bisa memuat segala jenis konten, mulai dari teks, gambar, video, hingga audio.

Untuk melakukan registrasi, penulis cukup melakukan pendaftaran di website. Dengan sekali daftar, platform blogging WordPress.com ini sudah bisa langsung digunakan dengan menggunakan server hosting web milik WordPress.

Beli Buku di Gramedia

Platform blogging ini juga sangat fleksibel, karena bisa digunakan penulis untuk menambahkan berbagai macam plugin, mengganti tema, dan bahkan membuat custom tema sendiri. Selain itu, pengguna WordPress.com juga bisa digunakan untuk menemukan ratusan bahkan ribuan tema dari toko online, aplikasi perkantoran, hingga teknologi terbaru. Namun, beberapa fitur tambahan seperti itu hanya bisa digunakan oleh WordPress.org sebagai platform versi berbayar dari WordPress.

2. Medium

Medium adalah salah satu platform blogging yang bisa digunakan secara gratis. Platform blogging alternatif ini merupakan platform blogging paling populer setelah wordpress. Platform Medium sendiri awalnya dikembangkan oleh Evan Williams. Ia adalah mantan CEO Twitter dan salah satu pengembang dari Blogger, bersama dengan Biz Stone.

Medium merupakan platform yang dedikasikan untuk penulis, jurnalis, dan para ahli lainnya. Medium diharapkan bisa menjadi tempat bagi mereka untuk memberikan pemikiran-pemikirannya ke dalam bentuk esai atau opini. Uniknya, artikel yang berbentuk listicles berupa berita yang berisi fakta-fakta kurang diminati di platform blogging ini.

Sejak tahun 2012, Medium sudah digunakan oleh banyak penulis untuk membagikan esai atau opininya. Tampilan yang bersih, minimalis tetapi menarik membuat orang-orang nyaman dalam menggunakan platform ini. Selain tampilan yang nyaman, Medium juga menolak berbagai jenis iklan dan promosi produk. Platform blogging gratis ini mempunyai anggapan bahwa kegiatan iklan dan endorsement membuat dunia konten menjadi sebatas ladang untuk berjualan.

Nah, sebagai gantinya, Medium menyediakan Medium Partner Program bagi pengguna yang ingin menghasilkan uang. Program bersama Medium ini merupakan bentuk perhatian medium kepada penulis dengan memberikan insentif yang berdasarkan lama waktu pembaca menikmati artikel dan jumlah tepuk tangan yang pengguna berikan untuk artikel.

3. Tumblr

Tumblr merupakan platform blogging gratis yang memiliki sistem kerja mirip dengan twitter. Saat pengguna mengunggah konten, pengikut dari pengguna tersebut dapat memberikan love sebagai tanda suka, melakukan reblog atau mengunggah ulang atau menyebarkan ke platform yang lain seperti facebook dan twitter. Dalam sekejap, seseorang pengikut blog Tumblr akan mendapatkan langganan konten pada Dashboard mereka.

Beberapa waktu lalu, platform blogging gratis ini sempat menuai kontroversi setelah pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika memutuskan untuk memblokir Tumblr. Pemblokiran ini disinyalir karena Tumblr dianggap beberapa konten yang disebarkan telah melanggar undang-undang. Pemblokiran Tumblr sebenarnya sudah terjadi sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 2016 hingga pada tahun 2019 lalu. Namun, saat ini Tumblr sudah biasa diakses seperti biasa kembali.

Konsep Tumblr sebenarnya bisa dikatakan adalah Twitter dalam bentuk blog, namun tidak sama. Tumblr memperboleh pengguna untuk membuat tujuh jenis konten yang berbeda-beda. Seperti platform blog lainnya, Tumblr sangat mendukung untuk mengunggah konten teks, foto, gambar, video, hingga audio. Tidak hanya itu, Tumblr juga mempunyai tampilan yang menarik, terlebih lagi untuk konten seperti quote, link, dan percakapan semacam chat. Visual yang menarik tersebut yang membuat platform blogging gratis ini sangat populer dan disukai oleh beberapa kalangan blogger.

4. Wattpad

Wattpad adalah sebuah platform blogging yang dibuat bagi para penulis cerita fiksi. Wattpad sebenarnya memiliki karakteristik yang sama dengan media sosial, namun platform ini dikhususkan untuk cerita-cerita fiksi. Dalam Wattpad, pemilik akun bisa saling melemparkan komentar, membuat jaringan, hingga mengembangkan keterampilan dan kemampuan menulisnya masing-masing. Bahkan, ada kompetisi menulis khusus di Wattpad.
Ditambah lagi, Wattpad juga memberikan kesempatan kepada para penulis pemula agar karyanya bisa bertemu penerbit buku, rumah produksi film, bahkan telah banyak karya fiksi dari Wattpad yang sudah cerita di tv series atau web series.

Tetapi, layaknya menggunakan media sosial, Wattpad mengharuskan penggunanya untuk pintar dalam menyusun strategi agar tulisannya bisa dibaca banyak orang. Penulis di platform blogging ini dituntut untuk selalu produktif dalam mempublikasikan karya terbarunya. Selain itu, penulis juga dianjurkan untuk menggunakan tagar atau hashtag yang sesuai dengan yang sedang tren, aktif di komunitas penulis, serta aktif untuk melakukan promosi di kanal dan media sosial lainnya. Tujuannya adalah mendorong banyak pembaca untuk membuka tulisan penulis di Wattpad.

5. Wix

Wix merupakan sebuah solusi bagi semua orang yang ingin mendapatkan website dengan tampilan yang sangat menarik dan artistik. Dalam platform blogging gratis ini, pengguna tidak diharuskan untuk paham betul apa itu coding atau pengaturan website secara teknis. Pengguna Wix hanya perlu memiliki selera yang artistik untuk menata tampilan website atau blognya. Selebihnya, tugas untuk mengoptimalkan website sudah diambil alih oleh Wix.

Dalam menggunakan Wix, pengguna hanya perlu melakukan desain dengan cara drag dan drop. Pada beberapa bagian Wix hanya perlu memberikan kustomisasi nama dan tanda centang. Tidak hanya itu, Wix juga menyediakan fitur Wix Artificial Design Intelligence atau disingkat Wix ADI. Dengan fitur blogging Wix ADI, pengguna hanya perlu memberikan tanda centang pada semacam kuisioner yang disediakan oleh Wix ADI. Setelah itu, secara otomatis Wix ADI akan melaksanakan perintah yang sudah pengguna berikan pada kuisioner.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Selain Wix ADI, Wix juga menyediakan ratusan template profesional yang berbeda dari platform blogging lainnya. Layaknya platform pengembang website lainnya, Wix juga memberikan tawaran aplikasi tambahan yang bisa digunakan pengguna untuk menjalankan aplikasi sesuai kebutuhan seperti sosial media hingga toko online.

Wix sendiri hadir untuk memberikan tantangan kepada para website builder lainnya. Wix memberikan penawaran untuk pengembangan website dari yang sangat sederhana bagi pengguna baru hingga pengembangan website yang sangat kompleks bagi pengguna yang sudah terbiasa dalam pengembangan website. Hingga sekarang, Wix telah digunakan oleh lebih dari 125 juta pengguna di seluruh dunia.

6. Blogger

Platform blogging gratis ini tentu sudah sangat familiar di telinga pengguna internet. Blogger adalah platform blogging terpopuler pertama pada saat Google telah cukup mudah diakses. Blogger tercatat sudah ada pada tahun 2003 yang dikembangkan oleh Google melalui Pyra Labs. Pada umumnya blogger diakses menggunakan alamat domain blogspot.com.

Sebagai platform blogging gratis dari Google, Blogger memiliki banyak fitur yang terintegrasi langsung dengan aplikasi atau jasa dari Google. Setidaknya pengguna Blogger dapat menghasilkan keuntungan dari fitur Adwords, Adsense, dan Google Analytics yang ada di dalamnya.

Selain itu, jaminan keamanan dan kemudahan yang diberikan sebagai bagian dari Google menjadi nilai positif bagi platform blogging ini. Pengguna Blogger secara otomatis akan diberikan sertifikat SSL pada blognya. Sertifikat tersebut akan berguna untuk selalu memastikan keamanan dari blog dan menghindarkan blog dari upaya hacking hingga peretasan.

Pengembangan platform website ini juga terhitung mudah. Fitur-fitur navigasi yang disediakan sudah disusun untuk lebih memudahkan pengguna yang bahkan belum pernah sama sekali membuka blog. Tidak hanya itu, Blogger juga menyediakan fitur custom domain yang bisa digunakan untuk membuat website, hanya saja fitur ini berisfat berbayar.

7. Penzu

Dengan slogan “Your Private Online Journal”, Penzu.com memberikan penawaran berupa platform blogging gratis untuk berbagi journal dengan tingkat keamanan yang tinggi. Penzu juga dapat menjaga journal pengguna tetap aman dengan proteksi password ganda dan enkripsi militer yang sangat kuat. Keamanan tingkat tinggi tersebut digunakan Penzu untuk memastikan apa yang pengguna masukkan aman di Penzu Vault.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Tidak hanya itu, fleksibilitas yang ditawarkan Penzu juga menjadi daya tarik sendiri, di antaranya yaitu adanya tiga jenis/tipe blog yang ditawarkan: Daily Diary (publik), Ekspresif Journal (pribadi), dan Travel Journal.

8. Webs

Webs.com merupakan website yang cukup mudah untuk digunakan dalam membangun situs yang menarik. Pengguna dapat melakukan penyesuaian tampilan antar muka berbasiskan browser cukup dengan melakukan drag dan drop elemen untuk menyesuaikan halaman. Platform ini sangat cocok bagi pengguna yang ingin membuat web profesional seperti company profile. Selain membuat website seperti company profile, pengguna juga dapat membuat berbagai jenis website sesuai dengan tujuan dan kegunaannya masing-masing.

9. Weebly

Weebly atau Weebly.com merupakan sebuah platform blogging gratis yang memiliki banyak fitur untuk membantu pengguna dalam menyusun hingga membangun website secara cepat; tanpa memerlukan teknik coding. Weebly berfokus pada website builder, hal inilah yang sangat memudahkan pengguna untuk dapat membuat website pribadi, bisnis, blog, portofolio hingga event. Weebly juga menyediakan beragam tema yang bisa digunakan secara langsung tanpa harus menyusun dari awal.

Weebly.com sendiri memberikan penawaran berupa pengembangan website dengan drag dan drop saja. Hampir seperti Wix, pengguna bisa dengan mudah menyesuaikan tampilan tanpa harus berurusan dengan baris kode. Bahkan, Weebly menyediakan lebih dari 200 aplikasi dengan kualitas yang sangat baik untuk membuat pengembangan website menjadi lebih simpel. Aplikasi tersebut seperti penjadwalan (scheduling), chat langsung (live chat), akuntansi (accounting) dan lain sebagainya.

10. Ghost

Terakhir, platform blogging gratis ini didirikan oleh John O’Nolan pada tahun 2013 yang lalu. Ghost dapat menjadi solusi bagi pengguna yang masih kebingungan untuk memilih di platform mana akan terjun. Platform blogging gratis ini merupakan sebuah platform yang baru open source dan mungkin bisa bersaing dengan WordPress dan Blogger. Hal itu dikarenakan Ghost ditulis menggunakan bahasa pemrograman JavaScript.

Beli Buku di Gramedia

Salah satu kelebihan platform blogging Ghost yang menjadi sangat menarik yaitu fitur navigasinya. Fitur navigasi tersebut dapat dengan mudah dipahami oleh pengguna blog pemula sekalipun. Selain itu, karena ditulis menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, Ghost terhitung memiliki waktu akses yang sangat cepat.

B. Kesimpulan

Beli Buku di Gramedia

Ada banyak platform blogging gratis yang bisa menjadi sarana untuk menyebarkan tulisan pengguna secara mudah dan gratis. Selain menawarkan kemudahan dan kemurahan, pihak penyedia blog juga memberikan beragam tema dan tampilan yang semakin menarik sehingga tidak membosankan bagi pengunjung untuk membaca artikel-artikel yang ada di dalamnya. Pengguna juga bisa menggunakan beberapa platform sekaligus untuk menyebarkan tulisan-tulisan atau konten yang ingin ditulis.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien