in

Review Novel Galaxy Karya Poppi Pertiwi

Review Novel “Galaxy” Karya Poppi Pertiwi – Masa-masa SMA adalah masa yang paling indah untuk dijalani. Pada masa ini kita sangat merasakan saat kita menjadi remaja. Banyak sekali kenangan yang dialami saat berada di sekolah maupun di luar sekolah. Bahkan, kekompakan yang terjadi di SMA mungkin juga berbeda saat kalian duduk di bangku SD sampai SMP, bahkan sampai kuliah. Tentunya kenangan masa SMA ini sulit untuk dilupakan dan tidak akan terulang lagi ketika kita sudah lulus dari SMA.

Mungkin kenangan SMA setiap orang berbeda, tergantung dengan pergaulan yang mereka alami di sekolahnya. Namun, kebanyakan anak SMA pasti mengalami masa yang indah tentunya. Masa indah saat SMA tidak harus soal memiliki kekasih, namun bisa juga memiliki teman yang satu frekuensi. Dengan adanya teman yang satu frekuensi dengan kita maka kita akan nyaman.

Namun, jika kalian mengalami SMA sebagai masa yang indah karena memiliki kekasih maka kisah kalian di SMA sama seperti novel yang ingin dibahas pada artikel kali ini. Tentu menyenangkan memiliki seorang kekasih satu sekolah saat SMA. Mungkin masa SMA kalian setidaknya menjadi sedikit lebih menyenangkan dan lebih giat untuk sekolah walaupun alasannya hanyalah “dia”.

Pada kesempatan kali ini, Gramedia akan melakukan review mengenai novel dengan judul “Galaxy” karya dari Poppi Pertiwi. Pada novel ini juga bercerita mengenai masa-masa SMA yang dialami oleh beberapa siswa. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak ulasan di bawah ini.

Profil Penulis

Poppi Pertiwi
Gramedia.com

Poppi Pertiwi lahir pada tanggal 15 April 2000 di Denpasar. Poppy Pertiwi tidak tahu bahwa hobi yang ditekuninya sejak sekolah dasar (SD) akhirnya membuahkan hasil ketika melihat fenomena remaja menyenangi sekolah dan berusaha menghabisi hatinya. Poppi mulai menulis saat duduk di bangku sekolah kejuruan teknologi informasi pada 2015. Lalu, novel pertamanya yang ia terbitkan adalah berjudul “Galaksi”.

Poppi seorang selebgram dengan satu juta pengikut dan novel yang diakui oleh pembaca, Poppi Pertiwi ingin membangun komunitas dan mendorong kaum muda untuk membantu diri mereka sendiri. Komunitas ini juga bisa dimanfaatkan misalnya untuk mengembangkan pemasaran karya atau produk lain.

Karya yang ditulis oleh Poppi tidak jauh-jauh dari persoalan anak muda. Galaksi, Mosachico yang terjual secara nasional, dan novel ketiga Septihan, yang telah dibaca jutaan kali, merupakan kenikmatan yang tak terpisahkan dari karya-karya yang begitu dekat dengan isu-isu anak muda. Kisah persahabatan sederhana, novel remaja, dan ego tidak sendirian. Mereka dapat bekerja sama dan melakukannya dengan teman-teman.

Detail Novel Galaxy

Buku dengan judul “Galaksi” karya Poppi Pertiwi ini diterbitkan oleh Coconuts Book pada 20 Juli 2017. Buku ini memiliki halaman sebanyak 492 lembar. Dengan halaman sebanyak itu, buku ini memiliki berat sekitar 0.53 kg. Buku ini ditulis dalam bahasa Indonesia, sehingga pembaca lebih mudah mengerti isi dari buku ini. Kalian dapat mendapatkan buku ini di Gramedia dengan harga hanya Rp84.150,00 saja.

Sinopsis Novel Galaxy

novel galaxy

Galaksi Aldebaran. Ketua geng Ravispa. Geng paling gagah dan pemberani tempat berkumpulnya murid-murid nakal dan tukang berontak SMA Ganesha. Sering berselisih paham dengan Avegar, geng milik SMA Kencana. Hadirnya Kejora Ayodhya di hidup Galaksi yang kelam menjadikan hari-hari Galaksi berubah menjadi penuh warna. Pertemuan antara pemimpin geng dengan perempuan Paskibra. Awal mula kedekatan yang terdengar sangat mustahil tapi begitu nyata. Hidup dengan dibeda-bedakan oleh orang tuanya membuat Galaksi mempunyai sifat keras termasuk pada cewek yang ia suka, Kejora. Ketika Kejora sadar kalau ia juga menyukai Galaksi. Apa Galaksi masih mau menerimanya?

Isi Novel Galaxy

Galaksi adalah novel karya Poppy Pertiwi yang pada awalnya ditulis untuk aplikasi Wattpad dan telah dibaca lebih dari 17 juta kali. Galaksi berhasil meraih gelar best seller di berbagai toko buku di Indonesia. Dalam tulisannya, Poppy Pertiwi bercerita tentang era putih dan abu-abu yang penuh cerita.

Dalam ceritanya, dikisahkan pemimpin geng paling berani dan gagah di SMA Ganesha, sebagai ketua geng Ravispa, dikatakan telah bertemu dengan seorang gadis Paskibra yang cantik dan cerdas. Keduanya memiliki kepribadian yang sangat bertolak belakang.

Galaksi Aldebaran, pemimpin geng Ravispa, tempat berkumpulnya siswa pemberontak dan siswa SMA Ganesha yang nakal. Galaksi memiliki teman dekat termasuk Nyong, Oji, Bams, Jordan, Septian, dan Guntur. Enam di antaranya sering bolos pelajaran di kelas. Mereka biasa bolos kelas di base camp Ravispa atau Warung Pojok.

Solidaritas tanpa batas, motto merupakan motto dari geng Ravispa. Ketika seorang anggota Ravispa terganggu, Galaksi mengambil tindakan. Moto galaksi adalah untuk menghancurkan, membakar, dan ratakan ke tanah. Dia bukan apa-apa di galaksi tanpa Ravispa. Ravispa adalah keluarganya.

Kehadiran Kejora Ayodhya dalam Kehidupan Galaksi mengubah keadaan Galaksi. Awal mula pertemuan antara cewek paskibra dan ketua geng. Kedekatan hubungan mereka dimulai ketika galaksi menyelamatkan Kejora dari penawanan oleh Avegar, geng SMA Kencana yang sering bentrok dengan Ravispa. Sejak itu, Kejora menjadi target Avegar, terutama digunakan untuk mengacaukan Galaksi. Sejak itu, Kejora menjadi kelemahan galaksi.

Keinginan untuk melindungi Kejora yang menjadi target Aveger membawa Galaksi dan Kejora lebih dekat. Sedikit demi sedikit, Galaxi menyukai Kejora, dan Galaxi pun mulai terbuka dengan Kejora tentang kehidupannya.

Selama ini Galaksi dikenal sebagai sosok yang dingin, tangguh, pemberontak, dan nakal. Namun sikapnya bukan tanpa alasan. Galaksi adalah korban dari perceraian orang tuanya. Dengan menjalani kehidupan yang berbeda dari kakaknya yaitu Nova, Galaksi menjadi karakter yang tangguh, termasuk pada perempuan kesayangannya.

Ayahnya yang selingkuh dan ibu yang selalu melindungi Nova, kakak dari Galaksi, ibu dan ayahnya hanya peduli pada Nova dan bukan Galaksi. Ia mencari keluarga yang bisa menerima dan memperhatikannya. Keluarga yang ia temukan saat itu adalah geng Ravispa. Ravispa memiliki nilai solidaritas yang sangat kuat dan merupakan geng yang membuat galaksi nyaman.

Konflik dan permasalahan antara Galaksi dan Kejora mulai terjadi. Di balik kemesraannya, ada orang-orang yang membenci Kejora dan bahkan tak segan-segan mengancam Kejora untuk meninggalkan Galaksi. Kejora ragu untuk menerima Galaksi. Namun, meskipun Galaksi dikenal dingin dan tangguh, di sisi lain, Galaksi adalah pribadi yang bertanggung jawab dan setia. Galaksi setia menunggu Kejora. Galaksi berusaha untuk selalu ada untuk Kejora, seperti yang Kejora selalu lakukan untuknya ketika galaksi benar-benar dalam keadaan terpuruk.

Konflik tidak berhenti sampai di situ, dan masih banyak konflik di antara mereka. Kerugian terjadi satu per satu, dimulai dengan hilangnya kepercayaan, kebohongan, penyesalan, dan diakhiri dengan akhir yang bahagia. Sungguh waktu putih dan abu-abu yang tak terlupakan dan tak terduga.

Tema dan Penokohan

Tema yang menjadi jalan cerita yang hangat adalah kisah cinta bad boy dan good girl. Pemeran utama Galaksi Aldebaran adalah seorang anak nakal yang dingin, liar dan pemberontak. Sedangkan Kejora Ayodhya, seorang gadis cantik, baik hati, pekerja keras, pengertian, dan cerdas.

Selain karakter utama, karakter lain juga didukung dalam cerita ini, termasuk Lala, Jihan, dan Febbi sebagai sahabat Kejora. Sementara Bams, Nyong, Septian, Jordan, Oji, dan Guntur adalah teman dekat Galaksi. Selain itu, pemilik Warjok atau Warung Pojok adalah Bu Gendut dan ketua geng dari Avegar adalah Robert, beberapa guru Ganesha, serta anggota geng Ravispa dan Avegar.

Kelebihan

Dalam cerita ini, penulis tahu bagaimana membungkus setiap kata dengan cara yang sangat indah dan lugas. Kata-kata yang digunakan sangat sederhana, namun dapat diterima dengan mudah dan tegas.

Selain itu, alurnya yang tidak terduga menambah keindahan isi novel. Hal ini membuat plotnya bagus dan membuat pembaca tetap tertarik dengan apa yang terjadi, dan banyak remaja saat ini menyukai cerita ini karena karena memilik latar belakang anak sekolah

Kekurangan

Kekurangan novel ini adalah kesalahan ejaan dan kesalahan pengulangan pada kalimat yang agak panjang. Kesalahan ini membingungkan pembaca. Selain itu, sampul buku ini kurang menarik, hanya menggunakan latar belakang putih dengan gambar burung di tengahnya.

novel galaxy

Kesimpulan Novel Galaxy

Novel ini sangat cocok bagi kalian yang merindukan era putih dan abu-abu. Dengan membaca cerita ini, seolah-olah penulis mengundang kita untuk mengingat hari sekolah yang indah yang tidak bisa kita alami ketika kita tidak ada lagi di masa itu.

Selain itu, dalam novel ini Poppi juga mengajarkan cara mengendalikan emosi dengan lebih baik. Jika penulis menyampaikan emosi dan pesannya dalam setiap cerita, maka tidak ada cerita yang tidak akan gagal.

Dalam novel ini bukan hanya berisi kisah cinta. Namun novel ini juga menceritakan juga bagaimana memahami arti keseimbangan antara keberadaan, keluarga, dan persahabatan. Kalian akan belajar memahami perasaan orang lain dan belajar bahwa tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan kekerasan dan perjuangan.

Written by Ricky Atthariq