in

Review Buku Ikhlas Paling Serius – Fajar Sulaiman

Review Buku Ikhlas Paling Serius – Berikut review dalam bentuk video




Seseorang yang pernah menjalani hubungan dengan kekasihnya merupakan seseorang yang sudah jatuh cinta dan sayang dengan kekasihnya. Rasa cinta dan rasa sayang inilah yang membuat suatu hubungan dua sejoli menjadi lebih harmonis dan selalu terkenang dengan manis. Hal ini pun juga dirasakan oleh kekasih yang dicintainya yang merasakan rasa cinta dan sayang yang sama. Berkat rasa cinta dan rasa sayang yang saling berbalas menghadirkan sebuah kisah yang akan selalu terkenang di hati.

Oleh sebab itu, ketika sepasang kekasih yang saling jatuh cinta dan menjalani hubungan, maka dunia sudah seperti miliki berdua saja, mungkin saja kamu juga pernah merasakan hal yang sama.

Setelah rasa cinta dan rasa sayang sepasang kekasih saling berbalas, maka suatu hubungan akan terjalin dan saat itulah kisah dan perjalanan cinta dimulai. Layaknya sebuah kisah cinta yang romantis, sepasang kekasih akan selalu berusaha untuk meluangkan waktu di sela-sela kesibukan untuk bersama, baik itu bertemu langsung atau hanya berkomunikasi melalui telepon atau telepon video. Ketika berkomunikasi lewat telepon, kita akan merasa seperti mendengar suara-suara sayang, sehingga rasa rindu untuk bertemu dapat tercurahkan.

Kisah-kisah romantis seperti itu akan terus terjadi dan selalu menghadirkan suatu kenangan yang indah yang mungkin akan sulit untuk dilupakan. Semakin lama kisah cinta yang dijalani akan semakin banyak kenangan-kenangan indah yang terkenang di dalam hati.

Kisah-kisah cinta yang dialami sepasang kekasih tak selamanya harus hal-hal indah saja yang mereka lalui, tetapi akan ada lika-liku percintaan yang menandakan bahwa kisah cinta sedang diuji. Meskipun lika-liku percintaan pasti dilewati, tetapi sepasang kekasih tetap akan berusaha untuk mempertahankan kisah cinta yang sudah terjalin ini.

Mereka selalu menemukan solusi atau jalan tengah dari lika-liku perjalanan cinta yang sedang dihadapi, sehingga suatu hubungan cinta tetap terjaga keharmonisannya. Keharmonisan dalam suatu hubungan percintaan harus saling dijaga oleh dua individu yang saling jatuh cinta. Suatu hubungan percintaan yang semakin cepat berarti keharmonisan dalam hubungan itu terus dijaga dengan baik, sehingga rasa cinta dan sayang yang mulai pudar tumbuh kembali untuk memperbaiki luka.

Namun, kisah cinta yang sudah diperjuagkan dengan sungguh-sungguh terkadang tak selamanya harus berakhir manis, sehingga membuat hati seperti terkikis, hingga mata pun ikut menangis. Kisah cinta yang tadinya seperti kisah-kisah romatis semuanya berubah menjadi kisah cinta yang harus berakhir dengan tangis. Di masa-masa itu, seseorang akan merasakan kesedihan yang tiada henti-hentinya, seperti dunia berhenti sejenak dan berharap waktu dapat terulang kembali lagi.

Namun, harapan hanya menjadi sekadar angan saja yang akan sulit untuk terwujud menjadi kisah romantis. Kita yang sedang patah hati pun harus kuat untuk menghadapi perjalanan cinta yang harus kandas di tengah perjalanan yang tak mungkin kita harapkan untuk kembali seperti dulu. Begitulah perjalanan kisah cinta yang tak akan tahu akhirnya dan hanya Tuhan yang mengetahui perjalanan kisah cinta seseorang.

Perjalanan kisah cinta yang harus kandas di tengah jalan pasti akan memunculkan luka yang membuat seseorang harus memiliki ikhlas yang paling serius. Hanya dengan rasa ikhlas, luka hati karena kisah cinta yang kandas akan hilang dan sudah siap untuk memulai hidup yang baru serta membuka lembaran baru untuk kisah cinta.

Rasa ikhlas membuat kita percaya bahwa di balik kisah cinta yang harus berakhir pasti ada makna yang terukir untuk kehidupan di kemudian hari. Oleh karena itu, ketika sudah menjalani rasa cinta dan sayang terhadap seseorang, maka di dalam diri kita sudah harus mempersiapkan rasa ikhlas.

Salah satu buku yang cocok untuk menemani kita dikala hati sedang sedih karena kisah cinta yang kandas adalah buku Ikhlas Paling Serius yang ditulis oleh Fajar Sulaiman. Sesuai dengan judulnya, ketika membacanya kita akan disuguhkan dengan diksi-diksi yang membuat kita sadar bahwa ikhlas menjadi kunci untuk menerima perjalanan cinta yang harus berakhir. Kamu sedang patah hati atau putus cinta? Segera beli buku ini di Gramedia.com.

Buku Ikhlas Paling Serius

Berbicara tentang buku yang dipenuhi dengan berbagai quotes yang dapat mengobati kesedihan dan membuat hati menjadi tenang setelah harus mengalami putus cinta karena perjalanan cinta dengan sang kekasih harus berakhir sangatlah banyak. Salah satu buku yang sangat direkomendasikan adalah buku Ikhlas Paling Serius. Buku yang ditulis dengan diksi-diksi indah ini ditulis oleh seseorang yang senang menulis dan ia bernama Fajar Sulaiman.

Penulis yang mampu menulis quotes dengan indah membaginya menjadi tiga bagian yang di mana setiap bagiannya seperti menggambarkan sebuah perjalanan cinta yang harus berakhir yang dialami oleh sebagian orang. Oleh karena itu, pembaca yang memiliki perjalanan cinta seperti bagian dari buku ini akan mudah tersentuh hatinya.

1. Bab I (Melupakan)

Pada bab I ini, pembaca akan dihadirkan berbagai macam quotes yang berisi tentang melupakan kekasihnya yang pernah singgah di hati kita. Memang begitu seharusnya, ketika sudah mengalami patah hati yang begitu sakit, kita akan berusaha untuk melupakan. Dengan melupakan baru kita bisa mengikhlaskan.

Melupakan memang sulit untuk dilakukan, tetapi adanya buku ini membuat pembaca akan sedikit lebih mudah untuk melupakan karena penulis mampu menghadirkan quotes- quotes yang menyadarkan kita bahwa melupakan memang perlu untuk dilakukan. Oleh sebab itu, jangan menunda terlalu lama untuk melupakan, sehingga kamu bisa menjadi lebih tenang. Salah satu quotes yang mampu menyadarkan seseorang yang sedang patah hati ada di bawah ini.

“Semakin dewasa,
kamu akan semakin paham
siapa yang memang layak
diperjuangkan meski lewat doa,
dan siapa yang memang harus
kau tinggalkan,
demi kebahagiaanmu sendiri.”

Dari quotes di atas, pembaca sudah seperti diberi pesan bahwa kita harus mengetahui seseorang yang benar-benar bisa membuat bahagia.

2. Bab II (Mengikhlaskan)

Setelah bab I berisi tentang quotes melupakan, maka penulis buku ini kemudian mengajak pembaca untuk belajar mengikhlaskan kepergiannya walaupun sangat tidak mudah. Tahap melupakan saja sudah cukup sulit, apalagi masuk ke tahap mengikhlaskan pasti akan tambah sulit lagi. Akan tetapi, penulis ingin menyampaikan bahwa dengan mengikhlaskan, kita sama sudah menerima semua yang telah direncakanan oleh Tuhan. Seperti salah satu quotes berikut ini.

“Aku ingin seikhlas langit ketika ia menjadikan udara
dingin hanya untuk melahirkan embun tanpa harus
diketahui daun yang jatuh cinta kepadanya.

Aku ingin seikhlas langit saat awan gelap
menurunkan hujan tanpa menjanjikan pelanginya
datang, bumi menerimanya dengan lapang.

Aku ingin seikhlas langit kala ia tetap
mempersembahkan indahnya semburat senja sekalipun
malam perlahan mengusir cahayanya

Aku ingin lebih ikhlas dari langit ketika ia
mampu menerima apa pun ketentuan Tuhan, tanpa perlu
banyak bertanya.”

Dari quotes di atas kita jadi sadar bahwa untuk menerima semua rencana Tuhan tak selamanya akan mudah. Meskipun, tidak mudah, tetapi jika rasa ikhlas terus ditanamkan, maka kita bisa menemukan seseorang yang baru atau seseorang yang sering kita perjuangkan dalam doa.

3. Bab III (Menemukan)

Masuk ke bab III, yaitu menemukan seseorang pengganti bagi Dia yang memilih untuk pergi dan tak mungkin kembali. Tahap ini bisa dibilang sebagai salah satu hasil dari usaha kita setelah menjalani tahap melupakan dan mengikhlaskan. Ketika menemukan seseorang pengganti yang bisa membuat kita bahagia merupakan bagian dari rencana Tuhan untuk kita. Penulis menghadirkan quotes di bawah ini pada bagian awal bab III.

“Simpan rindumu
sampai pada saatnya
Tuhan mengirimkan seseorang
yang menerima dan merawat
rindumu dengan sangat baik.”

Quotes di atas mengajarkan kita untuk selalu percaya terhadap semua rencana Tuhan walau itu menyakitkan. Di balik hal yang menyakitkan pasti akan ada hal bahagia setelahnya.

Kelebihan Buku Ikhlas Paling Serius

Sebuah buku yang cocok untuk menemani kita ketika sedang patah hati ini berisi tentang diksi-diksi yang dikemas hingga menjadi sebuah quotes yang memiliki makna yang bisa kita ambil dan dijadikan sebagai sebuah pesan untuk kehidupan yang akan kita jalani di kemudian hari. Buku yang berjudul Ikhlas Paling Serius memiliki beberapa kelebihan yang akan membuat kamu ingin untuk memiliki buku ini. Simak beberapa kelebihan dari buku ini sebagai berikut.

1. Pemilihan Diksi yang Menggugah Hati

Setiap quotes yang ditulis oleh Fajar Sulaiman menggunakan diksi-diksi yang dapat menggugah hati para pembaca yang seolah-olah setiap quotes seperti menyentuh relung hati kita. Diksi-diksi yang indah itu akan selalu menambah rasa penasaran para pembaca terhadap quotes seperti apa lagi yang akan muncul di halaman selanjutnya. Kemudian, setelah membuka halaman selanjutnya, lagi dan lagi pembaca akan dibuat tersentuh. Hingga pada akhirnya tanpa sadar kalau buku yang kita baca ini sudah sampai di quotes halaman terakhir dari buku Ikhlas Paling Serius.

Pemilihan diksi yang dapat menggugah hati para pembaca ini merupakan salah satu kelebihan atau keunggulan dari buku ini. Penulis mampu memilih diksi-diksi yang bisa menghasil sebuah quotes yang dapat membuat pembaca sadar bahwa memang benar rasa ikhlas akan membuat hati dan kehidupan yang kita jalani menjadi lebih tenang. Pembaca yang sudah mendapatkan rasa tenang setelah membaca buku ini sudah mulai menyadari bahwa setiap kisah tak selamanya harus berakhir sesuai dengan harapan kita dan meyakini setiap kisah yang berakhir merupakan rencana Tuhan.

2. Gambar-Gambar yang Mendukung Suasana Quotes

Setelah Fajar Sulaiman yang merupakan penulis dari buku Ikhlas Paling Serius mampu menulis quotes dengan diksi-diksi yang menarik, kini kelebihan dari buku ini berikutnya adalah adanya gambar-gambar pendukung yang membangun suasana quotes yang ada di setiap halamannya. Ketika pembaca membuka halaman yang berisi quotes, maka di sebelahnya akan ada gambar yang dapat mendukung suasana quotes, sehingga makna dari setiap quotes semakin mudah dipahami.

Gambar-gambar pendukung suasana quotes ini terdiri dari berbagai macam, mulai dari perkumpulan manusia, hingga pesawat terbang. Bukan hanya sebagai kelebihan dari buku ini saja, tetapi gambar yang ada bisa dibilang sebagai bagian dari keunikan buku Ikhlas Paling Serius. Keunikan buku ini ternyata menjadi pembeda dengan buku-buku yang berisi quotes lainnya, sehingga sangat pas untuk kita miliki.

3. Makna Quotes Mudah Dipahami

Dalam membaca sebuah buku pasti kita sebagai pembaca akan selalu mencari makna yang bisa diambil dari buku yang kita baca. Rasanya akan senang sekali ketika makna dari buku yang kita baca dapat dipahami, bahkan akan lebih berarti lagi kalau makna tersebut sangat berhubungan dengan hal-hal yang sedang kita alami. Selain itu, makna dari buku yang kita baca juga diharapkan bisa dijadikan sebagai pelajaran hidup. Semakin banyak makna yang dipahami, maka semakin nyaman ketika kita membaca sebuah buku.

Sama halnya dengan buku Ikhlas Paling Serius yang di mana setiap makna yang ada di dalam quotes mudah untuk dipahami terutama yang berkaitan dengan seseorang yang sedang sedih karena berakhirnya suatu kisah cinta. Setiap quotes yang maknanya mudah dipahami bisa juga dijadikan sebagai pelajaran untuk kehidupan di kemudian hari. Jadi, ketika membaca buku karya Fajar Sulaiman ini, kita tak hanya tersentuh membaca setiap quotes, tetapi bisa memahami makna dari setiap quotes.

4. Warna Gambar yang Unik

Gambar yang ada di dalam buku Ikhlas Paling Serius memiliki warna yang mendukung suasana quotes karena berwarna hitam putih. Warna hitam dan putih dari setiap gambar yang ada merupakan kelebihan sekaligus keunikan dari buku ini. Warna hitam putih ini menggambarkan bahwa ketika sedang mengalami putus cinta dan kisah cinta harus berakhir akan dipenuhi dengan rasa bimbang, apakah harus kembali ke masa-masa itu atau harus memulai kisah yang baru. Dengan warna hitam putih pada gambar membuat quotes menjadi mudah dipahami.

Kekurangan Buku Ikhlas Paling Serius

Meskipun banyak sekali kelebihan sekaligus keunikan dari buku Ikhlas Paling Serius karya Fajar Sulaiman, tetapi buku ini masih memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan yang ada di dalam buku ini tidak akan mengurangi apalagi menghilangkan makna-makna yang terkandung pada setiap quotes. Di bawah ini akan dijelaskan dua kekurangan dari buku ini.

1. Beberapa Gambar Warnanya Kurang Jelas

Meskipun gambar-gambar di dalam buku ini mengandung unsur pembangun suasana pada setiap quotes, tetapi pada beberapa gambar warnanya kurang jelas, sehingga gambar yang terlihat juga belum begitu jelas. Akan tetapi, beberapa gambar yang memiliki warna kurang jelas tak mengurangi suasana quotes yang ada di setiap halamannya, sehingga ketika membaca quotes, pembaca tetap mudah untuk tersentuh hatinya dan makna quotes tetap mudah dipahami dan hati pun menjadi lebih tenang setelah kisah cinta yang dijalaninya baru saja berakhir.

2. Beberapa Quotes Kata-Katanya Terlalu Sedikit

Kekurangan dari buku yang ditulis oleh Fajar Sulaiman dengan judul Ikhlas Paling Serius bukan hanya beberapa gambar yang memiliki warna kurang jelas, tetapi pada ada beberapa quotes yang diksinya terlalu sedikit. Meskipun, beberapa quotes diksinya hanya sedikit, tetapi makna dari quotes tersebut maknanya tetapi bisa dipahami oleh pembaca dengan mudah.

Kesimpulan Buku Ikhlas Paling Serius

Kisah cinta yang dijalani oleh seseorang tak selamanya akan berjalan dengan mulus, bahkan harus mengalami perpisahan. Padahal hampir banyak orang menjalani kisah cinta sangat berharap agar perpisahan tidak pernah terjadi. Namun, apa hendak dikata, jika memang kisah cinta harus berakhir berpisah dan kita yang menjalaninya hanya bisa mengucapkan ikhlas paling serius dan meyakini bahwa semua ini rencana dari Tuhan.

Setelah membahas tentang isi buku hingga kelebihan dan kekurangan dari buku Ikhlas Paling Serius, kini sampailah kita pada kesimpulan dari review buku ini. Buku yang ditulis oleh Fajar Sulaiman ini memiliki diksi-diksi yang dapat membuat pembaca tersentuh hatinya dan ikut merasa bahwa quotes yang ada di buku ini memberikan ketenangan setelah mengalami kesedihan yang cukup lama.

Written by Restu