in

Review Buku Spring in London

Judul: Spring in London
Genre: Young Adult Fiction & Romance
Penulis: Ilana Tan
Bahasa: Indonesia
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 30 Oktober 2014
Jumlah Halaman: 244 halaman
Berat Buku: 0.30 Kg
Lebar Buku: 14 Cm
Panjang Buku: 21 Cm
ISBN: 9786020310169
Harga Buku: Rp 60.000
Novel Spring in London

Sinopsis Buku Spring in London:

Gadis itu tidak menyukainya. Kenapa?
Astaga, ia—Danny Jo—adalah orang yang baik. Sungguh! Ia selalu bersikap ramah, sopan dan menyenangkan. Lalu kenapa Naomi Ishida menjauhinya seperti wabah penyakit? Bagaimana mereka bisa bekerja sama dalam pembuatan video musik ini kalau gadis itu mengacuhkannya setiap saat? Kesalahan apa yang sudah dia lakukan?

Bagaimanapun juga Danny bukan orang yang gampang menyerah. Ia akan mencoba mendekati Naomi untuk mencari tahu alasan gadis itu memusuhinya.

Tetapi ada dua hal yang tidak diperhitungkan Danny. Yang pertama adalah kemungkinan ia akan jatuh cinta pada Naomi Ishida yang dingin, misterius, dan penuh rahasia itu. Dan yang kedua adalah kemungkinan ia akan menguak rahasia gelap yang bisa menghancurkan mereka berdua dan orang-orang yang mereka sayangi.

Penulis Buku Spring in London:

Ilana Tan,
Ilana Tan merupakan penulis novel kelahiran indonesia yang disebut dengan penulis mega bestseller karena buku yang ia tulis hampir semua karya nya masuk kedalam deretan buku best seller dan beberapa karyanya diangkat menjadi film, Novel pertamanya berjudul “Summer in Seoul”, novel keduanya berjudul “Autumn in Paris”, novel ketiganya berjudul “Winter in Tokyo” dan novel keempat nya berjudul “Spring in London”. Masing-masing novel diceritakan di kota-kota besar di dunia, yaitu Seoul (Korea Selatan), Paris (Prancis), Tokyo (Jepang), dan London (Inggris). Dan masing-masing novel diceritakan di musim yang berbeda; Summer (musim panas), Autumn (musim gugur), Winter (musim dingin), dan Spring (musim semi). Dikenal dengan penulis yang menulis tetralogi empat musim yang disajikan dengan latar belakang dari ceirta di negara yang berbeda-beda. Ilana Tan merupakan penulis yang misterius karena tidak pernah mencantumkan foto diri dan keterangan diri pada halam akhir novel karyanya.
Novel Spring in London

Tokoh dalam Buku Spring in London:

-Ishida Naomi
-Danny Jo
-Anna Jo
-Yoon Miho
-Julie
-Chris
-Ishida Kei
-Dong Min
-Bobby Min

Review Buku Spring in London:

Buku Spring in London karya Ilana Tan ini menggunakan sudut pandang orang ketiga dan gaya bahasa yang digunakan oleh penulis menggunakan alur maju dan mundur dalam kisah dalam buku ini akan mengisahkan kisah kehidupan dan percintaan dari Ishida Naomi yang merupakan perempuan muda yang memiliki profesi sebagai seorang model di London, menetap di sebuah apartemen bersama kedua temannya Julie dan Chris,

Kisah Spring in London ketika Jo In-Ho yang lebih dikenal dengan panggilan Danny Jo yang merupakan model yang terkenal dari negara ginseng, korea selatan diminta untuk menjadi model dalam video klip musik milik temannya yang bernama Jung Tae-Woo yang penyanyi yang terkenal juga dari negara Ginseng merupakan tokoh dari buku karya Ilana Tan sebelumnya yaitu Summer in Seoul. Dalam proyek pembuatan video klip tersebut danny Jo dipertemukan oleh tokoh wanita yang merupakan model yang terkenal dari negara Jepang dan memiliki darah keturunan dari negara Indonesia,

Naomi Ishida. Tokoh Naomi ishida ini merupakan saudara kembar dari tokoh Ishida Keiko dari buku karya Ilana Tan yang merupakan buku karyanya sebelum Spring in London ini yang berjudul “Winter in Tokyo”. Saat proses pembuatan video klip miliki Jung Tae-Woo ini Danny Jo merasa Naomi Ishida membuat jarak dan menjauh darinya sedari awal mereka bertemu, karena hal itu muncul perasaan penasaran dalam diri Danny Jo terhadap Naomi Ishida. Karena tokoh Danny Jo merasa image dan kepribadian asli dirinya tidak memiliki masalah dan cenderung memiliki kepribadian yang baik begitu juga dengan pandangan publik terhadapnya, hal ini membuat diri Danny Jo menjadi ingin perlahan-lahan mendekati Naomi Ishida dengan maksud menjadi sekedar teman namun saat hari demi hari di lalui bersama Naomi Ishida dirinya menjadi jatuh hati dan hal ini juga dirasakan oleh Naomi Ishida dan mereka menjadi membutuhkan satu sama lain.
Novel Spring in London

Namun kisah percintaan Naomi Ishida dan Danny Jo yang begitu rumit dan banyak hal-hal yang terjadi setelahnya dan juga tokoh Naomi Ishida yang tidak menyadari perasaannya terhadap Danny Jo hingga saat dimana kemunculan Miho Nakajima dalam kehidupan Danny Jo yang merupakan tokoh yang dijodohkan kepada Danny Jo ini membuat diri Naomi Ishida menjadi muncul perasaan cemburu dalam dirinya namun hal itu tidak diakui oleh Naomi Ishida, namun seiring berjalannya waktu Naomi merasakan perasaan cinta itu terus tumbuh kepada Danny Jo dan fanny Jo juga semakin dalam menyelami perasaan cinta itu.

Karena kepribadian Naomi Ishida yang sangat takut dengan Danny Jo ia merasa ada masa lalu yang buruk yang mungkin Naomi ishida miliki karena reaksi Naomi Ishida takut akan dirinya itu sering terjadi tiba-tiba. Namun kemudian salah satu tokoh yang merupakan teman dari kakak Danny Jo yang sudah meninggal, Kim Dong-Min datang menemui Danny Jo untuk menceritakan semua rahasia yang dimiliki oleh Naomi Ishida dan membuat hal yang membuat Naomi Ishida secara tiba tiba menjadi takut akan Danny Jo. setelah hal tersebut terkuak Danny Jo menjadi merasa tidak percaya dan tidak tahu bagaimana harus bersikap terhadap Naomi Ishida kedepannya dan kini Danny Jo menjadi paham mengapa Naomi Ishida saat pertama kali bertemu dengan dirinya sangat ketakutan dan terus dingin kepadanya. Hal tersebut membuat kisah cinta diantara mereka menjadi dipertanyakan karena kondisi akan kehidupan Naomi Ishida yang sudah terungkap tersebut membuat kisah cinta mereka menjadi tidak terarah dan tidak tahu kepastiannya akan dihentikan atau dilanjutkan.
Novel Spring in London

Kelebihan dan Kekurangan Buku Spring in London:

Kelebihan,

-Bahasa baku yang dituliskan oleh Ilana Tan tertuliskan dengan baik dan pas sehingga kita pembacanya terutama untuk Grameds yang merupakan penggemar dari buku bergenre romantis  ini memiliki alur yang mengalir tidak kaku dan mudah untuk dipahami oleh kita pembacanya

-Kemistri antara tokoh-tokoh dalam buku ini dibuat oleh penulis dengan secara nyata dan realistis namun juga tetap menambahkan bumbu-bumbu romantis sehingga kita membacanya akan merasakan hal-hal yang dialami oleh setiap tokoh dalam kisah buku ini

-Tokoh dari buku ini memiliki kepribadian yang baik yang bisa dijadikan contoh yang baik untuk kita pembacanya, seperti Naomi Ishida yang merupakan perempuan yang mandiri, pekerja keras, tidak mudah mengeluh.

Kekurangan,

-Terdapat kesalahan penulisan seperti typo dan kurang lengkap kat-kata yang tertulis
-Alur cerita Spring in London ini mudah untuk ditebak sehingga membuat kisah dalam buku ini menjadi sedikit basic, namun kisah ini tetap menyenangkan untuk dibaca karena memiliki kisah yang ringan.
Novel Spring in London

Nah, itulah review buku karya Ilana Tan dengan karyanya yaitu Spring in London Grameds. Seperti yang dapat dilihat dari kelebihan dan juga kekurangan pada buku novel Spring in London mengenai kehidupan Danny Jo yang merupakan model terkenal di korea selatan dan model asal Jepang-Indonesia yang merupakan model  yang memiliki kepribadian yang dingin, misterius, dan penuh rahasia terhadap Danny Jo yang merupakan lawan dari pemeran di video klip milik teman dari Danny Jo, Jung Tae-Woo yang merupakan penyanyi terkenal asal negara Korea.

Jika Grameds ingin mencari informasi lebih dalam mengenai buku Spring in London karya Ilana Tan ini maupun buku-buku bergenre Romance dan Fiction, kalian dapat membaca berbagai buku yang ada di Gramedia yang pastinya mudah dipahami dan kaya akan informasi.

Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu membantu Grameds.
Semoga bermanfaat!

Written by Chelsea