in

Review Buku “Summer in Seoul”

Judul: Summer in Seoul

Genre: Young Adult Fiction & Romance

Penulis: Ilana Tan

Bahasa: Indonesia

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: 29 Oktober 2014

Jumlah Halaman: 284 halaman

Berat Buku: 0.40 Kg

Lebar Buku: 14 Cm

Panjang Buku: 21 Cm

ISBN: 9786020310145

Harga Buku: Rp 64.900

Metropop: Summer In Seoul (Cover Baru)

tombol beli buku

Sinopsis Buku Summer in Seoul:

Jung Tae-Woo—penyanyi muda terkenal Seoul yang muncul kembali setelah empat tahun menghindari dunia showbiz.   

“Aku hanya ingin memintamu berfoto denganku sebagai pacarku,” kata Jung Tae-Woo pada gadis di hadapannya.    

Sandy alias Han Soon-Hee—gadis blasteran Indonesia-Korea yang sudah mengenali Jung Tae-Woo sejak awal, namun sedikit pun tidak terkesan.    

Sandy mengangkat wajahnya dan menatap laki-laki itu, lalu berkata, “Baiklah, asalkan wajahku tidak terlihat.”   

Awalnya Jung Tae-Woo tidak curiga kenapa Sandy langsung menerima tawarannya. Sementara Sandy hanya bisa berharap ia tidak akan menyesali keputusannya terlibat dengan Jung Tae-Woo. Hari-hari musim panas sebagai “kekasih” Jung Tae-Woo dimulai. Perubahan rasa itu pun ada. Namun keduanya tidak menyadari kebenaran kisah empat tahun lalu sedang mengejar mereka. 

 

Metropop: Summer In Seoul (Cover Baru)

tombol beli buku

Penulis Buku Summer in Seoul:

Ilana Tan,

Ilana Tan merupakan penulis novel kelahiran indonesia yang disebut dengan penulis mega bestseller karena buku yang ia tulis hampir semua karya nya masuk kedalam deretan buku best seller dan beberapa karyanya diangkat menjadi film, Novel pertamanya berjudul “Summer in Seoul”, novel keduanya berjudul “Autumn in Paris”, novel ketiganya berjudul “Winter in Tokyo” dan novel keempat nya berjudul “Spring in London”. Masing-masing novel diceritakan di kota-kota besar di dunia, yaitu Seoul (Korea Selatan), Paris (Prancis), Tokyo (Jepang), dan London (Inggris). Dan masing-masing novel diceritakan di musim yang berbeda; Summer (musim panas), Autumn (musim gugur), Winter (musim dingin), dan Spring (musim semi). Dikenal dengan penulis yang menulis tetralogi empat musim yang disajikan dengan latar belakang dari ceirta di negara yang berbeda-beda. Ilana Tan merupakan penulis yang misterius karena tidak pernah mencantumkan foto diri dan keterangan diri pada halam akhir novel karyanya. 

Metropop: Summer In Seoul (Cover Baru)

tombol beli buku

Tokoh dalam Buku Summer in Seoul:

-Han Soon-Hee (Sandy)

-Jung Tae-Woo

-Lee Joung-Su

-Jin Da-Rae

-Lee Mi-Ra 

-Chon Jin-Ae

-Park Hyun-Shik

-Kang Young-Mi

-Mister Kim

-Choi Min-Ah

-Danny

-Bibi Chon

-Tara

-Lisa

-Mister Cha

Metropop: Summer In Seoul (Cover Baru)

tombol beli buku

Review Buku Summer in Seoul:

Buku karya Ilana Tan akan menceritakan kisah seorang perempuan indonesia yang sedang melakukan studinya di negeri ginseng atau negara korea selatan dan selain menjadi melakukan studi di negeri orang ia juga menjalani pekerjaan sampingan sebagai perancang busana. Perempuan ini memiliki nama Sandy dan Han Soon-He merupakan nama koreanya. Kisah dalam buku ini akan berfokus pada tema romantis dan kita pembacanya menjadi sudut pandang orang ketiga,  

Han Soon-Hee yang bernama asli Sandy baru saja pulang dari tempat ia bekerja menuju perjalanan pulang menuju apartemen tempat ia menetap sebelum pulang ia memutuskan untuk mampir ke sebuah toko untuk membeli keripik kentang, setelah selesai berbelanja ia baru menyadari bahwa handphone miliknya tertukar dengan pria yang merupakan penyanyi muda yang terkenal di kota seoul berna ma Jung Tae-Woo. Setelah insiden tersebut ternyata mereka masih berhubungan dan saat itu masyarakat mengatakan bahwa Jung Tae-Woo gay karena dirinya yang tidak pernah terlihat berjalan dengan lawan jenis, hal itu membuat manajer dari Jung Tae-woo yaitu Park Hyun-Shik mengatur rencana untuk Jung Tae-Woo memiliki pasangan yang selama ini ditutupi dengan meminta bantuan dari Han Soon-Hee dan meminta mereka berdua foto bersama dan kemudian di dibagikan kepada media. Akhirnya Han Soon-Hae menerima tawaran tersebut dengan syarat ia tidak ingin wajahnya diperlihatkan kepada masyarakat.

Hari-hari musim panas, Han Soon-Hee dan Jung Tae-Woo memulai sebagai sepasang “kekasih” palsu. Perubahan rasa itu pun ada. Rasa saling membutuhkan muncul di antara mereka berdua ditambah dengan insiden yang menimpa Han Soon-Hee sehingga membuat Han Soon-Hee tinggal sementara di tempat tinggal Jung Tae-Woo sampai masalah yang menimpanya terselesaikan. Namun keduanya tidak menyadari kebenaran kisah empat tahun lalu sedang mengejar mereka.

Karena adanya gosip-gosip yang tersebar Han Soon-Hae memutuskan untuk pulang dengan tujuan berlibur ke negara asal yaitu indonesia selama satu bulan ditemani dengan sepupunya yaitu Tara, namun peristiwa yang tak terduga menimpa Han Soon-Hae dimana Ia mengalami kecelakaan beruntun di jalan tol yang menyebabkan Han Soon-Hae koma selama beberapa hari karena kecelakaan tersebut. Kabar itu akhirnya sampai kepada Jung Tae-woo. Karena kabar tersebut Jung Tae-Woo menjadi panik dan khawatir akan Han Soon-Hae, Jung Tae-Woo pun langsung berangkat menuju Jakarta. Di keadaan seperti itulah mereka baru benar-benar jujur dengan perasaan mereka masing masing, perasaan yang membuat mereka tidak ingin berpisah dan akhirnya mereka bersama-sama merupakan peristiwa duka di masa lalu mereka.

Metropop: Summer In Seoul (Cover Baru)

tombol beli buku

Kelebihan dan Kekurangan Buku Summer in Seoul:

Kelebihan,

-Buku karya Ilana Tan ini menggunakan gaya bahasa yang mudah dimengerti dan juga tidak bertele-tele. 

-Pemaparan yang diberikan dalam buku ini juga detail sehingga kita pembacanya dapat menangkap apa yang ingin disampaikan oleh penulis

-Tidak membosankan untuk kita pembacanya karena menggunakan kata-kata yang tepat

-Menyelipkan bahasa negara ginseng beserta catatan kaki sehingga kita pembacanya menjadi paham arti dan maksud kata-kata tersebut.

Kekurangan,

-Pembaca kurang merasa pembawaan dan detail dari suasana kota seoul dalam buku ini 

-Pada awal cerita kurang adanya perasaan yang membuat penasaran sehingga di awal cerita buku terasa kurang menarik

-Konflik yang terjadi dalam buku ini sering kali kurang terasa jelas dan menggangung

Metropop: Summer In Seoul (Cover Baru)

tombol beli buku

Kesimpulan Buku Summer in Seoul:

Buku novel karya Ilana Tan ini merupakan bacaan yang cocok untuk mereka yang remaja maupun orang dewasa dimana kisah dalam buku ini dikemas dengan secara sederhana oleh penulis dan tidak berlebihan dan juga menarik untuk kalian yang menyukai genre romance. Kisah yang yang ringan namun membuat kita pembacanya ingin membaca dan penasaran akan jalan cerita selanjutnya, jika Grameds merupakan orang yang tidak ingin membaca yang membuat kalian emosi maka buku Summer in Seoul ini akan cocok untuk Grameds karena didalam buku ini tidak kana mengandung tokoh yang membuat kita pembacanya menjadi jengkel dan kesal sendiri malah kita akan dibuatnya senang dan senyum-senyum sendiri, cocok untuk kalian yang menyukai bacaan romantis tanpa drama-drama yang membuat gondok sendiri!

Nah, itulah review buku karya Ilana Tan pada buku Summer in Seoul Grameds. 

Seperti yang dapat di lihat, terdapat review, tokoh, kekurangan dan kelebihan dan dari kisah Sandy atau Han Soon-He dan Jung Tae-Woo dalam buku ini Summer in Seoul.

Jika Grameds ingin mencari informasi lebih dalam mengenai buku Summer in Seoul karya Ilana Tan ini maupun buku-buku bergenre fiksi remaja dan romance lainnya, Grameds dapat membaca berbagai buku yang ada di Gramedia yang pastinya mudah dipahami dan kaya akan informasi. 

Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu membantu Grameds. 

Semoga bermanfaat!

Written by Chelsea