in

Rekomendasi Obat Alami dan Kimiawi Penumbuh Rambut yang Botak

David Lewis/Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported.

Obat Penumbuh Rambut Botak – Rambut rontok merupakan penyebab kebotakan atau semakin menipisnya rambut kalian. Kalau sudah mengalaminya, kamu mungkin perlu mencari obat penumbuh rambut. Tak usah risau, simak ulasan faktor yang penyebabnya dan pilihan obat penyubur rambut kimiawi dan alami berikut ini!

Benarkah Stres Bisa Menyebabkan Rambut Botak?

Kerontokan rambut merupakan suatu hal yang mengkhawatirkan, apalagi jika kerontokan yang terjadi membuat kalian sampai mengalami kebotakan. Nah, banyak yang menduga bahwa stres dapat menghambat pertumbuhan rambut, sehingga kamu bisa mengalami kebotakan. Bagaimana bisa stres bikin rambut botak? Berikut penjelasan lengkapnya.

Stres psikososial dilaporkan memiliki peranan penting pada terjadinya kebotakan. Menurut suatu studi, jumlah pasien dengan kebotakan yang dipicu oleh stres tercatat sejumlah 6,7 sampai 96 persen. Nah, stres psikososial sendiri terjadi ketika kamu merasakan adanya ancaman dari lingkungan sosialmu sendiri, misalnya ketika kamu merasa sangat tertekan dengan kesuksesan rekan-rekan kerjamu di kantor, sehingga kamu menjadi minder dan terpuruk atau saat dirimu merasa ditinggalkan oleh sahabat-sahabat yang sering pergi bersama tanpa mengajak kamu.

Stres jenis ini biasanya sangat berdampak pada kesehatan. Pasalnya, stres psikososial membuat penderitanya menjadi merasa terasing, kesepian, dan tidak ada dukungan. Salah satu dampaknya pada kesehatan, yaitu menyebabkan rambut botak karena rontok.

Bagaimana Stres Bisa Menyebabkan Kebotakan?

Ada tiga jenis kebotakan yang bisa disebabkan oleh stres berlebihan. Lebih lanjut mengenai tiga jenis kebotakan tersebut, silakan simak informasinya di bawah ini.

1. Alopecia Areata

Alopecia areata (kebotakan) merupakan suatu proses peradangan atau penyakit autoimun yang timbul dengan rontoknya rambut. Banyak faktor yang memengaruhi kebotakan diantaranya adalah penyakit autoimun, genetik, emosional, dan lingkungan. Alopecia areata menyerang kulit kepala, tetapi area tubuh yang dipenuhi rambut juga bisa terkena masalah ini. Rontoknya rambut yang terjadi biasanya berpola melingkar dan bersifat progresif, dapat pula menyebabkan kebotakan pada seluruh area kepala (alopecia totalis). Meskipun penyebabnya masih tidak jelas, beberapa studi mengatakan adanya hubungan antara stres dengan alopecia areata.

2. Telogen Effluvium

Salah satu penyebab tersering stres menyebabkan kerontokan rambut adalah melalui telogen effluvium. Normalnya, kamu akan kehilangan sekitar seratus helai rambut dalam sehari, tetapi stres dapat menyebabkan kerontokan rambut lebih banyak dari yang seharusnya. Nah, rambut rontok yang tidak wajar disebut juga dengan istilah telogen effluvium.

Rambutmu normalnya tumbuh dalam suatu siklus. Pada fase aktif, rambut tumbuh dalam beberapa tahun. Setelah fase aktif, rambutmu masuk ke dalam fase istirahat. Fase istirahat ini berlangsung kurang lebih tiga bulan setelah rambutmu rontok. Rata-rata, kerontokan normal sekitar 100 helai rambut per hari. Rambut kemudian akan digantikan dalam enam bulan oleh rambut baru.

Ketika tubuhmu dalam stres atau kamu merasakan gejolak emosi negatif, rambut akan menjadi semakin mudah rontok. Saat stres, sebagian besar rambutmu akan masuk ke dalam fase istirahat lebih dahulu sebelum saatnya. Selanjutnya, rambut tersebut akan rontok tiga bulan kemudian.

3. Trikotilomania

Trikotilomania merupakan suatu kebiasaan oleh karena stres dan kecemasan ketika seseorang akan menarik rambutnya tanpa disadari. Hal ini bisa merusak rambut dan menyebabkan rambut botak karena terlalu sering ditarik.

Bagaimana Cara Mencegah Rambut Botak Saat Dilanda Stres?

Perubahan gaya hidup yang sederhana saja dapat membantu mengurangi kebotakan, misalnya dengan tidur yang cukup (kurang lebih 7 jam), banyak minum air mineral, dan mengonsumsi makanan kaya akan protein.

Nutrisi merupakan suatu hal yang penting untuk pertumbuhan rambut. Hubungan antara makanan dan rambut sangatlah erat. Rambut terbuat dari protein yang disebut keratin. Jadi, sebaiknya kamu meningkatkan asupan protein.

Kurangnya konsumsi protein memaksa tubuhmu untuk menyimpan protein yang ada untuk tujuan lain, seperti membentuk sel. Dipercaya bahwa bayam, kacang-kacangan, tahu, dan susu adalah makanan yang baik untuk kesehatan rambut. Teh hijau juga baik untuk menghambat Dihydrotestosterone (DHT), hormon yang menyebabkan kerontokan rambut.

Jenis-Jenis Perawatan Rambut

Perawatan rambut adalah istilah keseluruhan untuk kebersihan dan tata rias pada rambut yang tumbuh di kulit kepala manusia. Selain membuat rambut berkilau, perawatan rambut juga memiliki fungsi untuk membuat rambut sehat dan halus serta terbebas dari kerontokan dan ketombe. Perawatan rambut biasanya dilakukan di salon, dan ada juga yang dilakukan di rumah secara tradisional.

Pada zaman dahulu, perempuan Mesir memanfaatkan lemak binatang untuk menata rambut. Para perempuan di Eropa memanfaatkan akar-akaran, bunga, hingga perhiasan untuk menghias rambut. Selain itu, kadang untuk merawat rambut mereka tak jarang menggunakan cuka dan cairan dan lintah yang difermentasi untuk menjaga rambut dari panas matahari.

1. Perawatan Keratin

Keratin merupakan protein yang bisa ditemukan di dalam rambut, kulit, dan kuku. Sekitar 95% keratin terdapat di dalam rambut. Keratin berfungsi untuk melindungi lapisan luar setiap helai rambut, dan memberikan kekuatan dari dalam rambut. Perawatan rambut dengan teknik keratin biasanya dilakukan untuk meluruskan rambut. Hasilnya, mampu meluruskan rambut selama tiga bulan. Teknik perawatan rambut dengan keratin dilakukan dengan cara mengoleskan krim keratin kepada rambut, dimulai dari akar hingga batang rambut, setelah itu mendiamkannya selama 30 menit, hingga keratin menyerap kulit kepala dan rambut, setelah itu rambut akan dicuci dan diluruskan.

2. Scrub Kulit Kepala

Scrub merupakan butiran halus yang digosokkan kepada kulit, yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Tujuannya melembutkan dan menghaluskan kulit. Pemberian scrub di kulit kepala bertujuan untuk melepaskan sel kulit mati hingga kotoran yang ada di dalam kulit kepala. Pemberian scrub di kulit dilakukan sama seperti penggunaan sampo, dilakukan dengan cara membasahi rambut sebelum scrub dioleskan kepada rambut. Proses terakhir adalah melakukan proses pencucian terhadap rambut.

3. Creambath

Creambath merupakan salah satu perawatan rambut dan kulit kepala dengan cara memberikan krim khusus kepada kepala. Krim yang diberikan adalah hasil campuran bahan kimia dan ekstrak bahan alami. Krim yang digunakan memiliki fungsi untuk menjaga kualitas lembap di dalam rambut, menjaga agar rambut tidak patah, menguatkan batang rambut hingga tidak bercabang.

4. Perawatan Hot Oil

Pemberian terapi dengan minyak panas di kepala membuat tubuh menjadi rileks. Bagi rambut, pemberian minyak panas bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, menghindari kulit kepala dari ketombe, hingga menjaga rambut dari perubahan cuaca. Cara perawatan rambut dengan teknik ini, dimulai dari memanaskan minyak, dengan bantuan media air panas atau tungku kecil. Minyak yang dipilih yaitu minyak kelapa yang bermanfaat untuk memberikan nutrisi terhadap rambut. Minyak jarak yang bermanfaat untuk membuat rambut subur. Minyak almon yang bermanfaat untuk menyuburkan rambut, serta minyak zaitun yang bermanfaat untuk merawat rambut dan kulit kepala.

Produk Perawatan Rambut

1. Sampo

Sampo merupakan isitilah yang berasal dari penjajahan India. Zaman dahulu, ketika melakukan aktivitas pijat kepala, para penjajah biasanya menggunakan minyak. Pada abad ke-19, mulai muncul pemakaian sabun yang berfungsi untuk membersihkan rambut. Namun, sabun tidak cocok untuk rambut. Hal ini dikarenakan sabun bisa menyebabkan iritasi kulit kepala dan berdampak lapisan tipis pada rambut dan kusam.

Rambut membutuhkan pH asam sekitar 4-5, sedangkan sabun memiliki pH basa sekitar 8,5. Sampo merupakan produk perawatan rambut yang menjadi dasar perawatan kosmetik perawatan rambut. Sampo memiliki bentuk cairan kental, juga berbentuk batangan. Sampo mampu menggantikan sabun untuk membersihkan kulit kepala, yang menjadi pembedanya sampo bertugas untuk menghilangkan ketombe, debu lingkungan, dan residu produk perawatan rambut.

2. Pelembut (Conditioners)

Pelembut atau conditioners merupakan aditif yang berfungsi untuk melembutkan rambut. Pelembut rambut muncul mengikuti perkembangan teknologi, hal ini dikarenakan sampo hanya bisa menghilangkan sebum. Rambut memerlukan zat seperti sebum sintetik atau kondisioner yang mampu meningkatkan kilauan rambut, volume dan meningkatkan pengelolaan rambut, serta mempertahankan penataan rambut.

Obat Kimiawi Penumbuh Rambut Botak

Berikut beberapa jenis obat penumbuh rambut botak depan yang telah ditetapkan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

1. Minoxidil (Rogaine)

Minoxidil adalah salah satu obat penumbuh rambut yang bisa dibeli di apotek. Bentuk obat ini cair dan ada juga yang berbentuk busa. Minoxidil mampu memperlebar pembuluh darah di kulit kepala, sehingga folikel rambut mendapatkan zat gizi dan oksigen dengan optimal. Cara kerja ini merangsang pertumbuhan rambut.

Obat rambut rontok ini digunakan dengan cara digosokkan di kulit kepala setiap hari sebanyak 2 kali. Gunakan tidak lebih dari 2 ml per hari. Setidaknya, dibutuhkan waktu 6 bulan untuk mendapatkan rambut baru yang sudah lebih kuat. Pasalnya, pada awal pemakaian obat ini mula-mula rambut yang tumbuh bisa sangat tipis dari rambut sebelumnya.

Meskipun bisa membantu menumbuhkan rambut, minoxidil memiliki efek samping seperti iritasi kulit kepala, pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan di kulit wajah atau di tangan, dan denyut jantung yang lebih cepat (takikardia). Perlu diingat, obat ini tergolong keras, sehingga harus menggunakan resep dokter.

2. Finasteride (Propecia)

Ini adalah penumbuh rambut pria yang tersedia dalam bentuk obat minum. Wanita tidak boleh mengonsumsi obat ini. Selain membantu menumbuhkan rambut, obat ini mengurangi rambut rontok. Dosis obat penumbuh rambut ini diberikan sebesar 1 mg sekali sehari.

Finasteride juga biasanya dikombinasikan dengan minoxidil oles. Efek samping dari finasteride ini di antaranya adalah berkurangnya dorongan seksual, depresi, dan peningkatan risiko kanker prostat. Namun, efek samping kanker ini sangat jarang terjadi. Obat ini juga tergolong keras sehingga, kamu perlu membelinya dengan resep dokter.

3. Dutasteride

Dutasteride adalah salah satu obat minum keras yang mungkin akan diberikan dokter sebagai penumbuh rambut. Obat ini bekerja dengan cara menghambat hormon penyebab kebotakan para pria, yaitu dihidrosteron atau DHT. Dokter biasanya memberikan dosis sebesar 0,5 mg sekali sehari.

Perlu diingat, ini adalah penumbuh rambut pria. Para wanita tidak boleh mengonsumsinya dan hanya boleh didapat dengan resep dokter. Efek samping obat yang mungkin akan kamu rasakan, yaitu libido berkurang, impotensi, dan sulit ejakulasi.

4. Obat Anti-Androgen untuk Wanita

Ada beberapa obat anti-androgen yang bisa digunakan sebagai penumbuh rambut botak para wanita, yaitu cyproterone acetate, ethinyl estradiol, dan spironolactone. Ketiga obat penyubur rambut bekerja dengan cara mengurangi hormon androgen di tubuh perempuan.

Perlu diketahui, androgen berperan penting dalam meningkatkan DHT, sehingga rambut rontok. Selain itu, androgen juga memperpendek fase pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, obat ini bisa memicu pertumbuhan rambut sekaligus mencegah kerontokan.

Dokter mungkin akan memberikan dosis obat cyproterone acetate sebesar 100 mg per hari sebagai penumbuh rambut. Obat diminum pada hari ke-5 sampai dengan ke-15 pada siklus menstruasi. Sementara itu, ethinyl estradiol diminum dengan dosis sebesar 35 mcg/hari pada hari ke 1–21 siklus menstruasi. Dosis obat spironolactone mungkin diberikan sebesar 200 mg per hari. Perlu diketahui, semua obat penyubur rambut ini tergolong keras.

5. 17-Alfa-Estradiol dan 17-Beta-Estradiol

Obat ini diberikan di kulit kepala untuk wanita yang mengalami kebotakan. Obat penyubur rambut ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan testosteron. Cara kerja ini turut menghambat pembentukan DHT. Selain itu, obat penumbuh rambut ini juga mempercepat pertumbuhan sel folikel rambut. Lagi-lagi, obat ini tergolong keras sehingga tidak dijual bebas. Dosis akan diberikan oleh dokter berdasarkan kondisi pasien.

Obat Alami Penumbuh Rambut Botak

Berikut beberapa jenis obat alami penumbuh rambut botak yang dapat dicoba di rumah.

1. Minyak Peppermint

Studi terbitan Toxicological Research (2014) menemukan bahwa minyak peppermint bisa meningkatkan pertumbuhan rambut lebih efektif daripada minyak jojoba, dan minoxidil yang sering digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut.

Para peneliti juga menemukan bahwa perawatan rambut dengan minyak ini dapat meningkatkan ketebalan kulit kepala dan jumlah folikel rambut. Minyak peppermint untuk rambut mengandung mentol yang menyebabkan pembuluh darah tepat di bawah kulit kepala membesar. Aliran darah tambahan ini dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut lebih lanjut. Tidak heran jika minyak peppermint dapat digunakan sebagai minyak esensial penumbuh rambut.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan sebelum atau sesudah mencuci rambut, tergantung jenis rambut kalian. Jika rambutmu berminyak, sebaiknya oleskan minyak beberapa jam atau semalam sebelum menggunakan produk sampo.

Minyak kelapa sudah dipercayai selama berabad-abad untuk meningkatkan kesehatan rambut, sehingga rambut rontok berkurang, tumbuh lebih cepat, dan memberikan kilau yang indah alami. Tinjauan terbitan International Journal of Trichology (2015) mengatakan bahwa minyak kelapa bisa menembus ke serat pada helai rambut dan efektif untuk mencegah rambut dari kehilangan protein.

3. Minyak Rosemary

Minyak penumbuh rambut yang bisa kalian coba lainnya adalah minyak rosemary. Sebuah penelitian terbitan Skinmed (2015) menemukan bahwa rutin menggunakan minyak rosemary setiap hari selama 6 bulan mampu menumbuhkan rambut dengan jumlah yang signifikan.

Penelitian ini dilakukan langsung pada orang yang mengalami kebotakan. Tak tanggung-tanggung, hasilnya pun bahkan setara dengan penggunaan minoxidil dengan konsentrasi 2 persen. Perlu diketahui, minyak rosemary untuk rambut meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Hal ini ternyata mampu merangsang pertumbuhan rambut, sehingga botak pun bisa berkurang.

Obat penumbuh rambut kimiawi biasanya tergolong keras. Jadi, kamu perlu melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan resep obat. Jika semua pilihan di atas sudah kalian coba, tetapi tidak membuahkan hasil, segera konsultasikan dengan dokter untuk solusi terbaik masalah rambutmu.

Rangkuman

  • Obat kimiawi dan alami bekerja dengan cara menurunkan hormon penyebab rambut rontok dan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.
  • Pilihan obat untuk kebotakan pria dan wanita mungkin berbeda.
  • Obat kimiawi tergolong keras. Kamu perlu mendapatkan resep dari dokter sebelum membelinya.

Rekomendasi Buku dan Ebook

1. Tata Rias Wajah dan Rambut Keluarga Pengantin Modern

2. Perawatan Kulit Kepala dan Rambut

3. Segera Mulai Barbershop Milik Sendiri



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien