in

Sepeda Motor Hybrid, Jenis, Kelebihan dan Tips Perawatannya 

Motor hybrid – Saat ini, minat masyarakat akan kepemilikan sepeda motor memang masih terbilang cukup tinggi. Dibandingkan dengan jenis transportasi lainnya, sepeda motor masih masuk ke dalam daftar moda transportasi darat yang banyak diminati.

Tentunya semakin meningkatnya permintaan akan sepeda motor. Pabrikan sepeda motor juga akan terus meningkatkan produktivitas mereka dalam proses produksi maupun perkembangan teknologi yang ada di setiap sepeda motor miliknya.

Dahulu mungkin sepeda motor dengan bahan bakar BBM mungkin masih banyak diminati. Namun, seiring berjalannya waktu, saat ini masyarakat sudah  mulai melirik untuk menggunakan jenis sepeda motor hybrid.

Nah, dalam hal ini tentunya perkembangan akan dunia otomotif dan teknologi akan terus melakukan perkembangan guna memenuhi kebutuhan dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

Saat ini, dunia otomotif sedang banyak mengembangkan dua jenis sepeda motor. Satu adalah sepeda motor listrik dan sepeda motor hybrid. Tentunya kedua jenis sepeda motor tersebut memiliki perbedaan, khususnya pada sistem kerja atau cara kerja keduanya.

Jika Anda ingin lebih paham mengenai sepeda motor hybrid, maka penjelasan dalam artikel ini akan membantu. Pasalnya, seluruh ulasan mengenai jenis sepeda motor hybrid akan dibahas lebih dalam lagi dalam artikel ini.

Pengertian Sepeda Motor Hybrid

Hal pertama yang akan kita bahas adalah pengertian dari sepeda motor hybrid. Secara umum jenis sepeda motor yang ada di dunia ini dibagi menjadi tiga kategori. Ada sepeda motor konvensional, sepeda motor listrik dan sepeda motor konvensional. Sepeda motor jenis konvensional adalah jenis sepeda motor yang bisa dibilang paling umum serta paling banyak beredar di pasaran untuk saat ini.

Sedangkan untuk sepeda motor listrik merupakan salah satu jenis sepeda motor yang belakangan ini cukup banyak dijadikan topik pembicaraan di berbagai media. Baik itu dari segi cara kerja, sistem kerja maupun keunggulan dari jenis sepeda motor listrik.

Secara umum sepeda motor konvensional akan menggunakan BBM sebagai bahan bakar utamanya. Sedangkan untuk sepeda motor listrik akan mengandalkan alat seperti baterai dan dinamo sebagai media penggerak utamanya.

Lalu, bagaimana untuk jenis sepeda motor hybrid? Sesuai dengan namanya, sepeda motor hybrid merupakan jenis motor yang menggunakan dua sistem penggerak di dalamnya. Ya, jenis sepeda motor sendiri adalah campuran dari motor konvensional yang juga menggunakan dinamo untuk menggerakkan motornya.

Cara Kerja Sepeda Motor Hybrid

Jika dilihat dari segi pengertian sepeda motor hybrid mungkin sedikit membingungkan bagaimana cara kerja yang diadopsinya. Nah untuk bisa menjawab rasa penasaran yang Anda miliki, pada poin ini akan dijelaskan lebih luas lagi bagaimana cara kerja dari jenis sepeda motor hybrid.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Namun, untuk mempermudah Anda lebih mudah, kita akan menggunakan contoh dari salah satu pabrikan motor besar yaitu Yamaha dengan tipe sepeda motor Fazzio Hybrid Connected.

Jika dilihat dari data yang ada, secara sistem sebenarnya sepeda motor Yamaha Fazzio Hybrid Connected bisa dibilang hampir sama dengan sepeda motor matic dengan tenaga 125 pada umumnya.

Dimana pada bagian dapur pacu bukan hanya mesin utama saja. Namun juga ada mesin listrik yang pada dasarnya membutuhkan bantuan baterai untuk tenaga utamanya.

Namun sistem kerja hybrid yang ada di sepeda motor Yamaha Fazzio adalah dengan memanfaatkan sebuah teknologi dengan naman electric power assist start. Dimana teknologi tersebut dapat bekerja ketika akselerasi pertama kali motor akan mulai berjalan.

Itu artinya motor listrik akan dapat membantu serta menjadi simultan dengan engine untuk membantu tarikan awal mesin di waktu tiga detik pertamanya.

Pada waktu tiga detik pertama, sepeda motor dapat melaju dengan memiliki tenaga yang lebih besar. Hal ini menjadikannya lebih cocok berguna ketika sedang berada di tanjakan, membawa boncengan atau mungkin membawa barang dengan jumlah cukup banyak.

Jenis-Jenis Sepeda Motor Hybrid

Motor Hybrid
pixabay.com/Emslichter

Setelah memahami bagaimana cara kerja dari jenis sepeda motor hybrid, berikutnya kita akan menjelaskan apa saja bentuk dari sepeda motor hybrid. Saat ini industri sepeda motor hybrid memang sudah memiliki jenis maupun tipe yang mungkin mudah untuk kita temui di pasaran.

Hal ini tak lain karena perkembangan akan terus dilakukan oleh dunia otomotif. Nah secara umum ada tiga jenis sepeda motor yang saat ini sudah ada di pasaran. Lantas apa saja jenis sepeda motor hybrid tersebut? Ini dia penjelasan lengkapnya.

1. Series Hybrid System

Jenis sepeda motor hybrid yang pertama adalah Series Hybrid System. Dimana jenis Series Hybrid System ini akan menggunakan mesin konvensional untuk generatornya. Itu artinya jenis mesin konvensional tetap digunakan untuk media penghasil listrik yang pada akhirnya akan disimpan pada bagian baterai layaknya motor pada umumnya.

Jenis motor hybrid bisa berjalan ketika memanfaatkan dinamo yang secara otomatis akan hidup ketika menggunakan aliran tegangan listrik. Dimana aliran tegangan listrik tersebut bisa dihasilkan dari baterai pada jenis sepeda motor Series Hybrid System.

2. Parallel Hybrid System

Ada lagi jenis motor hybrid yang menggunakan Parallel Hybrid System. Secara keseluruhan jenis sepeda motor Parallel Hybrid System akan mampu bergerak karena adanya dukungan dari mesin konvensional layaknya sepeda motor yang kita miliki saat ini.

Lalu, untuk mesin listrik atau dinamo pada Parallel Hybrid System akan bisa bekerja ketika memang sedang kondisi dibutuhkan. Sebagai contohnya adalah ketika kita sedang mengendarai sepeda motor yang berada di jalan tanjakan, maka meskin listrik yang ada pada sepeda motor jenis Parallel Hybrid System akan secara otomatis berfungsi untuk media pembantu.

3. Series and Parallel Hybrid System

Terakhir ada jenis sepeda motor hybrid tipe Series and Parallel Hybrid System yang saat ini bisa dengan mudah kita temukan. Dimana model sepeda motor hybrid ini adalah campuran dari dua jenis yang telah dijelaskan sebelumnya.

Pada dasarnya mesin listrik dan mesin konvensional yang ada pada sepeda motor Series and Parallel Hybrid System mampu bekerja secara bersamaan.

Adanya hal tersebut tenaga yang dimiliki sepeda motor jenis Series and Parallel Hybrid System akan mampu mengalami peningkatan dengan baik.

Hal ini akan memberikan pengalaman berkendara bagi Anda ketika menggunakan sepeda motor Series and Parallel Hybrid System yang lebih menarik hingga merasakan tenaga yang begitu mengesankan.

Sepeda motor listrik yang saat ini masih begitu popular, mungkin bukanlah suatu hal baru lagi. Namun ketika Anda memiliki jenis sepeda motor ini, setidaknya Anda juga harus mengetahui pengetahuan motor listrik seperti yang telah dirangkum pada buku Sepeda Motor Listrik.

Motor Hybrid

Kelebihan Mesin  Hybrid

Apapun jenisnya, sepeda motor selalu memiliki kelebihan tersendiri. Hal ini juga berlaku bagi sepeda motor hybrid yang memiliki kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh jenis sepeda motor lainnya. Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sepeda motor hybrid adalah sebagai berikut ini.

1. Irit Bahan Bakar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika jenis sepeda motor akan menggunakan jenis mesin campuran antara mesin konvensional dan mesin listrik.

Dimana jenis mesin konvensional akan menggunakan BBM sebagai tenaga penggerak namun tidak bekerja secara penuh karena bisa digantikan oleh mesin tenaga listrik yang tentunya hal tersebut akan menyebabkan terjadinya pengiritan bahan bakar yang digunakan.

2. Ramah Emisi

Kelebihan berikutnya dari jenis sepeda motor hybrid darah rendah emisi gas buang karena penggunaan mesin konvensional yang lebih efisien.

3. Lebih Optimal dan Efisien

Pemanfaatan bahan bakar pada mesin hybrid juga lebih efisien dibandingkan dengan pemanfaatan  bahan bakar pada mesin konvensional.

4. Lebih Minim Getaran dan Senyap

Ketika dalam kondisi berkendara menggunakan sepeda motor hybrid, maka Anda akan merasakan jauh lebih tenang dan minim adanya getaran. Hal ini tak lain karena mesin listrik mampu bekerja lebih senyap dibandingkan dengan mesin jenis konvensional.

5. Performa Jauh Lebih Baik

Adanya kombinasi antara mesin konvensional dengan mesin listrik pada sepeda motor hybrid yang keduanya memiliki karakter berbeda dapat saling mengisi satu sama lain.

Tentunya sepeda motor akan bisa melakukan akselerasi dan performa jauh lebih maksimal tanpa perlu mengorbankan  efisiensi penggunaan bahan bakar.

Tentunya kita juga tahu jika hukum alam memang tidak bisa dilawan pada mesin konvensional ketika ingin lebih kencang, maka pemanfaatan bahan bakar juga akan lebih besar konsumsinya. Itu artinya, ketika menggunakan sepeda motor untuk bisa kencang tidak bisa memiliki kondisi irit. Akan tetapi, berbeda dengan sepeda motor hybrid karena sisi irit pemanfaatan bahan bakar bisa diwujudkan.

Sepeda motor hybrid memang terdiri dari campuran mesin konvensional atau yang menggunakan bahan bakar minyak seperti bensin dan mesin listrik. Tentunya perkembangan akan mesin bensin sampai saat ini masih terus dilakukan.

Karena hal inilah penting untuk diajarkan mengenai teknologi baru motor bensin di bangku sekolah. Selain itu, Anda juga bisa mencoba mempelajari materi-materi penting mengenai hal tersebut seperti yang ada di dalam buku Teknologi Baru Motor Bensin Dan Standar Euro.

Motor Hybrid

Kekurangan Mesin Hybrid

Mesin hybrid yang saat ini sudah banyak diadopsi pada sepeda motor bukan hanya memiliki kelebihan saja. Namun sepeda motor hybrid juga memiliki beberapa kekurangan. Nah kekurangan dari sepeda motor hybrid ini bisa Anda baca melalui penjelasan yang ada di bawah ini.

1. Memiliki Sistem Cukup Rumit

Tentunya Anda juga tahu jika sepeda motor hybrid mengadopsi dua jenis mesin menjadi satu. Dalam hal ini menjadikan pekerjaan rumit serta membutuhkan sinkronisasi untuk tetap bisa saling bersinergi pada setiap mesin agar dapat bekerjasama antara satu sama lain tanpa saling mengganggu.

2. Perawatan cukup mahal

Walaupun jika kita lihat perawatan pada mesin listrik lebih minim dibandingkan dengan jenis mesin konvensional. Namun pada keadaan sebenarnya, ketika menanamkan kedua jenis mesin tersebut pada sebuah sepeda motor akan menambahkan pemikiran soal perawatan yang perlu dilakukan.

Dimana jenis mesin konvensional memang perlu mendapatkan perawatan secara rutin. Sedangkan untuk jenis mesin listrik membutuhkan perawatan lebih minim. Namun  tetap saja setiap komponen yang bergerak akan ada masa pakainya. Hal ini juga berlaku untuk pada cycle charge baterai yang memiliki jumlah maksimal.

Akan lebih irit ketika menggunakan jenis mesin konvensional atau mesin listrik saja pada sebuah sepeda motor. Namun untuk mesin jenis hybrid ini adalah salah satu jenis mesin yang paling masuk akal untuk kondisi geografis dan teknologi yang ada di negara ini.

3. Biaya Mahal

Jika dilihat dari segi harga, sepeda motor hybrid mungkin lebih mahal dibanding dengan jenis lainnya. Hal ini karena pada dasarnya satu sepeda motor akan mengadopsi dua mesin sekaligus. Belum lagi untuk teknologi pendukung yang digunakan.

Lalu untuk pajak yang diterapkan pada jenis sepeda motor ini juga tergolong besar. Bahkan untuk biaya perawatan juga  masih lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sepeda motor lainnya.

Tips Merawat Sepeda Motor Hybrid

Sepeda motor hybrid yang mengadopsi dua mesin berbeda tentunya membutuhkan perawatan yang lebih mendetail. Mungkin bagi Anda yang memiliki sepeda motor konvensional tidak asing dengan berbagai macam cara untuk perawatannya.

Lalu, bagaimana untuk sepeda motor listrik? Tentunya juga membutuhkan  perawatan yang mendetail. Meskipun komponen pada mesin listrik lebih sedikit dibandingkan dengan mesin konvensional.

Namun tetap saja Anda juga harus mengerti bagaimana cara perawatannya. Nah dibawah ini adalah cara menawarkan mesin listrik yang ada pada sepeda motor hybrid maupun pada sepeda motor listrik.

1. Hindari Area Banjir Ketika Berkendara

Karena sepeda motor hybrid memiliki mesin listrik, tentunya harus lebih diperhatikan terkait dengan keamanan ketika berada di kondisi hujan atau banjir. Hal ini tentunya juga harus di ketahui oleh semua pemilik sepeda motor jenis hybrid maupun listrik.

Jika sudah tahu bagaimana cara untuk menghindari kondisi tersebut, maka Anda tidak perlu lagi khawatir ada kerusakan pada sepeda motor yang mungkin membahayakan.

Sedangkan untuk menghindari area banjir sebenarnya tidak hanya berlaku untuk sepeda motor hybrid saja. Namun untuk sepeda motor jenis lain seperti listrik maupun konvensional juga perlu menghindarinya karena kemungkinan akan merusakan bagian penting yang ada di dalam mesin sepeda motor.

2. Jangan lupa mengganti van belt

Sepeda motor hybrid mungkin ada yang menggunakan van belt. Dimana keberadaan dari van belt pada sepeda motor akan berfungsi untuk memberikan tenaga pada roda belakang agar bisa melaju ketika dikendarai.

Layaknya sepeda motor matic pada umumnya, sepeda motor hybrid juga harus melakukan perawatan pada van belt yang digunakan. Sebaiknya ganti van belt ketika sudah mencapai jarak 3.000 km. Meski tarikan sepeda motor masih begitu nyaman dan sehat. Namun hal tersebut tetap harus dilakukan guna meminimalisir terjadinya hal-hal yang tak diinginkan, misalnya van belt putus.

3. Hindari Mencuci Motor Dengan Air Bertekanan

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk merawat sepeda motor hybrid adalah ketika mencucinya sebaiknya hindari penggunaan air dengan tekanan tinggi. Hal ini tak lain ag arb isa menjaga keamanan komponen listrik pada mesin sepeda motor hybrid.

Meskipun sepeda motor hybrid mungkin dibuat dengan fitur penahan air yang begitu kuat. Namun Anda juga harus tahu jika ada kisi-kisi udara pada bagian bawah motor, hal inilah yang bisa menjadi celah air untuk masuk ke dalam sistem kelistrikan pada sepeda motor.

4. Cabut Baterai Ketika Tak Digunakan

Berikutnya adalah mencabut baterai ketika sepeda motor tidak digunakan dalam kurun waktu lama. Namun sebelum melepaskan baterai tersebut, Anda juga harus mengisi daya baterai tersebut secara penuh terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan karena baterai akan mengalami kondisi self discharger ketika motor tidak digunakan lagi dalam kurun waktu lama. Perlu diketahui ketika motor dalam kondisi mati, tetap saja akan ada listrik yang terpakai. Misalnya adalah pada fitur alarm sepeda motor.

5. Service Rutin Sederhana

Melakukan servis secara rutin memang salah satu kegiatan dasar yang akan dilakukan  oleh semua pemilik sepeda motor. Dimana hal tersebut juga perlu dilakukan untuk jenis sepeda motor hybrid agar bisa tetap mempertahankan kondisi prima hingga kenyamanan ketika digunakan untuk berkendara.

Service sederhana pada sepeda motor hybrid bisa dilakukan mulai dari cek kondisi van belt apakah masih kencang atau kendor, cek tekanan angin pada ban secara rutin, lakukan kontril pada kualitas aki.

6. Periksa Sistem Pengereman

Layaknya sepeda motor pada umumnya, melakukan pemeriksaan pada pengereman juga menjadi salah satu hal penting yang wajib untuk dilakukan oleh setiap pengendara. Hal ini karena ada hubunganya terhadap keselamatan berkendara. Jangan pernah lupa untuk selalu melakukan pengecekan terhadap kampas rem roda depan maupun belakang setidaknya dua hingga tiga bulan sekali.

Ketika kampas rem memang sudah habis dan proses pengereman sudah tidak begitu nyaman untuk digunakan. Maka Anda bisa melakukan penggantian kampas rem pada bengkel terdekat. Hal ini dilakukan guna meminimalisir kecelakaan serta memberikan kenyaman kepada Anda ketika berkendara.

Mengingat sepeda motor listrik sudah mulai banyak dikembangkan. Tentunya dalam dunia pendidikan juga akan mengalami perkembangan pula. Saat ini sudah mulai banyak dipelajari instalasi motor listrik dengan materi yang sama dengan buku SMK/MAK Kelas 12 Instalasi Motor Listrik, Kompetensi Keahlian.

Motor Hybrid

Nah, itulah ulasan mengenai sepeda motor hybrid yang bisa Anda baca. Saat ini, sudah ada beberapa tipe sepeda motor hybrid yang bisa Anda jadikan pilihan. Jika ingin mencari buku tentang motor, maka kalian bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Sumber:

https://www.gridoto.com/read/221025372/cara-merawat-motor-listrik-di-honda-pcx-hybrid-cukup-rajin-rajin-dipanaskan

https://momotor.id/news/cara-merawat-sepeda-motor-listrik

https://www.capuraca.com/2021/01/kelebihan-dan-kekurangan-mesin-hybrid.html

https://www.renovablesverdes.com/id/motos-hibridas/#Que_son_las_motos_hibridas

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/kendaraan-hybrid-adalah#

https://kumparan.com/info-otomotif/arti-hybrid-pada-motor-yamaha-fazzio-dan-kelebihannya-1xhWS9jxAl2/full

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gilang Putra

Bagi saya, menulis itu seperti membicarakan sesuatu kepada orang lain.
saya lebih suka menulis hal-hal yang berhubungan dengan bahasa, pendidikan, anime, manga, dan pop culture.

Kontak media sosial Twitter saya Gilang Oktaviana