in

10+ Macam-macam Bunga Paling Indah

Apa saja bunga yang termasuk macam-macam bunga paling indah? Secara morfologi, bunga adalah batang dan daun disekitarnya yang sudah termodifikasi. Modifikasi ini disebabkan karena sejumlah enzim.

Enzim tersebut terangsang oleh sejumlah fitohormon tertentu. Pembentukan bunga dengan ketat dikendalikan dalam cara genetic. Selain itu, dapat pada banyak jenis diinduksi oleh sebuah perubahan lingkungan.

Seperti karena lama pencahayaan, suhu yang rendah dan ketersediaan air. Semua hal itu akhirnya menghasilkan bunga-bunga yang indah pada tanaman. Setiap tanaman berbunga memiliki bunga yang unik dan indah.

Apa saja macam-macam bunga paling indah? Artikel ini akan membahas mengenai macam-macam bunga paling indah yang ada di dunia.

Macam-macam Bunga Paling Indah

1. Bunga Matahari

Macam-macam bunga paling indah pertama adalah bunga matahari. Bunga matahari memiliki nama ilmiah Helianthus Annuus. Bunga indah ini terkenal dengan warna kuningnya yang cantik dan terang.

Akan tetapi, tahukah Grameds kalau ada warna lain dari bunga matahari? Tidak hanya berwarna kuning, bunga matahari memiliki warna lainnya. Seperti bunga matahari orange, ungu, merah bahkan hitam.

Ternyata, tidak semua bunga matahari memiliki ukuran yang besar. Beberapa bunga matahari memang dapat tumbuh tinggi mencapai tiga meter. Namun, ada sebagian varietas bunga matahari yang berukuran kecil.

Mereka hanya tumbuh setinggi satu kaki saja, atau 30 sentimeter. Bunga matahari berakar di tanah Amerika Utara. Sudah sejak 3000 SM, penduduk asli Amerika menanamnya. Mulanya, mereka menanam bunga matahari untuk dijadikan minyak, obat, bahkan makanan.

Hal unik lain yang ada pada bunga matahari adalah bijinya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa biji bunga matahari dapat dikonsumsi. Tidak hanya rasanya yang lezat, kandungan gizi pada bunga matahari sangat tinggi.

Biji bunga matahari kaya akan kalium dan magnesium. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan protein, zat besi dan vitamin E. Inilah alasan-alasan mengapa biji bunga matahari dapat dijadikan camilan yang sehat.

BACA JUGA: Cara Merawat Bunga Matahari Bagi Pemula

2. Bunga Anggrek

Bunga anggrek adalah salah satu bunga yang masuk ke dalam daftar macam-macam bunga paling indah. Selain indah, tahukah kamu kalau bunga anggrek adalah bunga yang sudah tua? Bahkan bunga anggrek juga diklaim bunga tertua di dunia.

Para ilmuwan menemukan fosil dari serbuk sari bunga anggrek di belakang lebah. Serbuk sari tersebut ditemukan di belakang lebah yang terbungkus di dalam damar. Hal ini dijelaskan pada penelitian yang ada di Jurnal Nature tahun 2007.

Fosil yang ditemukan tersebut berasal sejak 10 juta atau 15 juta tahun yang lalu. Akan tetapi, para ilmuwan menduga bahwa keluarga bunga anggrek memiliki umur yang jauh lebih tua. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa ada beberapa jenis anggrek yang hidup sejak 120 juta tahun yang lalu, pada saat itu berarti benua belum mengalami pembelahan seperti saat ini.

Bunga anggrek adalah bunga yang indah. Bunga ini juga memiliki warna seperti warna Pelangi. Maksudnya, bunga anggrek memiliki beberapa warna.

Seperti berwarna ungu, merah, putih dan hitam. Namun, uniknya bunga anggrek tidak ada yang berwarna biru. Bunga anggrek ini juga dapat berkamuflase. Beberapa bagian tubuh bunga ini dapat terlihat mencolok. Tujuannya untuk menarik perhatian dari serangga. Hal itu adalah salah satu cara bunga anggrek untuk membuat serangga tertarik dan membantu dalam penyerbukannya nanti.

3. Bunga Lily

Macam-macam bunga paling indah selanjutnya adalah bunga lily. Bunga lily ini adalah salah satu jenis bunga yang terbilang sangat populer. Bunga ini banyak ditemukan di negara Asia, Australia, Amerika Utara dan Eropa.

Bunga lily memiliki kelopak yang besar. Tampilan bunga ini juga terlihat elegan. Wangi yang ditimbulkan oleh bunga lily juga khas dan dapat menarik hati banyak orang.

Tidak hanya rupa dari bunga nya saja yang indah. Bunga ini juga memiliki makna yang indah. Bunga lily melambangkan sebuah keanggunan, kecantikan, kesetiaan, kelahiran kembali, kesuburan, keberuntungan, kemurnian jiwa dan pembaruan.

Bunga lily juga memiliki varian warna yang banyak. Akan tetapi, umumnya orang-orang akan menggunakan bunga lily berwarna putih atau kuning. Contohnya ketika acara pernikahan yang menggunakan bunga lily berwarna putih.

Mayoritas dari varian bunga lily memiliki racun di dalamnya. Hal itu membuat bunga lily tidak baik dikonsumsi oleh manusia. Selain itu, bunga lily juga akan meracuni kucing.

Inilah sebabnya tidak dianjurkan untuk merawat bunga lily di dalam rumah jika kamu juga memelihara kucing. Di dalam bunga lily, terdapat kandungan racun. Racun tersebut dapat merusak ginjal manusia secara permanen.

BACA JUGA: Cara Merawat Bunga Peace lily

4. Bunga Sakura

Siapa yang dapat menyangkal keindahan bunga sakura? Ya, bunga sakura memang sangat terkenal keindahan dan kecantikannya. Inilah yang membuat bunga sakura masuk ke dalam daftar macam-macam bunga paling indah.

Ternyata, bunga sakura adalah keluarga dari bunga mawar. Bunga sakura adalah nama umum untuk tanaman yang memiliki subfamily Rosaceae. Nama Inggris dari bunga ini adalah cherry blossom.

Bunga yang banyak di Negeri Jepang ini memiliki masa hidup yang singkat. Bunga sakura akan mekar dalam waktu yang cepat. Namun, bunga sakura juga akan mati dalam waktu yang cepat.

Kelopak dari bunga sakura akan terus berjatuhan setelah mereka merekah. Inilah yang membuat tanah atau area di sekitar bunga sakura akan dipenuhi oleh kelopak bunganya. Umumnya, area tersebut akan penuh dengan kelopak berwarna putih atau merah muda.

Meskipun begitu, situasi seperti itu justru akan sangat dikagumi. Hal itu adalah salah satu daya tarik dari bunga sakura. Bunga sakura yang menutupi jalanan akan menjadikan jalanan itu terlihat sangat indah.

Fakta lainnya dari bunga sakura adalah dapat membusuk dengan cepat. Bunga ini akan membusuk dari luka pada akar atau kulit mereka. Ketika pembusukan sudah dimulai, maka dapat dengan mudah menyebar ke semua pohon bunga sakura. Hal itu tentu akan membuat pohon bunga sakura ini menjadi mati.

5. Bunga Mawar

Macam-macam bunga paling indah yang kelima adalah bunga mawar. Siapa yang tidak mengenal bunga cantik ini? Bunga mawar adalah salah satu bunga yang paling sering digunakan untuk membuat rangkaian bunga atau buket.

Hal itu terjadi karena bunga ini memiliki kecantikan dan keindahan. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa bunga mawar tidak hanya dapat dijadikan rangkaian bunga? Ternyata bunga mawar bisa dikonsumsi juga lho.

Tidak hanya digunakan sebagai dekorasi, kelopak bunga ini juga dapat dimakan. Kelopak bunga mawar ini sering dibuat menjadi selai. Selain itu, ada juga produk makanan jeli yang menggunakan kelopak bunga mawar.

Di negara India dan Tiongkok, bunga mawar dijadikan sebagai penyedap masakan. Di tumbuhan mawar ini, terdapat pula buahnya. Buah tersebut berbentuk seperti berry, yang disebut dengan pinggul mawar.

BACA JUGA: 13 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Tidak Layu

Buah atau pinggul mawar ini memiliki banyak warna. Seperti merah, oranye, hitam, bahkan ungu tua. Pinggul mawar ini memiliki kandungan vitamin C di dalamnya.

Inilah salah satu alasan ia digunakan di dalam koktail. Selain itu, pinggul mawar juga dapat dikeringkan. Setelah itu akan dibuat teh yang segar.

Selain dikonsumsi, bunga mawar juga dapat digunakan dalam hal kecantikan. Caranya adalah dengan merebus kelopak bunga mawar. Air rebusannya dapat digunakan sebagai face mist yang akan bermanfaat untuk wajah.

Merangkai Bunga: Bonus Plus Analisa Usaha & Promosi Sebagai Peluang Usaha
Merangkai Bunga: Bonus Plus Analisa Usaha & Promosi Sebagai Peluang Usaha

tombol beli buku

Buku berjudul Merangkai Bunga: Bonus Plus Analisis Usaha & Promosi sebagai Peluang Usaha merupakan buku pedoman bagi pemula pelaku usaha merangkai bunga, orang-orang yang menyukai seni merangkai bunga, dan orang-orang yang mau menambah penghasilan tambahan. Selain itu, buku ini juga bisa menjadi bacaan bagi mereka yang ingin menambah wawasan tentang seni merangkai bunga atau memperluas khasanah ilmu pengetahuan bagi para pemerhati peluang usaha. Pembahasan dalam buku ini dimulai dari nol belum bisa merangkai bunga sama sekali sampai dengan memasuki pangsa pasar.

Macam-macam Bunga Paling Indah

6. Bunga Dahlia

Bunga yang memiliki banyak jenis ini termasuk ke dalam macam-macam bunga paling indah. Bunga dahlia adalah salah satu jenis bunga yang memiliki banyak varietas. Jenisnya melebihi dari yang umumnya terlihat di berbagai area.

Bunga dahlia memiliki 30 spesies dan memiliki lebih dari 20.000 kultivas bunga dahlia. Kultivar tersebut dapat dikategorikan berdasarkan beberapa hal. Seperti berdasarkan pola bunga, ukuran bunga dan kemiripannya dengan bunga lainnya. Kemiripannya seperti bunga anemon, bunga teratai dan kaktus mekar.

Bunga yang memiliki tampilan indah ini umumnya digunakan ketika acara pernikahan. Hal tersebut karena penampilannya yang cantik. Namun, alasannya tidak hanya karena penampilannya saja.

Bunga dahlia memiliki makna yang dalam. Selama era Ratu Victoria, bunga dahlia memiliki makna sebagai simbol komitmen. Selain itu, bunga dahlia juga memiliki makna persatuan yang abadi.

Bunga dahlia digunakan untuk mewakili kreativitas, kekuatan batin dan keanggunan. Bunga dahlia ini masuk ke dalam daftar tanaman perdu berumbi. Bunga ini juga memiliki sifat perenial atau tahunan.

Bunga dahlia bisa mekar sejak awal musim panas sampai musim gugur. Bunga ini berasal dari negara Meksiko. Selain itu, bunga dahlia juga dinobatkan sebagai bunga nasional di Meksiko.

Hal tersebut karena keindahan yang ditampilkan dan eksotisme dari bunga dahlia. Bunga dahlia sering disebut sulit berkembang biak. Di dalam satu umbi, umumnya hanya satu bunga saja yang tumbuh.

Seperti yang diketahui, bunga dahlia memiliki kelopak runcing dan simetris. Hal itu mampu memikat siapa saja yang melihatnya. Bunga dahlia juga termasuk ke dalam datar makanan di Lepidoptera, atau sejenis larva kupu-kupu yang terlihat cantik.

7. Bunga Aster

Di dalam bahasa Yunani, bunga aster sering juga disebut sebagai “bintang”. Bunga yang termasuk macam-macam bunga paling indah ini juga terdapat banyak jenis warna. Bunga aster banyak digunakan dalam berbagai acara.

Seperti acara perayaan kelulusan, acara pernikahan dan lain-lain. Ukuran bunga aster sekitar 30 cm sampai 70 cm. Akan tetapi, pada jenis tertentu bunga aster dapat tumbuh tinggi lebih dari 70 cm.

Bunga aster memiliki batang yang bercabang. Cabang-cabang bunga aster ini ditengarai sebagai tempat tumbuh bunga yang baru. Daunnya tergolong ke dalam daun yang lebar.

Tepi daun bunga aster teksturnya bergerigi dan kasar. Bunga aster memiliki detail yang melingkar dan tersusun secara rapi. Bentuknya seperti bunga krisan dan bunga matahari.

Hal itu karena bunga aster adalah keluarga Asteraceae. Akan tetapi, pada bagian mahkota bunga aster berbentuk besar. Warna bunga aster juga bervariasi, mulai dari kuning, ungu, sampai putih.

Serial Galeri Eksotika: Pesona 500 Jenis Tanaman Hias Bunga
Serial Galeri Eksotika: Pesona 500 Jenis Tanaman Hias Bunga

tombol beli buku

Buku yang membahas pesona tanaman hias bunga yang sering kita jumpai di sekeliling kita. Berisi penjelasan yang mudah dipahami tentang cara merawat hingga memperbanyaknya. Buku yang patut untuk dimiliki dan dibaca oleh para pecinta tanaman hias. Membahas lebih dari 500 tanaman hias bunga

8. Bunga Gerbera

Bunga gerbera ditemukan oleh Robert Jameson pada tahun 1880. Robert Jameson menemukannya ketika sedang bertugas mengoperasikan tambang emas di Transvaal, Afrika Selatan. Bunga gerbera adalah tanaman tahunan yang termasuk capitulum.

Capitulum  adalah bunga dengan bagian tengah yang besar. Selain itu, bunga ini memiliki mahkota bunga yang tersusun secara sempurna. Capitulum adalah bunga yang muncul sebagai bunga tunggal.

Namun, sebenarnya bunga ini adalah kumpulan bunga-bunga kecil yang berjumlah ratusan. Bunga gerbera biasa dijadikan sebagai tanaman hias. Selain itu, bunga gerbera juga dapat dijadikan sebagai penghasil minyak atsiri.

Ciri-ciri bunga ini dapat dikenali dari bentuk daunnya. Bentuk daun bunga gerbera adalah memanjang. Selain itu, di bagian pinggir daunnya terdapat gerigi halus.

Bunga yang termasuk ke dalam daftar macam-macam bunga paling indah ini cocok tuntuk dikembangbiakan pada daerah dataran tinggi dan dataran rendah. Selain memiliki rupa yang cantik, bunga ini juga memiliki makna yang dalam. Makna bunga gerbera adalah cinta sejati dan rasa nyaman.

9. Bunga Teratai

Bunga teratai atau bunga water lily adalah bunga yang tumbuh di atas air. Salah satu macam-macam bunga paling indah ini memiliki bentuk daun yang bermacam-macam.  Mulai dari daun yang berbentuk gerigi, berbentuk bintang sampai berbentuk cangkir.

Bunga teratai dapat tumbuh dalam warna pelangi. Seperti warna merah, merah muda, kuning, jingga, biru dan ungu. Varietas bunga teratai tropis memiliki warna permata.

Seperti warna jingga, biru cerah, kuning dan ungu. Sedangkan varietas hardy yang hidup pada daerah empat musim umumnya memiliki warna dengan corak pastel.

10. Bunga Lavender

Bunga lavender adalah salah satu bunga yang tidak asing lagi. Bunga yang masuk ke dalam macam-macam bunga paling indah ini memiliki warna yang sangat indah. Selain itu, kamu juga bisa menemukan bunga lavender pada beragam produk.

Seperti pada produk pengusir serangga, pengharum ruangan, sabun cuci pakaian, sampai pelicin pakaian. Manfaat bunga lavender sudah dikenal sejak zaman dulu. Terlebih, bunga ini memiliki wangi yang khas.

Bunga yang dapat membantu mengusir nyamuk ini memiliki manfaat yang banyak. Bunga lavender juga memiliki tampilan yang sangat indah ketika dijadikan hiasan. Secara sekilas, bunga lavender memang terlihat seperti rumput.

Hal itu karena bunga lavender tergolong sebagai keluarga rumput. Bunga lavender ini memiliki bentuk menyirip yang ditutupi oleh bulu-bulu halus. Pada umumnya, bunga lavender berwarna ungu.

Akan tetapi, sebenarnya masih ada banyak warna lain pada bunga lavender. Seperti warna putih, kuning bahkan biru. Batang bunga lavender berbentuk lonjong dan bulat.

Ukuran bunga ini memiliki diameter sekitar 3 mm sampai 4 mm. Batang bunga lavender berbentuk tegak. Bunga lavender dapat tumbuh dengan sekitar 60 cm sampai 80 cm.

Jenis akar bunga lavender adalah akar tunggang berserat. Panjangnya sekitar 1 meter hingga 2 meter. Warna akar bunga lavender adalah putih kotor dan kecoklatan.

Daun pada bunga lavender memiliki bentuk oval. Akan tetapi, dapat juga berbentuk lonjong dengan ujungnya yang runcing. Pada daun bagian pinggir agak bergerigi, tetapi pada permukaan daunnya halus.

Macam-macam Bunga Paling Indah

  • Rafflesia Arnoldii
  • Bunga Anyelir
  • Bunga Amarilis
  • Bunga Edelweiss
  • Bunga Melati
  • Bunga Lilac
  • Bunga Krisan
  • Bunga Freesia
  • Bunga Camellia
  • Bunga Magnolia
  • Bunga Anemone
  • Bunga Bakung
  • Bunga Sepatu
  • Bunga Hydrangea
  • Bunga Marigold
  • Bunga Petunia
  • Bunga Zinnia
  • Bunga Kamboja
  • Bunga Lunaira
Farm Big Book, Budi Daya Dan Pascapanen Bunga Potong Unggulan
Farm Big Book, Budi Daya Dan Pascapanen Bunga Potong Unggulan

tombol beli buku

Buku Farm Big Book: Budi Daya dan Pascapanen Bunga Potong Unggulan memfokuskan pokok bahasan potensi sumber daya tanaman hias, peluang bisnis florikultura, prospek pengembangan usaha bunga potong, jenis dan karakteristik bunga potong, teknologi budi daya dan pascapanen krisan, anthurium bunga, anyelir, gerbera, gladiol, heliconia, mawar, sedap malam, anggrek bulan, anggrek dendrobium, anggrek spathoglottis, anggrek cattleya, anggrek vanda, lili, Zingiber spectabile, Alpinia purpurata, kasturi, calla lily, costus, dahlia, aster, dan kecombrang.

Itulah 10 macam-macam bunga paling indah yang ada di dunia. Masih banyak tanaman atau bunga indah lainnya yang mungkin belum ditemukan oleh manusia. Temukan informasi lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih