in

17 Rekomendasi Cukuran Botak Keren yang Trendy dan Kekinian!

Sumber: allthingshair.com

Cukuran botak keren pada tahun 2022 ini sedang ramai diminati oleh berbagai kalangan. Cukuran botak dinilai memberikan rasa adem, praktis, dan tentunya juga hemat. Selain itu, cukuran botak juga dianggap lebih stylish sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Cukuran botak sendiri banyak dikenal sebagai potongan rambut yang biasanya disisakan tidak lebih dari dua cm hingga 1 cm. Namun, seiring berkembangnya zaman, cukuran botak keren memiliki beragam jenis. Mulai dari yang benar-benar botak ala militer, botak berponi, botak dengan aksen fade, sampai botak mohawk hingga lines.

Nah, berikut ini adalah daftar cukuran botak keren yang paling populer pada tahun 2022 ini. Dengan memakai cukuran model botak, kamu dijamin akan lebih keren tanpa ribet. Yuk simak ulasan selengkapnya!

https://www.gramedia.com/products/conf-the-archipelago-beauties-modern-hairstyles-for-indonesian-brides?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Rekomendasi Cukuran Botak Keren

1. Burr Cut/Butch Cut

Burr Cut
hairstylecamp.com

Burr cut merupakan cukuran botak keren yang paling banyak ditemukan. Gaya rambut pria ini biasa dikenal dengan nama potongan tentara atau military cut, jarhead, induction cut, butch cut, hingga number 0. Hal inilah yang menjadikan gaya rambut ini pendek dan mirip seperti para tentara di berbagai negara dunia.

Gaya rambut cepak ala militer ini sendiri biasanya dapat dilihat berdasarkan cirinya yang seluruh rambutnya memiliki panjang sepadan. Karakteristik yang diberikan rambut ini bisa menjadikan rambut para pria terasa lebih empuk layaknya karpet pada saat disentuh.

Di Indonesia, seseorang yang ingin memiliki potongan rambut ini cukup menyebutkan panjangnya, misalnya saja seperti satu atau dua sentimeter, dan seterusnya. Gaya rambut ini tentu wajib kamu coba sekali seumur hidupmu.

2. Buzz Cut

buzz cut
gustavfouche.com

Cukuran botak keren berikutnya adalah buzz cut. Sesuai namanya, gaya rambut ini diambil dari sebuah teknik yang digunakan para barber untuk mencukur. Teknik mencukur rambut pendek pria untuk buzz cut sendiri yakni menghabiskan seluruh bagian rambut dengan hanya menyisakan satu hingga dua sentimeter.

Cukuran ini biasanya mengharuskan barber untuk tidak menggunakan attachment di clipper pada saat mencukur rambut. Tentu saja teknik ini menjadikan rambut sangat pendek.

Buzz cut sendiri cukup populer bagi para pria di Indonesia karena tidak membutuhkan perawatan khusus. Hanya saja, salah satu kekurangan rambut ini akan mulai terasa ketika melakukan aktivitas luar ruangan di siang hari. Kulit kepala akan terasa sangat panas dan menyengat. Maka dari itu, para penggemar Buzz Cut sering menggunakan penutup kepala pada beraktivitas di siang hari.

3. Fade Buzz Cut

cukuran botak keren
Sumber: gatsby.co.id

Selain cukuran botak keren cepak rata, ada juga salah satu gaya rambut yang banyak disukai oleh para pria, yakni Fade Buzz Cut. Gaya rambut ini berhasil menghasilkan perpaduan yang menarik antara model rambut pendek dengan potongan fade pada bagian samping dan belakang rambut.

Banyak anak muda Indonesia yang menjadikan Fade Buzz Cut sebagai gaya rambut andalan untuk beraktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan gaya rambut ini cocok untuk para pemilik rambut lurus maupun rambut keriting. Ditambah lagi, pada saat rambut mulai panjang pun, penampilan tetap akan terlihat simple, rapi, dan tentunya stylish.

4. High and Tight Cut

cukuran botak keren
Sumber: marcoshopshop.com

High regulation merupakan cukuran botak keren yang paling populer di kalangan Angkatan Laut Amerika. Gaya rambut ini menjadikan penampilan lebih rapi dengan potongan tipis bagian samping hingga belakang tanpa ada fade maupun gradasi. High atau Tight Cut ini menjadi kesukaan para tentara di zaman dahulu dan berkembang menjadi Crew Cut di zaman sekarang.

5. Line Up/Shape Up/Edge Up

line up - cukuran botak keren

Cukuran rambut keren berikutnya sedang ramai digandrungi para anak muda. Apabila dilihat dengan seksama, gaya rambut rambut ini memiliki karakteristik yang sangat menarik. Benar saja, potongan rambut yang dikenal dengan line up, shape up, hingga edge up ini menyisipkan garis tegas yang bikin penampilan semakin stylish. Para anak muda seringkali memadukan antara potongan rambut ini dengan buzz cut yang lebih dikenal dengan istilah potongan rambut tentara.

6. High Fade

high fade - cukuran botak keren
Sumber: menshaircut.com

Gaya rambut berikutnya ini menjadi primadona anak zaman sekarang. High fade memiliki karakteristik yang menipis pada bagian bawah dan samping. Sementara itu, panjang rambut mulai tipis dari pelipis hingga ke bawah. Cukuran botak keren ini biasa dipadukan dengan berbagai model rambut pria lainnya, sebut saja crew cut, Ivy League, atau pompadour.

7. Mid Fade

cukuran botak keren
Sumber: ilikepinga.com

Apabila kamu merasa high fade terlalu panjang dan ekstrem bagi para pecinta cukuran botak keren, mungkin mid fade bisa menjadi alternatif gaya rambut ke depannya. Gaya rambut ini lebih terlihat merata dan tebal. Ditambah lagi, rambut mulai tipis pada bagian telinga. Namun, kepala tidak sampai terlihat plontos.

8. Low Fade

Apabila mid fade tidak cukup memuaskan, maka kamu dapat meminta gaya rambut low fade. Low fade sendiri merupakan gaya rambut paling aman bagi kamu yang tidak suka terlihat botak tetapi ingin terlihat rapi. Kamu dapat mulai menipiskan rambut pada bagian samping bawah. Selanjutnya, jarak yang diperlukan pun terbilang pendek, mulai dari sebatas telinga. Sementara itu, panjang rambut bagian atas bisa disesuaikan dengan selera.

9. Undercut

Jauh berbeda dengan cukuran botak lainnya, gaya rambut undercut memang hanya memasukkan rambut cepak sedikit saja. Undercut menjadi salah satu model rambut yang tak pernah gagal. Hal ini dikarenakan sangat cocok untuk berbagai kalangan, dari anak kecil, remaja, dewasa, bahkan orang tua juga cocok dengan gaya rambut ini. Undercut sendiri pada dasarnya merupakan teknik memotong rambut yang dipakai untuk memberi bagian tipis pada samping kepala.

Di samping itu, bagian bawah rambut dicukur pendek. Sementara itu, bagian atas akan terlihat tebal. Hal ini yang menyebabkan gaya rambut undercut dapat digunakan untuk berbagai model rambut, terlebih bagi para pria yang suka cukuran botak atau cepak.

Short Story Haircuts for Short Hair

https://www.gramedia.com/products/conf-short-story-haircuts-for-short-hair?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Perbedaan Cukuran Fade dan Undercut

cukuran botak keren
Sumber: jogjatribunnews.com

Gaya rambut fade dan undercut sama-sama sedang digandrungi oleh banyak orang belakangan ini. Namun, perbedaan yang paling jelas antara cukuran fade dengan undercut yakni terletak pada area penipisan dan panjang rambut yang tersisa. Potongan rambut fade biasanya lebih terfokus pada bagian samping rambut hanya difokuskan pada sisi samping rambut, sedangkan penipisan pada undercut ada di bagian samping dan belakang.

Selain itu, rambut yang tersisa pada gaya cukuran model fade sangat sedikit alias hampir botak. Hal ini tentu sangat berbeda dengan undercut yang tidak perlu sampai setipis fade.

Belakangan ini, mulai populer cukuran yang menggabungkan antara potongan fade dengan undercut. Gaya rambut ini menghasilkan model rambut panjang di bagian atas dengan rambut super tipis pada bagian samping dan belakang. Tentu cukuran ini sangat berbeda dengan undercut pada umumnya yang masih meninggalkan kesan gondrong.

Cukuran botak keren pada dasarnya sangat variatif. Terlebih, cukuran botak dianggap sebagai salah satu gaya yang tidak akan lekang oleh zaman. Hal ini pula yang pada akhirnya melahirkan berbagai kombinasi, misalnya saja yang mulai populer sekarang ini yaitu cukuran bald fade pada sisi rambut.

Bald fade atau sering juga disebut sebagai skin fade merupakan sebuah istilah yang digunakan sebagai pendeskripsian gaya rambut cukuran tipis pada bagian samping dan belakang. Gaya rambut ini biasanya bisa didapatkan dengan cara menggunakan clipper. Alhasil, penipisan untuk cukuran fade dapat menyisakan beberapa cm rambut saja.

Pada bald fade ini, cukuran tipis akan sangat dimaksimalkan, sehingga kepala hampir botak. Apabila seseorang yang memiliki wajah bulat ingin potongan bald, gaya ini sangat membantu untuk memberi kesan dimensi panjang pada proporsi wajah.

Cukuran Cepak Terpopuler 2022

Membahas soal variasi dari cukuran botak keren, maka tidak bisa ditinggalkan juga ulasan tentang beberapa cukuran cepak yang belakangan ini sedang digandrungi oleh para anak muda di Indonesia. Berikut ini adalah daftar cukuran cepak atau pendek yang layak kamu coba untuk beraktivitas sehari-hari.

1. Crew Cut

Crew cut menjadi cukuran pendek yang paling disukai oleh banyak orang pada tahun 2022 ini. Gaya rambut ini sangat cocok untuk berbagai bentuk kepala dan rambut. Crew cut sendiri memberikan potongan pendek yang sangat tipis pada bagian samping dan mulai memanjang di bagian depan. Sebagai gaya rambut yang dikenal mirip seperti tentara, crew cut biasanya menyisakan panjang rambut yang tak lebih dari 2 cm.

Crew cut juga pada dasarnya adalah bentuk pengembangan dari buzz cut. Perbedaannya sendiri paling terlihat pada panjang rambut yang disisakan. Cukuran rambut buzz cut memiliki panjang rambut yang seragam. Sedangkan, crew cut lebih menyisakan panjang pada bagian depan rambut.

Salah satu penyebab gaya rambut cepak untuk pria ini sangat disukai dikarenakan banyak atlet yang memilih crew cut sebagai model andalan. Pemain bola biasanya akan merasa nyaman berpenampilan seperti ini.

Selain itu, crew cut juga sangat cocok untuk seseorang yang memiliki rambut tipe keriting atau ikal. Pemilik rambut ikal biasanya akan sangat terbantu untuk membentuk rambut alaminya yang sudah bervolume menjadi lebih memiliki tekstur keren. Seseorang berambut ikal hanya perlu menyisir rambut ke arah depan dengan menyisakan poni pada bagian atas.

2. Ivy League Cut

Cukuran cepak berikutnya yang paling populer di tahun 2022 ini adalah ivy league cut. Gaya rambut ini sendiri merupakan bentuk stylish dari model crew cut. Variasi yang diberikan terletak pada panjang rambutnya. Crew cut memiliki sisi samping yang lebih tipis daripada Ivy League Cut. Hal ini menjadikan potongan Ivy League memiliki rambut yang lebih panjang secara keseluruhan.

Ivy league cut sangat disukai oleh pria di berbagai belahan dunia. Hal ini dikarenakan gaya rambut ini dapat menghasilkan peningkatan dimensi pada wajah. Alhasil, sangat cocok untuk para laki-laki dengan rahang tegas. Gaya rambut yang pertama kali ramai di Korea ini sangat umum ditemui pada para aktor hingga idol K-pop.

Perlu kamu tahu, model rambut pria yang satu ini mulai banyak digunakan untuk berbagai acara formal. Beberapa orang juga menganggap bahwa Ivy League menjadi salah satu gaya rambut pria yang banyak disukai oleh wanita. Meskipun pendek, rambut tetap memiliki kesan panjang sehingga akan sangat mudah untuk ditata menggunakan gel atau wax.

3. Caesar Cut

Gaya rambut paling populer selanjutnya adalah caesar cut. Caesar cut merupakan salah satu gaya potongan rambut pria yang berhasil mengombinasikan antara French crop dan cepak.Alhasil, caesar cut sangat cocok untuk para pria yang sedang mencoba gaya rambut, tetapi tidak ingin terkesan seperti gaya rambut tentara atau militer. Selain itu, caesar cut juga sangat cocok bagi pria yang memiliki tipe rambut keriting dan kurang suka pada saat panjang.

4. French Crop

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, caesar cut merupakan bentuk variasi dari gaya rambut French crop. Hal ini menjadikan French terkesan mirip dengan Caesar cut. Hanya saja, French crop memiliki konsep taper fade atau undercut dengan tatanan rambut di bagian atas.

Selain itu, panjang poni Caesar cut lebih pendek dibandingkan dengan French crop. Teknik pencukuran pada bagian poni pun berbeda, caesar cut cenderung rata dan french crop lebih panjang dengan guntingan yang variatif. Ditambah lagi, caesar cut memiliki gradasi samping yang lebih tegas daripada French crop.

Keuntungan menggunakan model rambut French crop akan terlihat pada pria dengan bentuk wajah panjang. Poni depan yang dimiliki french crop akan menjadikan wajah lebih proporsional. Tak heran, apabila model French crop bisa dipilih oleh pria dengan rambut lurus maupun keriting atau ikal.

5. Bowl Cut

Cukuran cepak paling populer tahun 2022 selanjutnya cocok bagi kamu yang suka bereksperimen. Model rambut bowl cut sendiri memberikan potongan bak mangkuk di atas kepala. Potongan rambut pria juga memberikan penipisan pada bagian samping ke bawah dengan menyisakan bagian atas saja.

6. Flat Top

Sesuai dengan namanya, salah satu cukuran paling populer tahun 2022 ini memberikan kesan rambut pria menjadi rata. Flat top sebenarnya merupakan model rambut yang populer kali pertama pada era tahun 60-an. Model rambut klasik ini mampu memberikan kesan wajah kotak, sehingga meningkatkan fitur pada garis wajah.

Bagi kamu yang memiliki rambut dengan tipe keriting, kamu mungkin akan sedikit kesusahan untuk merapikan model ini. Maka dari itu, sangat disarankan untuk selalu menyediakan pomade atau wax dan tidak lupa sisir bergigi rapat.

7. Spiky

Spiky adalah cukuran rambut cepak yang memiliki karakteristik pada ujung rambut runcing. Gaya rambut ini sendiri dikenal sebagai salah satu versi dari mohawk, tentunya lebih soft. Bagi kamu yang ingin memiliki model rambut ini, kamu tidak memerlukan potongan atau teknik guntingan khusus. Kamu hanya perlu meminta barber untuk mencukur bagian atas yang lebih panjang, baik itu Ivy League maupun crew cut.

8. Spiked Edgar

Cukuran rambut paling populer yang terakhir ini dikenal dengan model rambut jigrak pria atau takuache asal Meksiko. Spiked edgar sendiri sangat populer bagi para anak muda di Amerika Latin. Ciri khas model rambut ini sendiri memberikan penipisan pada bagian samping dengan bagian atas rambut yang dibiarkan tebal. Tak lupa juga, spiked edgar biasanya memberikan sentuhan poni depan pendek di atas alis.

Gaya rambut ini sangat cocok untuk segala jenis rambut, baik yang lurus maupun keriting. Kamu hanya perlu menata dengan gaya spiky yang acak-acakan menggunakan gel rambut. Meskipun memberikan kesan berantakan, rambut jigrak pria ini cukup menampilkan kesan gaya rambut yang sederhana.

https://www.gramedia.com/products/conf-the-hair-color-mix-book?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-the-hair-color-mix-book?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Itulah daftar cukuran botak keren yang perlu kamu coba sekali seumur hidupmu. Bagi Grameds yang ingin mengetahui tentang berbagai hal menarik dari gaya hidup dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Humam

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi