in

9 Cara Mengecilkan Paha Mudah dan Cepat

Cara Mengecilkan Paha – Hampir sebagai wanita pasti mendambakan tubuh yang ramping. Hal ini dikarenakan banyak orang yang menganggap tubuh yang ramping terlihat lebih indah, dimana memiliki pinggang yang kecil dan ukuran paha yang kecil yang membuat banyak orang mencari cara mengecilkan paha yang cepat dan mudah.

Namun, alih-alih mempunyai tubuh yang ramping, banyak wanita yang memiliki beberapa masalah dengan bentuk tubuhnya. Bagi beberapa wanita, memiliki paha yang besar dapat mengurangi penampilan pada saat memakai rok mini maupun celana pendek.

Hal ini yang menyebabkan mayoritas wanita ingin memiliki paha yang lebih kecil dan ramping sehingga cocok ketika mengenakan pakaian tersebut yang membuat mereka rela melakukan apa saja sebagai cara mengecilkan paha.

Tetapi, cara mengecilkan paha pada tubuh tidak cukup hanya dengan diet atau mengurangi jumlah makanan yang masuk dalam tubuh. Oleh karena itu, supaya Kamu dapat mendapatkan tubuh yang diinginkan berupa paha yang kecil, Kamu perlu melakukan program khusus agar mendapatkan bentuk paha yang proporsional.

Nah, artikel ini akan membahas beberapa hal tentang bagaimana cara mengecilkan paha, mulai dari mengetahui penyebab bagian paha menjadi besar hingga memahami berbagai cara yang dapat dilakukan agar paha dapat lebih ramping. Berikut ini adalah artikel tentang cara mengecilkan paha dari Gramedia untuk teman-teman semua.

A. Faktor Penyebab Paha Besar

Banyak wanita pasti pernah memiliki pertanyaan tentang, kenapa paha wanita memiliki ukuran paha yang lebih besar dibandingkan paha seorang pria. Padahal ukuran paha yang lebih besar sebenarnya bukan diakibatkan oleh kelebihan berat badan, tetapi sangat besar kemungkinan banyak dipengaruhi oleh faktor lain juga.

tombol beli buku
Oleh karena itu, agar Kamu dapat melakukan program pengecilan paha yang tepat, Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab paha seseorang bisa menjadi besar. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan membesarnya paha, di antaranya yaitu:

1. Faktor Keturunan

Sebagian besar struktur tubuh yang dimiliki wanita memiliki tendon Achilles yang pendek. Bagian dalam tubuh tersebut terletak di bagian tumit belakang hingga batas otot betis dan melekat kuat sejak wanita lahir. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab paha dan betisnya memiliki ukuran yang lebih dengan sendirinya.

Seorang wanita yang memiliki keturunan yang memiliki paha yang besar akan cukup sulit untuk mengecilkan pahanya. Kondisi seperti ini sangat mungkin untuk dialami wanita yang memiliki postur tubuh tidak terlalu tinggi dan mempunyai badan yang lebih mudah gemuk, sehingga paha dan betis yang besar.

2. Jenis Kelamin

Penyebab kedua yang menjadikan seorang wanita cenderung memiliki paha yang besar adalah faktor jenis kelamin. Seorang wanita atau pria diketahui memiliki hormon estrogen dalam tubuhnya. Namun, hormon estrogen yang terdapat pada wanita ternyata lebih mudah untuk menimbun lemak di tubuh bagian bawah dibandingkan seorang pria.

3. Pola Makan

Penyebab selanjutnya seorang wanita memiliki paha yang tidak proporsional adalah pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur. Selain disebabkan oleh hormon estrogen di dalam tubuh wanita, kebiasaan makan secara berlebihan dan juga tidak sehat dapat menjadi penyebab terbesar paha menjadi lebih besar. Pasalnya, kedua kebiasaan tersebut pada akhirnya akan membuat tubuh memiliki berat yang lebih atau obesitas, sehingga menimbulkan penimbunan lemak pada bagian paha.

Sudah menjadi fakta yang umum bahwa mengonsumsi makanan seperti makanan berlemak, manis, asin, hingga mengandung banyak minyak akan sangat mudah untuk meningkatkan berat badan. Selain itu, makanan jenis ini cenderung lebih nikmat daripada makanan sehat seperti sayuran, jus, dan lain sebagainya.

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak sebenarnya dapat diubah, terlebih lagi bagi Kamu yang ingin memiliki tubuh yang ideal serta paha dan betis yang kecil dan ramping. Dengan program pengecilan paha, Kamu dapat sekaligus membuat kebiasaan baru dengan hidup yang lebih sehat.

tombol beli buku

4. Terlalu Banyak Duduk

Penyebab keempat seorang wanita memiliki paha yang besar adalah aktivitas duduk yang terlalu lama dan terlalu banyak. Tanggung jawab yang didapatkan dari pekerjaan kantoran mesti membuat banyak orang memiliki kebiasaan duduk dalam waktu yang lama dan intensitas yang sering. Kebiasaan ini menjadi salah satu penyebab yang paling sering dialami oleh perempuan. Hal ini dikarenakan dengan terlalu banyak duduk membuat seorang wanita menjadi jarang untuk menggerakkan kaki. Kaki yang tidak sering digerakkan pada akhirnya akan menyebabkan tumpukan lemak pada bagian bawah seperti paha dan betis menjadi lambat untuk terbakar.

5. Kurang Olahraga

Penyebab terakhir seorang wanita memiliki paha yang lebih besar adalah faktor kurang melakukan olahraga. Olahraga menjadi penting bagi Kamu yang ingin mendapatkan bentuk paha dan betis yang ideal dan proporsional. Selain melakukan berbagai kebiasaan hidup sehat, berolahraga menjadi cara paling ampuh untuk mengurangi lemak pada tubuh. Apabila Kamu fokus ingin mengecilkan paha, Kamu juga dapat memilih berbagai jenis olahraga yang menitikberatkan pada kaki.

Nah, setelah mengetahui penyebab seorang wanita lebih mudah memiliki paha yang besar. Berikut ini adalah berbagai cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengecilkan paha dengan efektif, mulai dari menata kebiasaan yang lebih mendukung hingga jenis-jenis olahraga yang sangat bermanfaat untuk mengecilkan paha.

B. Cara Mengecilkan Paha

Pengetahuan tentang penyebab paha menjadi besar di atas memiliki peran yang sangat penting. Dengan memahami pengetahuan tersebut, Kamu jadi lebih mudah untuk memilih cara yang tepat untuk mengurangi penumpukan lemak pada bagian paha dan betis, sehingga menjadi lebih ramping dan indah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengecilkan paha, di antaranya yaitu:

1. Cara Mengecilkan Paha dengan Berlari Santai

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan untuk mendapatkan bentuk paha yang ideal dan proporsional adalah dengan jogging. Jogging atau biasa Kita kenal dengan aktivitas olahraga berlari dengan santai ini, dapat menjadi salah satu pilihan yang bisa dilakukan oleh semua orang. Pasalnya olahraga ini tergolong olahraga yang mudah dan juga murah sehingga sangat cocok untuk dilakukan di rumah atau di sela-sela aktivitas keseharian.

Jogging terbukti ampuh untuk mengurangi penumpukkan lemak pada tubuh. Hal ini dikarenakan jogging dapat meningkatkan detak jantung dan laju pernapasan sehingga efektif dalam melakukan pembakaran lemak pada tubuh. Selain itu, olahraga jogging yang dilakukan secara rutin juga sangat membantu bagi Kamu yang ingin menemukan cara untuk mengecilkan bentuk paha. Jogging sendiri termasuk olahraga kardio yang pada akhirnya akan sering mengandalkan kekuatan otot kaki.

Berdasarkan penelitian yang dikutip dari Harvard Health Publishing, seseorang yang memiliki usia dewasa dengan badan 70 kilogram yang berlari santai selama sekitar 30 menit dapat melakukan pembakaran kalori sejumlah 216 kalori. Nah, apabila Kamu sudah terbiasa berlari, mungkin Kamu dapat meningkatkan kecepatan dan durasi pada saat berlari sehingga akan sangat efektif untuk membakar kalori pada tubuh dan tentunya paha serta betis.

2. Cara Mengecilkan Paha dengan Bersepeda

Cara berikutnya yang dapat Kamu lakukan untuk mendapatkan paha yang ramping adalah dengan berolahraga sepeda. Selain jogging atau berlari, olahraga sepeda bisa menjadi alternatif yang bagus bagi Kamu yang ingin membakar lemak pada bagian tubuh bawah. Bersepeda sendiri termasuk olahraga kardio, sehingga akan sangat efektif untuk mengurangi kalori dalam tubuh. Di zaman sekarang, bersepeda tidak hanya dilakukan di luar ruangan, bagi Kamu yang banyak beraktivitas di kantor atau di dalam ruangan, bersepeda di gym menggunakan sepeda statis juga efektif untuk dilakukan..

Manfaat yang diberikan oleh olahraga sepeda sangat melimpah, misalnya saja seperti mengontrol sampai menurunkan berat badan. Seperti yan dikutip dari data penelitian Harvard Health Publishing, olahraga sepeda dengan kecepatan rendah sampai sedang ampuh mengurangi kalori pada tubuh hingga sekitar 280-360 dari orang dewasa dengan berat badan sekitar 70 kilogram.

Gerakan mengayuh pada saat melakukan olahraga sepeda mengakibatkan paha dan betis menjadi bergerak lebih aktif, sehingga mengurangi tumpukan lemak pada bagian tubuh bawah tersebut. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, Kamu dapat melakukan olahraga ini secara teratur dan konsisten.

3. Cara Mengecilkan Paha dengan Naik Turun Tangga

Cara selanjutnya yang dapat Kamu lakukan untuk mengecilkan paha adalah dengan naik dan turun tangga. Berbeda dengan berlari dan bersepeda yang sudah banyak dikenal orang secara luas, aktivitas naik dan turun tangga bisa menjadi olahraga alternatif yang mudah dan sederhana untuk Kamu yang ingin mendapatkan bentuk tubuh yang indah. Aktivitas yang biasa dilakukan ini dapat membuat Kamu memberikan beban lebih untuk otot yang terdapat paha dan kaki.

Dengan naik dan menuruni tangga, Kamu dapat mengurangi lemak pada bagian tubuh bawah seperti paha dan betis serta membentuk ototnya. Namun, olahraga ini tidak dianjurkan bagi Kamu yang memiliki berat badan berlebih, pasalnya akan cukup berbahaya untuk kaki.

4. Cara Mengecilkan Paha dengan Lompat Tali

Kemudian, cara keempat yang dapat Kamu lakukan untuk mendapatkan paha yang kecil adalah dengan olahraga lompat tali. Olahraga lompat tali pada dasarnya dapat mendukung Kamu yang ingin mengencangkan otot betis dan paha agar terlihat lebih ramping dan ideal. Lompat tali atau biasa disebut dengan istilah skipping ini hanya perlu Kamu lakukan selama 20 detik tanpa putus setiap hari. Nah, untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, Kamu dapat meningkatkan durasi waktu menjadi satu menit tanpa putus per harinya.

5. Cara Mengecilkan Paha dengan Squat

Cara kelima yang dapat Kamu gunakan untuk mengecilkan paha adalah squat. Untuk mendapatkan bentuk bagian tubuh bawah yang ideal dan proporsional, salah satu olahraga yang sering disarankan banyak orang adalah squat. Squat terbukti ampuh dan efektif untuk melatih otot bagian bawah tubuh. Selain itu, squat juga sangat bermanfaat untuk mengurangi tumpukan lemak di bagian paha hingga betis. Setelah sudah terbiasa dengan squat, Kamu dapat mencoba meningkatkan beban untuk squat dengan cara memegang dumbel demi mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

tombol beli buku

6. Cara Mengecilkan Paha dengan Lunges

Cara keeman yang bisa Kamu lakukan untuk mengecilkan paha adalah dengan lunges. Tidak hanya squat, lunges bisa menjadi olahraga yang cukup efektif untuk membuat otot kaki menjadi kuat sekaligus mengurangi jumlah lemak yang terdapat di bagian paha.

Lunges sendiri sangat mudah dilakukan, hal pertama yang dapat Kamu lakukan adalah melangkahkan satu kaki ke depan dari posisi tempat berdiri. Selanjutnya, silahkan tekuk lutut yang depan hingga sangat rendah sampai lutut yang belakang menyentuh alas. Kemudian, kembali ke posisi berdiri. Ulang gerakan ini minimal 10 kali pada setiap kaki. Kamu dapat melakukan olahraga ini setiap hari pada saat bangun tidur atau pulang dari kerja.

7. Cara Mengecilkan Paha dengan Fire Hydrant

Cara ketujuh yang bisa membantu Kamu untuk mengecilkan paha adalah dengan fire hydrant. Fire Hydrant telah terbukti cukup efektif mengurangi lemak di bagian tubuh bawah. Selain manfaatnya yang baik, fire hydrant juga dapat dilakukan dengan cukup mudah. Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah mengambil posisi merangkak dengan memastikan lutut dan tangan dibuka selebar bahu dan pinggul. Selanjutnya, Kamu dapat menjaga pinggul agar tetap berposisi di atas sekaligus meluruskan kaki yang satu ke belakang. Hal ini akan membuat tubuh menjadi sejajar dengan bagian tubuh lainnya. Setelah tuntas melakukan gerakan itu, Kamu dapat berposisi seperti posisi awal dan lakukan pada kaki yang lainnya.

8. Cara Mengecilkan Paha dengan Burpees

Cara berikutnya yang dapat Kamu lakukan untuk mengurangi lemak di bagian tubuh bawah adalah burpees. Burpees sendiri tergolong sebagai salah satu gerakan yang sangat baik untuk mengecilkan paha dan betis. Gerakan burpees termasuk gerakan yang mudah dan sederhana, tetapi gerakan bisa menjadi sulit karena cukup menguras energi sehingga membuat tubuh mudah lelah. Gerakan dalam burpees pada dasarnya menitikberatkan pada tenaga kaki untuk jongkok hingga berdiri, hal ini yang pada akhirnya bikin seluruh otot pada daerah betis dan paha mampu bekerja dengan maksimal.

Langkah pertama yang dapat Kamu lakukan untuk memulai melakukan burpees adalah dengan mengambil posisi berdiri. Selanjutnya, Kamu diharuskan membentuk posisi jongkok hingga kedua tangan menyentuh lantai. Setelah itu, Kamu dapat meluruskan kedua kaki ke belakang sampai menjadi posisi push up, di sini Kamu diharuskan untuk push up. Setelah melakukan push up, silakan mengembalikan posisi kaki ke depan menjadi posisi berjongkok dan kembali ke posisi berdiri seperti di awal. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Kamu dapat melakukan gerakan ini sebanyak 20 kali. Namun, apabila belum mampu, Kamu bisa dengan cara bertahap.

9. Cara Mengecilkan Paha dengan Step Up

Cara terakhir yang dapat Kamu lakukan adalah step up. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, Kamu hanya membutuhkan sebuah kursi kecil untuk step up. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggerakkan kaki ke atas kursi dan menurunkannya kembali. Step up sendiri adalah bentuk sederhana olahraga naik dan turun dari tangga seperti di atas. Nah, untuk lebih maksimal, Kamu dapat menggunakan dumbel untuk membantu meningkatkan intensitas latihan

C. Cara Mengecilkan Paha Dengan Gaya Hidup Sehat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa untuk mengecilkan paha adalah dengan membentuk kebiasaan gaya hidup sehat dan rajin untuk berolahraga. Penyebab utama seseorang memiliki paha yang besar adalah menumpuknya lemak pada tubuh bawah. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara mengecilkan paha dengan gaya hidup yang sehat, di antaranya yaitu:

tombol beli buku

1. Menghindari Terlalu Banyak Asupan Kalori

Untuk mendapatkan bentuk paha yang ideal dan proporsional, Kamu dapat membangun gaya hidup sehat dengan cara menghindari asupan kalori terlalu banyak. Kalori yang tidak terbakar justru akan semakin membuat lemak pada tubuh menjadi menumpuk. Penumpukkan lemak yang berlebih pada akhirnya dapat membuat paha menjadi besar.

2. Menjauhi Gula Secara Berlebihan

Selain mengurangi asupan kalori terlalu banyak, gaya hidup sehat dapat dilakukan untuk mengecilkan paha adalah dengan menjauhi gula tambahan. Gula merupakan salah satu penyumbang kalori yang cukup besar bagi tubuh, hal ini sangat berpotensi menjadikan penumpukkan lemak terlalu banyak pada bagian tubuh bawah. Oleh karena itu, bagi Kamu yang ingin mengecilkan paha yang besar, Kamu perlu untuk mengonsumsi makanan yang rendah gula, seperti buah dan sayuran.

3. Makan Makanan Sehat

Terakhir, gaya hidup sehat yang dapat Kamu lakukan untuk mengecilkan paha adalah tentunya mengonsumsi makanan yang sehat. Mengonsumsi makanan yang sehat sangat memudahkan tubuh untuk melakukan pencernaan. Makanan yang tidak terlalu membutuhkan proses yang berat adalah makanan yang kaya akan nutrisi, misalnya saja, gandum utuh.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Cara Mengecilkan Paha



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam