in

Cara Membuat Email Bisnis secara Mudah dan Gratis serta Manfaatnya

Cara membuat email bisnis – Email sudah menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki semua orang, karena segala aktivitas masyarakat sudah berbasis pada internet. Terutama dalam hal komunikasi, dan email menjadi sebuah platform untuk berkomunikasi jarak jauh. 

Bicara tentang email, mungkin kebanyakan orang hanya beranggapan hanya untuk kebutuhan pribadi saja. Padahal, nyatanya ketika ingin mengembangkan suatu bisnis juga memerlukan email, apalagi bagi para pelaku usaha. 

Seperti namanya, maka email perusahaan atau email bisnis sebaiknya dibuat secara khusus dan tidak mengandalkan email personal milik pengusaha. Dengan keberadaan email bisnis, proses berkirim pesan, surat, atau dokumen dengan pelanggan atau klien dapat dilakukan dengan cepat. 

Selain itu, email bisnis bisa turut meningkatkan keberadaan bisnis Anda, rekognisi dari pelanggan, dan memperkenalkan bisnis Anda secara lebih luas. Email bisnis biasanya menggunakan nama domain perusahaan atau Anda dalam alamat email. Misalnya, “rudi@namabisnisanda.com.”

Supaya Grameds lebih paham mengenai email bisnis, artikel ini sudah merangkum pengertian, fungsi, manfaat, dan cara membuat email bisnis. Simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Email Bisnis

Cara Membuat Email Bisnis
Sumber: pixabay.com/geralt

Email bisnis merupakan alamat email yang diakhiri dengan nama domain perusahaan, bisnis, atau organisasi setelah simbol ‘@‘.

Secara umum, fungsi alamat email bisnis ialah untuk komunikasi internal perusahaan, alat integrasi untuk menunjang kinerja karyawan, dan bentuk branding perusahaan.

Dengan email bisnis, penerima akan bisa langsung mengenali nama brand atau bisnis Anda dalam setiap pesan yang telah dikirim. Tentu saja hal ini dapat menjadi peluang promosi bagi bisnis Anda, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan juga memberikan kesan profesional.

Jika alamat email yang digunakan untuk promosi adalah email personal, pesan email yang Anda kirimkan mungkin akan dianggap sebagai spam, karena tidak jelas identitas pengirimnya siapa. Tanpa alamat email bisnis, upaya email marketing yang Anda lakukan akan menjadi sia-sia.

Fungsi Email Bisnis

Nah, Grameds supaya pembahasan kita seputar email bisnis semakin lengkap, maka kamu juga perlu tahu fungsi email bisnis. Adapun fungsi lain email bisnis adalah sebagai berikut.

1. Membuat personalisasi komunikasi antar divisi menjadi lebih mudah 

Perusahaan yang Anda bangun atau tempat Anda bekerja secara umum pasti memiliki beberapa divisi yang berbeda, tergantung tanggung jawab dan pekerjaan yang mereka lakukan. Mulai dari HRD, divisi Sumber Daya Manusia, divisi manajemen, divisi keuangan, divisi pemasaran, dan sebagainya. 

The Architecture of Love | Di balik Pena

Dengan adanya email bisnis, maka komunikasi antar divisi tersebut dapat dipersonalisasikan dengan lebih mudah dan efisien. Hasilnya, setiap divisi dapat mengakses email sesuai dengan divisi masing-masing secara cepat.

2. Tempat penyimpanan yang aman dan mudah dicari

Salah satu hal yang sangat penting untuk dalam kegiatan membangun dan operasional bisnis adalah perihal data atau dokumen usaha. Fungsi utama dari email bisnis, yaitu sebagai tempat perusahaan untuk melakukan pertukaran pesan, surat, atau dokumen dengan para klien ataupun pelanggannya. 

Surat-surat dan dokumen dari rekan usaha atau pelanggan bisa disimpan dan diarsipkan secara rapi di dalam email bisnis. Tak perlu khawatir akan kapasitas penyimpanan, karena ruang penyimpanan data di email umumnya cukup besar sehingga dapat menyimpan data perusahaan dalam jumlah yang banyak.

Menyimpan dokumen di email bisnis juga dikatakan aman, karena tidak mudah hilang dan tersimpan rapi. Namun, perusahaan perlu mengingat untuk tidak menghapus data-data penting yang masuk ke dalam email itu sendiri. 

Jika membutuhkan arsip surat, Anda juga bisa dengan mudah untuk mencarinya, karena terdapat fitur pencari atau search bar di dalam kotak masuk email. Anda cukup mengetik nama pengirim surat atau kata kunci terkait surat yang ingin dicari, maka surat tersebut dapat langsung ditemukan dengan mudah.

3. Memberikan layanan tambahan yang menunjang bisnis

Tak hanya itu saja, email bisnis juga bisa memberikan layanan tambahan untuk menunjang berjalannya proses operasional perusahaan. Email yang digunakan perusahaan tentunya berbeda dengan email biasa yang digunakan untuk kebutuhan pribadi. 

Maka dari itu, pasti ada fitur-fitur yang lebih unggul dan dapat digunakan untuk kebutuhan perusahaan.

Contoh fitur tersebut, yaitu layanan email grouping, shared contact, task, calendar, dan sebagainya. Dengan adanya berbagai fitur tersebut, kegiatan perusahaan dapat sangat terbantu dengan adanya email bisnis.

Manfaat Mempunyai Email Bisnis dengan Domain Sendiri

 

Cara Membuat Email Bisnis
Sumber: pexels.com/Torsten Dettlaff

Email bisnis sebaiknya dibuat dengan menggunakan nama domain sendiri. Sebab, email bisnis dengan nama domain sendiri bisa memberikan berbagai manfaat seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Memperkenalkan Bisnis atau Perusahaan

Dengan adanya email bisnis, Anda dapat memperkenalkan bisnis atau perusahaan yang Anda miliki. Dengan melihat alamat email saja, penerima bisa langsung mengenali bisnis Anda. 

Tak hanya itu, email bisnis juga dapat menjadi media untuk mengirimkan company profile kepada calon mitra, calon investor, rekan kerja, atau bahkan pelanggan dengan mudah dan lebih leluasa. Selain memperkenalkan bisnis Anda, email bisnis juga akan menjadi sarana untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

2. Menunjukkan kesan profesional

Keberadaan email bisnis sangat penting bagi perusahaan, karena akan memberikan kesan yang profesional kepada penerima email. Bisnis yang Anda miliki tentunya akan mendapatkan nilai dan kesan yang lebih baik dari klien, pelanggan, atau mitra kerja bila mempunyai sebuah email yang profesional.

Memiliki email bisnis dengan domain sendiri juga akan memberikan reputasi khusus di mata sesama pebisnis dan konsumen. Secara lebih lanjut, ini akan memberikan kepercayaan pada pengirim dan penerima email. 

3. Mempermudah untuk menyebarkan informasi

Manfaat selanjutnya yang akan diperoleh perusahaan dengan adanya email bisnis adalah memudahkan dalam proses menyebarkan informasi yang terkait dengan bisnis Anda.

Berkomunikasi dengan menggunakan email bisnis akan lebih efisien dan mempermudah penyebaran informasi kepada investor, supplier, konsumen, rekan bisnis, atau Anda. Contohnya, informasi mengenai perubahan harga produk, perihal kerjasama, jadwal libur, dan lain sebagainya.

4. Lalu lintas data email lebih terarah

Dengan memiliki email bisnis, dapat dipastikan bahwa traffic data akan lebih cepat dan lebih terarah, karena data email yang dikirim dan terima tidak tergabung dengan jutaan pengguna email lainnya.

Terlebih lagi, Anda juga bisa mendapatkan dukungan dari pihak hosting yang selalu siap sedia membantu menjawab kebutuhan Anda.

Hal-Hal yang Harus Disiapkan Untuk Membuat Email Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk membuat email bisnis, Anda membutuhkan nama domain dan akun web hosting. Nama merupakan adalah alamat web khusus yang dipakai untuk mengakses website. Domain kustom Anda akan disertakan dalam alamat email bisnis, contohnya nama@bisnisanda.com

Anda dapat membeli nama domain dari perusahaan yang disebut registrar domain. Sementara, akun web hosting memungkinkan Anda untuk menyewa ruang di server, kemudian menggunakannya untuk membangun dan mengelola website dan menghosting koyak email bisnis. Perusahaan yang menawarkan layanan ini disebut provider web hosting.

Terdapat berbagai tipe hosting yang menyesuaikan dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Sejumlah provider hosting akan menawarkan layanan email bisnis bersama dengan pembelian hosting. Sebetulnya, Anda tak harus selalu membeli paket hosting untuk membuat alamat email bisnis. 

Namun, Anda perlu mempunyai setidaknya satu domain aktif. Terdapat banyak domain murah yang bisa langsung dibeli dan didaftarkan. Dibawah ini langkah-langkah untuk membeli nama domain dan paket hosting yang Anda jika akan membuat email bisnis.

  1. Kunjungi website provider web hosting yang Anda inginkan.
  2. Tentukan nama domain yang tepat untuk bisnis Anda. Disarankan untuk memilih domain bisnis yang singkat dan mudah diingat.
  3. Gunakan alat cek domain yang tersedia untuk mengecek ketersediaan nama yang Anda inginkan dengan mengetik nama domain bisnis Anda pada kolom yang ada.
  4. Lalu, Anda akan diarahkan ke halaman domain yang tersedia.
  5. Anda dapat memilih ekstensi domain yang paling sesuai dengan bisnis Anda dan mengecek harganya. Supaya mudah diingat, pilih ekstensi yang umum seperti .com, .net, atau .org.
  6. Setelah menentukan nama dan ekstensi domain, klik tambah ke keranjang, lalu lanjut ke halaman checkout.
  7. Pilih periode berlangganan domain yang tersedia, kemudian pilih checkout dan lanjutkan pembayaran. 
  8. Anda kemudian akan diminta untuk masuk ke akun web hosting Anda atau diarahkan untuk membuat akun.

Cara Membuat Email Perusahaan Secara Gratis

Cara Membuat Email Bisnis
Sumber: pexels.com/picjumbo_com

Anda tidak harus memiliki web hosting untuk membuat email bisnis dengan domain nama perusahaan. Jika selama ini Anda merupakan pengguna Gmail dari Google sebagai email provider, Anda bisa memanfaatkan Google Workspace sebagai layanan email bisnis yang lebih profesional. 

Google Workspace menawarkan fitur yang sama persis dengan layanan Gmail gratis dan keistimewaan untuk menentukan identitas bisnis atau brand online Anda sendiri (custom nama email domain), tanpa perlu memiliki atau menyewa web hosting terlebih dahulu.

Langkah untuk membuat email perusahaan dengan domain sendiri di Google adalah sebagai berikut

  1. Buat akun Google Workspace. 
  2. Verifikasi kepemilikan domain untuk memastikan tak ada bisnis lain yang menggunakan nama domain yang sama.
  3. Tambahkan pengguna lain ke Google Workspace, jika diinginkan. Anda bisa menambahkan beberapa akun atau pengguna baru untuk menggunakan layanan Google Workspace.
  4. Atur layanan untuk Gmail bisnis. Anda bisa mengatur layanan bisnis pada Gmail sesuai kebutuhan Anda.
  5. Setting migrasi email lama Anda dan sinkronisasi penggunaan mobile device. Hal ini memungkinkan Anda untuk tetap menyimpan data dari email lama Anda, dan bisa mengaksesnya dari perangkat seperti ponsel, tablet, laptop, dan PC, kapan saja melalui akun Gmail bisnis.

Grameds, itu dia penjelasan tentang pengertian, fungsi, manfaat, dan cara membuat email bisnis. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan baru dan manfaat bagi Anda. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu siap memberikan informasi terbaru dan terlengkap untuk Anda. 

Jika ingin mencari buku seputar email, maka kamu tak perlu bingung mencarinya, karena bisa dengan mudah mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca

Rekomendasi Buku Terkait Cara Membuat Email Bisnis

Membangun Bisnis Online Dengan Email Marketing

Cara Membuat Email Bisnis

Buku Membangun Bisnis Online dengan Email Marketing adalah sebuah buku teknologi komputer berbasis jaringan komputer. Buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, supaya pemula bisa memahaminya secara jelas dan terstruktur.

Email marketing akan membantu Anda untuk membangun interaksi dan hubungan dengan calon konsumen, klien, atau investor bisnis Anda. Tidak hanya itu, email marketing juga dapat menjadi senjata andalan untuk mendukung pemasaran bisnis Anda. 

Untuk itu, pastikan Anda menjalankan email marketing. Buku ini akan menjadi panduan lengkap untuk belajar email marketing bagi pemula. Buku ini akan memandu Anda memanfaatkan email marketing untuk keberhasilan bisnis. Adapun pembahasan menarik dalam buku ini adalah sebagai berikut.

  • Pengenalan akan email marketing untuk pemula, mencakup pembahasan persiapan untuk melakukan email marketing.
  • Panduan lengkap untuk membuat website untuk mendukung email marketing. Anda akan dipandu langkah demi langkah untuk membuat website.
  • Strategi konten dalam melakukan email marketing. Mulai dari konten untuk membangun interaksi dengan konsumen, calon pembeli, ataupun klien.
  • Berbagai alat keren untuk mendukung kegiatan email marketing yang Anda lakukan.
  • Panduan langkah demi langkah untuk melakukan email marketing, mulai dari mempersiapkan autoresponder, membuat formulir pendaftaran email, mengirimkan email secara otomatis, membuat email untuk subscriber, dan kiat-kiat promosi menggunakan email marketing.
  • Cara meningkatkan penjualan produk menggunakan email marketing.

Total Pack: Rahasia Sukses Membangun Bisnis Internet+cd

Cara Membuat Email Bisnis

Pengembangan bisnis internet memerlukan suatu gebrakan bersama, yang menyadarkan pentingnya bisnis ini dan menjadi sebuah isu nasional sampai ke pelosok tanah air, supaya bisnis internet ini bisa menjadi bagian dari kehidupan masyarakat seutuhnya. Dengan begitu, transaksi di internet akan semakin bertambah dan tai terbatas hanya bagi kalangan tertentu. 

Selain itu, akan banyak bermunculan Usaha Kecil Menengah berbasis internet untuk memperkuat perekonomian bangsa ini. Buku Total Pack: Rahasia Sukses Membangun Bisnis Internet akan membahas secara mendalam mengenai berbagai bisnis internet, seperti toko online produk tunggal, toko online produk banyak, reseller, bisnis afiliasi, blogging for money, bisnis portal, paid per click, paid per review, dan parkir domain. 

Buku ini tak hanya membahas pengenalan atau pengertian, tetapi lebih dari itu buku ini akan memberikan tutorial langkah demi langkah untuk aplikasi langsung dari setiap bisnis internet tersebut. Buku ini tak hanya memberitahukan Anda arah jalan, tapi akan mengantarkan Anda sampai ke tujuan dimana harta karun internet dapat Anda temukan. 

Buku ini memandang bahwa bisnis internet adalah semua bentuk bisnis yang terkait dengan penggunaan media internet, baik internet sebagai inti dari bisnis dan internet sebagai sebuah media pendukung bisnis inti. Bisnis internet merupakan sebuah hutan belantara yang membutuhkan suatu peta, supaya Anda tidak tersesat. 

Buku ini menjadi peta yang akan mengantarkan Anda ke harta karun dari bisnis internet tersebut. Materi yang akan dibahas dalam buku ini adalah Toko Online, Pay Per Click, Paid to Review, Afiliasi, Parking Domain, dan 27 Rahasia Promosi Terhebat di Internet.

Tingkatkan Omzet Bisnis dengan Email Marketing

Cara Membuat Email Bisnis

 

Apakah omzet dari bisnis Anda terus menurun dari waktu ke waktu? Apakah sekarang ini bisnis Anda juga sedang macet di tengah jalan? Apakah saat ini Anda sedang mencari solusinya? 

Bila sebelumnya Anda sudah mencoba semua teknik marketing, tetapi tak kunjung membuahkan hasil, atau malah mengalami kegagalan, maka Anda harus menggunakan jurus pamungkasnya, yakni email marketing. Email marketing adalah sebuah sarana terbaik untuk melakukan prospek promosi atau pemasaran di internet dengan cepat dan jitu untuk menaikkan omzet penjualan, dengan biaya pengeluaran yang paling minimal. 

Mengapa pemasaran dengan metode email marketing sangat efektif? Buku Tingkatkan Omzet Bisnis dengan Email Marketing akan menunjukkan kepada Anda bahwa pemasaran dengan cara ini sangat aman, bisa dipercaya, sangat cepat dan akurat, dan dipastikan tidak akan banyak menghadirkan kendala atau masalah. 

Promosi dengan email marketing sangat praktis dan murah untuk membangun bisnis yang sukses sekaligus meningkatkan profit Anda. Buku ini akan mengajarkan Anda bagaimana cara menggunakan email marketing dengan memanfaatkan 10 Autoresponder pilihan yang banyak dipakai oleh online marketer kelas dunia.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pemasaran/ketahui-fungsi-dan-manfaat-email-perusahaan-untuk-usahamu 

https://blog.eikontechnology.com/cara-membuat-email-dengan-domain-nama-perusahaan-di-google/

https://www.hostinger.co.id/tutorial/email-bisnis#:~:text=Email%20bisnis%20adalah%20alamat%20email,penunjang%20kinerja%2C%20dan%20branding%20perusahaan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nuryanto H

Memiliki latar belakang yang berhubungan dengan dunia teknologi, tentunya menulis mengenai kemajuan teknologi selalu menjadi salah satu hal yang digemarinya. Mulai dari review HP, laptop hingga perangkat teknologi lainnya.