in

Cara Main UNO dan Jenis Kartu serta Fungsinya dalam Permainan

Cara main Uno – Tentunya, banyak dari kita yang sudah tidak asing lagi dengan permainan yang satu ini. Uno merupakan salah satu permainan kartu yang berwarna-warni yang mempunyai angka serta simbol. Dulu, Uno diciptakan oleh seorang owner barbershop yang bernama Merle Robbins di Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1971.

Permainan yang satu ini cukup mengasyikkan karena bisa dimainkan secara berkelompok, umumnya dua hingga sepuluh orang. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa dapat memainkan permainan ini.

Nah pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai tata cara main Uno yang bisa kita tiru. Sebab, permainan ini dapat kita manfaatkan untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman. Sebelum menjelaskan secara rinci mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Uno, di bawah ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis kartu yang ada di dalam permainan Uno.

Jenis-Jenis Kartu Yang Ada Dalam Permainan UNO

Sebelum mulai permainannya dan mempelajari cara main Uno, sebaiknya kita mengenal dulu nama-nama dari kartu Uno. Jadi, di dalam satu set Uno ada empat warna, yakni kuning, merah, hijau, dan merah. Pada setiap setnya berisi 112 kartu yang terdiri dari 76 kartu biasa dan 36 kartu aksi. Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci mengenai kartu-kartu tersebut, antara lain:

1. Kartu Biasa

kartu biasa uno

[algolia_carousel]

Kartu biasa ini mempunyai empat warna dengan nomor yang tertera yakni antara 0 hingga 9. Angka 1 sampai 9 mempunyai dua kartu di setiap warnanya. Sementara untuk angka 0 hanya berjumlah satu kartu setiap warnanya. Sehingga, total dari setiap warna yaitu 19, yakni 19 merah, 19 biru, 19 kuning, dan 19 hijau.

2. Kartu Aksi

kartu aksi uno

Terdapat beberapa jenis kartu aksi yang ada di dalam satu set kartu UNO, yaitu +2, +4, skip, putar balik, warna bebas, dan juga kartu kosong. Di bawah ini adalah penjelasan selengkapnya.

Ada 2 setiap warnanya. Kartu ini berfungsi untuk:

– Kartu yang satu ini dipakai saat warna kartu teratas sama dengan kartu +2 atau sama-sama merupakan kartu +2.
– Untuk pemain berikutnya yang terkena kartu tersebut (tidak mempunyai kartu +2 ketika pemain sebelumnya mengeluarkan kartu) maka mereka harus mengambil dan tidak memperoleh kesempatan bermain.
– Apabila kartu tersebut keluar di awal permainan, maka orang pertama yang akan bermain harus mengambil dua kartu dan tidak bisa mengeluarkan kartunya atau langsung lanjut pemain berikutnya.

2. Kartu Reverse Atau Putar Balik

Kartu yang satu ini berjumlah 8 dan masing-masing warna mempunyai dua kartu ini, diantaranya:

Fungsi:

– Kartu yang satu ini boleh dikeluarkan dengan cara menyesuaikan warna kartu sebelumnya atau sesama reverse card.
– Kartu tersebut berguna untuk merubah arah permainan, misalnya saja yang pertamanya giliran diberikan searah dengan jarum jam, saat ini dikeluarkan putaran permainannya akan berubah menjadi berlawanan dengan arah jarum jam.
– Apabila hanya terdapat dua pemain, maka kartu tersebut akan berubah menjadi kartu skip, itu artinya Anda dapat bermain lagi setelah mengeluarkan kartu ini.
– Apabila kartu tersebut keluar di awal permainan, maka pemain yang pertama adalah orang yang ada di sebelah kanan pengocok kartu atau juga bisa orang yang pertama kali mulai dan permainan berjalan terus ke arah kanan.

3. Kartu Skip

Terdapat delapan kartu skip yang masing-masing warna mempunyai dua kartu skip. Untuk fungsinya sendiri adalah sebagai berikut:

– Sama seperti yang sebelumnya, kita perlu menyesuaikan warna atau simbol bila ingin mengeluarkan kartu ini.
– Adapun fungsi dari kartu ini yaitu untuk memberhentikan pemain berikutnya sesuai dengan jumlah kartu skip yang dikeluarkan.
– Jika kartu ini keluar di awal permainan, maka pemain pertama yang ada di sebelah kiri pengocok tidak boleh bermain dulu, kemudian langsung lanjut ke pemain kedua.

4. Kartu +4 (Wild Draw Four)

Di dalam satu set UNO, terdapat 4 kartu +4 (Wild Draw Four)yang dapat kita gunakan untuk semua warna. Untuk fungsinya sendiri adalah sebagai berikut:

– Kartu yang satu ini hanya boleh digunakan saat kita tidak mempunyai kartu lain di tangan yang bisa kita mainkan.
– Arti dari kartu ini hampir sama dengan +2 akan tetapi kali ini yang harus diambil yaitu 4 kartu.
– Kita juga dapat memiliki warna yang akan dimainkan berikutnya apabila mengeluarkan kartu ini.
– Kartu yang satu ini tidak sah jika keluar di awal permainan. Sehingga bila ada permulaan yang muncul adalah kartu ini, maka disarankan untuk dimasukkan kembali ke tumpukan kartu dan diganti dengan kartu lainnya.
– Penting untuk seorang pemain bisa memberikan challenge kepada orang yang mengeluarkan kartu bila mereka tidak percaya bahwa si pemain yang mengeluarkan kartu tidak memiliki kartu lain yang bisa dimainkan. Tantangannya yaitu orang yang mengeluarkan kartu harus menunjukkan kartu apa saja yang ada di tangannya. Bila ternyata Ia mempunyai kartu lain, maka Ia harus mengambil 4 kartu. Akan tetapi bila ternyata Ia memang tidak memiliki kartu lain, maka si pemberi tantangan harus mengambil 4 kartu dan juga 2 kartu tambahan. Orang yang bisa memberikan challenge ini adalah orang yang terkena dampak dari kartu wild draw four. Jadi, hanya pemain berikutnya setelah pengeluar kartu.

5. Kartu Wild

Terdapat 4 kartu wild atau kartu yang berwarna bebas yang bisa dipakai untuk warna apa saja. Adapun fungsinya yaitu:

– Kartu ini dapat dikeluarkan kapan saja dan dengan warna apa saja.
– Fungsinya sendiri yaitu hanya untuk memilih warna. Hal ini umumnya digunakan saat pemain tidak memiliki warna yang ada di bagian atas kartu buangan.
– Apabila kartu tersebut muncul pada awal permainan, maka pemain yang ada di sebelah kiri pengocok dapat bebas memilih warna apa yang ingin Ia mainkan. Lalu, Ia boleh mengeluarkan kartu pertamanya.

6. Kartu Blank

Kartu blank atau kartu kosong biasanya berjumlah 4 kartu. Ini merupakan kartu tambahan yang sebenarnya tidak memiliki arti apa-apa. Namun kartu ini dapat menjadi kartu yang spesial, seperti misalnya:

– Kartu ini bisa dipakai sebagai pengganti kartu yang hilang. Misalnya saja, kartu kuning nomor 7 hilang, maka kita bisa menggantinya dengan kartu kosong ini.
– Selain itu, kita bisa menjadikan kartu ini menjadi kartu lain dengan aturan yang kita buat sendiri. Misalnya saja, dijadikan sebagai kartu keberuntungan yang dapat pemain pakai sesuka hati saat kepepet atau sebagai kartu mirror yang bisa menduplikat kartu sebelumnya.

Cara Main UNO

Sebenarnya, cara main UNO tergolong cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkah bisa ditiru untuk para pemula yang ingin bermain kartu UNO.

1. Kocok kartu dan keluarkan 7 kartu untuk setiap pemain

cara main uno

Cara main Uno yang pertama yang pasti kita harus mengocok satu set kartu UNO yang sudah disiapkan. Kemudian bagian dengan jumlah 7 kartu untuk setiap pemain. Kartu tersebut dibagikan dalam posisi terbalik.

2. Simpan sisa kartu di tengah meja

cara main uno

Cara main Uno yang kedua adalah menyimpan sisa kartu di tengah meja. Setelah dibagikan, kartu UNO yang tersisa bisa diletakkan tengkurap atau menghadap ke bawah. Tumpukan kartu tersebut nantinya akan digunakan oleh para pemain untuk mengambil kartu baru.

3. Ambil dan buka kartu teratas dari tumpukan kartu untuk memulai permainan

cara main uno

Setelah itu, ambil kartu yang paling atas dan simpan di bagian samping tumpukan kartu dengan posisi terbuka atau angka serta warnanya terlihat. Kartu tersebut dipakai untuk memulai permainan dan seiring dengan berjalannya permainan, maka kartu tersebut akan menjadi tumpukan atau buangan.

4. Keluarkan kartu sesuai warna, nomor, atau simbol pada kartu yang dibuka

[algolia_carousel page=2]

Kemudian, para pemain harus mengeluarkan kartu dengan warna, kata, nomor, dan juga simbol yang sama dengan kartu yang terbuka di tengah meja. Misalnya saja, bila kartu yang terbuka di tengah meja adalah kartu angka 8 yang berwarna hijau, maka kita dapat mengeluarkan kartu angka berapa saja yang berwarna hijau ataupun kartu dengan warna apa saja yang memiliki angka 8.

5. Ambil kartu dari tumpukan kartu jika kamu tidak memiliki kartu yang bisa dikeluarkan

Ketika memperoleh giliran dan tidak ada kartu dengan nomor, warna, ataupun simbol yang sama dengan kartu yang sudah terbuka di tengah meja, maka kita bisa ambil satu kartu dari tumpukan kartu dan simpan.

6. Perhatikan antara kartu aksi dengan kartu biasa

Ketika sedang bermain, perhatikan kartu apa saja yang dapat dikeluarkan. Apakah itu akrtu aksi ataupun kartu biasa. Kartu biasa merupakan kartu yang hanya berisi angka biasa, sementara kartu aksi merupakan kartu yang mempunyai aksi sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan sebelumnya. Keluarkan semua kartu tersebut sesuai dengan apa yang ada di dalam kartu buangan.

Perhatikan hal-hal mengenai kartu berikut ini, bila pemain pertama mengeluarkan kartu aksi sebagai berikut:

Skip = Maka kita tidak dapat bermain, itu artinya giliran akan langsung diberikan kepada pemain ketiga.
Wild = Maka kita harus mengeluarkan kartu yang sesuai dengan warna yang ditentukan oleh pemain pertama.
Draw two (+2) = Kita harus mengambil 2 kartu dan tidak dapat mengeluarkan kartu.
Wild draw four (+4) = Maka kita harus mengambil 4 kartu, atau dapat memberikan sebuah challenge atau tantangan kepada pemain pertama (seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya).

7. Katakan “UNO” saat kartu tersisa satu di tangan

Permainan akan terus berjalan hingga ada satu pemain yang hanya mempunyai satu kartu saja di tangannya. Pada tahapan ini, pemain yang hanya memiliki satu kartu di tangannya harus mengatakan “UNO”. Apabila tidak mengatakan hal tersebut, maka Ia akan memperoleh hukuman ketika pemain lain mengetahuinya.

8. Mainkan kartu terakhir untuk memenangkan permainan

Setelah hanya tersisa satu kartu saja dan kita sudah mengatakan “UNO”, maka kita bisa mengeluarkan kartu tersebut pada putaran berikutnya. Apabila dapat mengeluarkan kartu terakhir sebelum orang lain selesai, maka kita akan memenangkan permainan ini.

9. Menghitung score

Score dari permainan ini akan dihitung saat sudah ada satu pemain yang memenangkan permainan ini atau kartu mereka sudah habis. Maka pemain lain yang masih memiliki kartu akan dihitung scorenya untuk nantinya diberikan kepada pemenang di ronde tersebut. Catat poin untuk setiap ronde permainan dan tetaplah bermain sampai pemain yang mendapatkan 500 poin. Pemain yang sudah mendapatkan score 500, maka Ia lah pemenangnya.

Berikut ini adalah cara menghitung score kartu yang tersisa:

Kartu biasa sesuai dengan angka yang tertera: 1 bernilai 1, 5 bernilai lima, 8 bernilai 8
Kartu aksi scorenya sebagai berbeda-beda:

– +2, skip, dan reverse bernilai 20 poin
– +4 dan wild bernilai 50 poin

Demikian penjelasan singkat mengenai cara main UNO yang bisa ditiru di rumah. Yuk langsung coba bermain bersama teman ataupun keluarga di rumah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah