in

Rekomendasi 15 Buah yang Mengandung Vitamin A dan Olahannya

pixabay.com

Buah yang Mengandung Vitamin A – Vitamin A di dalam makanan terbagi menjadi dua bentuk, yaitu retinol serta karotenoid (beta karoten). Retinol ini banyak ditemukan pada produk hewani, makanan yang difortifikasi vitamin A, serta suplemen. Retinol juga banyak ditemukan pada hati sapi. Di dalam satu porsi (85 gram) hati sapi ini terkandung sekitar 6.600 mikrogram retinol yang setara juga dengan 10-11 kali kebutuhan vitamin A harian.

Vitamin A itu sendiri bukan hanya terdapat pada hati sapi saja, tetapi juga banyak terkandung di buah-buahan. Namun, terkadang masih ada sebagian orang yang belum mengetahui buah-buahan yang mengandung vitamin A. Apakah kamu sudah mengetahui buah-buah apa saja yang memiliki kandungan vitamin A cukup banyak?

Jangan cemas, karena pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang buah yang mengandung vitamin A beserta dengan contoh olahannya. Jadi, simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Daftar Buah yang Mengandung Vitamin A

Berikut ini beberapa buah yang mengandung vitamin A yang baik bagi tubuh.

1. Buah Mangga

Buah yang Mengandung Vitamin A
pixabay.com

Jumlah vitamin A dalam satu buah mangga utuh adalah 112 mcg. Buah vitamin A yang pertama ialah buah mangga, yang mengandung setara dengan 45% jumlah kebutuhan hariannya. Berbagai kandungan lainnya seperti diantaranya antioksidan serta serat makanan juga turut berperan dalam meningkatkan fungsi usus serta mengendalikan gula darah.

2. Buah Semangka

Buah yang Mengandung Vitamin A
pixabay.com

Jumlah vitamin A di dalam buah semangka adalah 100 gram: 569 IU. Tak hanya segar, buah semangka juga termasuk salah satu buah yang kemudian mengandung vitamin A serta berbagai nutrisi baik lainnya di dalam tubuh. Mulai dari kalium, magnesium, hingga aneka vitamin seperti vitamin B serta vitamin C. Dengan rutin mengkonsumsi buah ini, maka bisa mencegah peradangan, menyehatkan kulit serta rambut hingga menyehatkan jantung. Selain itu, juga akan menurunkan tekanan darah serta kolesterol.

3. Buah Jambu

Jumlah vitamin A dalam 100 gram buah jambu adalah 624 IU. Mungkin sebagian orang tidak tahu bahwa jambu biji kemudian termasuk ke dalam buah vitamin A. Dengan mengonsumsi 100 gram setiap harinya, kemudian akan membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin A. Beberapa manfaat yang akan kamu rasakan diantaranya adalah menurunkan gula darah, menyehatkan pencernaan, juga menjaga kesehatan jantung.

4. Buah Melon

Buah yang Mengandung Vitamin A
pixabay.com

Jumlah vitamin A dalam 1/2 gelas cangkir adalah 135 mcg. Buah melon jingga juga memiliki kandungan vitamin A yang setara dengan 54% dalam jumlah kebutuhan harian. Melon jingga juga menjadi salah satu buah yang mengandung sumber antioksidan serta vitamin C yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, melon jingga juga berperan melindungi tubuh dari berbagai bakteri serta virus penyebab penyakit.

5. Buah Alpukat

Buah yang Mengandung Vitamin A
pixabay.com

Jumlah vitamin A dalam 100 g buah alpukat adalah 1.926 IU. Tak hanya mengandung vitamin A, alpukat juga menjadi salah satu buah yang kaya akan magnesium. Perlu diketahui, satu buah alpukat kemudian mengandung 58 miligram magnesium.

Dengan nilai ini kemudian telah mampu memenuhi kebutuhan magnesium harian dalam tubuh hingga 16%. Buah berdaging kuning kehijauan ini juga diperkaya dengan kalium, serat serta vitamin C. Kemampuan buah ini juga akan menjaga gula darah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

6. Buah Blewah

Jumlah vitamin A dalam 100 g buah blewah adalah 1,69 g Umumnya, buah blewah lebih sering ditemukan saat bulan Ramadhan sebagai campuran dalam sop buah. Rasanya yang menyegarkan dan manis membuatnya cocok dikonsumsi sebagai pelepas dahaga.

Buah berwarna oranye ini merupakan buah yang mengandung vitamin A serta kesehatan mata. Adanya beta karoten di dalamnya juga turut berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas, sehingga terhindar dari penyakit kronis.

7. Buah Pepaya

Buah yang Mengandung Vitamin A
pixabay.com

Selain kaya akan kandungan vitamin A, buah berwarna oranye ini kemudian juga mengandung banyak serat, karbohidrat, vitamin B, kalium, magnesium, protein, vitamin C, dan juga kalsium. Tak heran, jika pepaya bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan, kulit, serta jantung dan mencegah resiko pertumbuhan sel-sel kanker.

Meski kaya akan nutrisi yang menguntungkan, sayangnya tak semua orang kemudian menyukai buah yang satu ini karena aroma yang dimiliki terlalu menyengat serta tekstur yang terlalu lembek.

8. Buah Nanas

Buah yang Mengandung Vitamin A
pixabay.com

Jumlah vitamin A yang terkandung di dalam 100 g buah nanas adalah: 58 IU. Mungkin sebagian orang beranggapan buah nanas hanya mengandung vitamin C, tetapi ternyata buah kuning dengan rasa asam yang khas ini kemudian mengandung banyak vitamin A.

Di dalam buah ini, terdapat juga kandungan bromelain yang berpotensi mengurangi durasi sinusitis dan memperlancar serta mengurangi masalah peradangan pada saluran pernapasan. Perlu diingat bahwa buah nanas tidak boleh dikonsumsi berlebihan dan hanya boleh dikonsumsi sebanyak 12 gram saja setiap harinya.

9. Buah Anggur

Jumlah vitamin A yang terkandung di dalam 100 g buah anggur adalah 66 IU. Buah yang memiliki rasa manis serta sedikit rasa asam ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, serta vitamin K. Selain itu, buah ini juga mengandung asam galat, glikosida, mangan, zat besi, serta kalsium. Mengonsumsi buah anggur juga dapat mengurangi risiko kanker payudara, gangguan prostat, serta usus besar. Dapat dikatakan buah ini kemudian berperan dalam menyehatkan ginjal serta pencernaan.

10. Buah Apel

Buah yang Mengandung Vitamin A
pixabay.com

Jumlah vitamin A dalam 100 g buah apel adalah 58 IU. Buah Apel merupakan salah satu buah yang cukup populer dengan tekstur renyah serta memiliki rasa yang manis. Berdasarkan sebuah penelitian, buah ini juga mengandung serat cukup tinggi. Tak hanya itu, buah apel juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, kalium, vitamin K, serta vitamin B. Kandungan antioksidan yang melimpah di dalamnya kemudian berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi risiko diabetes tipe 2, kanker, hingga Alzheimer.

11. Buah Kiwi

Buah yang Mengandung Vitamin A
pixabay.com

Jumlah vitamin A di dalam buah kiwi per 100 g adalah 87 IU. Buah berwarna hijau ini kemudian memiliki kandungan vitamin A yang terbilang cukup memenuhi kebutuhan vitamin A harian. Di samping itu, buah yang memiliki rasa asam ini kemudian mengandung sejumlah zat bergizi lainnya seperti diantaranya pada vitamin C, vitamin E, vitamin K, mineral, serta fito chemical. Mengonsumsi kiwi secara rutin juga akan menyehatkan matamu lho.

12. Buah Nangka

Jumlah vitamin A yang terkandung di dalam 100 g buah nangka adalah 110 IU. Selain mudah dijumpai di Indonesia, buah tropis ini juga mengandung vitamin dengan jumlah cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi buah nangka secara rutin kemudian akan menjaga serta merawat kesehatan mata dan kulit. Buah berduri ini juga akan memiliki kandungan zat bergizi lainnya, yang diantaranya adalah kalsium, potassium, dan juga fosfor.

13. Buah Kurma

Siapa yang tak kenal buah satu ini? Saat bulan Ramadhan, hampir semua yang menjalani ibadah puasa kemudian menjadikan kurma sebagai takjil saat berbuka puasa. Di samping rasanya yang enak, buah kurma juga sehat bagi tubuh karena mengandung vitamin, termasuk diantaranya vitamin A. Dalam 100 gr kurma, terdapat 149 IU vitamin A. Kandungan fruktosa dekstrosa pada kurma juga kemudian menjadikan buah ini menjadi sumber energi.

14. Buah Labu

Terakhir, ialah buah labu. Buah yang sering dijadikan dekorasi pesta Halloween ini kemudian memiliki kandungan vitamin A, yaitu 217 IU per 100 gr. Angka ini juga telah memenuhi 36% dari total kebutuhan vitamin A harian. Buah Labu juga mengandung mineral yang bermanfaat banyak bagi kesehatan tubuh.

Berapa Angka Kebutuhan Vitamin A Harian yang Ideal?

Mengenai berapa angka kebutuhan vitamin A harian yang ideal bagi tubuh, kamu dapat melihatnya di poin berikut:

  • Pada Pria kebutuhan Vitamin A adalah 0,6 mg/hari
  • Pada Wanita kebutuhan Vitamin A adalah 0,5 – 0,6 mg/hari
  • Pada Wanita Hamil kebutuhan Vitamin A 0,8 – 0,9 mg/hari

Pastikan tubuhmu mendapatkan terapi vitamin A setiap hari dengan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin A, atau jenis makanan lainnya dengan kandungan vitamin yang sama, seperti diantaranya pada Ikan salmon, susu, wortel, telur, bayam.

Olahan Buah Vitamin A

Setelah mengetahui daftar buah yang mengandung vitamin A, maka kamu juga perlu mengetahui olahan buah vitamin A, antara lain.

1. Salad Alpukat

Tinggal di negara tropis dengan cuaca di musim panas yang sangat terik kemudian akan membuat kulitmu menjadi kurang ternutrisi, oleh karenanya sebaiknya kamu memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti diantaranya pada buah alpukat. Kamu bisa membuat olahan menu salad alpukat lezat dengan campuran sedikit olive oil, juga perasan lemon dan jagung manis yang baik untuk kemudian memperlancar sistem pencernaan.

2. Es Krim Stik Buah Mangga

Buah mangga ini memang memiliki banyak jenisnya dan sangat nikmat ketika disantap secara langsung, apalagi jika sudah dipotong dengan ukuran bitesize dan dingin, siapapun mungkin tak akan bisa menolaknya. Namun, bagimu yang memilih bermusuhan dengan buah yang satu ini, kamu dapat mencoba es krim stik buah mangga. Caranya sangat mudah, kamu tinggal menghaluskan buah mangga dan campurkan dengan susu kental manis, gula, serta air dingin, lalu jangan lupa untuk taruh di cetakan serta berikan stik untuk pegangannya.

Penutup

Pada dasarnya, hampir semua buah memiliki vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Meski mengandung banyak vitamin A, tetapi sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan, mengapa begitu? Hal ini karena bisa menimbulkan beberapa penyakit atau gangguan kesehatan. Dengan kata lain, kamu juga harus bisa mengatur untuk mengonsumsi buah secara teratur.

Dari daftar buah yang mengandung vitamin A di atas, hampir semua buah-buahan ini kemudian dapat kamu temukan dengan mudah di Indonesia. Demikian pembahasan tentang buah yang mengandung vitamin A. Semoga semua pembahasan di atas menambah wawasan dan bermanfaat untuk Grameds.

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Buah dengan Vitamin A

1. Resep Sop Buah

Membayangkan Sop Buah? Hhhmmm… pasti menggiurkan. Apalagi di tengah siang yang terik. Terbayang kesegaran dan rasa dingin dari perpaduan antara buah potong, saus, sirup, dan es batu.Buah-buahan dan bahan yang digunakan beraneka macam dan mudah didapat. Variasinya terserah selera Kamu. Saus atau sirupnya pun sesuai selera.

Ingin sedikit asam, tinggal tambahkan yoghurt. Atau tambahkan sedikit soda, rasanya menjadi lebih berani.Buku ini menampilkan 28 variasi resep Sop Buah yang dapat Kamu coba. Sesuaikan dengan selera dan silakan berimprovisasi. Yuk, segarkan harimu dan keluarga dengan sajian Sop Buah yang menyehatkan buatan sendiri.

2. EXO – Buah Unik Cara Buahkan dan Rawat

Sedap dipandang, sedap di lidah. Itulah nanas bertanduk. Setiap mata pada buah nanas itu menjulur sepanjang 20 cm. Padahal, sebuah nanas terdiri atas 50 mata tunas. Berarti terdapat 50 “tanduk” pada sebuah Ananas comosus eksotis itu. Sedap di lidah karena cita rasanya manis–kadar gula 10,4° bricks.

Tak perlu mengupas kulit buah untuk mengonsumsi nanas unik itu, tarik saja mata tunas yang memanjang itu. Pluk! Mata tunas terlepas dari buah seraya membawa daging buah yang berwarna jingga terang. Nanas bertanduk hanya salah satu buah unik yang kian digemari.

Beragam buah unik lain seperti ackee, atemoya, butternut, sawo ciku, barbados cherry, dan beach cherry layak menghias teras. Namun, perlu kiat khusus membuahkan buah-buah eksotis itu. Strategi membuahkan buah-buah unik itu terdapat dalam buku ini, selain cara perbanyakan, pemangkasan, dan pemupukan.

3. Resep Puding Buah Favorit ala Cafe

Puding adalah makanan yang terbuat dari air, agar-agar, gula, susu, dan campuran jenis bahan lainnya, yang dimasak, kemudian dituang ke dalam cetakan, dan disantap saat sudah membeku.Selain sebagai makanan penutup, ada beberapa jenis puding yang cocok disantap sebagai makanan selingan, disajikan di antara waktu makan.

Puding buah adalah salah satu yang menjadi favorit, selain cita rasanya segar, tentu saja menyehatkan, karena kandungan vitamin pada buah dipadu dengan agar-agar dan susu, menjadikan sajian ini lebih lengkap kandungan gizinya, namun rendah jumlah kalorinya.Buku ini menyajikan 22 resep Puding Buah Favorit ala Café yang segar dan lezat, serta mudah cara membuatnya.

4. Seri Makanan untuk Usaha Boga – Bolu Gulung Imut Bentuk Buah & Fauna

Bolgul imut, sesuai namanya adalah bolu gulung mungil yang menggoda selera. Bolgul imut dapat dikreasikan menjadi ratusan bentuk yang lucu, dan cocok disajikan sebagai menu acara spesial. Mulailah mencoba membuat bolgul imut sebagai makanan trendi untuk usaha boga Kamu. Buku ini memuat 25 kreasi Bolu Gulung Imut dengan rasa dan bentuk yang unik. Bentuk aneka buah seperti strawberry, manggis, dan mangga. Juga bentuk aneka binatang seperti beruang, kelinci, kura-kura, dan gajah.

5. Bertanam Tanaman Buah dalam Pot

Buku ini menyajikan teknik bertanam tanaman buah dalam pot. Buku ini sangat membantu dan menjadi panduan bagi para pemula maupun masyarakat yang senang membudidayakan tanaman buah dalam pot (tabulampot). Isi buku ini dapat membimbing dalam bertanam tanaman buah dalam pot, bagaimana cara memperlakukan bibit tanaman buah, bagaimana teknik pembudidayaan dan pemeliharaannya serta bagaimana perlakuan pada saat panen dan pasca panen.

Jika ingin mencari buku tentang olahan buah, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: Dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 10 Manfaat Buah Jeruk yang Perlu Anda Tahu
  2. 15 Manfaat Buah Naga untuk Tubuh
  3. 10 Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan dan Kecantikan
  4. 15 Manfaat Buah Mengkudu yang Perlu Anda Tahu
  5. Manfaat Buah Zuriat dan Kandungan Nutrisi di Dalamnya
  6. Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Belimbing
  7. 15 Manfaat Buah Tomat untuk Menjaga Kesehatan Tubuh
  8. 25 Khasiat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda