in

25 Khasiat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Alpukat – Siapa yang tak kenal buah alpukat? Grameds pasti tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Buah batu berwarna hijau dengan daging buah lembut ini memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan.

Mengapa? Karena alpukat merupakan satu-satunya buah yang menawarkan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang dinilai baik untuk kesehatan. Selain itu, alpukat memiiki tekstur dan rasa yang cukup unik.

Sebagai penggemar buah alpukat, ada berapa jenis alpukat yang Grameds ketahui saat ini? Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis alpukat, mulai dari alpukat mentega, alpukat miki, alpukat mina, alpukat wina, alpukat hass, dan lain sebagainya.

Semua jenis alpukat yang sudah disebutkan di atas tentu memiliki karakteristik rasa uniknya masing-masing. Alpukat yang tak semanis buah pada umumnya memiliki manfaat yang beragam.

Alpukat yang kaya akan manfaat tentu menyimpan banyak nutrisi baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi dalam alpukat di antaranya ialah karbohidrat, protein, lemak, kalsium, kalium, natrium, asam folat, fosfor, beta karoten, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E, dan lain-lain..

Buah alpukat yang kaya akan nutrisi dianggap sebagai superfood. Meskipun bisa dimakan langsung, alpukat kerap diolah menjadi jus, pelengkap salad maupun sandwich.

Buah alpukat tumbuh di iklim hangat memiliki manfaat potensial, seperti mengurangi risiko depresi, menurunkan kolestrol, perlindungan terhadap kanker, dan manfaat lainnya

Tak hanya dikonsumsi, buah alpukat juga bisa digunakan sebagai masker. Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah alpukat sangat bermanfaat untuk kecantikan, lho Grameds.

Penasaran apa saja manfaatnya? Simak sederet manfaat alpukat bagi kesehatan dan kecantikan di sini.

Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat

1. Menjaga Kepadatan Tulang

Pertambahan usia yang terjadi tentu akan membuat kepadatan tulang semakin berkurang. Jika kepadatan tulang berkurang, maka akan mengakibatkan penyakit osteoporosis.

Mengonsumsi makanan dengan kalsium yang tinggi dapat mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang. Untuk itu, mengonsumsi buah alpukat dinilai baik untuk mencegah osteoporosis dan membantu menjaga kepadatan tulang. Mengapa? Karena buah yang satu ini kaya akan kalsium, vitamin D, dan vitamin K untuk kesehatan tulang.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat membantu mengurangi kolestrol jahat di dalam darah. Dengan menjaga kadar kolestrol, Grameds juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, alpukat memiliki kandungan mineral dan vitamin yang menduduki peran penting dalam memenuhi nutrisi tubuh.

3. Melancarkan Pencernaan

Selain menurunkan risiko penyakit jantung, alpukat ternyata bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat dan nutrisi di dalam alpukat dapat memaksimalkan fungsi dari organ-organ pencernaan.

Orang yang mengonsumsi alpukat setiap hari akan memiliki mikroba usus lebih banyak. Mikroba usus yang lebih banyak dan lebih besar akan memecah serat dan menghasilkan metabolit pendukung kesehatan usus.

banner-promo-gramedia

Kemudian buah alpukat memiliki kandungan fruktosa yang cukup rendah untuk mengurangi risiko penumpukan gas. Dengan begitu, alpukat menjadi buah yang sangat aman untuk kesehatan lambung.

4. Baik untuk Kesehatan Mata

Buah alpukat ternyata memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang dinilai baik untuk kesehatan mata dalam mencegah pengikisan retina. Kandungan tersebut diyakini mampu mencegah penyakit mata seperti degenarasi makula dan katarak.

Alpukat memiliki kandungan beta karoten dan asam lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh mata. Mengonsumsi alpukat secara rutin ternyata bisa membantu Grameds untuk menjaga kesehatan mata. Buah alpukat bisa menjadi pilihat yang tepat untuk menjaga penglihatan Grameds agar tetap prima.

5. Mencegah Kanker

Kanker dikenal sebagai penyakit ganas yang berbahaya dan cenderung sulit untuk disembuhkan. Grameds bisa mengonsumsi alpukat sebagai makanan sehat untuk mencegah penyakit kanker.

Alpukat memiliki kandungan asam folat yang berperan penting dalam mengobati kanker, lho Grameds. Kemudian senyawa baik lainnya yang dimiliki alpukat dinilai mampu untuk mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker pankreas, kanker serviks, kanker lambung, dan kanker usus besar.

Buah alpukat sebagai superfood memiliki kandungan fitokimia yang dapat menghambat pertumbuhan sel prakanker dan kanker. Di waktu yang sama pula, alpukat juga dapat membantu meningkatkan imun tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Otak menjadi organ tubuh yang sangat penting dan fungsinya tidak dapat digantikan oleh organ lain. Jika Grameds mengalami masalah pada otak, maka fungsi organ lainnya juga akan terganggu.

Grameds perlu menjaga kesehatan otak dengan mengonsumsi banyak vitamin E. Buah alpukat diketahui sebagai buah yang kaya akan vitamin E. Jadi, kamu perlu mengonsumsi alpukat secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan otak.

7. Mencegah Hipertensi

Buah alpukat diketahui dapat menjadi bahan alami untuk mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Alpukat memiliki kandungan mineral dan kalium yang berfungsi mencegah hipertensi dan mengatur irama detak jantung.

tombol beli buku

8. Menurunkan Berat Badan

Alpukat yang diketahui kaya akan serat dan lemak tak jenuh dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Selain itu, kandungan nutrisi alpukat juga mampu untuk mengecilkan lingkar pinggang. Grameds bisa mengonsumsi alpukat secara rutin untuk mendapatkan berat badan ideal secara aman dan alami.

9. Mencegah Arthritis

Selain dapat menjaga kepadatan tulang, alpukat ternyata bermanfaat untuk mencegah penyakit arthritis atau radang sendi. Buah alpukat sendiri memiliki sifat antioksidan yang diyakini mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh.

10. Meningkatkan Kesuburan

Buah alpukat yang tumbuh di iklim hangat memiliki manfaat potensial untuk menjaga kesehatan perempuan, lho Grameds. Menarik, bukan? Sifat antioksidan yang dimiliki alpukat dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan.

Alpukat sebagai buah tropis dan subtropis memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat mencegah hipertensi, obesitas, resistensi insulin, dan diabetes. Bagi kaum wanita yang mengonsumsi alpukat secara rutin diyakini dapat mencegah masalah sel telur hingga 70%. Dengan begitu, manfaat dari buah alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita.

11. Memperbaiki Mood

Kaum wanita biasanya identik dengan perubahan suasana hati yang sangat cepat atau mood swing. Perubahan suasana hati yang sangat cepat kerap terjadi jika mendekati masa haid.

Alpukat yang memiliki kandungan vitamin B tinggi dipercaya mampu meningkatkan mood dengan baik. Kandungan vitamin B dalam alpukat menduduki peran penting untuk mengurangi depresi sehingga suasana hati ikut terkontrol.

12. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Setiap wanita tentu menginginkan kulit yang nampak cantik dan sehat. Berbagai macam perawatan yang tak murah rela dilakukan untuk tampil cantik dan menawan.

Padahal mengonsumsi buah alpukat bisa menjadi perawatan alami yang baik untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik, lho Grameds. Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalam alpukat membantu menyehatkan kulit dan menunda penuaan dini. Kerutan dan luka di permukaan kulit dapat hilang secara alami dengan mengonsumsi buah alpukat.

13. Melancarkan Haid

Sebagian wanita kerap menghadapi masalah haid yang kurang lancar. Kondisi tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti stres, penyakit, dan faktor lainnya.

banner-promo-gramedia

Grameds bisa melakukan pengobatan alami menggunakan daun alpukat untuk membantu melancarkan haid. Tak hanya buah alpukat yang kaya akan manfaat, daun alpukat juga bermanfaat untuk melancarkan haid.

14. Menjaga Kesehatan Rambut

Bagi kaum wanita, tampil cantik tak hanya terlihat dari kulit yang sehat saja. Untuk menunjang penampilan, rambut sebagai mahkota juga harus tampil sehat. Buah alpukat dinilai bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut agar tampil cantik.

Beragam kandungan vitamin yang dimiliki alpukat ternyata membawa kebaikan untuk kulit kepala dan kesehatan rambut. Alpukat yang kaya akan nutrisi kerap menjadi bahan campuran dalam produk perawatan rambut, seperti sampo dan kondisioner.

15. Meningkatkan Stamina Seksual

Tak hanya bermanfaat untuk kaum wanita, manfaat alpukat juga bisa dirasakan oleh kaum pria. Buah alpukat ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga stamina seksual pria.

Kandungan nutrisi lemak tak jenuh yang dimiliki alpukat diyakini mampu menghasilkan energi. Selain itu, buah alpukat memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencegah rasa lelah pada tubuh.

tombol beli buku

16. Meningkatkan Produksi Hormon Testosteron

Dalam sistem reproduksi pria, hormon testosteron menduduki peran yang sangat penting. Alpukat ternyata memiliki kandungan zinc yang dapat meningkatkan hormon testosteron pada pria. Grameds bisa mencampurkan alpukat dalam menu makan sehari-hari untuk meningkatkan hormon secara maksimal.

17. Meningkatkan Kualitas Sperma

Tak hanya meningkatkan stamina seksual, buah alpukat diyakini mampu meningkatkan kualitas sperma. Alpukat memiliki kandungan vitamin E dan nutrisi lainnya yang dinilai baik untuk kesehatan organ reproduksi pria.

18. Membantu Perkembangan Janin

Buah alpukat sebagai superfood ternyata memiliki manfaat yang cukup beragam untuk ibu hamil. Ibu hamil tentu membutuhkan nutrisi lebih untuk menjaga kesehatan tubuh bayi dan dirinya sendiri.

Alpukat memiliki kandungan kalium dan asam folat yang berperan penting untuk membantu perkembangan janin di dalam kandungan. Dengan mengonsumsi alpukat yang kaya akan asam folat, ibu hamil dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf dan cacat jantung pada bayi.

19. Mencegah Anemia

Penyakit anemia atau kurang darah kerap menjadi ancaman bagi bayi dan ibu hamil. Saat melakukan persalinan, kandungan darah yang cukup sangat diperlukan. Alpukat memiliki kandungan zat besi yang dapat mencegah penyakit anemia pada bayi dan ibu hamil.

20. Mencegah Kaki Kram

Ibu hamil kerap mengalami kram pada kaki. Mengonsumsi makanan dengan kalium dan kalsium tinggi dinilai baik untuk mengatasi atau mencegah kaki kram.

Buah alpukat menjadi salah satu buah dengan kandungan kalium dan kalsium tinggi. Grameds bisa mengonsumsi buah alpukat secara rutin untuk menghindari terjadinya kram pada kaki.

21. Sumber Asam Folat Alami

banner-promo-gramedia

Buah alpukat memiliki kandungan asam folat alami yang baik untuk ibu hamil. Tubuh manusia membutuhkan asam folat sebagai nutrisi utama yang membantu memproduksi dan memelihara sel baru.

Grameds bisa mengonsumsi alpukat agar asam folat tercukupi untuk mencegah risiko cacat pada bayi. Asam folat berperan penting bagi ibu hamil untuk mencegah depresi dan komplikasi saat masa kehamilan.

22. Membantu Perkembangan Otak Bayi

Dengan memenuhi asupan makanan dalam proses pembentukan dan perkembangan otak, kecerdasan bayi dapat dibentuk sejak dalam rahim ibu. Buah alpukat memiliki peran penting untuk meningkatkan perkembangan saraf otak di dalam tubuh bayi. Bayi akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan cepat tanggap dengan perkembangan yang baik pula.

23. Mengurangi Rasa Mual

Ibu hamil kerap mengalami masalah mual saat masa kehamilan. Buah alpukat memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi ibu hamil untuk mengurangi rasa mual pada awal-awal kehamilan. Alpukat memiliki kandungan vitamin C yang berperan penting untuk mengurangi mual pada ibu hamil.

tombol beli buku

24. Menyehatkan Kuku

Buah alpukat ternyata memiliki manfaat untuk menyehatkan kuku, baik kuku kaki maupun kuku tangan. Penasaran bagaimana caranya? Grameds hanya perlu mengoleskan minyak alpukat pada daerah kuku dan sekitarnya. Minyak alpukat memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencegah kuku dari kondisi kering dan pecah-pecah.

25. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain menyehatkan kuku, buah alpukat ternyata bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah maupun seluruh tubuh. Bagaimana caranya?

Grameds hanya perlu mencampurkan buah alpukat dengan bahan alami, seperti madu, garam, dan air lemon. Kemudian oleskan campuran tersebut pada seluruh tubuh dan pijat dengan lembut. Setelah itu, tunggu beberapa menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga:

Nah Grameds, itulah manfaat alpukat bagi kesehatan yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan usia. Benar-benar bermanfaat, bukan? Yuk, segera konsumsi buah multi-manfaat ini!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila