in

Kenali Jenis-Jenis Aplikasi Wajib di Laptop Beserta Contohnya

Sumber: Berbagai sumber

Aplikasi wajib di laptop – Kamu baru saja membeli sebuah laptop? Apakah kamu sudah mengetahui aplikasi wajib di laptop apa saja yang perlu dipasang?

Laptop atau komputer jinjing sendiri merupakan sebuah perangkat keras yang bisa membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Bahkan untuk saat ini, laptop sudah menjadi salah satu barang kebutuhan semua kalangan, mulai dari mahasiswa hingga pengusaha.

Pada dasarnya, laptop yang baru dibeli sudah bisa langsung digunakan. Namun, biasanya aplikasi yang tersedia hanya aplikasi bawaan dari laptop saja. Belum terdapat beberapa aplikasi atau software esensial lainnya yang bisa digunakan untuk menjamin atau menunjang aktivitas lain, seperti pekerjaan kantoran hingga hiburan.

Oleh karena itu, kamu harus segera mengisi laptop tersebut dengan mengunduh dan menginstal beberapa aplikasi wajib di laptop. Sebab, dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut akan membuat kinerja laptopmu semakin optimal.

Adapun contoh jenis aplikasi yang wajib ada di laptop adalah aplikasi untuk internet browser, pengelola dokumen perkantoran, anti virus, hingga media player. Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkap tentang jenis-jenis aplikasi wajib di laptop beserta contohnya, yuk, simak ulasan di bawah ini.

Aplikasi Wajib di Laptop untuk Internet Browser

aplikasi wajib di laptop
Sumber: play.google.com

Aplikasi internet browser adalah salah satu aplikasi yang sangat penting untuk laptop. Hal ini karena dalam kehidupan sehari-hari kita harus menggunakan aplikasi-aplikasi ini untuk menjelajahi internet. Adapun macam-macam aplikasi internet browser adalah sebagai berikut.

1. Microsoft Edge

Aplikasi internet browser pertama yang harus ada di laptop adalah Microsoft Edge. Ini adalah aplikasi buatan microsoft yang jarang dipakai orang. Hal itu terjadi karena aplikasi ini disebut sebagai aplikasi yang berat dan memakan banyak memori. Padahal, Microsoft Edge adalah salah satu browser terbaik saat ini.

Aplikasi ini ringan untuk dijalankan, tidak menghabiskan baterai, dan tidak memakan banyak memori. Selain itu, Microsoft Edge juga punya beberapa fitur tambahan yang menarik, seperti menjalankan fitur Dolby Vision yang tidak tersedia di aplikasi lain.

2. Google Chrome

Berbeda dengan Microsoft Edge dalam segi kepopulerannya. Browser yang satu ini adalah layanan selancar internet yang paling banyak diminati oleh pengguna komputer pribadi atau laptop karena kesederhanaan tampilannya. Bahkan, aplikasi ini menjadi pilihan utama masyarakat untuk internet browser.

Kelebihan dari browser ini, adalah sudah disediakannya ribuan bahkan jutaan ekstensi untuk membantu pengoptimalan kerja pengguna. Namun di samping itu, aplikasi ini juga memiliki kelemahan dalam segi penggunaan memori yang terlalu besar. Tak jarang pengguna yang memiliki spesifikasi personal computer (PC) rendah akan terasa berat ketika menjalankan aplikasinya. Selain itu, aplikasi ini juga rentan terkena virus.

3. Firefox Quantum

Belum lama ini, brand teknologi ternama, Mozilla, telah memperkenalkan generasi firefox terbaru yang diberi nama new Firefox Quantum. Aplikasi ini digadang-gadang memiliki kecepatan yang lebih baik dari firefox generasi terdahulu.

Aplikasi ini juga mempunyai banyak fitur baru dan tambahan keamanan yang lebih terjamin. Sebab, aplikasi ini dibangun dengan teknologi terbaru yang lebih cepat, memakan sedikit memori, dan bisa digunakan membuka banyak tab sekaligus. Oleh karena itu, aplikasi ini tidak akan membebani kinerja laptop.

https://www.gramedia.com/products/conf-aplikasi-internet-penting-untuk-pc-laptop?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-aplikasi-internet-penting-untuk-pc-laptop?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Aplikasi Wajib di Laptop untuk Anti Virus

aplikasi wajib di laptop
Sumber: Berbagai sumber

Penggunaan internet tak jarang menimbulkan efek negatif pada laptop. Salah satunya adalah kemunculan malware dan virus yang membahayakan keamanan data pada laptop. Jadi, untuk mencegah hal itu, kamu perlu memasang aplikasi untuk anti virus di komputer jinjingmu (laptop).

1. Avast AntiVirus

Aplikasi anti virus diciptakan untuk melindungi komputer dari malware atau spyware yang mengancam komputer. Antivirus ini sendiri memiliki kemampuan melakukan scanning dalam waktu yang sangat cepat.

Aplikasi Avast sendiri memiliki tampilan yang cukup sederhana sehingga mudah dimengerti oleh penggunanya. Selain itu, aplikasi ini juga sangat kompatibel untuk digunakan dalam berbagai versi OS Windows.

2. Bitdefender AntiVirus

Bitdefender termasuk aplikasi antivirus yang memiliki kinerja cukup baik dalam menangani berbagai jenis virus. Aplikasi ini bahkan dapat mendeteksi lebih dari 97 persen virus. Bitdefender akan melakukan scanning terhadap trafik online pada email, web, serta instant messenger yang memiliki kemungkinan untuk memunculkan virus pada komputer.

3. Kaspersky Anti Virus

Kaspersky adalah salah satu aplikasi yang cukup mudah untuk digunakan. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna melakukan update secara otomatis dan berkala pada komputer. Fitur tersebut menggunakan sistem Scheduled Update yang mampu melakukan update pemindaian virus setiap tiga jam sekali.

Aplikasi Wajib di Laptop untuk Pengelola Dokumen Perkantoran

aplikasi wajib di laptop
Sumber: Berbagai sumber

Jenis aplikasi wajib di laptop yang selanjutnya adalah aplikasi untuk pengelola dokumen perkantoran. Aplikasi ini penting dan harus ada untuk membantumu dalam membuat dan mengedit sebuah dokumen.

1. Microsoft Office

Microsoft merupakan salah satu perusahaan pengembangan teknologi aplikasi software yang saat ini paling sukses di dunia komputer. Mereka memiliki beberapa aplikasi yang bisa membantu mempermudah urusan administrasi perkantoran.

Microsoft Office sendiri adalah nama aplikasi gabungan dari beberapa anak aplikasi Microsoft. Adapun aplikasi di bawah naungan Microsoft Office, adalah Microsoft Word (aplikasi untuk mengolah kata), Microsoft Excel (program aplikasi yang digunakan untuk mengelola angka dan sudah dilengkapi dengan fitur pembuatan grafik strategi marketing dan kalkulasi), serta Microsoft Powerpoint (aplikasi untuk membantu pengguna berpresentasi dan sebagainya yang berkaitan dengan masalah perkantoran).

Microsoft Office ini juga tersedia dan didesain untuk berbagai sistem operasi komputer, seperti Windows, Mac OS X, Linux, hingga Android pada smartphone.

2. Kingsoft Office

Jika kamu mencari aplikasi lain selain Microsoft, maka Kingsoft Office adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini memiliki kompatibilitas yang cukup tinggi terhadap Microsoft. Pasalnya, aplikasi software gratis ini memiliki dua versi aplikasi, versi Free dan versi pro.

Untuk versi Free sendiri, Kingsoft akan memberikan tiga buah jenis tool office saja.

Namun, tool ini akan tetap bisa membantumu untuk menunjang pekerjaan perkantoran dan administrasi dasar. Tool utama tersebut, adalah Writer, Spreadsheets, dan juga Presentation. Ketiga tool ini adalah alternatif untuk menggantikan Microsoft Word, Microsoft Excel, dan juga Microsoft Power Point.

3. WPS Office

Pengguna sistem operasi Windows pasti sudah familiar dengan paket aplikasi pengelola dokumen dari Microsoft Office. Di atas juga sudah disebutkan ada Kingsoft Office untuk alternatif lainnya.

Namun, paket aplikasi tersebut tidak semua gratis dan murah. Oleh sebab itu, terkadang kita membutuhkan alternatif aplikasi lainnya yang gratis dan bisa menggantikan fungsi dari dua aplikasi perusahaan besar tersebut.

Aplikasi tersebut adalah WPS Office, aplikasi ini memiliki bundle software pengolah dokumen dalam satu aplikasi langsung. WPS bisa membaca berbagai jenis format dokumen, mulai dari .docx, .doc, . xlsx, .xls, .pptx, .ppt, dan sebagainya.

Tip dan Trik Mempercepat Kinerja Laptop Dan PC

https://www.gramedia.com/products/tip-dan-trik-mempercepat-kinerja-laptop-dan-pc-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Aplikasi Wajib di Laptop untuk Media Player

aplikasi wajib di laptop
Sumber: Berbagai sumber

Aplikasi media player digunakan untuk memutar berbagai jenis file media, mulai dari file video hingga file audio. Aplikasi ini juga harus ada sebagai sarana untuk penunjang konten hiburan di laptopmu. Adapun aplikasi media player yang bisa kamu gunakan adalah:

1. KMPlayer

KMPlayer adalah singkatan nama dari K-Multimedia Player. Aplikasi ini juga dikenal dengan nama KMP yang menawarkan banyak fitur canggih di dalamnya. Hal yang menjadi keunggulan dari aplikasi ini adalah fitur untuk mendukung berbagai jenis codec.

KMPlayer memiliki tampilan yang dapat disesuaikan serta tersedia dalam beberapa bahasa. Aplikasi ini juga menawarkan sensasi pemutaran cepat dan antarmuka yang sepenuhnya skinnable dan dapat berubah ketika kita memainkan trek baru.

2. VLC Media Player

Jika kamu ingin memutar DVD di laptop dengan sistem operasi Windows, maka salah satu aplikasi yang paling mungkin kamu gunakan adalah VLC Media Player. Aplikasi ini dapat membaca berbagai format multimedia, seperti MP3, MP4, FLV, MKV, AVI, serta RMVB.

Hal yang menakjubkan lainnya dari aplikasi ini adalah dapat memutar file Blu-ray dan memutar video dalam format ZIP tanpa harus mengekstrak filenya terlebih dahulu. Tak hanya memutar file video, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memainkan file audio atau musik yang ada di dalam laptop.

3. GOM Player

Selain KMPlayer dan VLC Media Player, alternatif lain untuk aplikasi media player adalah GOM Player. Aplikasi ini memang hanya tersedia untuk laptop dengan sistem operasi Windows saja, tetapi aplikasi ini juga mampu untuk memainkan sebagian besar format file media termasuk format FLV dengan codec internal yang dimilikinya.

Ketika media player ini tidak bisa memainkan file dengan format tertentu, maka biasanya mereka akan mengarahkan untuk ke codec open source untuk diinstal. Di samping kelemahannya itu, GOM Player memiliki kelebihan dengan fiturnya yang tetap mampu memutar file yang sudah rusak sekalipun.

Aplikasi Wajib di Laptop untuk Cleaner Atau Utility

aplikasi wajib di laptop
Sumber: Berbagai sumber

Salah satu penyebab mengapa komputer atau laptop berjalan dengan lambat adalah karena banyaknya file junk atau sampah pada perangkat tersebut. File junk sendiri dapat berupa browser history, cookies, dan file-file yang sudah tidak diperlukan lagi.

Oleh sebab itu, untuk kembali mengoptimalkan kinerja komputer, kamu perlu untuk membersihkan file tersebut secara teratur. Untuk membantu mempermudah melakukan pembersihan, kamu bisa menginstal aplikasi wajib di laptop untuk cleaner atau utility. Adapun contoh aplikasinya, yaitu:

1. Ccleaner Free

Ccleaner adalah sebuah aplikasi yang mampu mendeteksi keberadaan “sampah” di laptop yang membuat kinerja perangkat komputer kamu itu berjalan lambat. Aplikasi ini bisa membersihkan sampah di penyimpanan drive C, seperti membersihkan registry pada Windows 10, file temporary, cache browser, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini ada dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Kamu bisa memakai versi gratis untuk komputer pribadimu, karena fitur yang disediakan juga sudah cukup lengkap tanpa harus keluar biaya tambahan.

2. Duplicates Cleaner

File ganda atau duplikat yang terlalu banyak pada laptop juga dapat membuat harddisk jadi cepat penuh. Bahkan terkadang file ini sulit dideteksi tanpa adanya bantuan tools khusus. Maka, untuk membantu mempermudah tugas menghapus file duplikat, kamu bisa menggunakan aplikasi Duplicates Cleaner.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk melakukan scanning file ganda dalam drive atau direktori tertentu. Jenis file duplikat yang bisa dideteksi juga cukup lengkap, mulai dari dokumen, gambar, musik, video, hingga compressed file (rar, zip, 7z).

3. Total PC Cleaner

Total PC Cleaner adalah salah satu aplikasi pembersih atau utility terbaik untuk pengguna sistem operasi Windows 10 yang tersedia di Microsoft Store secara gratis. Tampilan dari program ini juga cukup sederhana, namun tetap memiliki fitur handal untuk membersihkan file sampah seperti, application caches, system caches, serta browser caches.

Selain itu, aplikasi Total PC Cleaner ini juga dapat digunakan untuk membersihkan file usang atau file yang sudah lama, tak terpakai, dan berukuran besar. Tetapi, fitur ini sebaiknya digunakan dengan lebih hati-hati jika kamu tidak ingin agar beberapa file yang mungkin masih terpakai tidak ikut terhapus.

https://www.gramedia.com/products/membuat-aplikasi-kasir-dengan-vba-macro-excel?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/membuat-aplikasi-kasir-dengan-vba-macro-excel?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Aplikasi Wajib di Laptop Lainnya

Selain aplikasi-aplikasi di atas, terdapat juga beberapa aplikasi lain yang harus kamu unduh untuk membantu memaksimalkan kinerja laptop kamu. Beberapa aplikasi di bawah ini bisa memudahkan pekerjaanmu untuk menangkap layar, mengunduh, mengarsipkan dokumen, dan lain sebagainya. Aplikasi apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Internet Download Manager (IDM)

Jika kamu termasuk orang yang sering mengunduh atau mendownload film, lagu, software, atau file apa pun itu di internet, maka kamu perlu untuk menginstall aplikasi Internet Download Manager (IDM).

Hal ini karena aplikasi IDM dapat mengunduh file jenis apa pun dengan lebih cepat. Mereka juga memiliki fitur untuk melanjutkan dan menjadwalkan unduhan. Bahkan, program ini mengklaim mampu memberikan kecepatan hingga 10x lebih cepat dari aplikasi pesaingnya.

Selain itu, IDM memiliki kemampuan untuk melanjutkan dan memulihkan kesalahan yang komprehensif. Aplikasi ini mampu memulai kembali unduhan yang rusak atau tertunda karena terputusnya koneksi internet, komputer mati, masalah pada jaringan, hingga pemadaman listrik yang tak terduga.

2. ZIP WinRar

Aplikasi WinRar termasuk ke dalam kategori aplikasi wajib di laptop. Pasalnya, WinRar merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengarsipkan file atau folder secara sekaligus dengan format khusus, Rar atau Zip. Format tersebut dan aplikasi WinRar ini banyak digunakan oleh para pengguna PC karena dapat menghemat space atau memori harddisk.

WinRar memiliki fungsi untuk mengkompresor banyak file. Melalui program dan fiturnya, WinRar bahkan mampu memadatkan ukuran file hingga menjadi 40 persen lebih ringan.
Ini berarti, jika kamu memiliki file yang berukuran 100 MB dan kamu mengkompresnya dengan menggunakan aplikasi ini, maka ukuran file tersebut akan berubah menjadi 60 MB saja dalam format Zip atau Rar.

Selain itu, software ini juga mampu mengamankan file yang dianggap penting dengan menggunakan fitur berupa pemberian password untuk file yang sudah dikompres. Keunggulan lain dari aplikasi ini juga adalah mampu menangani berbagai jenis file, dalam bentuk 7z, ACE, BZ2, ARJ, CAB, LZH, GZ, TAR, Z, JAR, UUE, dan lain sebagainya.

3. AIMP

Ini adalah aplikasi pemutar musik yang fokus utamanya untuk memproduksi kualitas audio yang jernih dan bersih dengan bantuan teknologi 32-bit audio processing and out support. Bahkan, aplikasi ini lebih seperti aplikasi audio editor dibanding pemutar lagu biasa. Dengan aplikasi ini kamu bisa mendapatkan pengalaman mendengarkan musik yang lebih premium lagi.

4. Sticky Notes

Aplikasi ini bukanlah aplikasi baru. Namun, aplikasi ini dapat membantu pengguna komputer untuk membuat pengingat. Kamu tidak perlu lagi menempelkan kertas atau membuat alarm untuk mengingat pekerjaan, karena aplikasi ini bisa memasang pengingat di layar utama dan disematkan ke layar Start.

5. PhotoScape

PhotoScape adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengedit dan mengolah gambar. Program ini sangat mudah digunakan untuk pemula jika ingin mengedit foto karena kemudahan penggunaan dan fiturnya yang beragam.

https://www.gramedia.com/products/rancang-bangun-aplikasi-multiplatform-dvd?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/rancang-bangun-aplikasi-multiplatform-dvd?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kesimpulan

Nah, itu dia jenis-jenis aplikasi wajib di laptop beserta contohnya yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk memaksimalkan kinerja laptop dan membantu pekerjaanmu, maka kamu perlu untuk mengunduh beberapa aplikasi di atas.

Adapun fungsi dan jenis aplikasi wajib di laptop mulai dari internet browser, antivirus, pengelola dokumen perkantoran, pemutar video atau media player, cleaner atau utility, dan lain sebagainya. Semoga pembahasan tadi bermanfaat untuk #SahabatTanpaBatas di rumah, ya.

Jika kamu ingin mencari buku tentang komputer, maka bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Raden Putri

Baca juga:

Written by M. Hardi