Technology

Internet Lokal Adalah: Pengertian, Konsep, dan Cara Menggunakannya

Internet Lokal Adalah
Written by ziaggi

Internet lokal adalah – Halo sobat Grameds, apakah kalian pengguna smartphone? Penggunaan smartphone tidak bisa lepas dari penggunaan internet. Jadi Anda harus selalu siap dengan paket data yang Anda beli.

Karena di era milenial seperti sekarang ini, internet tidak akan menghalangi banyak hal, sehingga Anda akan ketinggalan informasi terpenting dan terkini, jika Anda tidak mempunyai internet.

Internet adalah jaringan yang menghubungkan media elektronik dengan yang lainnya. Jaringan komunikasi ini mentransmisikan informasi secara akurat dan cepat melalui frekuensi tertentu. Standar global untuk menggunakan Internet Protocol atau Transmission Control Protocol (IP/TCP).

Jika Anda tidak tahu, istilah itu adalah bentuk protokol paket yang digunakan di seluruh dunia. Kemudian proses menghubungkan sirkuit Internet disebut jaringan. Pakar IT Onno W. Purbo menjelaskan pengertian internet sebagai alat yang mengefisienkan proses komunikasi menggunakan aplikasi.

Karena kondisi seperti saat ini, kita membutuhkan internet kapanpun dan dimanapun. Untuk bertukar pesan melalui WhatsApp, Line, dan aplikasi lainnya, atau tetap terinformasi melalui aplikasi navigasi, Instagram, Facebook, dan lainnya.

Saat ini, internet dapat diperoleh dengan mudah. Bahkan provider saling bersaing untuk menawarkan paket dengan harga dan kualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan internet pelanggan.

Dari segi nama tentunya kedua jenis internet tersebut memiliki perbedaan. Lalu apa yang dimaksud dengan kuota lokal? Apa konsepnya dan bagaimana cara menggunakannya? Simak sekarang sedikit informasi yang akan dijelaskan kepada Anda, tentang pengertian internet lokal atau kuota lokal serta konsep dan cara menggunakannya.

Apa itu Internet Lokal?

Internet Lokal Adalah

Sumber: Kompas.com

Saat ini sudah banyak provider yang menawarkan berbagai jenis paket internet dengan harga yang berbeda-beda. Bahkan saat ini sudah banyak provider yang menawarkan paket kuota dengan kapasitas besar dan bisa ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

Provider seperti Indosat, XL, Telkomsel, Tri, Axis dan lainnya juga memberikan tambahan kuota lokal untuk paket yang ditawarkan. Jadi, apa itu internet lokal?

Biasanya saat membeli paket kuota, supplier akan membagi kuota menjadi beberapa kategori. Bisa dibilang kuota internet lokal adalah sejenis kuota yang hanya bisa digunakan di satu daerah atau satu wilayah saja, kuota ini selalu berada di daerah yang sama dengan tempat atau wilayah tempat kamu mengaktifkan paket data tersebut.

Seperti diketahui, sebuah paket internet memiliki komposisi yang terdiri dari beberapa jenis kuota atau sub paket tertentu. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Paket Aplikasi Chat dan Sosial Media.
  • Paket Malam.
  • Paket Video.
  • Paket Flash/Nasional.
  • Paket Khusus 4G.
  • Paket Lokal.
  • Dan lain sebagainya.

Seperti yang kita sudah dijelaskan, untuk paket lokal sendiri adalah jenis paket internet yang hanya dapat kalian gunakan di daerah lokal dimana paket tersebut diaktifkan. Seperti, misalnya Anda mengaktifkan paket lokal di daerah Jakarta Selatan. Maka paket tersebut hanya berlaku dan bisa digunakan di daerah Jakarta Selatan saja.

Apa Kuota Internet Lokal Bisa Digunakan di Luar Kota?

Jawaban atas pertanyaan di atas belum tentu. Oleh karena itu, kuota lokal selalu dapat digunakan di luar kota. Namun perlu diperhatikan jika kota tujuan masih berada di wilayah yang sama dengan kota tempat Anda mengaktifkan paket internet, Anda tetap bisa menggunakan paket lokal.

Sebaliknya, jika kota yang Anda tuju berada di wilayah yang berbeda dengan kota asalnya, maka paket lokal tidak dapat digunakan. Untuk menggunakannya kembali, tentunya Anda harus kembali ke negara asal. Bahkan dalam kasus ini, jika waktu aktif paket internet belum berakhir saat Anda kembali.

Makna wilayah ini dapat dipahami sebagai kumpulan wilayah. Grup ini bisa berdasarkan kota, provinsi, jumlah pengguna aktif, atau yang lainnya. Oleh karena itu, tidak dapat ditentukan oleh perbedaan atau persamaan di kota-kota.

Misalnya, Anda berada di kota di wilayah 1. Kemudian paket data berisi kuota lokal, Anda selalu dapat menggunakannya di kota mana pun. Asalkan kota yang Anda datangi masih berada di zona 1. Namun biasanya luas sebuah zona tidak terlalu luas. Jadi Anda harus selalu melakukan pengecekan secara berkala.

Bagaimana Cara Mengetahui Lokasi Kita Berada di Zona Berapa?

Tidak ada metode atau cara pasti untuk mengetahui di wilayah mana Anda berada saat ini. Satu-satunya cara untuk melakukan ini adalah menghubungi pusat panggilan yang paling relevan. Kemudian tanyakan kepada mereka di daerah mana kota yang Anda kunjungi berada.

Alternatifnya, Anda juga bisa menanyakan kota mana yang berada di wilayah yang sama dengan kota saat ini. Jika tidak ingin repot menghubungi call center, Anda bisa bertanya di counter setempat untuk membeli paket data Internet. Yang perlu Anda ketahui, setiap operator jaringan seluler menggunakan divisi regional yang berbeda. Bahkan pembagian wilayah pun berubah dari waktu ke waktu, khususnya untuk operator Telkomsel.

Internet Lokal Adalah

Ada kemungkinan jika jumlah pengguna aktif di suatu kota berubah, bertambah atau berkurang secara drastis, luas kota tersebut dapat berubah di setiap periode berikutnya. Bisa lebih lebar, bisa juga lebih sempit.

Cara Menggunakan Internet Lokal

Saat ini, hampir semua operator seluler menggunakan sistem beberapa sub-paket dalam satu paket internet. Misalnya, ada beberapa GB kuota data Flash dan satu GB lagi untuk paket internet lokal. Karena itu, Anda harus selalu memiliki pertanyaan seperti:

Kuota seperti apa yang akan habis atau terpakai terlebih dahulu terlebih dahulu?

Apakah kuota paket internet lokal bisa digunakan sebelum paket reguler atau flash?

Kalau bisa, lalu bagaimana?

Kalau mau tau cara pakai kuota lokal biar bisa terpakai sebelum kuota flash gak masalah. Memang, dalam skema pemanfaatan kuota ini, kuota lokal digunakan terlebih dahulu. Setelah habis, tinggal beralih ke kuota flash.

Tentunya sistem ini bekerja secara otomatis. Jadi Anda tidak perlu melakukan setting atau pengaturan khusus. Namun akan berbeda jika Anda menggunakan paket data di luar area paket dari yang diperlukan. Di luar daerah, paket yang akan digunakan terlebih dahulu adalah paket flash, bukan paket lokal.

Namun ada beberapa kasus yang membuktikan bahwa kuota lokal tidak bisa digunakan ketika Anda kembali dari luar daerah dan kuota yang tersedot adalah flash kuota. Hal itu tentu terdengar sangat merugikan, bukan?

Jadi jika Anda juga menghadapi masalah ini maka Anda dapat mencoba me-restart ponsel yang Anda gunakan. Alternatifnya, Anda juga dapat mengaktifkan mode pesawat lalu mematikannya kembali. Tujuan dari cara ini adalah untuk me-refresh jaringan di HP. Dengan ini, paket data akan terdeteksi oleh jaringan lokal.

Mengapa Kuota Internet Lokal Tidak Bisa Digunakan? Padahal Beli di Dekat Rumah

Memang, Anda membeli paket internet di loket terdekat. Namun konter dapat membeli voucher data store atau starter pack dari kota lain di wilayah yang berbeda. Jadi, tempat membeli internet di konter juga mempengaruhi penggunaan kuota.

Maka dari itu, kamu bisa coba tanyakan lagi di konter tempat kamu membeli paket data kenapa tidak bisa menggunakan kuota lokal. Nanti pihak konter akan melakukan pengecekan kembali agar pembeli tidak merasa dirugikan.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan bagi yang belum tahu, khususnya bagi agen meteran pulsa atau konter yang dikhususkan untuk paket internet lokal (voucher fisik dan paket perdana) yang menerapkan skema pembagian berdasarkan angka A, bukan angka B.

Internet Lokal Adalah

Jadi intinya, area yang terlacak oleh paket data akan melacak area atau lokasi di mana voucher atau paket internet diaktifkan, bukan di tembak paket. Misalnya, jika sebuah paket ditembak dan diambil dari kota A serta diaktifkan di kota B, paket tersebut masih akan masuk ke zona B sebagai internet lokal.

Mungkin beberapa informasi di atas terkesan kurang penting bagi Anda yang jarang pergi ke luar kota. Namun bagi Anda yang sering bepergian jauh dari keluar kota atau menjadi agen pulsa, wajib mengetahui dan memahami informasi kuota internet lokal seperti yang telah dijelaskan di atas.

Jika Internet Lokal Tidak Bisa Digunakan

Namun, jika kuota lokal Anda tidak dapat digunakan, Anda dapat mencoba cara berikut:

1. Tes Kartu Perdana di HP Lain

Jika kuota lokal tidak dapat digunakan, Anda dapat mencoba mengecek kartu Anda dengan ponsel lain.

2. Tunggu Paket Utama Habis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada provider yang memiliki ketentuan yang memperbolehkan penggunaan kuota lokal setelah kuota utama habis. Jadi Anda bisa menunggu kuota utama Anda habis terlebih dahulu.

3. Periksa Ketentuan Kuota Lokal

Cek kondisi kuota lokal apakah kuota lokal hanya untuk jaringan 4G atau tidak. Karena kuota lokal biasa adalah kuota bonus, Anda harus mengikuti ketentuannya.

4. Aktifkan Mode Pesawat

Mengaktifkan mode pesawat dapat menyegarkan internet Anda. Caranya adalah kalian cukup mengaktifkan mode Airplane sebentar dan tunggu beberapa saat. Setelah itu, matikan mode pesawat dan coba menyalakan internet lagi.

5. Hubungi Customer Service Operator

Jika cara di atas tidak berhasil atau tetap tidak berhasil, upaya terakhir adalah menghubungi layanan pelanggan. Beri tahu layanan pelanggan masalah apa yang Anda alami sehingga penyedia layanan dapat membantu Anda.

Informasi tambahan mengenai masa berlaku kuota lokal sama dengan kuota umum. Jika kuota umum berlaku selama 30 hari, maka kuota lokal juga berlaku juga untuk 30 hari.

Cara Mengatasi Internet Lokal Agar Bisa Dipakai di Luar Kota

Sesuai dengan nama paket untuk menggunakan paket internet ini, letaknya hanya di tempat atau zona dimana paket internet ini diaktifkan.

Meski murah, salah satu kekurangan dari paket ini adalah tidak bisa digunakan di luar kota tempat paket ini diaktifkan.

Tapi jangan khawatir, Gramedia punya cara yang ampuh untuk cara penggunaan internet lokal yang bisa Anda akses, bahkan saat Anda berada di luar kota.

Bagaimana caranya? lihat petunjuk berikut. Untuk menggunakan kuota internet lokal di wilayah lain, kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Aplikasi Fake GPS Location.

Dimana aplikasi ini mengubah lokasi hp yang anda gunakan untuk melacak area aktivasi kuota lokal Anda atau dengan kata lain terlihat hp Anda masih berada di area asal Anda.

Selain itu, aplikasi Fake GPS gratis dan Anda dapat mengunduhnya secara gratis dari Google Play Store dan dapat berfungsi pada perangkat yang di-rooting dan yang tidak di-rooting, jadi jangan khawatir tentang keamanannya.

  • Pertama buka menu setting atau pengaturan perangkat yang digunakan.
  • Selanjutnya, pilih menu “Jaringan Seluler” lalu pilih kartu SIM Telkomsel
  • Selanjutnya klik Nama AP atau opsi APN > lalu klik tanda + untuk membuat APN baru dan isikan APN seperti berikut:
  • Nama: videomax.co
  • APN: SGSN
  • Proxy: – (biarkan kosong saja)
  • Port: – (biarkan kosong saja)
  • Menu lainnya biarkan kosong saja.

Selanjutnya Klik Simpan pengaturan dan terakhir klik OK. Gunakan pengaturan APN ini sebagai APN default pada perangkat yang Anda gunakan. Pada langkah selanjutnya, setelah melakukan pengaturan di atas, unduh aplikasi Fake GPS Location dari Google Play Store yang resmi.

Lalu, lakukan hal berikut:

  • Setelah aplikasi berhasil diunduh dan diinstal, buka aplikasi.
  • Kemudian akan muncul notifikasi tentang pengaktifan lokasi palsu.
  • Kemudian klik “Buka Pengaturan” dan temukan opsi “Salin aplikasi lokal” dan pilih “Fake GPS”.

Selanjutnya anda tinggal memilih lokasi dimana anda mengaktifkan paket internet lokal tersebut. Setelah menemukan nama kota atau daerah, klik tombol panah hijau. Aplikasi GPS palsu akan berjalan di latar belakang HP Anda.

Pada titik ini prosesnya sudah selesai dan Anda sekarang dapat langsung mengakses internet lokal meskipun Anda berada di wilayah lain.

Jenis Internet Lokal

Sebenarnya banyak sekali penyedia paket internet lokal termurah, namun sebagai pelanggan harus teliti dalam memilih dan melihat keuntungan apa yang kita dapatkan dari paket-paket internet lokal tersebut. Jangan sampai Anda dibekali dengan harga yang murah, namun dengan kapasitas yang kurang. Kuota internet lokal bisa disebut murah jika harganya bisa disesuaikan dengan kuota yang diterima.

Kali ini kita akan membahas jenis kuota internet lokal yang paling banyak direquest yaitu Unlimited, Terusan, dan Reguler:

1. Apa itu Paket Unlimited? 

Sesuai dengan namanya, paket ini dapat memberikan kemudahan kepada pelanggan yang ingin berinternet sepuasnya tanpa batasan kuota. Paket tanpa batas ini juga direkomendasikan untuk orang-orang dari segala usia yang suka streaming YouTube, bermain game online, mengikuti media sosial, menjelajahi web, dll.

2. Apa Itu Paket Internet Terusan?

Sama menariknya dengan paket Unlimited, paket Internet terusan merupakan kuota internet lokal yang paling banyak diminati. Karena total kuota yang ditawarkan sangat banyak dan berkisar antara 220 GB hingga 880 GB. Setiap kuota dapat digunakan selama maksimal 365 hari!

3. Apa itu Paket Reguler?

Kelebihan dari paket ini adalah Anda dapat berbagi internet dengan teman atau keluarga Anda. Yang membuat paket standar sama menariknya adalah banyaknya kota yang tersedia juga, mulai dari 43GB, 73GB, dan 91GB. Setiap kuota dapat digunakan selama 24 jam tanpa aturan khusus. Pelanggan juga mendapatkan kuota ekstra malam selama 30 hari.

Perbedaan Kuota Lokal dan Kuota Nasional

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kuota lokal merupakan paket internet yang hanya dapat digunakan di wilayah regional tertentu. Berbeda dengan kuota umum standar.

Kuota umum atau kuota utama merupakan paket internet yang dapat digunakan secara nasional. Jadi jika Anda berada di wilayah Indonesia, Anda bisa menggunakan kuota jenis ini.

Perbedaan selanjutnya adalah Kuota Lokal merupakan bonus kuota yang Anda dapatkan saat membeli paket kuota standar. Namun jika ada bonus kuota lokal maka harga paket internetnya sedikit lebih murah.

Internet Lokal Adalah

Sobat Grameds. Demikianlah artikel mengenai internet lokal, yang pembahasannya mengenai pengertian, konsep, dan cara menggunakannya. Dengan adanya artikel ini diharapkan kalian dapat mengetahui informasi tentang internet lokal.

Jika kalian ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang internet, kalian dapat membeli buku yang tersedia di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan berbagai buku berkualitas yang bisa kalian miliki. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Baca juga:

Pengertian Internet: Sejarah, Manfaat, dan Dampak Negatifnya

Sejarah Penemu Internet dan Perkembangannya

Pengertian Teknologi: Jenis-Jenis, Manfaat, Dampak Negatif dan Positif

10 Dampak Gadget Pada Pengguna Di Kehidupan Sehari-hari!

Mengenal Apa Itu Mockup dan Perbedaannya dengan Prototype



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien