Ekonomi

Pengertian Pengusaha: Jenis, Manfaat, Sifat, Kelebihan dan Kekurangannya

jenis usaha jasa
Written by Wida Kurniasih

Pengertian Pengusaha – Membayangkan bahwa menempuh pendidikan dengan hasil yang menakjubkan, memiliki karier yang cemerlang dan bergiat dalam bidang bisnis sebagai seorang pengusaha. Hal-hal seperti itu tentu menjadi impian banyak orang, apa lagi menjadi pengusaha adalah pekerjaan yang bisa dimulai dari usia muda. Namun ternyata tidak semudah yang dibayangkan, banyak hal yang perlu disiapkan untuk menjadi seorang pengusaha. Bahkan pada sebagian orang sering salah kaprah tentang maksud sebenarnya dari pengusaha. Lalu, apa itu pengusaha?

Berikut ini akan dijelaskan hal-hal yang perlu Grameds ketahui mengenai pengusaha, mulai dari pengertiannya sampai contoh pengusaha-pengusaha sukses yang ada di Indonesia.

A. Pengertian Pengusaha

Pengertian Pengusaha: Jenis, Manfaat, Sifat, Kelebihan dan Kekurangannya 1

Pengusaha merupakan satu dari sekian banyak profesi dalam bidang kerja. Pengusaha adalah seseorang, kelompok, ataupun lembaga yang melakukan kegiatan jual, beli, atau sewa sesuatu. Banyak hal yang bisa dikategorikan dalam pengusaha, contohnya seperti produsen sepatu, perternakan ayam, eksport-import bahan baku atau sebuah produk, menjual jasa, dan lain-lain sebagainya. Menurut KBBI pengusaha diartikan sebagai orang yang berusaha dalam bidang perdagangan.

Ada beberapa pengertian pengusaha menurut para ahli, di antaranya sebagai berikut:

1. Thomas W Zimmerer

Menurut Thomas, pengusaha adalah penerapan sebuah kreativitas sekaligus inovasi ketika memecahkan sebuah masalah yang menjadikan itu sebuah peluang besar. Hal itu dapat memanfaatkan banyak peluang dan memberikan keuntungan untuk banyak orang yang terlibat di dalam perusahaan tersebut.

2. Raymond

Mengatakan bahwa pengusaha adalah sebuah cara untuk mensejahterakan diri dengan suatu hal yang kreatif dan inovatif. Hal tersebut akan membuat keuntungan dan menjadi sebuah proses pensejahteraan diri.

3. Kasmir

Pengusaha adalah sebuah tempat untuk seseorang yang berani mengambil segala resiko, demi tercapainya sebuah tujuan yang diinginkan dan untuk sebuah keuntungan.

4. Arif F. Hadipranata

Pengusaha merupakan sosok atau orang yang mengambil sebuah keputusan dalam perpengusahaan, yang akan memberikan banyak keuntungan kepada banyak orang. Sosok itu menjadi inti dari sebuah pengusaha yang terlibat dalam perpengusahaan.

Sang Pengusaha

Sang Pengusaha

Beli Buku di Gramedia

5. Penrose

Menurut Penrose, pengusaha adalah yang tersusun dan terprediksi dengan baik dan menjadikannya mendapat keuntungan sesuai yang diinginkan.

6. Robbin & Coulter

Menjelaskan bahwa pengusaha adalah proses dari kelompok atau individu yang membuat sebuah peluang agar menjadi sebuah nilai berupa keuntungan, untuk semua yang terlibat.

7. Andrew J. Dubrin

Pengusaha merupakan orang yang mendirikan sebuah perusahaan dengan cara yang inovatif. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa hal itu akan memberikan banyak keuntungan bagi banyak orang pula. Tentunya bagi orang-orang yang menjalankan perusahaan.

8. Jean Baptista Say

Berpendapat bahwa pengusaha adalah sesuatu dapat dijadikan peluang produksi yang inovatif, yang akan menjadikan sebuah nilai keuntungan bagi wirapengusaha.

banner-promo-gramedia

B. Ciri-ciri Pengusaha

Pengertian Pengusaha: Jenis, Manfaat, Sifat, Kelebihan dan Kekurangannya 2

Berikut ini adalah ciri-ciri yang harus ada bila ingin dikatakan sebagai seorang pengusaha:

1. Memiliki produk untuk dijadikan sebagai usaha

Contoh produk yang bisa dijadikan usaha oleh pengusaha pemula adalah barang-barang yang mudah didapat. Jika ingin membuka usaha memproduksi barang, maka carilah ide-ide barang yang belum ada atau sedang dibutuhkan dan laku di pasaran. Produk yang dijadikan bisnis oleh para pengusaha tidak melulu mengenai produk saja, ada juga yang menjual sebuah jasa.

2. Mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu tujuan untuk menjadi pengusaha adalah untuk mendapatkan sebuah keuntungan. Maka dari itu, seorang pengusaha pasti memiliki cara supaya usaha yang dijalankannya mendapatkan banyak keuntungan.

3. Memiliki pengetahuan dalam berbisnis atau berniaga

Seorang pengusaha harus memiliki pengetahuan dalam berbisnis atau berniaga. Ini adalah hal penting supaya dapat memulai sampai mengembangkan usahanya. Jika tidak memiliki bekal yang cukup, usaha yang dijalankan bisa saja mengalami gangguan bahkan harus berhenti.

C. Tipe atau Jenis-jenis Pengusaha

Pengertian Pengusaha: Jenis, Manfaat, Sifat, Kelebihan dan Kekurangannya 3

1. Pengusaha Besar

Dikatakan sebagai pengusaha besar karena umumnya para pengusaha ini sudah lama memulai bisnisnya dan menjadi terkenal di kalangan masyarakat. Meskipun perbandingan antara pengusaha besar dan jumlah penduduk belum sebanding, tetapi para pengusaha besar ini sudah memiliki pendapatan yang sangat banyak. Perbedaannya adalah pengusaha besar biasanya sudah tidak turun langsung dan hanya memantau saja.

2. Pengusaha Online

Pengusaha online adalah pengusaha yang menjalankan bisnisnya melalui media digital atau secara online. Dalam hal perdagangan, sebenarnya sama saja dengan pengusaha lain tetapi tempat berjualannya yang berbeda. Pengusaha online akan berbisnis melalui platform-platform yang sudah tersedia atau membuatnya sendiri seperti website tokonya.

Berbisnis secara online memang tidak mengenal waktu, apalagi semakin berkembangnya zaman masyarakat akan beralih keserba digital. Namun hal yang perlu diwaspadai adalah banyaknya penipuan yang terkadang sulit untuk dideteksi.

Garudapreneur: Generasi Pengusaha Muda

Garudapreneur: Generasi Pengusaha Muda

Beli Buku di Gramedia

3. Pengusaha Influencer

Influencer yang suka mempromosikan produk-produk juga bisa dikatakan sebagai pungusaha, karena sebenarnya mereka menjual jasa untuk mempromosikan barang-barang kepada konsumen. Influencer tidak hanya dari kalangan selebriti atau selebgram saja, seorang penulis, podcaster, youtuber, dan pekerjaan sejenis juga bisa dikatakan sebagai influencer.

4. Investor

Seorang investor mulanya adalah seorang pengusaha. Saat usaha yang dijalankan sudah berkembang dan besar, biasanya para pengusaha akan meninggalkan dan hanya memantau saja. Selanjutnya mereka memulai usaha baru, yaitu membeli sebuah perusahaan atau dengan kata lain adalah memberikan modal untuk perusahaan tersebut dan fokus mengelola modal itu.

D. Manfaat sebagai Pengusaha

  • Pengertian Pengusaha: Jenis, Manfaat, Sifat, Kelebihan dan Kekurangannya 4      Mendapat keuntungan
  •       Melatih kepemimpinan dari dalam diri
  •       Membantu orang lain untuk mendapatkan pekerjaan
  •       Memiliki relasi atau kenalan yang luas
  •       Melatih skill multitasking
  •       Melatih diri untuk magagement waktu
  •       Memperluas pengetahuan atau wawasan
  •       Mendapat ilmu-ilmu baru
  •       Bisa belajar menyesuaikan diri dengan orang lain
  •       Mewariskan usaha kepada keluarga

E. Kekurangan dan Kelebihan seorang Pengusaha

Pengertian Pengusaha: Jenis, Manfaat, Sifat, Kelebihan dan Kekurangannya 5Menjadi seorang pengusaha tentu juga memiliki kekurangan dan kelebihannya. Berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan menjadi seorang pengusaha:

1. Kekurangan

Kekurangan ketika menjadi seorang pengusaha:

  •       Pendapatan tidak pasti dan sulit diprediksi
  •       Beresiko kehilangan banyak modal
  •       Memiliki waktu kerja yang panjang
  •       Ketika pertama kali merintis, pasti banyak kendala terkait modal maupun hal lainnya
  •       Memiliki tanggung jawab yang besar, terutama jika memiliki banyak karyawan

2. Kelebihan

Kelebihan ketika menjadi seorang pengusaha:

  •       Meskipun pendapatan tidak pasti, jika usaha sedang berkembang pesat maka keuntungan yang didapat juga besar
  •       Memiliki kebebasan berinovasi atau mengembangkan usaha
  •       Dapat memilih usaha yang disukai
  •       Bisa membuka lowongan kerja bagi orang lain
  •       Menjadi seorang pemimpin atau bos

F. Sifat yang Harus Dimiliki Seorang Pengusaha

Pengertian Pengusaha: Jenis, Manfaat, Sifat, Kelebihan dan Kekurangannya 6Ketika memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, ada hal-hal yang perlu disiapkan. Dalah satunya adalah sifat atau mental untuk menjadi seorang pengusaha. Berikut adalah beberapa sifat yang perlu dimiliki untuk menjadi seorang pengusaha:

1. Memiliki motivasi yang kuat

Untuk menjadi seorang pengusaha, perlu adanya motivasi yang kuat supaya bisa mewujudkan tekad dalam usaha tersebut. Seorang pngusaha tidak akan kehilangan motivasi untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih baik lagi.

2. Disiplin

Tentu saja seorang pengusaha perlu bersikap disiplin. Disiplin waktu, disiplin dalam hal bekerja, dan disiplin dalam masalah produk. Ketika menjalankan usaha secara disiplin, maka usaha itu pasti akan berkembang.

3. Memiliki etos kerja yang tinggi

Etos kerja yang tinggi akan memicu pekerjaan yang lebih baik lagi. Seorang pengusaha pasti memiliki etos kerja yang tinggi untuk menjalankan dan mengembangkan usahanya. Mereka selalu bersemangat dalam hal pekerjaan.

4. Selalu memiliki rasa ingin tahu

Seorang pengusaha akan senang terhadap ilmu, maka dari itu ia harus memiliki rasa ingin tahu supaya mendapatkan wawasan yang lebih luas lagi.

5. Memiliki sikap tegas

Seorang pengusaha atau pemimpin perlu memiliki sikap tegas dalam mengambil Tindakan ketika dibutuhkan. Harus mengetahu mana hal yang perlu diprioritaskan terlebih dahulu

banner-promo-gramedia

6. Berjiwa Kreatif

Kreatif pada seorang pengusaha tidak melulu mengenai mengembangkan produk, memikirkan cara untuk menjalin hubungan dengan relasi baru juga termasuk aspek utama kreativitas. Seorang pengusaha yang berjiwa kreatif akan datang membawa solusi ketika terjadi suatu masalah di dalam perusahaannya

7. Mempunyai  visi yang kuat

Visi yang kuat dan jelas sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan sebuah usaha. Maka dari itu, seorang pengusaha yang baik perlu menyiapkan visinya secara matang untuk membangun usahanya.

8. Bersikap Persuasif

Seorang pengusaha pasti bisa menjadi negosiator yang baik, mereka memiliki kemampuan untuk membujuk secara halus kepada seorang partner, klien, bahkan investor supaya mau bekerja sama dengannya. Persuasif juga dibarengi dengan tindakan-tindakan yang meyakinkan.

9. Tidak takut mengambil risiko

Untuk memulai sesuatu yang besar, diperlukan hal yang besar. Maka seorang pengusaha tidak boleh takut untuk mengambil risiko.

Mau Jadi Pengusaha? Jangan Cengeng

Mau Jadi Pengusaha? Jangan Cengeng

Beli Buku di Gramedia10. Memiliki pikiran yang terbuka

Memiliki pikiran yang terbuka juga sangat dibutuhkan oleh pengusaha, jika seorang pengusaha berpikir bahwa mereka selalu mengetahui segala sesuatu, itu akan menjadi boomerang baginya dan bisnisnya. Maka dari itu, seorang pengusaha harus berpikiran terbuka, menerima hal-hal baru tetapi tidak langsung menerapkannya.

11. Mudah dalam beradaptasi

Beradaptasi ketika terjadi sebuah masalah adalah hal yang diperlukan. Seorang pengusaha yang baik akan melihat peluang dan mengubah menjadi sebuah keuntungan dari pada memusingkan masalah tersebut.

12. Mencintai apa yang sedang dikerjakan

Ketika menyukai atau mencintai sesuatu yang sedang dikerjakan, meskipun sulit, maka pekerjaan tersebut akan terasa ringan. Begitu pula ketika menjadi seorang pengusaha, pasti banyak hambatan yang datang sehingga merasa bahwa usaha yang dijalankan tidap tepat. Namun sebelum buru-buru mengambil keputusan, cobalah untuk memahami dan mencintai apa yang sedang dikerjakan supaya terasa lebih ringan..

13. Pintar dalam menganalisis

Analisis dibutuhkan oleh seorang pengusaha, untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan maupun oleh pasar. Seorang pengusaha harus bisa meilhat sebuah peluang bisnis yang bisa jadi menjadi bisnis yang besar

14. Tidak takut gagal

Tidak ada sesuatu yang berhasil secara instan, semua pengusaha pasti pernah mengalami kesulitan sampai kegagalan. Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses, perlu ditanamkan pemikiran untuk tidak takut gagal.

G. Contoh Pengusaha-pengusaha Sukses di Indonesia

Berikut ini beberapa contoh pengusaha-pengusaha sukses yang ada di Indonesia:

1. Bob Sadino

Pengertian Pengusaha: Jenis, Manfaat, Sifat, Kelebihan dan Kekurangannya 7

Pengusaha Sukses – Bob Sadino. Sumber: id. wikipedia.org

Salah satu pengusaha sukses ini sudah banyak menginspirasi banyak orang, ia adalah Bambang Mustari Sadino atau dikenal dengan Bob Sadino. Kisahnya dimulai ketika ia bekerja sebagai seorang karyawan, kemudian beralih dan menjajal menjadi seorang pengusaha. Mulanya ia tidak langsung terjun dalam dunia perdagangan, ia sempat memulai usaha sewa mobil. Mobil yang digunakan juga masih mobil pribadi dan satu-satunya yang ia miliki.

Namun usahanya belum berhasil, karena ia sempat mengalami kecelakaan. Setelah itu ia beralih profesi menjadi seorang kuli bangunan, ketika menjadi kuli bangunan ia melihat ada sebuah peluang bisnis, yaitu bisnis telur ayam. Bob Sadino kemudian memulai bisnisnya dari nol, berkat etos kerjanya yang tinggi ia bisa mengembangkan bisnisnya yang mulanya hanya telur ayam, menjadi sebuah supermarket bernama “Kem Chicks”.

2. Susi Pudjiastuti

Pengertian Pengusaha: Jenis, Manfaat, Sifat, Kelebihan dan Kekurangannya 8
banner-promo-gramedia

Pengusaha Sukses – Susi Pudjiastuti. Sumber: mancode.id

Sebelum menjadi seorang Menteri kelautan, Susi Pudjiastuti lebih dulu dikenal sebagai seorang pengusaha sukses. Susi memulai kariernya sebagai seorang pengusaha sejak duduk di bangku SMP. Susi memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya dan memulai berbisnis.

Modal awal yang dimilikinya juga tidak banyak, tetapi berkat ketekunannya dalam berusaha ia mampu mengembangkan bisnisnya. Mulanya ia hanya menjual ikan-ikan hasil tengkulaknya berkeliling menggunakan sepeda, kemudian ia mencoba menawarkan kepada beberapa restoran. Meskipun sempat diragukan, tetapi ia berhasil meyakinkan bahwa ikan yang ia tawarkan memiliki kualitas bagus.

Ketika usahanya sudah maju, ia mulai mengembangkan usahanya lagi dengan membeli sebuat jet. Jet tersebut digunakannya untuk mengantar hasil tangkapan laut ke berbagai provinsi, bahkan ke luar negeri. Setelah itu, ia juga memulai bisnis dengan menyediakan jasa transportasi untuk produk-produk perikanan dengan nama “Susi Air”

3. Reza Nurhilman

Pengertian Pengusaha: Jenis, Manfaat, Sifat, Kelebihan dan Kekurangannya 9

Pengusaha Sukses – Reza Nurhilman. Sumber: biografiku.com

Reza Nurhilman adalah pria asal kota Bandung yang sukses menjadi pengusaha di usia yang terbilang muda. Setelah lulus SMA, ia lebih memilih menjadi seorang pengusaha ketimbang melanjutkan Pendidikan di perguruan tinggi. Mulanya ia menjual bermacam barang elektronik, lalu pada suatu hari ketika ia berkunjung ke Cimahi bersama teman-temannya, ia mendapati keripik pedas yang dibuat oleh seorang nenek-nenek.

Menurutnya keripik tersebut enak dan tanpa ragu menanyakan cara pembuatannya. Ia merasa bahwa keripik itu bisa menjadi peluang bisnis, hanya saja pemasarannya yang kurang. Akhirnya ia menjajal untuk memproduksi keripik singkong tersebut. Meskipun sudah ada yang sejenis, ia menggunakan kreativitasnya sehingga produknya berbeda dari yang lain.

Mulanya ditawarkan dari orang ke orang, melalui media sosial twitter dan facebook, sampai dari tempat ke tempat. Ternyata strategi pemasaran yang ia lakukan berhasil dan banyak orang tertarik. Ia kemudian mengembangkan usahanya itu sehingga memproduksi lebih banyak lagi. Berkat kerja kerasnya, ia berhasil mendapat banyak keuntungan. Saat ini keripik pedas itu sudah banyak tersedia di supermarket dengan nama “Maicih”.

Pengusaha-pengusaha sukses lainnya:

  1.   Sunny Kamengmau – Tas Robita
  2.   Gibran Rakabuming – Chili Pari
  3.   Ali Muharam – Makaroni Ngehe
  4.   Nicholas Kurniawan – Eksportir Ikan Hias
  5.   Hamzah Izzulhaq – CV Hamasa Indonesia
  6.   Yasa Singgih – Mens Republic
  7.   Sudono Salim – Salim Group (BCA, Indofood, Bogasari)
  8.   Achmad Zaky – BukaLapak
  9.   Ferry Unardi – Traveloka
  10.   Nadiem Makarim – Gojek
  11.   Chairul Tanjung – CT Corp
  12.   Ciputra – Ciputra Group
  13.   James Prananto – Kopi Kenangan
  14.   Dea Valencia – Usaha Batik Kultur
  15.   Hendy Setiono – Kebab Turki Baba Rafi
  16.   William Tanuwijaya – Tokopedia
  17.   Johnny Andrean – Johnny Andrean Salon, J.CO, Bread Talk
  18.   Budiono Darsono – Detik.com
  19.   Angky William – Stoqo
  20.   Steven Wongsoredjo – Nusantara Tecnology
  21.   Jason Lamuda – Berrybenka.com
  22.   Hendrik Tio – Bhinneka.com
  23.   Aruna Harsa – Dekoruma
  24.   DLL

Inilah beberapa informasi mengenai pengertian pengusaha, jenis, sampai contoh pengusaha-pengusaha sukses yang ada di Indonesia. Grameds, ayo wujudkan mimpimu untuk menjadi pengusaha bersama gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan berbagai macam koleksi buku-buku, termasuk mengenai pengusaha.

Baca juga artikel terkait “Pengertian Pengusaha” :

STRATEGI BISNIS PENGUSAHA

STRATEGI BISNIS PENGUSAHA

Beli Buku di Gramedia

Pengusaha Juara

Pengusaha Juara

Beli Buku di Gramedia

Sumber: dari berbagai sumber

Penulis: Wida Kurniasih

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien