in

Review Novel Melangkah Karya JS Khairen

Review buku Melangkah J.S Khairen – Buku merupakan jendela dunia. Dengan membaca buku, tanpa perlu beranjak dari tempat Grameds, Grameds bisa pergi melanglang buana dan mendapatkan ilmu baru. Dengan membaca buku, Grameds bisa peri dan ikut terbawa suasana yang digambarkan oleh penulis, seperti buku-buku petualang fiksi.

Jika Grameds ingin ikut merasakan pergi melancong ke kota-kota berbeda dan merasakan bagaimana pengalaman melancong dan suasana kota tersebut, maka Grameds bisa membaca buku fiksi perjalanan seperti buku Melangkah yang ditulis oleh J.S Khairen.

Buku Melangkah dari J.S Khairen ini mendapatkan rating cukup tinggi di laman Good Read yaitu 4.16 dari 5 bintang. Mengusung genre action, fiction, JS. Khairen mendapatkan banyak pujian karena bahasa yang ia gunakan adalah bahasa indah yang mampu membawa para pembaca ikut berpetualang bersama dengan para tokoh dalam buku ini. Bagaimana sinopsis bukunya dan sekilas review-nya? Simak ulasan singkatnya dalam artikel ini.

Siapa J.S Khairen? 

Jombang Santani Khairen atau lebih akrab disapa dengan J.S Khairen merupakan seorang penulis keturunan dari Minang. Sebelumnya, J.S Khairen sempat menjadi bahan perbincangan di media sosial sebab ia pernah menuliskan Nusantara serta ibu kota Indonesia yang pindah ke Kalimantan sebelum wacana pemindahan ibu kota tersebut.

Buku pertama yang menyebutkan tentang pemindahan ibu kota dan perubahan nama ibu kota Indonesia adalah buku berjudul Rinduku Sederas Hujan Sore Itu yang ditulis pada tahun 2015 kemudian diterbitkan pada tahun 2017. Buku tersebut merupakan sebuah kumpulan cerita pendek dan ada bagian cerita yang membahas mengenai nama Nusantara sebagai ibu kota Indonesia pada bab Nusantara Top Secret Project: Rongga Waktu.

Selain buku tersebut, ada pula buku lainnya dengan judul Kami (Bukan) Jongos Berdasi dan ditulis pada tahun 2014 hingga 2015 lalu diterbitkan pada tahun 2019. Isi dari buku karya Jombang Santani Khairen menceritakan mengenai ibu kota baru dari Indonesia yaitu Kalimantan.

Sebelum terjun sebagai seorang novelis professional, J.S Khairen sebelumnya gemar menulis cerita pendek (cerpen). Tidak sedikit cerpen karya J.S Khairen yang kemudian ia kumpulkan dan menjadi sebuah buku kumpulan cerpen.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

J.S Khairen juga terlihat aktif di media sosial dan menuliskan beberapa quotes menarik tentang nasihat dan memancing minat netizen.

Sejak kecil, J.S Khairen sudah senang menulis hal ini mungkin karena ia sering melihat sang ayah yang rupanya berprofesi sebagai seorang wartawan dan menjadi guru besar J.S Khairen.

Kemampuan Khairen semakin terasah dan ahli ketika ia bergabung dengan Economica yaitu sebuah organisasi yang bergerak di bidang jurnalistik keilmuan di perguruan tinggi ternama yaitu Universitas Indonesia.

Sebagai seseorang yang cukup ahli dalam bidangnya, J.S Khairen tidak pelit ilmu dan selalu membagikan ilmu menulisnya. Khairen juga terlihat sering mengadakan beberapa kali workshop menulis dengan tujuan untuk membagikan pengalaman sekaligus ilmu yang ia miliki ketika ia menulis sebuah novel maupun cerita pendek.

Khairen memiliki kegemaran dalam bidang tulis menulis sejak tahun 2013 dan berbagai karyanya telah ia tulis dan ia terbitkan dengan beberapa penerbit. Sejak tahun 2013 hingga sekarang, Khairen telah berhasil menerbitkan total 14 buku.

Salah satu buku karya J.S Khairen yang cukup populer dan mendapatkan rating bagus adalah Melangkah, buku kesebelas yang ia tulis dan berhasil ia terbitkan. Buku ini mengangkat genre fantasi aksi dan cukup berbeda dengan karyanya yang sebelumnya.

Bagaimana sinopsis dan ulasan dari buku Melangkah karya J.S Khairen? Simak penjelasannya lebih lanjut dalam artikel ini.

Sinopsis Melangkah oleh J.S Khairen

 

Judul Buku : Melangkah

Penulis : J.S Khairen

Penerbit : Gramedia Widiasarana Indonesia

Jumlah Halaman : 368

Tanggal Terbit : 22 Maret 2020

ISBN : 9786020523316

Bahasa : Indonesia

Listrik pada di seluruh Pulau Jawa dan Bali dengan cara yang misterius. Ada sebuah ancaman nyata tentang kekuatan baru yang akan menaklukan Nusantara. Di saat yang bersamaan, ada empat sahabat yang baru saja mendarat di Sumba hanya untuk sekadar mendapati nasib dari ratusan juta manusia berada di tangan mereka.

Keempat sahabat tersebut adalah mahasiswa ekonomi yang harus bertarung melawan pasukan berkuda dan dapat melontarkan listrik. Seluruh perjuangan mereka dipersulit oleh adanya seorang buronan tingkat tinggi dengan topeng pahlawan yang memiliki sebuah rencana mengerikan.

Rupanya, pesan dari arwah nenek moyang benar-benar menjadi kenyataan! Pesan tersebut berupa, “akan datang kegelapan yang berderap-derap bersamaan dengan ribuan kuda raksasa pada malam hari. Mereka bangun setelah sekian lama, datang untuk menghancurkan Nusantara. Seorang laki-laki dan seorang perempuan ditakdirkan untuk membaur di air, di lautan serta api di pegunungan. Menyatukan tanah yang menghujamnya serta udara yang terhampar.”

Melangkah adalah sebuah novel tentang persahabatan, jurang ego seorang anak dengan orang tuanya dan tentang menyeimbangkan logika maupun perasaan. Buku ini juga tentang melangkah menuju masa depan dan bahwa apapun yang menjadi luka di masa lalu harus dibiarkan mengering bersama dengan waktu.

Novel Melangkah akan membawa pembaca menuju Indonesia yang paling timur yaitu sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur, Sumba. Sumba merupakan salah satu tempat yang terkenal dengan keindahan alam dan betapa eksotisnya tempat wisata yang disuguhkan, tak terkecuali tanah Marapu.

Pulau yang satu ini dikenal sebagai penghasil kain tenun yang cukup terkenal dikarenakan memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Namun sayangnya, tak banyak orang yang tahu tentang hal ini.

Melalui novel ini pula, J.S Khairen akan mengungkapkan tentang keindahan dan hal lain tentang Sumba, Indonesia. Penasaran dengan bagaimana petualangan keempat sahabat ini? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Review Buku Melangkah J.S. Khairen

Novel Melangkah merupakan novel karya penulis dengan darah Minang yaitu J.S Khairen yang kesebelas dengan genre fantasi aksi. Berbeda dengan karyanya yang sebelumnya, novel Melangkah ini memberikan sedikit kisah fantasi yang cukup menarik bagi para pembacanya. Jadi, tidak heran, apabila pembaca memberikan rating 4.16 untuk buku ini melalui laman Good Reads.

Dalam novel Melangkah, ada 36 episode serta 5 babak. Pada babak pertama novel ini, sekilas J.S Khairen menjelaskan mengenai apa yang akan terjadi pada masa depan. Novel satu ini memiliki alur maju dan mundur.

Ketika membaca novel Melangkah, pembaca akan bertemu dengan beberapa karakter utama. Ada 4 karakter utama dalam novel ini, keempatnya adalah mahasiswa ekonomi dengan karakter unik, karena keempatnya jago bela diri yaitu silat.

Keempat mahasiswa tersebut bernama Arif, Siti, Ocha dan Aura. Siti adalah anak yang sangat jago silat, ia bahkan telah berhasil mendapatkan 37 medali. Sementara itu, Arif adalah juara silat kedua dan ia digambarkan sebagai seseorang yang pemberani. Sedangkan Ocha adalah orang yang pandai ilmu ekonomi dan ia diam-diam juga jago ilmu bela diri.

Mereka berempat berencana untuk bertualang dan berlibur di kampung halaman Aura yaitu di Sumba. Sejak awal berencana untuk pergi ke Sumba, mereka berempat banyak menemui hal-hal yang aneh yang muncul. Beberapa peristiwa aneh tersebut termasuk adanya tragedi yang mereka alami di pesawat, pemadaman listrik hingga beberapa hal mistis ketika berlibur di Sumba.

Aura adalah tokoh utama dalam novel Melangkah ini. Aura digambarkan sebagai seorang anak dari raja Sumba yang memiliki tugas untuk menjalankan sebuah pesan arwah dari sang nenek moyang.

Bersama dengan ketiga sahabat karibnya, Aura serta kawan-kawannya berusaha untuk dapat memecahkan rangkaian masalah yang ada. Berbekal dengan tekad penuh sebagai seorang perempuan Sumba dan pengetahuan yang ia miliki di bidang ekonomi serta keahlian bela diri berupa pencak silat.

Melangkah merupakan sebuah novel yang memiliki latar belakang Sumba yang sangat kental. Dari awal hingga akhir artikel, J.S Khairen mengajak para pembaca untuk mengarungi dan menjelajahi pelosok daerah Sumba bersamaan dengan keempat sahabat.

Pada bab-bab awal novel Melangkah, J.S Khairen mampu membuat pembaca merasa bersemangat sekaligus penasaran dengan akhir cerita. Menurut beberapa pembaca yang menulis review di laman Good Reads, beberapa menilai bahwa novel ini memiliki fast pace.

Pembukaan novelnya cukup panjang dan penulis telah memberikan beberapa petunjuk tentang permasalahan yang ada dalam novel ini. Meskipun beberapa berpendapat bahwa novel ini memiliki alur fast pace, tetapi yang lainnya beranggapan bahwa pembukaan novel terlalu bertele-tele.

Tentu saja, agar para pembaca dapat mengenal setiap tokoh dengan baik dan mengetahui peran dari keempat tokoh utama tersebut, maka J.S Khairen memperkenalkan setiap tokohnya satu persatu dengan detail. Sayangnya, detail penjelasan tentang tokoh tersebut justru terkesan bertele-tele dan membosankan, karena terlalu panjang.

Di balik alur kisah yang terlalu panjang dan terlalu banyak menyertakan detail tersebut, J.S Khairen rupanya berhasil menyajikan kisah menarik tentang petualangan keempat sekawan yang pergi berlibur di Sumba.

Setiap adegan aksi, digambarkan dengan baik sehingga para pembaca akan ikut tegang ketika salah satu tokoh sedang memamerkan aksi pencak silatnya dan menyerang para penjahat.

Buku ini tidak hanya menceritakan tentang persahabatan remaja atau kisah laga yang klasik, akan tetapi ada sisi unik yang membuat novel satu ini pantas mendapatkan rating tinggi.

J.S Khairen mengombinasikan cerita tentang kehidupan remaja, aksi laga, budaya, adat dan tentunya ekonomi. Unsur budaya, adat serta tradisi dalam novel ini bahkan tidak hanya numpang lewat saja, tetapi cukup kuat dan memberikan pengalaman tersendiri bagi para pembacanya.

Selain itu, J.S Khairen juga ikut mengangkat isu sosial politik disertai dengan sindiran dan kritikan pada isu-isu terkini. Jadi, pesan yang ingin disampaikan oleh penulis dapat tersampaikan cukup baik.

Kekurangan dan Kelebihan Buku Melangkah oleh J.S Khairen

Pros & Cons

Pros
  • Menyajikan beberapa aspek menarik secara bersamaan, sehingga unik.
  • Menonjolkan sisi adat dan tradisi yang kuat.
  • Kisah petualangan dan aksi yang seru dan menarik.
Cons
  • Pengembangan karakter atau penokohan yang kurang baik.
  • Banyak bagian yang terlalu bertele-tele, sehingga sedikit membosankan.

Meskipun mendapatkan rating review yang cukup tinggi di Good Reads, tetapi novel Melangkah dari J.S Khairen ini memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan. Berikut ulasan lengkap tentang kelebihan dan kekurangan dari novel Melangkah karya J.S Khairen.

Buku ini memiliki beberapa kelebihan yang membuat Grameds harus membacanya. Salah satunya adalah tentang penyajian J.S Khairen yang cukup khas. Sebagai seorang penulis berpengalaman dengan jumlah karya yang tidak sedikit, kekhasan J.S Khairen dalam buku ini pun terlihat jelas.

Khairen banyak mendeskripsikan kisah Melangkah dengan kata-kata yang indah dan mudah dipahami oleh pembaca. Selain kata-kata indah tersebut, Khairen juga menyajikan beberapa aspek sekaligus yang membuat kisah novel ini menjadi lebih menarik.

Beberapa aspek yang muncul dalam novel ini adalah ekonomi, adat, budaya dan aksi. Aspek-aspek tersebut membuat novel ini menjadi lebih unik dan tentunya menarik untuk dibaca.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Khairen sangat menonjolkan aspek adat atau tradisi. Terutama tentang latar tempat dari kisah Melangkah yaitu Sumba. Dengan begitu, pembaca tidak hanya menikmati kisah laga saja, tetapi juga dapat mengetahui sisi lain dari Sumba yang tidak banyak orang tahu.

Melalui penjelasan yang cukup detail, Khairen seolah ikut mengajak pembaca untuk mengunjungi Sumba dan menikmati keindahan alam serta kekayaan adatnya. Kelebihan lain dari novel ini adalah kisah laga yang tak kalah menarik dan film action Marvel dan lainnya.

Khairen membuat keempat tokoh menguasai teknik bela diri yang sama yaitu pencak silat, khas Indonesia dan membuat keempat pahlawan ini melawan musuh hebat dengan keahlian bela dirinya.

Selain ketiga kelebihan tersebut, ada beberapa pembaca yang menuliskan kekurangan tentang buku ini dan paling banyak tentang penokohan yang kurang baik serta terlalu banyak detail, sehingga terkesan bertele-tele.

Pada awal buku ini, mungkin Grameds akan kesulitan untuk menyelesaikan novel satu ini sebab Khairen terkesan terlalu banyak bertele-tele dan mengisahkan banyak detail secara berlebihan yang membuat kisah Melangkah menjadi sedikit membosankan.

Namun, meskipun banyak menyertakan detail, Khairen kurang mendalami karakter dari penokohan keempat pahlawan yang seharusnya menonjol dalam kisah ini atau bagaimana villain dari kisah Melangkah beraksi.

Beberapa karakter yang seharusnya menjadi tokoh utama justru kurang mencolok, tidak banyak keluar dan tidak banyak aksi. Sehingga memberikan kesan tokoh tersebut tidak berguna.

Selain tokoh protagonis yang kurang menonjol sebagai pahlawan dalam kisah ini, Khairen juga kurang menonjol tokoh villain atau antagonis dalam novel ini. Khairen seperti luput menyertakan kenapa penjahat tersebut ingin menyerang Nusantara, apa motivasi di baliknya dan bagaimana caranya.

Penulis terlihat kurang fokus dan justru menghadirkan beberapa karakter pendamping untuk mengulur cerita. Pembuka novel Melangkah sebenarnya cukup menarik, dengan unsur magis dari ramalan nenek moyang. Namun rupanya unsur magis tersebut hanyalah pemanis dan kemudian tidak muncul pada bab-bab selanjutnya dalam novel ini.

Meskipun begitu, novel ini cukup menarik untuk dibaca dan disimak. Sebab, ada banyak kisah petualangan yang seru menanti dalam novel ini.

Bagi Grameds yang penasaran dengan kelanjutan kisah empat sekawan dalam novel Melangkah, Grameds bisa langsung membeli bukunya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan berbagai macam buku berkualitas dan original untuk Grameds. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Sumber: 

 

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy