in

Review Novel Apartemen 12A-05

Review Apartemen 12A -05 – Pembaca buku dengan kategori horor banyak digemari dari berbagai kalangan, seperti remaja hingga orang dewasa, bahkan anak kecil pun banyak yang tertarik tetapi perlu untuk diawasi oleh orang dewasa jika ingin membaca atau menonton film horor.

Hal tersebut dikarenakan dengan membaca buku horor dapat memberikan sensasi rasa ketegangan, penasaran, dan tentunya menarik untuk terus dibaca. Rasa menegangkan dan penasaran tersebut yang mampu membawa pembaca terjun mengikuti alur cerita, bahkan seperti mengikutinya ke dunia nyata. Sensasi tersebutlah yang membuat penulis merasa berhasil dalam membuat menulis ceritanya.

Salah satu buku yang bertemakan horor yang tidak boleh dilewatkan adalah Apartemen 12A-05. Cerita horor yang ada pada buku ini bisa membuat pembaca merasa seperti sedang berada di apartemen itu. Sebelum membaca novel ini, tidak ada salahnya kalau Grameds membaca review ini terlebih dahulu.

Profil Penulis

Dalam buku yang dituliskan oleh penulis terkenal asal Eropa Timur berinisial Sz yang biasa lebih dikenal bang bule ini sangatlah menarik perhatian, terutama pembaca buku horror. Penulis menggunakan nama panggilan lainnya, yaitu biasa dipanggil Bang Bule karena ia ingin merahasiakan identitas pribadinya agar para pembaca lebih mengenalnya dan menyukainya karena karyanya bukan karena Namanya.

Bang Bule merupakan seorang pria asal negara Eropa Timur yang sangat menyukai dan mencintai Negara Indonesia. Beliau bertempat tinggal di Jakarta dan Bali. Bang Bule memiliki cita-cita yang begitu menyentuh hati bagi warga Negara Indonesia Khususnya, yaitu karena beliau ingin sekali menghabiskan masa hidupnya di Negara yang dicintainya, Negara Indonesia.

Di antara Kota-kota lainnya di Indonesia ini, beliau sangat ingin menghabiskan menghabiskan waktunya di Bali, dengan alasan bahwa beliau mencintai Bali karena keindahan dan hangatnya keramahan orang-orangnya.

Dalam karyanya, beliau menulis 2 judul buku. Bukunya berjudul “Apartemen 12A-05” dan satu lagi berjudul “Laiba dan Nasir”. Kedua bukunya dirilis dalam tempo waktu yang bersamaan yaitu pada tanggal 9 April 2021. Penulisan atau penuangan cerita dalam karyanya tersebut terinspirasi dari kisah nyatanya, terutama pada karyanya yang berjudul “Apartemen 12A-05”.

Bang Bule pernah tinggal di salah satu apartemen yang berada di Jakarta Pusat, dan pada saat itu beliau mengalami kejadian aneh. Kejadiannya seperti sering terdengar suara-suara yang dianggapnya sebagai sesuatu yang goib. Dari kejadian tersebut, untuk memastikan apakah ada yang mendengarnya juga atau tidak, beliau sering kali menanyakan ke tamu-tamunya dan penghuni lain di apartemennya tersebut. Apakah mereka mendengarkan suara-suara yang sama seperti yang beliau dengar?

Maka dari itu, beliau menuangkan pikirannya dan pengalamannya sebagai inspirasi penulisan kisah horor dalam karyanya yang berjudul “Apartemen 12A-05” dan “Laiba dan Nasir” yang dapat membuat bulu kuduk merinding. Hasil penuangan dalam karya-karyanya, Bang Bule menegaskan bahwa kisah dalam buku yang beliau tulis bukanlah sepenuhnya kisah nyata.

Tentang Buku Apartemen 12A-05

 

Judul : Apartemen 12A-05

Penulis : Bang Bule

The Architecture of Love | Di balik Pena

ISBN : 9786239645915

Penerbit : Bangbuleofficial

Tahun Terbit : 2021

Jumlah Halaman : 252 halaman

Sinopsis

Hanya di mendengarkan cerita saja dan tidak pernah merasakannya, apakah bisa percaya adanya hantu? Yang pada awalnya tidak mempercayai makhluk halus, hantu, ataupun sejenisnya, ketika sudah melihat dan merasakannya sendiri akan langsung percaya bahwa hal tersebut benar adanya.

Yang pada awalnya mengira bahwa ada tetangga yang baru pindah di unit atas apartemen karena selalu ada suara dentuman yang kencang. Setelah beberapa hari suara-suara tersebut mengganggu tidur di setiap malam, Oleh karena itu, memutuskan untuk menanyakan hal tersebut ke petugas apartemen. Namun, petugas keamanan itu mengatakan bahwa unit tersebut kosong.

Karena jawaban yang tidak memuaskan, jadi memutuskan untuk mencari tahu sendiri dengan bergegas ke unit tersebut lalu membuka paksa, Didalamnya banyak sekali lalat yang sudah mati dan bau busuk yang menyengat. Selain itu, tepat di bagian sudut gelap salah satu sisi apartemen, terlihat ada bayangan berbentuk anak kecil berwarna hitam dan matanya menatap  dan tersenyum menyeringai.

Belum sempat mundur ke pintu unit Apartemen 12A-05, sosok anak kecil yang terlihat tadi menerjang dan pintu tertutup rapat sehingga membuat terjebak di dalam apartemen 12A-05.

Alur Awal Apartemen 12A-05

Bercerita sedikit dalam bukunya yang berjudul Apartemen 12A-05 ini menggunakan sudut pandang orang pertama, yaitu dengan menggunakan kata ganti “aku” dalam penulisannya. Penggunaan kata ganti “aku” mampu menarik pembaca secara mudah mengikuti alur ceritanya. Pada awalan alur cerita, penulis menceritakan si tokoh “aku” bernama Zack tersebut tidak mempercayai adanya hantu jika belum melihatnya sendiri.

Tokoh “aku” ini sangatlah berharap dan menantikan kemampuan untuk bisa melihat hantu, dengan berpikir bahwa jika momen itu terjadi merupakan suatu pengalaman yang luar biasa baginya.

Walaupun tokoh Zack tidak pernah melihat secara langsung bagaimana bentuk hantu maupun makhluk halus lainnya. Akan tetapi Zack pernah mendengarkan suara yang sering terdengar dengan dugaan bahwa kehadiran mereka benar adanya.

Hari dimana tanggal 9 April pada saat Zack sendirian untuk pertama kalinya karena Asisten Rumah Tangga (ART) yang harus pergi. Sepulang latihan tenis di malam hari, ketika naik keatas dalam keadaan basah kuyup dan bergegas untuk segera mandi. Lalu di malam itu terdengar suara guntur seperti akan turun hujan.

Momen ketika terbangun karena suara Guntur yang begitu keras di jam 02.30 membuat gelisah. Akan tetapi, suara Guntur yang terdengar pada saat itu berbeda dari biasanya, suara itu sangatlah keras dan seakan muncul dari atas. Mendengarkan suara dentuman lagi dan lagi membuat berpikir bahwa ada orang yang pindahan di hari itu dan sibuk memindahkan barang-barangnya.

Di keesokan harinya, dimana harus pergi mencari makanan, ingin naik dengan lift apartemen yang begitu membosankan dan menakutkan. Lift tiba-tiba macet di 12-A dan hanya berpikir bahwa penyebabnya adalah orang-orang pindahan.  Selanjutnya, diwaktu yang sama pada pukul 2.30 Zack terbangun dengan rasa marah.

Terdengar suara yang familiar tetapi tidak bisa ditebak suara apakah itu, dengan rasa lelah dan mengantuk Zack berjalan keluar dan melihat bayangan melintas dari arah kiri lalu mengejarnya tetapi tidak ada siapapun yang terlihat.

Di hari selanjutnya Zack terbangun pada pukul 2:30 lagi dan lagi karena terdengar suara ledakan yang begitu kencang kemudian memeriksanya menyusuri lorong dan dengan rasa kesal. Berbelok ke arah lift dan melihat bayangan yang sebelumnya pernah terlihat, kemudian langsung berjalan cepat dan tidak terlihat siapapun lagi. Tetapi pada saat berbalik, bayangan kembali muncul.

Dengan begitu, Zack meyakini bahwa ada orang yang sedang mempermainkannya. Melihat seluruh lift berhenti di 12-A dan pada saat menekan tombol lift tersebut, seluruh lift berhenti di lantai apartemen Zack dalam waktu yang bersamaan. Pada saat itu juga terlihat bayangan yang sama lagi tapi masih berpikir bahwa ada yang salah dari mata Zack, karena bayangannya lenyap saat masuk ke dalam lift.

Lift naik ke 12 A, lalu turun dan mulai berjalan mencari 12-A 05 atau 13-05 dalam kehidupan nyata karena pada dasarnya lantai 12 A adalah lantai 13. Ketika berbalik dan memutar ke arah yang berlawanan tiba-tiba bayangan lain terbang hamper mengenai kepala, bayangan tersebut adalah kelelawar. Di apartemen 12A-05 pintu besi tempa yang pada awalnya tertutup sekarang terbuka, lalu tiba-tiba lampu lorongnya menyala dan pintu dibanting tertutup. Kemudian Zack berlari terengah-engah dan berkeringat ke lantai 12 yaitu ke apartemen Zack.

Merasa terganggu dengan suara-suara yang membuat Zack terus terbangun, ia memutuskan untuk turun dan menghampiri petugas keamanan. Zack menyampaikan keresahannya terhadap unit yang berada tepat di atas unit apartemennya. Kemudian petugas keamanan itu menyampaikan bahwa unit yang dimaksud adalah 12A-05 dan unit tersebut kosong.

Dari banyaknya kejadian yang terlah dirasakannya, Zack membuat beberapa catatan pada 10 April di jan 2:30. Dalam catatannya, Zack menulis tentang apa yang ia dengar seperti suara pemindahan furniture, suara kelereng, suara seperti seseorang berjalan memakai sepatu hak tinggi, suara bola bowling, lift yang seringkali berhenti di 12A, dan suara air menetes.

Untuk mencari faktanya, Zack pergi ke unit 12A-05. Tetapi pada saat Zack pergi dan masuk ke Unit 12A-05, ada sesuatu hal buruk terjadi padanya. Rasa penasarannya terhadap unit 12A-05 membuatnya terjebak.

Review Buku Apartemen 12A-05

 

Pros & Cons

Pros
  • Buku ini mampu mempermudah pembaca memahami rangkaian cerita dengan penggambaran yang mendetail
  • Dalam penulisannya menggunakkan bahasa sehari-hari
  • Alur cerita yang terstruktur. Selain itu tidak monoton dan membingungkan
Cons
  • Menggambarkan sesuatu dengan kata lain yang dapat menyebabkan kesalahan persepsi
  • Tidak menampilkan gambar ilustrasi untuk mendukung penggambaran cerita 

 

Buku “Apartemen 12A-05” hasil karya penulisan Bang Bule tersebut dirilis bersamaan dengan karya lainnya yang berjudul “Laiba dan Nasir”. Pada buku Apartemen 12A-05 menceritakan seseorang bernama Zack yang tinggal di salah satu apartemen. Zack yang terjebak di dalam apartemen yang menyeramkan. Sering mendengarkan suara-suara yang mengganggunya hingga sulit untuk tidur. Hal tersebut membuatnya penasaran hingga merasa perlu melakukan penyelidikan.

Dalam penulisannya menggunakan sudut pandang orang pertama, yaitu “aku” yang dituliskan oleh penulis dapat menguntungkan pembaca untuk lebih mudah memahami dan mengikuti alur cerita. Hal tersebut dikarenakan gaya bahasa atau penulisannya tertuang secara bebas dan terlihat lebih alami sesuai dengan pemikiran dan bahasa sehari-hari. Penuangan tulisan secara bebas dimaksudnya dengan penulisannya semi baku tetapi mudah dimengerti.

Penulis dapat menggambarkan bagaimana suasana dan bentuk lokasi dalam tulisannya secara mendetail. Memberikan banyak kejadian yang tengah terjadi oleh tokoh dalam cerita mengenai kejadian horornya dan pengungkapan misterinya secara mendalam agar pembaca terbawa dalam ceritanya. Dalam penulisannya, mampu membuat pembaca dapat memvisualkan dan mengimajinasikan dari gambaran penjelasan penulis secara mendetail walaupun tidak mengalaminya secara langsung.

Cerita yang disajikan penulis tidak monoton. Banyaknya perbedaan suasana, perubahan tempat, dan lainnya. Cerita yang disajikan mengarah ke cerita berkategori horror dan misteri, akan tetapi perilaku tokoh dalam cerita untuk mengungkapkan misterinya membuat pembaca merasakan ketegangan dan penasaran.

Pada buku Apartemen 12A-05 ini menggunakan alur maju. Alur ceritanya yang runtut atau berurut mulai dari kejadian awal, kejadian tengah, hingga kejadian akhir. Penggunaan alur maju ini juga sangat membudahkan pembaca memahami rangkaian cerita yang tidak bolak balik atau dimaksudkan seperti alur campuran.

Buku ini terinspirasi dari kisah nyata. Mengambil beberapa bagian dari cerita yang terinspirasi dari kisah nyata penulis. Dimana penulis pernah tinggal di sebuah apartemen dalam beberapa waktu lamanya dan pernah merasakan kejadian atau peristiwa horror seperti dalam cerita. Penulis sering mendengar suara goib tetapi tidak melihat bagaimana wujudnya.

Melihat covernya saja sudah menyeramkan. Walaupun begitu, covernya terlihat unik dan menarik. Tidak hanya sekedar cover, tetapi unsur-unsur gambar pada cover tersebut memiliki makna dan gambaran pada isi penulisan apartemen 12A-05 tersebut.

Yap, itulah Grameds ulasan dari buku “Apartemen 12A-05” Karya Bang Bule. Yuk, untuk yang penasaran bagaimana cerita lengkapnya bisa Grameds dapatkan secara mudah di Gramedia.com. Selain buku “Apartemen 12A-05” karya ang Bule, masih terdapat berbagai buku dengan judul dan cerita yang menarik lainnya berkategori horor di Gramedia.com.

Atau mungkin ada yang tertarik juga dengan kategori lainnya? Di Gramedia.com banyak pilihan buku-buku dari berbagai kategori yang tentunya menarik untuk dibaca.

Itulah review buku Apartemen 12A-05, setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah kamu jadi tertarik untuk membaca buku ini? Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Karya Lain dari Penulis “Bang Bule”

Laiba dan Nasir

 

Informasi Buku

Judul : Laiba dan Nasir : Sejauh apa kamu akan berkorban demi menyelamatkan cinta sejatimu?

Penulis : Bangbuleofficial

ISBN : 9786239645908

Penerbit : Bangbuleofficial

Tahun Terbit : 2021

Jumlah Halaman : 264 halaman

Sinopsis

Pada tahun 1970 di Negara Indonesia, terdapat seorang dukun bernama Nasir yang tinggal di desa. Nasir selalu mencoba berbagai cara untuk menyelamatkan nyawa sang istri yang sangat dicintainya bernama Laiba. Demi menyelamatkan nyawa Laiba, Nasir berusaha melakukan berbagai upaya dan upaya terakhirnya yaitu mencari saudara laki-lakinya bernama Jan.

Satu-satunya cara untuk menyelamatkan nyawa Laiba yaitu hanya dengan mengikuti perintah dari Jan yang merupakan seorang dukun ilmu hitam. Akan tetapi, hal itu bertentangan dengan apa yang diyakini oleh Nasir. Dengan rasa cintanya Nasir terhadap laiba, ia rela menentang keyakinannya demi menyelamatkan nyawa Laiba.

Nasir telah melakukan kesalahan dalam kegiatan ritual ilmu hitamnya tersebut. Kesalahan tersebut sangatlah berakibat fatal baginya maupun istrinya. Dengan adanya bantuan Khalid sebagai asistenya, Nasir harus menyelamatkan dirinya dari berbagai bencana yang mengancam nyawanya dan juga perburuan oleh istrinya.

Novel berjudul Laiba dan Nasir ini merupakan karya tulis dari Bang Bule. Novel ini bergenre horror. Kisah horor di dalam ceritanya diinspirasi dan diangkat dari pengalaman pribadi penulis. Bacalah kisah horor yang dapat menghanyutkan imajinasi mu.

Rekomendasi Buku Kategori Horor

 

Penulis : @MIZTER.POPO

Penerbit : Bukune

Tahun Terbit : 29 April 2019

Jumlah Halaman : 180

ISBN : 9786022203155

Bagi yang tertarik dengan kisah atau cerita horor dari kisah nyata, bisa Grameds baca buku rekomendasi ini yang berjudul “Cerita Horror True Story”. Buku ini merupakan kumpulan kisah nyata dari para pencerita di podcast Do You See What I See yang dikurasi oleh @MIZTER.POPO.

Cerita hantu yang merupakan sebuah cerita fiksi atau drama yang menyertakan unsur hantu atau makhluk halus. Tidak semua orang mempercayai keberadaan makhluk halus atau hantu. Tetapi kepercayaan terhadap hal tersebut juga banyak dijumpai dan diketahui pada semua budaya seluruh dunia. Hal tersebut memungkinkan jika adanya cerita tentang hantu diturunkan dari generasi ke generasi baik itu secara lisan maupun tulisan.

Kepercayaan akan hal tersebut sangatlah luas, banyak orang membicarakan bagaimana bentuk dari makhluk halus, seperti ada yang berasap, berkabut, atau bentuk lainnya. Dalam Buku ini “Cerita Horror True Story” banyak menceritakan mengenai kisah-kisah yang menyeramkan dan diambil berdasarkan kisah nyata.

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy