in

Review Novel Fase Karya Patrick Kellan

Fase merupakan buku terbaru karya penulis ternama asal Bandar Lampung, Patrick Kellan. Novel ini diterbitkan oleh perusahaan penerbitan miliknya sendiri, yakni Penerbit Patrick Kellan Publisher pada Februari 2022. Novel ini memiliki total 417 halaman, yang terdiri atas 41 bab.

Novel Fase ini bergenre romansa, tetapi juga mengulas tentang waktu. Sesuai dengan judulnya, kisah ini akan menyajikan fase kehidupan manusia. Ini adalah kisah tentang waktu yang dapat memberikan pelajaran berharga.

I am a lonewolf

Aku mengamati

Aku menjaga

Yang hanya milikku

Lalu menunggu…

Hingga ia tersadar

Hidupnya memang untukku.

Profil Patrick Kellan – Penulis Novel Fase

Patrick Kellan adalah seorang penulis asal Bandar Lampung yang memulai karir kepenulisannya dari dunia maya, yakni pada platform Facebook. Patrick Kellan sendiri merupakan nama pena yang ia gunakan sebagai nama akun Facebooknya tersebut. Nama asli Patrick Kellan adalah J. Anggara. Selain akun Patrick Kellan, ia juga mengelola akun lain yang bernama Dre Kalfa.

Patrick Kellan menyatakan bahwa dahulu dirinya memang hobi membaca. Namun, sekarang hobi membacanya itu berubah menjadi hobi mengamati. Awal perjalanan Patrick Kellan menjadi seorang penulis dimulai pada tahun 2017. Pada saat itu, ia bergabung dalam salah satu grup menulis terbesar di Indonesia yang didirikan oleh Bunda Asma Nadia dan suaminya, Bapak Isa Alamsyah, yakni Komunitas Bisa Menulis (KBM).

Tak lama setelah itu, pada tahun 2018, Patrick Kellan menerbitkan buku pertamanya yang berjudul “Moral Code”. Sesuai dengan judulnya, ini adalah sebuah buku yang menyajikan kumpulan cerita pendek yang sarat akan pesan moral. Lalu, buku ini terus diterbitkan menjadi sebuah serial dengan judul yang sama, yakni Moral Code 1, Moral Code 2, dan Moral Code 3.

Patrick Kellan dikenal sebagai penulis yang produktif. Sampai sekarang, ia sudah berhasil menerbitkan puluhan buku. Beberapa karyanya, di antaranya, yaitu Moral Code, Love Code, Love Van Java, Jodoh yang Tersesat, Cinta Pertama Cichi, Noda pada Gadis Kecil Itu, Fase, Mencari Ayah, Black House, dan masih banyak lagi. Selain sukses menjadi penulis buku, sekarang Patrick Kellan juga memiliki perusahaan penerbit sendiri yang bernama CV. Josh Kellan.

Sinopsis Novel Fase

Pros & Cons

Pros
  • Dalam novel ini, Patrick Kellan menuangkan ide cerita yang mengisahkan tentang fase luar biasa dari seorang tokoh bernama Tuan Khai.
  • Patrick Kellan sangat cerdik dan lihai dalam menjalin cerita ini, menyusun alur kisah yang membuat penasaran, menyusun potongan-potongan petunjuk menjadi sebuah gambar utuh, dan juga tak lupa memberikan plot twist yang menjadi ciri khasnya.
  • Sepanjang cerita, pembaca akan dibuat tercengang oleh alur yang sama sekali tidak dapat ditebak, sampai pada akhirnya, pembaca akan melihat gambaran besar dari potongan-potongan sepanjang cerita.
  • Kisah Fase ini juga mampu membuat pembaca merasakan berbagai emosi, mulai dari kesal, iba, dan juga jatuh cinta.
  • Karakter yang dibangun oleh Patrick Kellan dinilai dapat menarik hati pembaca, dan perkembangan karakter tokoh Tuan Khai juga dapat terlihat.
  • Novel Fase ini dapat menambah wawasan pembaca tentang dunia luar melalui sisipan informasi mengenai latar belakang tempat yang digunakan.
  • Pembaca merasa seolah diajak jalan-jalan ke luar negeri melalui kisah ini, karena setting tempat yang digunakan.
  • Novel Fase ini juga mengangkat nilai-nilai kedokteran dan psikologis.
  • Novel Fase ini sarat akan pesan moral yang dapat memberikan pelajaran tentang waktu.
  • Dalam novel ini, pembaca dapat menemukan banyak kutipan yang menyentuh dan memiliki makna yang mendalam.
  • Tampilan visual sampul novel Fase ini sangat cantik.
  • Layout isi novel ini juga dinilai sederhana, rapi, dan membuat nyaman untuk dibaca.
  • Jenis huruf dan ukurannya juga dinilai pas, sehingga tulisan terlihat lugas.
Cons
  • Masih ditemukan kesalahan dalam penulisan.

 

Pada bab awal novel Fase, dikisahkan tentang cerita cinta Tuan Khaisar Bangsawan dengan Puspita, seorang wanita desa sederhana yang mampu mengubah sosok Sang Tuan Khai yang sangat angkuh itu menjadi tergila-gila dan rela melakukan apapun untuknya. Tuan Khai jatuh cinta kepada Puspita yang berprofesi sebagai pembantunya. Pada akhirnya, Puspita juga merasakan hal yang sama.

Namun, takdir berkata lain. Kisah cinta yang mereka jalin malah menorehkan luka di antara mereka. Puspita ternyata telah memiliki suami dan juga sudah mempunyai anak. Dan, Puspita sungguh mencintai suaminya. Sedangkan, Tuan Khai tentunya tak ingin diduakan.

Tuan Khai merasa dikhianati. Tuan Khai sebenarnya telah merasa berkali-kali dikhianati. Ketika pertama kali dikhianati, ia pada akhrinya membunuh kekasihnya dan lelaki yang bersamanya. Namun, kali ini, Tuan Khai tidak ingin melakukan kesalahan yang sama, yang pada akhirnya membuatnya menyesal selama hidupnya.

Pada akhirnya, hatinya mati dan ia tenggelam dalam depresi. Namun, waktu seperti mengajarkan banyak hal kepadanya. Tuan Khai kembali menghadapi kenyataan menyakitkan. Ia terjebak dalam cinta yang tidak seharusnya. Kehadiran Puspita memang mampu membuat jiwanya hidup kembali. Namun, ia harus menerima kenyataan pahit bahwa Puspita adalah istri orang, terlebih lagi seorang ibu.

Kelebihan Novel Fase

Membahas tentang karya-karya Patrick Kellan, tentunya penulis yang satu ini selalu berhasil dalam membuat karya yang mengagumkan. Dalam novel terbarunya ini, Patrick Kellan menuangkan ide cerita yang mengisahkan tentang fase luar biasa dari seorang tokoh bernama Tuan Khai. Melalui kisah ini, pembaca diajak untuk menelusuri fase demi fase kehidupan Tuan Khai, dari masa lalu sampai saat terakhirnya. Juga, tentang siapa sebenarnya sosok Tuan Khai?

Patrick Kellan sangat cerdik dan lihai dalam menjalin cerita ini, menyusun alur kisah yang membuat penasaran, menyusun potongan-potongan petunjuk menjadi sebuah gambar utuh, dan juga tak lupa memberikan plot twist yang menjadi ciri khasnya. Sepanjang cerita, pembaca akan dibuat tercengang oleh alur yang sama sekali tidak dapat ditebak. Hingga pada akhirnya, pembaca akan melihat gambaran besar dari potongan-potongan sepanjang cerita.

Kisah Fase ini juga mampu membuat pembaca merasakan berbagai emosi. Mulai dari kesal, iba, dan juga jatuh cinta. Karakter yang dibangun oleh Patrick Kellan juga dinilai dapat menarik hati pembaca. Perkembangan karakter tokoh Tuan Khai juga dapat terlihat, karena pembaca dapat melihat perubahan dirinya menjadi sosok yang lebih baik.

Novel Fase ini juga dapat menambah wawasan pembaca tentang dunia luar. Sebab, dalam kisah ini terdapat latar belakang tempat yang berlokasi di Meksiko. Jadi, pembaca seolah diajak jalan-jalan ke luar negeri melalui kisah ini. Bukan hanya menggunakan sebagai sekadar latar belakang, Patrick Kellan juga menyisipkan informasi mengenai negara tersebut.

Novel Fase ini juga mengangkat nilai-nilai kedokteran dan psikologis. Di dalam novel ini, pembaca bisa menemukan suatu jurnal kedokteran tentang kondisi psikologis Tuan Khai. Jurnal ini akan menjadi sebuah titik temu yang akan menjawab pertanyaan dan rasa penasaran pembaca akan sosok Tuan Khai dan alur cerita.

Tentunya, novel Fase ini sarat akan pesan moral. Ini adalah sebuah kisah yang dapat memberikan pelajaran tentang waktu. Dalam novel ini, pembaca dapat menemukan banyak kutipan yang menyentuh dan memiliki makna yang mendalam.

Dari segi visual, novel Fase ini juga sangat cantik. Mulai dari tampilan sampulnya yang didominasi warna hitam dan dipadukan dengan warna kuning keemasan, sehingga memberikan kesan yang mewah, seperti sosok tokoh utama yang merupakan seorang bangsawan. Kemudian, ada juga ilustrasi denting jam, yang menggambarkan judul kisah ini.

Kemudian, layout isi novel ini juga dinilai sederhana, rapi, dan membuat nyaman untuk dibaca. Jenis huruf dan ukurannya juga dinilai pas, sehingga tulisan terlihat lugas. Secara keseluruhan, novel Fase ini adalah sebuah kisah romansa yang sederhana dan ringan untuk dibaca, tetapi sarat akan pelajaran hidup.

Kekurangan Novel Fase

Selain kelebihan, novel Fase ini juga masih memiliki kekurangan. Kekurangan pada novel ini terletak pada masih ditemukannya kesalahan penulisan. Namun, kesalahan penulisan ini tak mengganggu proses pembaca dalam memahami kisah ini.

Pesan Moral Novel Fase

Melalui kisah ini, kita dapat belajar bahwa melepaskan bukan berarti menyerah. Melepaskan dapat menjadi sebuah pilihan yang paling baik dan bijak, karena dengan berani melepaskan, berarti Anda telah mampu meninjau secara jangka panjang. Sebab, tak ada manfaatnya juga untuk memperjuangkan sesuatu yang Anda telah ketahui akhirnya tidak akan baik.

Dari kisah ini juga, kita dapat belajar bahwa sejatinya, hidup ini adalah kumpulan Fase. Dalam segala aspek dalam kehidupan, pasti manusia akan melewati berbagai fase. Dalam dunia percintaan misalnya, seseorang pasti akan menemukan fase mencintai, dicintai, sampai kemudian ditinggalkan atau meninggalkan.

Kita juga dapat belajar dari sosok Tuan Khai yang mampu belajar dari masa lalunya. Meskipun ia menghadapi situasi yang sama, ia tak menyikapinya dengan cara yang sama juga. Tuan Khai mampu mengendalikan emosi dan perbuatannya. Hendaknya kita juga dapat menjadi seperti Tuan Khai yang mampu belajar dari kesalahan yang kita perbuat di masa lalu.

Nah, itu dia Grameds ulasan novel Fase karya Patrick Kellan. Sungguh memilukan ya kisah cinta Tuan Khai dan Puspita. Namun, di satu sisi juga kisah cinta ini memberikan pengajaran yang sangat berharga. Bagi kalian yang penasaran akan cerita lengkap perjalanan cinta Tuan Khai dan Puspita, kalian bisa segera mendapatkan novel ini hanya di Gramedia.com.

Selain novel Fase ini, kalian juga bisa mendapatkan karya Patrick Kellan yang lain, atau karya penulis-penulis lainnya di Gramedia.com. Bahkan, kalian juga bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari atau barang-barang yang menunjang hobi Anda juga di Gramedia.com, lho! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan informasi yang paling baik dan paling lengkap untuk Anda.

Rating: 4.67

Written by Gabriel