in

Pengertian Interpersonal Skill & Manfaatnya

Interpersonal skill atau keterampilan interpersonal adalah salah satu dari kemampuan soft skill yang paling banyak dibutuhkan saat ini. Dimana, keterampilan interpersonal adalah keahlian yang penting baik dalam kehidupan kita sehari-hari dan juga di dunia kerja nantinya.

Namun, apa sebenarnya keterampilan interpersonal yang dimaksud. Berikut pengertian, manfaat, serta bagaimana cara meningkatkan interpersonal skills yang kamu miliki.

Pengertian Interpersonal Skills 

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita mendengar istilah interpersonal skill atau keterampilan interpersonal ini. Dimana hal ini berkaitan dengan kesuksesan setiap orang, yang pada umumnya memiliki keterampilan ini. Namun, apa itu arti sebenarnya dari keterampilan interpersonal ini?

Berdasarkan pengertiannya, Interpersonal skill dibagi menjadi dua kata yaitu interpersonal dan juga. Kata interpersonal juga dapat dipecah lagi menjadi dua kata yaitu inter dan personal.

Berdasarkan pengertiannya oleh KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Inter memiliki makna yaitu diantara dua atau ditengah, yang berarti diantara dua sesuatu, baik hal tersebut berupa objek hidup maupun objek mati dan seringkali lebih identik dengan interaksi yang terjadi antara dua objek tersebut. Kata personal memiliki makna yang berarti bersifat pribadi atau perorangan.

Sedangkan, makna dari kata skill yang berasal dari bahasa Inggris adalah suatu keahlian atau kemampuan.

Dari pengertian masing-masing kata, dapat kita simpulkan keterampilan interpersonal atau interpersonal skill sebagai kemampuan setiap orang dalam berinteraksi dengan orang lain.

Menurut Investopedia, keterampilan interpersonal memiliki arti yaitu kemampuan yang dimiliki seseorang dalam melakukan komunikasi maupun interaksi dengan orang lain. Khususnya dalam dunia bisnis, istilah ini seringkali dikaitkan dengan keahlian yang dimiliki oleh karyawan dalam melakukan pekerjaan atau tanggung jawab yang diberikan. Keterampilan interpersonal sendiri menyangkut banyak hal seperti kemampuan komunikasi yang baik, mampu menjadi pendengar yang baik, serta memiliki sikap yang baik terhadap orang lain.

Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli

Menurut Marvin Dunnette keterampilan merupakan sebuah pemikiran dari seseorang serta keahlian yang dimiliki oleh orang lain yang merupakan suatu bentuk proses untuk mendapatkan pengetahuan yang diperoleh melalui proses latihan, maupun pengalaman yang bervariasi. Dunnette juga menyampaikan mengenai keterampilan sebagai kapasitas yang diperlukan oleh setiap orang dalam menjalankan tugas atau tanggung jawab yang diberikan kepadanya dalam rangka untuk mengembangkan diri dan kemampuan yang dimiliki.

Nadler berpendapat mengenai keterampilan sebagai suatu proses yang digunakan untuk mengembangkan potensi dan digunakan sebagai bentuk proses penggalian dari diri seseorang. Prosesnya ini sendiri dapat terjadi dengan melewati beberapa cara serta bentuk kegiatan.

Sedangkan, menurut Spencer definisi dari keterampilan dapat dibagi menjadi empat bagian yang dikutip dari jurnal researchgate.

  • CO atau Kemampuan concern for order

Pertama yaitu CO atau kemampuan concern for order merupakan dimana seseorang yang masuk ke dalam golongan ini merupakan orang yang memiliki motivasi dalam dirinya untuk mengurangi atau meminimalisir ketidakpastian yang sedang dihadapinya. Biasanya hal ini berhubungan dengan masalah pekerjaan yang dihadapi, informasi, data dan instruksi, selain itu orang yang berada di golongan ini sangat memperhitungkan segala hal.

  • INT atau Initiative

Kedua yaitu INT atau Initiative, orang yang masuk ke dalam golongan ini adalah orang yang memiliki dorongan untuk tampil lebih menonjol dari kebutuhan maupun tuntutan pekerjaan yang ada untuk melakukan sesuatu.

  • IMP atau Impact and Influence

Ketiga yaitu IMP atau Impact and Influence, orang yang masuk ke dalam golongan ini lebih menekankan pada tindakan yang dilakukannya guna mempersuasi, meyakinkan hingga mempengaruhi orang lain untuk mencapai serta mendukung tujuan yang diinginkannya.

banner-promo-gramedia
  • Keterampilan information seeking

Keempat yaitu keterampilan information seeking atau INFO, orang yang masuk ke dalam golongan ini biasanya melihat besarnya usaha tambahan yang dikeluarkan dalam mengumpulkan informasi yang diinginkan sebanyak-banyaknya.

Dalam mendefinisikan pengertian keterampilan, Robbins membagi keterampilan menjadi empat macam, yang terdiri sebagai berikut.

  • Basic Literacy Skill

Yang pertama yaitu basic literacy skill merupakan kemampuan yang menekankan pada hal-hal dasar yang sudah dimiliki oleh setiap orang. Keterampilan dasar tersebut dapat berupa kemampuan seseorang dalam mendengarkan, menghitung, menulis, hingga membaca.

  • Technical Skill

Yang kedua yaitu technical skill yang merupakan kemampuan yang menekankan pada proses pembelajaran yang dilakukan secara khusus yang menyesuaikan dengan minat serta bidang yang ditekuninya. Beberapa contoh bidang seperti keterampilan dalam mengoperasikan komputer, merakit gadget, dan masih banyak lagi.

  • Interpersonal Skill

Yang ketiga yaitu interpersonal skill yang merupakan keterampilan yang berfokus kepada berbagai kemampuan dasar yang dimiliki setiap orang dalam melakukan proses komunikasi. Hubungan komunikasi yang terjadi dapat dalam bentuk antar individu, antar individu dengan kelompok atau organisasi dan masih banyak lagi. Berbagai keterampilan dapat masuk ke dalam interpersonal skill, salah satunya adalah kemampuan seseorang dalam mengemukakan pendapat mereka yang dapat dengan mudah dipahami para pendengarnya.

  • Problem Solving

Yang keempat yaitu problem solving yang merupakan keterampilan yang dimiliki seseorang dalam pengimplementasiannya untuk memecahkan masalah yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Pada umumnya, seseorang yang memiliki keterampilan ini memiliki kemampuan logika serta kemampuan kognitif yang baik.

Pengertian Interpersonal Skills Menurut Para Ahli

Bierman dan  Suchy menyatakan bahwa keterampilan interpersonal atau interpersonal skill merupakan salah satu faktor penting yang menjadi keberhasilan seseorang dalam meneliti kehidupan yang dimilikinya.

Handfield (2006) mendefinisikan keterampilan interpersonal atau interpersonal skill sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengelola diri sendiri secara efektif dalam melakukan pekerjaan dengan orang lain serta dalam rangka menyelesaikan tugas maupun tanggung jawab yang diberikan bersama.

Menurut Buhrmester, dkk (1988) memberikan makna keterampilan interpersonal atau interpersonal skill sebagai kemampuan yang dimiliki setiap orang yang digunakan dalam membina hubungan interpersonal dengan orang lain.

McGaha dan Fitzpatrick (2005) menyatakan keterampilan interpersonal atau interpersonal skill sebagai sebuah perilaku yang sesuai dalam membangun sebuah hubungan seperti kontak, dukungan emosional, keterbukaan antara satu sama lain, dan cara mengatasi konflik yang tepat.

Selain itu, menurut Spitzberg dan Cupach yang mendefinisikan interpersonal skill atau keterampilan interpersonal ini sebagai kemampuan seseorang dalam melakukan komunikasi yang baik serta efektif.

Sedangkan menurut Jerving, interpersonal skill atau keterampilan interpersonal merupakan kemampuan untuk dapat membangun serta menjaga hubungan yang ada secara efektif.

Berdasarkan berbagai pengertian serta definisi mengenai interpersonal skill atau keterampilan interpersonal ini, dapat kita simpulkan keterampilan interpersonal sebagai kemampuan yang digunakan untuk membangun sebuah komunikasi, interaksi, serta menjaga hubungan yang ada dengan orang lain dalam segala keadaan dan juga situasi.

Manfaat dari Interpersonal Skill

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan memiliki keterampilan interpersonal dalam dunia pekerjaan, kamu menjadi dapat membangun hubungan serta bekerja sama dengan orang lain baik itu rekan kerja, klien, ataupun atasan di perusahaan kamu.

Selain itu, keterampilan interpersonal juga dapat digunakan untuk menjaga hubungan baik antara kamu dengan orang yang ada disekitar kamu seperti teman, keluarga, dan juga orang tua. Dengan memiliki kemampuan ini, kamu mampu menjaga komunikasi yang baik antara satu sama lain dan memahami perasaan serta ide yang mereka sampaikan.

Keterampilan interpersonal ini sendiri dapat kita terapkan dalam berbagai bentuk, seperti taktik, tindakan, maupun diplomasi yang kita gunakan untuk berinteraksi dengan orang lain. Interpersonal skill atau keterampilan interpersonal yang kita miliki membuat kita merasakan rasa toleran, memiliki empati terhadap orang lain, dan saling menghargai setiap individu.

Cara Meningkatkannya 

Setelah mengetahui pengertian serta manfaat dari keterampilan interpersonal atau impersonal skill yang kamu miliki, berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan serta mengasah kemampuan kamu atau mempelajari keterampilan interpersonal yang belum kamu kuasai. Simak informasi berikut.

1. Mencari cara untuk meningkatkan rasa percaya diri 

Cara pertama yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal adalah menemukan cara untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu, hal ini dikarenakan rasa percaya diri akan sangat berguna dalam menyelesaikan suatu pekerjaan maupun tanggung jawab yang diberikan kepada kamu.

banner-promo-gramedia

Seperti contohnya, dengan memiliki rasa percaya diri kamu dapat melakukan negosiasi lebih mudah, mampu menyelesaikan masalah yang ada, mengutarakan pendapat atau feedback, mempercayai orang lain, serta keterampilan interpersonal lain akan lebih mudah diterapkan dengan memiliki rasa percaya diri.

Kamu dapat memulainya dari hal-hal kecil, seperti memulai memberikan senyuman kepada setiap orang yang kamu temui, kemudian setelah kamu merasa nyaman dan terbiasa dapat kamu tingkatkan menjadi lebih sering menyapa orang lain dan bersikap ramah.

Setelah kamu merasa nyaman dengan bersikap ramah terhadap orang lain, kamu dapat mulai untuk lebih banyak berkomunikasi dengan orang lain, menyimak serta memahami apa yang mereka sampaikan, dengan begitu kamu dapat membalas percakapan mereka dengan rasa percaya diri.

2. Meminta saran atau kritik dari orang sekitar

Cara kedua yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal adalah meminta saran maupun kritik dari orang sekitar kamu. Dalam hal ini dikarenakan, keterampilan interpersonal bukan hanya menyangkut dengan diri kita sendiri, tetapi bagaimana kita dapat membangun serta mengembangkan hubungan yang kita miliki dengan orang lain.

Seperti halnya, kamu bisa meminta saran atau kritik kepada teman kamu mengenai bagaimana hubungannya selama ini, apakah kamu sudah mendengarkan teman kamu tersebut dengan baik atau memahami perasaannya dan masih banyak lagi. Dengan mendapatkan saran serta kritik tersebut, kamu dapat berkembang dan memperbaiki kesalahan yang selama ini tidak kamu sadari.

3. Bertanya kepada orang yang berpengalaman serta menyimak

Cara ketiga yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal adalah bertanya kepada orang yang memiliki lebih banyak pengalaman dan menyimak mereka. Hal ini dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika kamu berbicara dengan atasan kamu dalam dunia kerja perhatikan bagaimana mereka menjawab pertanyaan kamu, seperti intonasi, kosakata yang mereka gunakan, dan masih banyak lagi.

Dengan memperhatikan orang yang memiliki kredibilitas yang tinggi, kamu bisa belajar banyak dari orang tersebut, selain bertanya kamu juga harus menyimak jawaban yang mereka berikan sebagai tanda kamu menghargai orang tersebut. Setelah itu, terapkan pada diri kamu sendiri dan lama kelamaan kamu akan terbiasa dan mengasah keterampilan interpersonal kamu.

4. Memposisikan diri sebagaimana perasaan orang lain

Cara keempat yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal adalah memposisikan diri sebagaimana keadaan maupun perasaan orang lain tersebut. Ketika kita melakukan interaksi dengan orang lain, pikirkan reaksi yang sesuai terlebih dahulu dengan cara membayangkan seperti apa rasanya menjadi orang yang sedang berada di posisi tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa memahami apa perasaan yang sedang dirasakannya saat itu, apa yang membuatnya kecewa ataupun marah, apa yang dapat kamu lakukan terhadap hal tersebut, dan masih banyak lagi.

Seperti contohnya, sebagai seorang pelatih atlet internasional yang mengharuskan melatih berbagai atlet dari satu angkatan ke angkatan berikutnya. Setiap atlet memiliki kepribadian yang berbeda, begitu pula cara mereka berlatih. Sehingga sebagai pelatih yang baik, kita harus dapat menyesuaikan pelatihan yang ada kepada setiap atlet tersebut dengan memahami apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan begitu hasilnya akan lebih maksimal.

Tips dalam Penerapan Interpersonal Skill

Seperti yang kita ketahui, keterampilan interpersonal merupakan salah satu bagian dari soft skill, sehingga seringkali penerapannya tidak secara langsung dan cenderung tidak pasti. Berikut beberapa tips yang dapat kamu gunakan dalam menerapkan keterampilan interpersonal atau interpersonal skill.

1. Memberikan senyuman terhadap orang lain

Tips yang pertama untuk meningkatkan keterampilan interpersonal kamu adalah selalu memberikan senyuman terhadap orang lain ketika melakukan komunikasi. Hal ini dikarenakan senyuman dapat membawa energi serta aura yang positif sehingga membuat orang lain yang menjadi lawan bicara kamu lebih nyaman.

2. Memberikan apresiasi terhadap orang lain



Tips yang kedua untuk meningkatkan keterampilan interpersonal kamu adalah memberikan apresiasi terhadap lawan bicara kamu dengan berbagai macam cara. Dalam mengapresiasi seseorang dapat kamu lakukan dengan berbagai bentuk, seperti mendengarkan serta menghargai orang lain yang sedang berbicara dan memberikan tanggapan yang sesuai.

3. Memberikan perhatian terhadap orang lain

Tips yang ketiga untuk meningkatkan keterampilan interpersonal kamu adalah memberikan perhatian dengan cara mengamati dan juga mencermati orang lain. Hal ini dapat kamu lakukan ketika melihat orang lain sedang berada dalam situasi yang sulit, berikan bantuan ataupun saran jika orang tersebut terlihat membutuhkan.

4. Berkomunikasi yang baik dengan orang lain

Tips yang keempat untuk meningkatkan keterampilan interpersonal yang baik adalah mampu menjadi komunikator yang baik terhadap lawan bicara kamu. Seorang pembicara yang baik dapat meningkatkan semangat lawan bicaranya dan membuatnya masuk ke dalam percakapan. Selain itu, pesan yang ingin disampaikan dapat dengan mudah dimengerti oleh para pendengar.

5. Menjadi mediator yang baik

Tips yang kelima untuk meningkatkan keterampilan interpersonal yang baik adalah menjadi mediator yang baik. Ketika terjadi suatu masalah ataupun konflik, mediator yang baik tidak hanya melihat dari satu sisi perspektif saja, tapi menempatkan diri di kedua perspektif sehingga dapat melihat dan menentukan solusi serta opsi yang tepat untuk penyelesaian masalah tersebut.

6. Mampu berempati

Tips yang keenam untuk meningkatkan keterampilan interpersonal yang baik adalah mampu berempati kepada orang lain yang sedang mengalami masalah dibandingkan mengkritik atau menilai orang lain negatif, namun dapat memposisikan dirinya di tempat orang lain.

7. Mampu bekerja sama dengan baik

Tips yang ketujuh untuk meningkatkan keterampilan interpersonal yang baik adalah mampu bekerja sama dengan orang lain dalam membangun relasi yang konstruktif dan juga baik. Dalam dunia kerja, kemampuan ini sangatlah penting, dibandingkan terus menerus berkompetisi dengan rekan kerja, lebih baik bekerja sama menemukan ide dan gagasan menarik yang dapat mendorong citra perusahaan.

8. Jangan terlalu banyak mengeluh tentang suatu hal

Tips yang kedelapan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal yang baik adalah jangan terlalu banyak mengeluh mengenai segala hal, karena dapat memberikan aura negatif terhadap orang lain yang melihat kita. Dengan begitu, tidak ada yang mau mendekati kita dan merasakan empati karena malas berurusan dengan orang seperti itu.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Andrew