in

Communication Skill: Pengertian, Jenis, dan Cara Mengembangkannya

Communication Skill – Sudah banyak orang yang tahu bahwa komunikasi menjadi salah satu kemampuan penting yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semua orang harus memiliki kemampuan yang satu ini tak terkecuali diri kamu. Dengan kemampuan komunikasi, seseorang akan mampu menjalin hubungan dengan individu lainnya. Dikarenakan kemampuan komunikasi yang harus dimiliki oleh semua orang, maka kemampuan ini sebaiknya diajarkan sejak seorang anak mulai menempuh pendidikan sekolah.

Setelah kemampuan komunikasi sudah diajarkan sejak seorang anak mulai menempuh pendidikan sekolah, maka di kemudian hari kemampuan ini akan bermanfaat untuk dirinya terutama ketika sudah mulai memasuki dunia kerja.

Di dalam dunia kerja, kemampuan komunikasi sangat penting karena bisa menjaga hubungan antara individu yang satu dengan dengan individu lainnya, sehingga suatu pekerjaan yang berhubungan dengan tujuan perusahaan akan mudah untuk diselesaikan. Tidak hanya itu, kemampuan komunikasi harus dimiliki oleh seorang manajer atau pimpinan perusahaan karena tanpa adanya kemampuan ini, seorang manajer atau pimpinan perusahaan akan sulit untuk berkomunikasi dengan bawahannya.

Selain itu, seorang manajer akan sulit untuk menjaga hubungan dengan bawahannya agar tetap harmonis. Jadi, jangan pernah ragu untuk mengembangkan kemampuan komunikasi, setelah masuk dunia kerja.

Pada dasarnya, kemampuan komunikasi ini bukan hanya terlihat penting dalam dunia kerja saja, tetapi sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, ketika menjalin hubungan dengan orang lain, ketika sedang berada di suatu organisasi, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, kemampuan ini harus sering digunakan dengan baik agar setiap informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik.

Diterimanya informasi dengan baik menandakan bahwa tidak terjadi kesalahpahaman antara pemberi informasi dengan penerima informasi. Apabila tidak ada kesalahpahaman dalam berkomunikasi, maka munculnya sebuah konflik dapat dihindari dan hubungan antara individu yang satu dengan yang lainnya atau individu dengan kelompok tetap akur.

Kemampuan komunikasi biasanya dikenal dengan sebutan communication skill, tetapi sebagian orang juga menyebutnya dengan istilah keterampilan komunikasi. Apapun sebutannya, kemampuan komunikasi merupakan hal yang dapat menjaga hubungan agar harmonis dan di sisi lainnya dapat menciptakan terjadinya sebuah konflik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, hingga kelompok dengan kelompok. Oleh karena itu, gunakan kemampuan komunikasi dengan bijak agar setiap informasi yang diberikan tidak saling menjatuhkan.

Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang pengertian communication skill hingga manfaat dari communication skill. Jadi, simak ulasan ini sampai habis, Grameds.

Pengertian Communication Skill

Pada dasarnya, komunikasi adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari komunikasi dengan Tuhan, hingga komunikasi dengan teman, saudara, dan keluarga. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Oleh sebab itu, bisa dibilang kalau komunikasi itu merupakan salah satu modal untuk meraih kesuksesan dalam hal karir dan pergaulan.

Meskipun bisa menjadi modal untuk mencapai kesuksesan, tetapi akan sulit untuk diwujudkan selama kita tidak bisa melakukan komunikasi dengan baik atau cenderung buruk. Supaya kita dapat melakukan komunikasi dengan baik, maka dibutuhkan kemampuan komunikasi atau keterampilan komunikasi. Kemampuan komunikasi ini sering disebut juga dengan istilah communication skill. Kemampuan komunikasi adalah suatu kemampuan atau keahlian dalam melakukan kegiatan berkomunikasi.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, maka suatu hubungan bisa dibangun dan dibina dengan baik juga, sehingga menciptakan hubungan yang sehat. Hubungan yang sehat ini sebenarnya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, seperti dilakukan di lingkungan tempat tinggal, di tempat usaha, di sekolah, hingga di sebuah kantor.

Dalam hal ini, kemampuan komunikasi sebenarnya bisa kita lihat pada bidang tertentu, seperti jurnalistik, public speaking, hingga pembawa acara. Kemampuan komunikasi dalam bidang jurnalistik biasanya dalam bentuk tulisan, sedangkan dalam public speaking biasanya dalam bentuk lisan karena harus berbicara di depan umum. Lain halnya dengan pembawa cara yang di mana bisa dibilang cukup kompleks karena harus menulis kalimat yang akan diucapkan, kemampuan komunikasi lisan, hingga harus memperhatikan bahasa tubuh atau body language.

Kemampuan komunikasi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam hal menjalin relasi, melakukan pengembangan usaha, melakukan promosi, personal branding, dan sebagainya. Jadi, apakah saat ini kamu sudah mulai mengembangkan kemampuan komunikasi?

Jenis-Jenis Communication Skill

Pada dasarnya  communication skill itu sendiri memiliki beberapa jenis yang di mana setiap jenisnya selalu mempunyai fungsinya masing-masing. Oleh karena itu, ketika ingin menggunakan kemampuan komunikasi, sebaiknya kita lihat dulu jenis komunikasi apa yang digunakan agar informasi yang disampaikan dapat tersampaikan dengan maksimal. Selain itu, jenis-jenis komunikasi akan menentukan arah dari komunikasi yang sedang dilakukan. Berikut ini, jenis-jenis communication skill yang perlu kamu tahu.

1. Keterampilan Komunikasi Lisan (Oral Communication)

Keterampilan komunikasi lisan (oral communication) adalah suatu kemampuan komunikasi yang dilakukan melalui lisan. Selain itu, keterampilan komunikasi ini juga dikenal dengan kemampuan seseorang dalam berbicara yang di mampu menerangkan sekaligus menjelaskan tentang gagasan-gagasan atau ide-ide dengan yakin, sehingga pendengar atau audiens tertarik untuk mendengarkannya.

Hal yang perlu digarisbawahi dari keterampilan komunikasi lisan adalah ketika menggunakannya perlu memperhatikan beberapa hal, seperti latar belakang pemberi presentasi, pemahaman tentang pendengar, mampu mendengarkan dengan kritis, dan perlu memperhatikan bahasa tubuh atau body language.

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa keterampilan komunikasi lisan bukan hanya memperhatikan saja, tetapi harus menyesuaikan cara berbicara kepada pendengar dan harus memakai pendekatan yang tepat dan sesuai.

2. Keterampilan Komunikasi Tulisan (Written Communication)

Keterampilan komunikasi tulisan (written communication) adalah kemampuan komunikasi melalui tulisan yang efektif, sehingga pembaca dapat menerima informasi yang telah ditulis atau diberikan. Pada keterampilan ini, bisa dibilang sangat luas karena setiap gaya menulis dan pendekatan yang dilakukan pembaca berbeda-beda. Selain itu, gaya dan pendekatan yang dilakukan penulis juga bisa dipengaruhi pada media menulisnya. Misalnya, menulis pada media olahraga akan berbeda dengan menulis pada media kecantikan.

Seiring dengan perkembangan zaman, kemampuan komunikasi menulis ini juga ikut berkembang yang awalnya menulis hanya bisa dilakukan di atas kertas, kini sudah bisa dilakukan melalui perangkat elektronik, seperti handphone, komputer, laptop, dan sebagainya. Adapun beberapa bentuk komunikasi dengan alat elektronik, seperti chatting, email, diskusi online, dan lain-lain.

Dalam beberapa hal, ketika menerapkan keterampilan komunikasi lisan harus memperhatikan latar belakang penulis terutama dalam penulisan akademis atau penulisan ilmiah. Seorang penulis ilmiah biasanya sudah memiliki kemampuan untuk melakukan revisi, penyuntingan, membaca data, dan membaca dengan kritis. Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka bisa menciptakan suatu karya ilmiah yang dapat bermanfaat untuk banyak orang.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

3. Keterampilan Komunikasi Non-Verbal (Non-Verbal Communication)

Keterampilan komunikasi non-verbal (non-verbal communication) adalah keterampilan komunikasi yang umumnya diperkuat dengan kemampuan menggunakan bahasa tubuh body language), nada atau intonasi suara (tone of voice), gerak isyarat (gesture), dan ekspresi wajah. Dengan keterampilan ini, suatu komunikasi yang sedang dilakukan akan menciptakan atau membangun suasana yang baik.

Selain itu, keterampilan komunikasi non-verbal (non-verbal communication) bukan hanya bisa digunakan dengan bahasa tubuh saja, tetapi bisa juga menggunakan simbol, ikon, dan gambar. Komunikasi yang menggunakan gambar ini biasanya dilihat pada iklan-iklan yang ada di internet. Sementara itu, ikon dan simbol bisa juga kita lihat pada rambu-rambu lalu lintas yang di mana setiap ikon dan simbol lalu lintas selalu memberikan informasi, seperti dilarang berhenti, dilarang parkir, dan sebagainya.

Cara Mengembangkan Communication Skill

Setelah mengetahui jenis-jenis kemampuan komunikasi, maka pembahasan berikutnya adalah cara mengembangkan communication skill, yaitu:

1. Menjadi Pendengar yang Baik

Komunikasi itu terdiri dari pendengar atau penerima pesan dan pembicara atau pemberi pesan, sehingga untuk mengembangkan kemampuan komunikasi kamu terlebih dahulu untuk mampu untuk menjadi pendengar yang baik karena dengan mendengarkan secara aktif, maka kita akan tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh orang lain. Dengan mengetahui apa yang sedang dibutuhkan, maka kita bisa memahami orang lain dengan mudah.

2. Menyampaikan Informasi Tanpa Bertele-Tele

Apabila informasi yang diberikan kepada orang lain terlalu bertele-tele bisa menyulitkan seseorang untuk menerima informasi, sehingga kemampuan komunikasi tidak dapat berkembang dengan baik. Oleh sebab itu, kamu harus terbiasa menyampaikan informasi tanpa bertele-tele agar mudah diterima oleh orang lain dan kemampuan komunikasi kamu juga ikut berkembang. Alangkah baiknya, ketika melakukan komunikasi gunakan kata-kata dan kalimat yang mudah dipahami dan tidak membingungkan.

3. Perhatikan Bahasa Tubuh

Pada dasarnya, komunikasi bukan hanya melalui lisan saja, tetapi bisa juga melalui tubuh dan lebih dikenal dengan komunikasi bahasa tubuh atau body language. Biasanya anggota yang digunakan dalam berkomunikasi selain lisan, seperti mata, tangan, dan posisi tubuh. Dengan melatih diri untuk menggunakan bahasa tubuh, maka secara langsung kita juga mengembangkan kemampuan komunikasi.

4. Selalu Percaya Diri

Percaya diri merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika mengembangkan kemampuan komunikasi. Hal ini dikarenakan tanpa adanya rasa percaya diri, maka kemampuan komunikasi akan sulit untuk berkembang, sehingga akan seseorang akan merasa kalau dirinya tidak nyaman.

5. Menerima Pendapat Orang Lain

Langkah untuk mengembangkan kemampuan komunikasi yang terakhir adalah menerima pendapat orang lain. Dalam hal ini, pendapat yang harus diterima merupakan pendapat yang berbeda, baik itu pendapat dari pimpinan, rekan kerja, teman, hingga keluarga. Kita harus menghargai pendapat orang lain dan jangan pernah merendahkan orang lain apabila pendapatnya berbeda.

Manfaat Communication Skill

Sudah menjadi hal umum dan sudah diketahui oleh banyak orang, jika communication skill atau kemampuan komunikasi memiliki beberapa manfaat. Dengan adanya manfaat dari kemampuan komunikasi, maka sudah seharusnya, jika kamu memaksimal kemampuan komunikasi yang telah dimiliki. Beberapa manfaat dari communication skill atau kemampuan komunikasi sebagai berikut.

1. Bisa Dijadikan Sebagai Penghubung

Seperti yang kita tahu bahwa komunikasi ini baru bisa terjadi jika ada pemberi informasi dan penerima pesan, sehingga bisa dibilang kalau kemampuan komunikasi bermanfaat untuk dijadikan sebagai penghubung atau cara untuk berinteraksi dengan lancar. Dalam hal ini, manfaat ini biasanya dapat dirasakan ketika seorang manajer dengan karyawan, karyawan dengan klien, hingga karyawan dengan karyawan.

Selain itu, penghubung bisa diartikan seperti sebuah jembatan yang di mana apabila jembatan rusak atau putus tidak akan bisa dilewati. Begitu juga dengan komunikasi, jika komunikasi sudah tidak berjalan dengan lancar atau putus, maka suatu hubungan tidak akan terjalin, sehingga informasi akan sulit untuk disampaikan. Di dalam dunia kerja, informasi yang sulit untuk disampaikan akan menghambat suatu pekerjaan, sehingga tujuan perusahaan sulit untuk tercapai.

2. Memudahkan Kita Untuk Meningkatkan Produktivitas

Manfaat berikutnya dari kemampuan komunikasi adalah memudahkan kita untuk meningkatkan produktivitas. Seseorang akan lebih produktif dalam mengerjakan suatu tugas yang diberikan, jika informasi yang diberikan sesuai. Misalnya, seorang guru yang memberikan tugas kepada peserta didik untuk menggambar rumah, maka peserta didik akan menggambar rumah. Hal ini akan berbeda, jika seorang guru hanya memberikan tugas menggambar saja, maka sebagian siswa akan bingung harus menggambar apa.

Sementara itu, manfaat ini bisa juga dirasakan oleh seorang karyawan. Karyawan yang mampu mengembangkan kemampuan komunikasi akan mampu menciptakan suatu pekerjaan menjadi lebih produktif. Pekerjaan yang menjadi lebih produktif akan memengaruhi produktivitas perusahaan, sehingga perusahaan akan semakin berkembang.

3. Bermanfaat Untuk Menyelesaikan Masalah

Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya yang di mana setiap masalah bisa mengganggu kehidupannya. Oleh karena itu, sudah seharusnya bahwa setiap masalah yang sedang dihadapi harus segera diselesaikan agar kehidupan yang dijalani terasa aman. Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah adalah dengan kemampuan komunikasi, sehingga kemampuan ini bisa dibilang memiliki manfaat untuk menyelesaikan suatu masalah.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, maka suatu permasalahan akan mudah untuk diselesaikan. Namun, komunikasi yang buruk bisa merumitkan suatu permasalahan yang sedang dihadapi. Misalnya, ketika diadakan sebuah rapat yang di mana setiap orang akan berdiskusi untuk menyelesaikan masalah, tetapi komunikasi antara individu yang satu dengan individu lainnya ternyata berlangsung tidak baik, sehingga tidak ditemukan suatu solusi dari masalah yang sedang terjadi.

4. Bermanfaat Untuk Menyampaikan Ide atau Gagasan

Ketika menempuh pendidikan di sekolah pasti kita sudah pernah melakukan presentasi, baik itu secara kelompok atau individu. Ketika melakukan presentasi, seseorang akan melakukan komunikasi yang di mana komunikasi itu berupa gagasan yang disampaikan kepada pendengar (guru dan murid). Karena komunikasi itulah, kita bisa merasakan manfaat dari komunikasi, jika komunikasi berjalan buruk, maka kemungkinan besar pendengar akan sulit untuk menerima informasi, begitu sebaliknya.

Dalam dunia kerja, seorang karyawan yang sedang melakukan presentasi di depan pimpinannya harus menggunakan kemampuan komunikasi terbaiknya agar informasi yang dijelaskan dapat diterima oleh pimpinan atau para pendengar presentasi. Apabila informasi yang dapat diterima dengan baik oleh pimpinan, tak menutup kemungkinan akan mendapatkan promosi jabatan.

5. Memudahkan Kita Untuk Mengambil Keputusan

Dalam kehidupan yang kita jalani pasti akan melewati tahapan di mana sulit untuk menentukan atau mengambil keputusan dari suatu masalah yang sedang terjadi. Pengambilan keputusan ini harus dilakukan dengan tepat agar tak merugikan diri sendiri atau orang banyak. Ketika kita sudah bingung dalam mengambil keputusan, sebaiknya segera komunikasikan kepada seseorang yang lebih ahli atau lebih tua. Dengan kemampuan komunikasi ini, kita bisa mendapatkan sebuah keputusan yang bijak.

Kesimpulan

Communication skill atau kemampuan komunikasi merupakan suatu kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap orang terutama seorang pimpinan, seperti manajer. Dengan kemampuan ini, maka seorang pimpinan dapat memberikan arahan kepada bawahannya agar melakukan tugas atau pekerjaan yang bertujuan untuk memajukan sebuah perusahaan atau organisasi. Bagi seseorang yang belum bisa memaksimalkan kemampuan komunikasi, sebaiknya segera membiasakan diri untuk mengembangkan kemampuan tersebut agar bisa memiliki banyak relasi.

Sumber: Dari berbagai macam sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu