in

Apa Itu Good Looking dan Cara Menjadi Good Looking

unsplash.com

Cara Menjadi Good Looking – Setiap orang punya kesempatan yang sama untuk menjadi good looking dengan apa adanya mereka. Karena wajah sempurna maupun warna kulit bukan penentu utama, melainkan usaha yang dilakukan. Dan baik pria maupun wanita punya cara menjadi good looking masing-masing yang berbeda satu sama lain.

Apa Arti Good Looking?

Good looking artinya tampan atau cantik, menarik secara fisiki atau enak dipandang.

Good looking bukan sekedar cantik atau ganteng sejak lahir, melainkan tentang penampilan keseluruhan tubuh. Mulai dari gaya berpakaian, kebersihan diri, sampai dengan sikap dan kepribadiannya.

Biasanya orang yang berpenampilan menarik punya aura berbeda sehingga mengundang perhatian orang lain. Kabar baiknya, semua orang bisa mengusahakan hal ini dengan perawatan diri dan pendewasaan diri.

Good looking sendiri sifatnya relatif alias tergantung dari perspektif masing-masing orang. Akan tetapi, setidaknya ada 5 standar atau kriteria dasar yang menunjukan bahwa seseorang memang good looking. Ini dia daftar lengkapnya!

[algolia_carousel]

Kriteria Dasar Good Looking

1. Pakaian yang tepat

Dalam kehidupan sehari-hari kamu pasti sering berkunjung ke berbagai acara penting atau formal yang mengharuskan kamu berpenampilan menarik. Selain itu, ada juga acara tertentu bersama teman-teman yang sifatnya lebih casual dan santai.

Setiap acara tersebut membutuhkan pakaian masing-masing. Nah, orang yang good looking punya kemampuan yang baik untuk menyesuaikan pakaian dengan tujuannya. Misalnya saat pergi ke kondangan mereka memakai kemeja atau batik, sementar ke acara perayaan ulang tahun teman menggunakan kaos dan jaket.

2. Rapi

Selain pakaian yang tepat, kerapian juga harus diperhatikan dengan baik. Karena kerapian juga biasanya menjadi hal yang paling mudah dilihat oleh orang lain. Jadi akan percuma jika kamu berpenampilan sesuai dengan tujuan, namun tidak terlihat rapi. Sebaiknya, setrika dulu setiap pakaian yang akan kamu gunakan, ya.

3. Wangi

Wangi jadi kriteria selanjutnya yang juga tidak boleh dilupakan begitu saja. Bahkan meskipun sudah terlihat good looking, jika pakaian atau badannya bau akan sia-sia saja karena kemungkinan besar akan dijauhi oleh orang-orang disekitarnya.

4. Percaya Diri

Kriteria selanjutnya adalah percaya diri. Orang yang good looking tidak pernah merasa minder dengan dirinya sendiri. Lebih dari itu, percaya diri juga bisa memunculkan aura yang menarik perhatian orang lain. Karena itu, rasanya percuma jika berpenampilan menarik namun tidak memiliki kepercayaan diri yang baik.

Satu hal yang harus kamu percaya: menumbuhkan rasa percaya diri itu mudah dilakukan dan menyenangkan. Seperti yang dibahas dalam buku Percaya Diri itu Dipraktekin karya Tim Wesfix. Buku ini bukan sekadar memberikan informasi tentang kepercayaan diri, tapi juga mengajakmu mempraktekannya langsung.

Cara Menjadi Good Looking

5. Adab dan Perilaku

Orang yang good looking, wangi, percaya diri, dan rapi akan dinilai jelek jika tidak memiliki ada dan perilaku yang baik kepada orang di sekitarnya. Menjadi good looking saja tidak cukup karena kesan pertama juga dipengaruhi oleh kepribadian.

Kepribadian yang baik contohnya adalah menjaga bahasa yang digunakan saat bicara dengan orang lain, tidak memandang rendah orang lain, dan tidak bercanda melebihi batas.

Setelah mengetahui semua kriteria dasar good looking, Grameds bisa mulai mempraktikan cara menjadi good looking untuk pria dan wanita di bawah ini.

Cara Menjadi Good Looking untuk Pria

Cara Menjadi Good Looking
unsplash.com

Dulu, pria good looking identik dengan kata “keren, ganteng, macho, atau cool.” Saat ini persepsi tersebut sudah mulai ditinggalkan dan digantikan dengan persepsi baru yang lebih terbuka serta tidak mengkotak-kotakkan.

Dengan begitu, kamu tidak perlu memaksakan diri dan menjadi orang lain yang sangat berlawanan dari kepribadianmu yang asli. Sekarang, pria sudah mempunyai cara menjadi good looking nya sendiri tanpa perlu menjadi atlet olahraga, pemain band, maupun mengendarai motor gede.

Yup, ada berbagai cara menjadi good looking yang bisa kamu lakukan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Menggunakan pakaian dengan ukuran yang pas

Tidak peduli seperti apa tipe badanmu, pakaian yang ukurannya pas di badan sangat cocok untuk dikenakan sehari-hari. Saat kamu mengenakan pakaian yang terlalu ketat atau kebesaran, bentuk tubuhmu justru menjadi terlihat aneh di mata orang lain.

Walaupun memang, dalam beberapa kesempatan menggunakan pakaian oversize atau ketat bisa membuat kamu terlihat menarik. Akan tetapi untuk kegiatan sehari-hari, ukuran yang pas lebih disarankan agar kamu good looking.

Pakaian yang pas jika dikombinasikan dengan badan yang ideal tentu jauh lebih menarik lagi. Sayangnya, kadang pria tidak terlalu memperhatikan hal ini dan cenderung membiarkan tubuhnya kegemukan padahal diet bisa dilakukan oleh siapa saja. Seperti yang tertuang dalam buku Berani Langsing Mulai Sekarang!: Mendapatkan Tubuh Ideal karya Praba Ratnani. Dalam buku ini ada banyak cara diet, mulai dari yang ekstrem sampai yang berorientasi pada tujuan tertentu.

Cara Menjadi Good Looking

2. Memperhatikan sepatu

Banyak pria luput memperhatikan sepatu yang digunakan karena letaknya ada di bawah jadi tidak akan terlalu menjadi masalah. Padahal orang lain, apalagi wanita, biasanya melihat penampilan dari atas sampai ke bawah. Meskipun secara sekilas saja.

Tapi coba bayangkan jika kamu menggunakan sepatu yang kotor atau tidak tepat (seperti memakai sepatu casual untuk datang ke acara formal), apa yang akan muncul di pikiran orang lain? Ya, kamu akan terlihat kurang menarik. Jadi perhatikan sepatu kamu mulai dari sekarang ya Grameds!

3. Perhatikan Outerwear

Outwear adalah apa yang kamu gunakan untuk menutupi kaos atau kemeja. Misalnya blazer, cardigan, jaket, hoodie, jas, dan semacamnya. Jika diperhatikan dengan baik, penggunaan outwear yang tepat akan membuat kamu terlihat semakin good looking di mata orang lain.

Selain itu, outwear juga bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan kaos yang kusut atau kotor karena noda membandel.

4. Menyesuaikan gaya berpakaian

Gaya berpakaian yang sesuai dengan momen tertentu juga tidak kalah penting. Kamu boleh saja menggunakan pakaian bermerk mahal, rapi, dan merasa sudah keren. Namun saat kamu salah menggunakan gaya berpakaian, semua itu akan sia-sia saja. Kemungkinan terburuknya, kamu justru terlihat aneh di mata orang lain.

[algolia_carousel page=2]

Misalnya jika kamu datang ke acara makan-makan bersama teman nongkrong menggunakan jas super rapi dan sepatu pantofel, temanmu mungkin akan berpikir kamu mempunyai selera berpakaian yang aneh.

5. Merawat kumis dan brewok

Grameds yang sudah mulai beranjak dewasa mungkin sering merasa malas merawat kumis dan brewok. Padahal, kumis dan brewok yang rapi bisa membuat penampilan semakin menarik.

Jika kamu memang sangat sangat malas untuk merawat rambut-rambut yang tumbuh di wajah, sebaiknya langsung cukur habis agar tidak merepotkanmu nantinya.

6. Memilih model rambut yang cocok

Rambut adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kepala dan wajah, sehingga punya peran penting untuk membuat kamu terlihat good looking. Ada banyak pria yang jadi lebih menarik untuk dilihat dengan model rambut yang cocok dengan bentuk mukanya.

Karena itu, jangan segan-segan untuk merombak model rambut jika memang kamu merasa sudah tidak cocok lagi. Meskipun mungkin butuh beberapa kali percobaan untuk mendapatkan model yang tepat, namun ini adalah proses yang tidak bisa dilewatkan. Toh kamu tidak akan langsung mendapatkan model yang tepat, kan?

7. Gunakan Parfum yang Tepat

Parfum sudah sejak lama menjadi andalan kaum pria untuk meningkatkan kepercayaan diri. pria yang mempunyai wajah “biasa aja” namun wangi dan bersih lebih menarik di mata wanita daripada pria yang ganteng tapi bau. Sebaiknya gunakan parfum yang wanginya kamu suka.

Selain itu, kamu juga perlu menyesuaikan jenis parfum dengan tempat yang akan kamu kunjungi. Misalnya, saat pergi ke kantor sebaiknya gunakan parfum yang tahan selama jam kantor seperti eau de perfume, atau gunakan parfum yang wanginya menyengat saat pergi ke tempat yang baunya tajam, dan pilih parfum yang wanginya ringan untuk aktivitas sehari-hari.

8. Skincare dan lotion

Jika kamu masih menganggap bahwa skincare dan lotion adalah produk khusus wanita, sebaiknya buang jauh-jauh anggapan tersebut sekarang juga. Karena kulit pria juga perlu dijaga kesehatannya dengan perawatan yang tepat.

Caranya juga mudah dan tidak terlalu ribet, kok. Pertama, kamu harus minum air yang cukup agar kulit terlihat lembab. Lalu gunakan skincare yang mempunyai kandungan pelembab, dan gunakan skincare tabir surya saat kamu sedang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

9. Menjaga kebersihan wajah

Wajah yang kotor tidak akan terlihat menarik dimata orang lain, terutama perempuan. Oleh karena itu, kamu harus mulai memperhatikan kebersihan wajah mulai dari sekarang. Misalnya dengan rajin mencuci muka jika kulit wajahmu berminyak.

Jika kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan, sebaiknya langsung konsultasi dengan dokter kulit agar kamu tidak langkah. Karena melakukan perawatan secara sembarangan justru berpotensi merusak kulit wajah bahkan menyebabkan breakout.

Cara Menjadi Good Looking untuk Wanita

Cara Menjadi Good Looking
unsplash.com

Semua wanita sudah pasti ingin terlihat good looking di mata orang lain itu sebabnya mereka rela mengalokasikan dana khusus untuk merawat dirinya sendiri. Setidaknya, dalam satu bulan wanita akan membeli skincare, melakukan perawatan di salon, atau membeli pakaian baru.

Hal-hal tersebut merupakan bagian dari usaha mendapatkan penampilan menarik. Nah selain tiga cara tadi, ternyata masih ada lagi cara menjadi good looking untuk wanita lho Grameds. Apa saja, sih?

1. Menjaga kebersihan dan merawat diri

Kebersihan adalah faktor utama yang bisa menentukan apakah seorang wanita terlihat menarik atau tidak. Bahkan di tingkat ekstrimnya, kebersihan bisa meruntuhkan anggapan baik dari orang lain.

Selain kebersihan, merawat diri juga harus dilakukan karena ini adalah faktor penunjang yang membuat seorang wanita terlihat good looking di mata orang lain. Perawatan diri bisa dimulai dari menjaga kerapian dan keindahan rambut, perawatan kulit tangan dan wajah, sampai dengan menggunakan parfum yang cocok.

Usahakan untuk mencuci rambut minimal sekali sehari, lalu sisir setiap hari supaya tidak kusut, dan gunakan vitamin rambut agar tidak bercabang dan rusak. Biar bagaimanapun, rambut adalah mahkota bagi wanita yang perlu dijaga dengan baik.

Selanjutnya cuci wajah secara teratur dengan menggunakan sabun khusus pencuci wajah, gunakan lotion tabir surya saat keluar di siang hari, dan krim malam agar kelembapannya terjaga di malam hari. Dengan begitu kulitmu tetap terjaga keindahan dan kesehatannya.

Terakhir, pakailah parfum beraroma lembut dan ringan agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Kamu bisa menggunakan parfum beraroma bunga atau buah sehingga membuat tubuhmu terkesan fresh dan segar.

2. Memilih gaya pakaian yang sesuai

Memilih gaya pakaian yang sesuai memang bukan perkara yang mudah namun sangat penting jika kamu ingin terlihat lebih menarik. Karena itu, kamu harus bisa memilih pakaian serta aksesoris yang tepat untuk digunakan setiap harinya.

Biasanya wanita sangat memperhatikan kombinasi warna antara pakaian dan aksesoris yang digunakan. Misalnya menyelaraskan warna baju, celana, tas, dengan sepatu atau kerudung bagi yang muslim.

Wanita seringkali kebingungan menentukan pakaian yang akan digunakan untuk kegiatan sehari-hari, walaupun koleksi pakaian di lemarinya sudah menumpuk. Tak jarang mereka juga merasa frustasi karena merasa tidak ada pakaian yang cocok dengan karakternya. Bagi Grameds yang suka merasa seperti ini, baca buku Style Secret Rahasia Padu Padan Keren dari Ade Aprilia ini, deh! Buku ini akan menyelamatkan kamu dari rasa frustasi dan membantu memilih pakaian yang cocok dengan karaktermu setiap hari.

Cara Menjadi Good Looking

3. Ramah dan murah senyum

Tidak dapat dimungkiri bahwa wanita yang ramah memang terlihat lebih menarik di mata pria maupun sesama wanita. Grameds sendiri tentu lebih senang dan tertarik pada wanita yang mempunyai rasa empati dan peduli ke sesama.

Namun perlu diingat juga, tidak semua orang memberikan respon positif pada sikap ramah yang kamu punya. Jika seperti ini, kamu tidak perlu membalas dengan perilaku yang sama. Cukup siapkan diri sejak awal untuk menghadapi setiap respon yang mungkin diberikan oleh orang lain padamu.

Salah satu cara meresponnya adalah dengan senyuman. Wanita yang ramah senyum biasanya mempunyai aura positif yang membuat orang lain betah ada di dekatnya. Jadi jangan cemberut terus ya, karena tersenyum juga bisa menstabilkan emosi dan meningkatkan mood kamu lho, Grameds!

4. Tidak bergosip

Wanita yang menarik juga seringnya tidak bergosip tentang berbagai hal karena tahu bahwa hal ini tidak ada manfaatnya sama sekali. Bergosip juga bisa menimbulkan kesan julid di mata orang lain. Tentunya kamu tidak ingin dicap seperti itu, bukan?

Namun tidak senang bergosip bukan berarti menjauhi teman-temanmu ya, Grameds. Karena menjaga silaturahmi juga sangat penting untuk dilakukan. Kamu bisa saja mengajak teman-teman melakukan kegiatan lain yang lebih positif seperti diskusi atau merencanakan project bersama saat berkumpul

5. Gunakan make up secukupnya

Wanita good looking biasanya mengenakan pakaian yang sopan dan menggunakan make up secukupnya saja. Karena make up yang tipis lebih menarik untuk dilihat oleh orang lain, terutama lawan jenis. Lagipula, menggunakan make up secara berlebihan hanya akan membuatmu terlihat menor dan berpotensi menjadi bahan ledekan.

Jika kamu merasa kurang percaya diri saat mengenakan make up yang tipis, sebaiknya ubah cara berpikirmu sekarang juga. Faktanya wanita yang terlihat cantik secara alami justru lebih menarik daripada yang dibuat-buat.

6. Mencintai diri sendiri

Cara menjadi good looking selanjutnya adalah dengan mencintai diri sendiri sebelum kamu mencintai orang lain. Cinta pada diri sendiri akan membuat rasa percaya diri meningkat dan menjadikan kamu terlihat menarik di mata orang lain, khususnya di mata pria.

Mencintai diri sendiri berbeda dengan mementingkan diri dan bersikap egois. Daripada seperti itu, kamu justru harus bisa menghargai apa yang kamu miliki dan tidak mengizinkan orang lain melukainya secara sengaja ataupun tidak.

Nah, salah satu cara paling ampuh untuk bisa mencintai diri sendiri adalah dengan menjadi dirimu yang seutuhnya. Kamu harus mengerti bahwa setiap orang unik dan berbeda-beda, termasuk kamu sendiri.

Jadi jangan pernah merasa malu dengan apa yang kamu punya ya Grameds, apalagi sampai berusaha untuk menutupinya. Selama tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, keunikanmu adalah sebuah anugerah yang patut disyukuri.

Di sisi lain, menjadi diri sendiri juga membuat kamu punya nilai plus di mata orang lain karena kamu berbeda dan menarik.

Yup, selesai sudah pembahasan mengenai cara menjadi good looking untuk pria dan wanita. Setelah membaca artikel ini, yang perlu kamu lakukan adalah mempraktikan semua cara di atas secara konsisten. Dengan begitu, kamu bisa terlihat good looking di mata orang lain dan semakin percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di pembahasan lainnya, ya.

Penulis: Gilang Oktaviana Putra

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda