in

Bagaimana Cara Menghargai Orang Lain Dengan Cara yang Tepat

Bagaimana Cara Menghargai Orang Lain – Hidup dalam lingkungan sosial ini mengharuskan Grameds untuk berbaur dengan bermacam-macam orang dengan berbagai jenis kepribadian. Dengan pernyataan tersebut, berarti Grameds sebagai salah satu dari lingkungan tersebut haruslah dapat dengan bijak menjaga perilaku serta sikap yang akan Grameds berikan dalam suatu lingkungan sosial tersebut.

Hal itu harus dilakukan untuk menghindari adanya kesalahpahaman dan ketidak sengajaan dalam menyakiti hati seseorang. Selain itu, menjaga perilaku dan sikap akan membuat Grameds menjadi lebih mudah untuk diterima di dalam lingkungan sosial tersebut.

Jika Grameds merasa masih tidak begitu menerima, Grameds dapat berpikir bahwa tiap orang yang ada di dunia ini memiliki sifat yang berbeda-beda, begitu pula Grameds sendiri. tiap orang memiliki tolak ukur tersendiri dalam menanggapi perbedaan dan menghargai orang lain.

Perbedaan sendiri tak hanya terdapat pada perbedaan karakter saja, namun juga dengan perbedaan pendapat dan prioritas kepentingan mereka yang mungkin bisa menimbulkan perasaan tersinggung untuk orang lain. Padahal seperti yang Grameds ketahui, bahwa peristiwa adanya perbedaan antar individu adalah sesuatu yang tak mungkin terhindarkan.

Tanamkan keyakinan bahwa adanya perbedaan adalah sebuah kewajaran. Bukan hanya sebuah kewajaran saja, adanya perbedaan dalam pendapat merupakan sebuah hak yang dimiliki oleh setiap manusia yang ada di dunia.

Semua hal yang menjadi pendapat atau pandangan mereka adalah hal yang berada di luar jangkauan Grameds dan Grameds tidak boleh memaksakannya. Grameds hanya perlu menghargai setiap pilihan dan pendapat yang mereka putuskan.

Menghargai orang lain berarti menerima pandangan, waktu yang mereka punya, serta jangkauan privasi yang mereka miliki. Bentuk menghargai orang lain dapat Grameds terapkan dalam bentuk selalu pandai dalam menempatkan diri di situasi apapun, harus pandai dalam mengetahui posisi Grameds di situasi tersebut, serta senantiasa menunjukan respek serta kepedulian Grameds dalam hal itu.

Menghargai orang lain dapat dilakukan dengan berbagai cara dan dengan hal-hal yang sangat sederhana, seperti selalu bersikap sopan kepada orang lain, selalu menebarkan kebaikan kepada orang lain, selalu mengerti batasan terhadap privasi yang dimiliki orang lain, dan lain sebagainya.

Berbagai Cara Untuk Menghargai Orang Lain

Mengetahui cara agar bisa menghargai orang lain merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diketahui dalam keseharian sehari-hari untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini beberapa cara menghargai orang lain yang bisa Grameds terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

tombol beli buku

1. Selalu Berbuat Baik dan Menerapkan Sopan Santun

Grameds dapat menunjukkan sikap menghargai orang lain jika Grameds berhasil mengetahui perasaan orang lain. Pasti Grameds sudah tahu jika semua orang sangat ingin diperlakukan dengan baik, begitu pula dengan Grameds.

Dengan pernyataan seperti itu, berarti Grameds tahun dengan betul bukan untuk menghargai orang lain Grameds haru dapat memperlakukannya dengan baik dan selalu bersikap sopan. Dengan begitu, mereka akan merasa sangat dihargai oleh Grameds dan secara otomatis akan menghargai Grameds kembali. Selalu tunjukan sikap sopan ketika berpapasan dengan orang-orang, baik itu orang yang tidak Grameds kenal, orang terdekat, teman, rekan kerja, dan lain sebagainya.

Cara paling mudah menerapkan poin pertama ini adalah ketika Grameds membawa makanan, silahkan tawarkan untuk orang yang ada di sekitar Grameds. Dengan begitu, mereka akan merasa tersanjung karena Grameds mengingat dan menghargai keberadaan mereka.

2. Cobalah Selalu Menunjukan Tata Krama di Tempat Umum

Sejak masih kecil pasti Grameds sudah diajarkan untuk selalu bersikap baik dan menerapkan semua tata krama yang ada dalam lingkungan Grameds. Menerapkan tata krama adalah hal yang sangat penting dilakukan.

Memang mungkin dulu ketika Grameds masih kecil, tata krama bukanlah hal yang begitu menarik perhatian dan berkesan penting untuk Grameds. Namun ketahuilah ketika Grameds sudah beranjak dewasa, tata krama adalah hal yang sangat penting untuk didalami dan diterapkan dalam berinteraksi dengan orang lain dimanapun Grameds berada terutama di tempat umum.

Menunjukan tata krama di tempat umum merupakan salah satu hal yang menunjukan bahwa Grameds menghargai orang-orang yang berada di sekitar Grameds. Jika tidak ada satupun orang di dunia yang mau menunjukan tata krama mereka, maka kehidupan di dunia ini jelas akan sangat kacau dan tidak tertata.

Hal-hal yang menyangkut tata krama merupakan sesuatu yang sangat umum dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa kegiatan yang menyangkut tata krama dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari.

a. Menunggu dengan sabar saat sedang mengantri. Siapa yang asing dengan kegiatan ini? Pasti Grameds sudah tahu betul dengan kegiatan yang sangat sering terjadi dalam kehidupan. Saat mengantri, jangan sekali-kali melakukan kegiatan yang dinamakan dengan menyelak atau menyerobot antrean milik orang lain. Grameds dapat diberi toleransi melakukan kegiatan menyerobot tersebut apabila Grameds berada dalam keadaan darurat atau dilatarbelakangi dengan hal tersebut.

b.  Kendalikan volume suara saat berbicara di tempat umum. Grameds harus memperhatikan kapan Grameds boleh berbicara keras di tempat umum. Jangan sekali-kali Grames berbicara ketika lampu bioskop sudah dimatikan, jika Grameds menerima telepon, terimalah di luar ruangan untuk kenyaman orang lain.

Bukannya gimana-gimana, tapi tempat itu adalah tempat umum yang digunakan oleh orang banyak. Jika Grameds tidak bisa mengetahui kapan saat yang tepat untuk berbicara dengan keras, itu menandakan Grameds tidak bisa menghargai hak orang lain untuk merasakan kenyamanan di tempat umum.

c. Selalu menjaga kebersihan tempat umum. Menjaga kebersihan tempat umum juga merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Seperti yang Grameds tahu, tempat umum bukan hanya Grameds saja yang menempati, tetapi juga dengan orang lain. Oleh karena itu, jika Grameds tidak sengaja membuka tempat umum menjadi kotor, maka segeralah untuk membersihkannya. Jangan lupa untuk selalu membuah sampah pada tempatnya.

d. Selalu berbicara dengan sopan. Saat Grameds berada di tempat umum dan memerlukan bantuan dari orang lain, jangan pernah melupakan untuk mengatakan “tolong” dan apabila sudah berhasil mendapatkan bantuan, jangan lupa untuk mengatakan “terima kasih”. Ingat, gunakan Bahasa yang sopan agar berkesan menghargai.

e.  Selalu menaati aturan yang ada dan berlaku di tempat tersebut. Hal ini merupakan penentu serta yang memastikan adanya suasana aman dan nyaman di tempat umum. Jika ada Grameds yang melanggar aturan di tempat tersebut, jelas Grameds akan membuat tempat tersebut menjadi tidak nyaman, sekaligus Grameds tidak menghargai orang lain yang ingin merasa nyaman di tempat umum tersebut.

Jika terdapat larangan membawa makanan atau minuman di tempat tersebut, Grameds harus menaatinya dan jangan melanggarnya atau Grameds akan mendapatkan perasaan tidak nyaman dari orang lain yang ada di tempat umum tersebut.

Grameds harus melakukan semua ketentuan atau aturan tersebut untuk menjaga suasana serta situasi agar lebih kondusif.

tombol beli buku

3. Jangan Melakukan Hal yang Berbau Diskriminasi

Seperti yang Grameds tahu bahwa sikap diskriminasi adalah sikap yang tidak dibenarkan baik dari sudut manapun. Grameds harus dapat menghargai serta menghormati semua pendapat atau pilihan yang orang lain ambil.

Grameds haruslah memberikan semua sikap yang menunjukan respek kepada siapapun tanpa memandang status mereka. Jika Grameds berhasil melakukan hal itu, maka orang akan melihat bahwa Grameds adalah orang selalu menghargai orang lain tanpa harus melihat jabatan apa yang ditempati, penampilan apa yang diperlihatkan, serta hubungan apa yang mereka jalin.

Berikut ini beberapa hal-hal yang bisa Grameds lakukan agar Grameds tidak melakukan perilaku yang berbau diskriminasi baik disengaja maupun tidak

a. Grameds haruslah selalu bersikap baik kepada siapapun tanpa harus memandang dan membedakan status sosial yang orang lain sandang.

b. Grameds harus dengan bijak menghilangkan semua pandangan buruk yang biasanya diberikan kepada mayoritas wanita, orang-orang yang memiliki warna kulit tertentu, orang yang menyandang disabilitas, orang yang menganut agama yang berbeda dengan Grameds, orang dengan profesi tertentu, tunawisma atau gelandangan, orang yang mengalami obesitas, orang yang diasingkan dari masyarakat, dan masih banyak lagi. Adanya perbedaan bukan digunakan sebagai alasan seseorang melakukan diskriminasi. Ingat, kita semua memiliki kedudukan yang sama di mata Tuhan.

c. Kasihilah orang-orang yang biasanya dianggap rendah oleh orang lain. Mereka kedudukannya adalah sama dengan kita, yang sama-sama hamba Tuhan hanya berbeda nasib saja. Oleh karena itu, jangan sekali-kali meremehkan dan merendahkan orang yang statusnya lebih rendah dari kita.

4. Menerima Perbedaan Pendapat yang Ada

Tunjukan bahwa Grameds tidak merasa bermasalah dengan pendapat atau opini yang berbeda dengan pendapat Grameds. Grameds harus sebisa mungkin menunjukan sebuah sikap yang menggambarkan bahwa Grameds menghargai pendapat tersebut dan tidak mencela atau memaki pendapat tersebut. Adanya perbedaan justru dapat membuat kehidupan bergerak lebih dinamis dan bisa saja menghasilkan sebuah pendapat yang sebelumnya tak terpikirkan sama sekali.

Apabila Grameds berada di titik dimana Grameds tidak bisa memahami pendapat atau opini tersebut, usahakan untuk selalu bersikap penuh kesopan santunan serta berbicara dengan nada yang baik pula ketika ingin menyampaikan penyangkalan mengenai pendapat tersebut.

Ingatlah bahwa perbedaan pendapat merupakan hal yang biasa terjadi di lingkungan. Jadi pastikanlah untuk selalu menunjukan sikap menghargai kepada siapapun baik yang memiliki pendapat yang sama dengan Grameds maupun yang memiliki pendapat yang berbeda dengan Grameds.

Ada beberapa perbedaan yang biasanya terjadi di lingkungan sosial ini, seperti perbedaan budaya, perbedaan keyakinan atau agama, perbedaan pandangan dalam berpolitik, dan lain sebagainya.

5. Menghormati Kepemilikan Orang Lain

Kepemilikan orang lain biasanya seperti ketika Grameds ingin meminjam barang milik orang lain, sangat diwajibkan untuk meminta izin sebelum meminjam dan menggunakan barang tersebut. apabila Grameds melanggar untuk tidak meminta izin kepada yang mempunyai barang tersebut, maka Grameds akan dijuluki sebagai pencuri.

6. Menjadi Pendengar yang Baik untuk Orang Lain

Ketika Grameds sedang berbicara dengan orang lain dan Grameds menjadi seorang pendengar, Grameds harus dengan sungguh-sungguh mendengarkan sang pembicara ketika sedang berbicara dengan Grameds.

Hal itu menandakan bahwa Grameds menghargai tiap kalimat yang orang lain katakana kepada Grameds. Apabila Grameds memberikan kesan seolah-olah Grameds merasa bosan bahkan sampai memotong pembicaraan orang tersebut, dapat menunjukan bahwa Grameds tidak respek dan peduli dengan orang itu. Jika Grameds ingin memberikan komentar, tunggulah sampai orang itu selesai berbicara.

Respon apa yang dapat ditunjukan? Berikan respon berupa anggukan ketika orang tersebut berbicara. Jangan hanya diam seperti tembok saja, jelas dapat membuat hati orang tersebut sakit.

7. Selalu Berpikir Sebelum Berbicara

Ketika tiba saatnya Grameds menyampaikan pendapatmu, silahkan pikirkan kalimat tanggapan yang menggambarkan bahwa Grameds menghargai apa yang disampaikan oleh orang tersebut.

Selalu awali dengan mempertimbangkan apa yang mereka katakana serta jangan sekali-kali memberikan tanggapan yang terkesan bahwa Grameds merendahkan pendapat tersebut. mengucapkan kata-kata kasar dan tidak sopan juga sangat dilarang dalam hal ini.

Grameds bisa memberikan beberapa penjelasan mengenai pendapat Grameds, jangan berikan tanggapan yang terkesan menyepelekan dan singkat, jangan pula memberikan tanggapan yang sekiranya sudah ia pahami, dan masih banyak lagi.

tombol beli buku

8. Jangan Membicarakan Orang Lain

Seperti yang Grameds tahu, bahwa membicarakan orang lain merupakan tindakan yang sangat tercela serta dilarang oleh agama. Tindakan tersebut jika dilakukan secara terus-menerus akan berubah menjadi sebuah kebiasaan yang buruk dan harus segera dihilangkan. Mengapa demikian?

Membicarakan orang lain dilakukan karena mereka menganggap bahwa orang tersebut cocok dijadikan untuk bahan pembicaraan. Grameds harus berpikir bahwa orang itu juga memiliki hati dan mungkin akan tersakiti perasaannya. Ada beberapa hal yang dapat Grameds lakukan sebagai bentuk pencegahan melakukan kegiatan tersebut.

a. Jika Grameds merasa tidak ada hal baik yang dapat dikatakan, lebih baik Grameds memilih untuk diam.
b. Jika ada orang yang mengajak atau memulai untuk membicarakan orang lain, Grameds bisa melakukan penolakan dengan Bahasa yang sopan agar tidak menyakiti hati si pengajak tersebut.

9. Jangan Pernah Ikut Campur dengan Urusan Orang Lain

Apabila ada seseorang yang memiliki urusan yang wilayahnya di area pribadi atau privasi, sebaiknya Grameds mengundurkan diri untuk mencampurinya. Tindakan tersebut dilakukan sebagai bentuk bahwa Grameds menghargai privasi orang itu.

Grameds harus sekuat dan sebaik mungkin untuk tidak mengusik urusan apalagi privasi orang lain, karena itu bukan area yang diperbolehkan untuk dimasuki orang lain selain dirinya.

Namun jika orang tersebut bercerita kepada Grameds untuk dimintai pendapat, Grameds baru boleh mencampurinya, sekadar mencari tahu kronologis detailnya dan menanyakan beberapa pertanyaan agar bisa memberikan pendapat yang terbaik.

10. Segeralah Meminta Maaf Ketika Melakukan Kesalahan

Grameds sudah berusaha untuk melakukan semua hal yang menggambarkan perilaku menghargai orang lain tapi tetap saja Grameds melakukan tindakan yang tidak disengaja membuat orang lain sakit hati.

Yang Grameds butuhkan adalah respon yang baik ketika Grameds sudah menyadari bahwa Grameds melakukan kesalahan, jika Grameds sudah menyadarinya tindakan yang harus dilakukan adalah meminta maaf kepada orang tersebut.

Ketika meminta maaf, usahakan untuk tidak menggunakan kata “tapi” sebagai bentuk pembenaran atas tindakan yang Grameds lakukan. Ganti kata “tapi” dengan kata “dan”, kata “dan” lebih baik maknanya seakan-akan Grameds tulus meminta maaf dari hati terdalam serta kata “dan” dapat memberikan Grameds kesempatan untuk menjelaskan yang Grameds maksud dengan lebih halus.

Setelah mengetahui beberapa cara tersebut, kami akan memberikan tips untuk yang dapat memperjelas perilaku Grameds dalam menghargai pendapat, keberadaan, serta pernyataan orang lain.

tombol beli buku

Tips Menghargai Orang Lain

Grameds dapat menerapkan beberapa tips ini untuk melengkapi serta mempersungguh dalam menghargai orang lain.

1 Berikan tanggapan yang tulus ketika Grameds menyimak pembicaraan yang disampaikan oleh lawan bicara.
2. Grameds bisa menunjukan terlebih dahulu bahwa Grameds menghargai diri  sendiri. hal ini diperlukan karena untuk menilai seberapa besar Grameds peduli serta menghargai dengan orang adalah sama besarnya dengan Grameds menghargai diri sendiri.
3. Selalu ingat untuk memperhatikan mata orang yang kalian ajak bicara dengan tatapan mata yang bersahabat dan baik.
4. Sebelum berbicara, tanamkan keyakinan bahwa semua kalimat yang Grameds ucapkan kelak akan sangat berpengaruh terhadap orang lain. Alangkah baiknya untuk membayangkan terlebih dahulu bagaimana perasaan orang yang ajak bicara ketika mendengarkan kalimat yang tidak mengenakkan dari Grameds.

Nah itu dia beberapa cara-cara untuk menghargai orang lain yang dapat Grameds terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya, menghargai orang lain bukanlah hal yang harus dibuatkan tata cara karena semua hal itu datangnya dari diri sendiri yang berupa perilaku moral dalam kehidupan bermasyarakat.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah