in

Berbagai Contoh Interpersonal Skill

Contoh Interpersonal Skill – Bagi kamu yang akan atau sudah masuk ke dalam dunia pekerjaan, selain memiliki keahlian untuk mengerjakan tugas serta tanggung jawab yang diberikan. Seringkali bagaimana kamu bersikap dan berperilaku yang memungkinkan untuk bekerja sama dengan orang lain seperti rekan kerja, atasan, hingga klein.

Segala perilaku tersebut merupakan keterampilan yang dimaksud dalam keterampilan interpersonal atau interpersonal skill berupa kemampuan kamu berkomunikasi dalam membangun hubungan dengan orang sekitar.

Berikut beberapa kemampuan interpersonal skill lain yang mungkin kamu butuhkan dalam dunia pekerjaan dan bekerja sama dengan orang lain.

Contoh interpersonal skill 

1. Kemampuan komunikasi

Contoh pertama dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah kemampuan komunikasi yang baik. Komunikasi sendiri merupakan salah satu keterampilan yang paling penting untuk dimiliki setiap orang ketika memasuki dunia pekerjaan.

Hal ini dikarenakan, dalam sebuah perusahaan adanya komunikasi yang baik antara satu orang dengan orang lainnya dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan semua pihak mampu memahaminya. Namun, seringkali tetap saja banyak orang yang menganggap kemampuan komunikasi bukanlah hal yang penting.

Padahl, dengan adanya kemampuan komunikasi yang baik akan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan serta berguna untuk membangun hubungan yang baik antara setiap orang yang berada di lingkungan kerja tersebut.

Komunikasi sendiri seringkali bukan hanya bagaimana kamu berbicara. Namun, komunikasi non verbal yang melibatkan bahasa tubuh serta berkomunikasi lewat tulisan juga merupakan hal yang penting. Dimana jika apa yang kita bicarakan dengan gerak tubuh kita berlawanan maka pesan yang ingin disampaikan akan sulit diterima pendengarnya.

2. Rasa empati terhadap orang lain

Contoh kedua dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah memiliki rasa empati terhadap orang lain untuk membangun hubungan yang baik antara satu sama lain.

Dengan adanya rasa empati dalam diri, kamu akan lebih mudah memahami dan merasakan apa yang dirasakan rekan kerja, atasan, atau bahkan klien. Rasa empati dapat membantu kita untuk menempatkan diri di posisi pembicara, dimana seringkali ketika seseorang berbicara kepada kita yang mereka inginkan itu adalah orang yang mampu memahami dan mengerti mereka.

Kemampuan ini sendiri merupakan hal penting yang seringkali dicari oleh perusahaan dalam merekrut calon karyawannya karena dengan memiliki rasa empati yang tinggi seseorang dapat membuat tempat kerja atau lingkungan kerja mereka menjadi lebih positif dan bersahabat.

3. Kemampuan mendengarkan dengan baik

Contoh ketiga dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah kemampuan mendengarkan dengan baik. Walaupun terdengar mudah, menjadi pendengar yang baik bukanlah hal yang mudah dan tidak semua orang dapat menjadi pendengar yang baik.

Dengan memiliki kemampuan ini beserta dengan kemampuan komunikasi yang baik, kamu dapat dengan mudah membuat hubungan yang baik dengan orang lain karena adanya rasa saling menghargai, dimana ketika orang lain berbicara kamu mampu mendengarkan dengan serta ketika kamu menjawab pertanyaan dari lawan bicara maka kamu bisa membalas dengan jawaban yang sesuai karena memiliki kemampuan komunikasi tersebut.

Serta dengan menjadi pendengar yang baik, kamu juga bisa dihormati orang lain, karena sebelum dihormati kamu sudah menghormati orang lain terlebih dahulu dengan mau mendengarkan cerita atau masalah yang mereka sampaikan kepada kamu.

banner-promo-gramedia

4. Kemampuan problem solving

Contoh keempat dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah memiliki kemampuan untuk menyelesaikan sebuah masalah dan mencari solusi yang tepat di dalam lingkungan kerja.

Berdasarkan Robert Half sebagai salah satu perusahaan besar yang ada di dunia, menyatakan bahwa kemampuan problem solving ini merupakan sebuah kualitas yang harus dimiliki oleh setiap karyawan di sebuah tempat kerja.

Hal ini dikarenakan, dalam dunia pekerjaan pasti kita akan selalu mengalami sebuah masalah yang mendorong kita untuk mencari solusi yang paling tepat. Dengan memiliki kemampuan ini, kamu menjadi bisa berpikir kritis, serta berdasarkan hal-hal yang logis, dan memiliki tekad untuk memecahkan masalah yang sedang terjadi saat itu.

5. Rasa kepemimpinan 

Contoh kelima dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah memiliki rasa kepimpinan. Kemampuan ini juga merupakan salah satu keterampilan interpersonal yang penting untuk dimiliki setiap karyawan di tempat kerja.

Hal ini dikarenakan, walaupun kamu bukanlah seseorang dengan jabatan manajer dan atasan lainnya seringkali kamu tetap dituntut untuk dapat mengambil sebuah keputusan yang harus kamu pertanggungjawabkan sendiri apapun konsekuensinya.

Selain itu, dengan memiliki kemampuan ini kamu dapat bekerja sama dengan rekan kerja yang lain dengan mudah, hal ini dikarenakan dengan memiliki rasa kepemimpinan kamu dapat merangkul rekan kerja serta meminta pendapat dan mendengarkan pendapat tersebut dengan baik sehingga masalah yang ada dapat terpecahkan.

6. Kemampuan untuk memahami informasi yang diberikan

Contoh keenam dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah kemampuan untuk memahami informasi yang diberikan oleh orang lain. Selain memiliki keterampilan dalam mendengar, kamu harus dapat memahami apa yang lawan bicaramu katakan sebagai bagian dari bentuk komunikasi.

Kemampuan ini juga termasuk salah satu keterampilan interpersonal. Dengan memiliki keterampilan untuk memahami sebuah informasi kamu bisa menarik kesimpulan atau menjelaskannya lagi jika diperlukan suatu saat. Hal ini dapat kamu latih melalui latihan dari hal-hal yang kamu lakukan setiap harinya.

Seperti contohnya, ketika kamu mendengarkan berita melalui radio, cobalah pahami apa yang disampaikan dan ambil kesimpulan dari informasi yang disampaikannya tersebut. Dengan mampu memahami setiap informasi yang dibicarakan oleh orang lain, nantinya informasi tersebut bisa menjadi bermanfaat bagi kamu dan juga orang lain yang membutuhkannya untuk lebih berkembang dan mencapai suatu tujuan.

7. Kemampuan untuk membangun serta memelihara hubungan

Contoh ketujuh dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah kemampuan untuk membangun serta memelihara hubungan dengan orang lain. Banyak orang yang sulit untuk membangun apalagi memelihara hubungan yang mereka miliki.

Kemampuan ini merupakan sesuatu yang penting, dikarenakan ketika kamu diharuskan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru, kamu harus dapat membangun hubungan baru dengan orang sekitar agar proses adaptasi terasa lebih mudah. Selain itu, hubungan yang kamu miliki dengan lingkungan lama tidak boleh terbengkalai pula.

Dengan memiliki hubungan dengan beragam orang, kamu dapat merasakan manfaatnya di kemudian hari. Karena, seringkali kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan dan memiliki koneksi yang baik akan sangat bermanfaat.

8. Kemampuan memberikan tanggapan yang baik

Contoh kedelapan dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah kemampuan untuk memberikan tanggapan atau feedback yang sesuai. Ketika kamu memasuki dunia kerja, seringkali banyak orang atau pihak yang menuntut kamu untuk memberikan feedback atau tanggapan mengenai hal apapun.

Dengan hanya berdiam diri, atau tidak memberikan tanggapan yang sesuai kamu bisa dikucilkan atau bahkan dikeluarkan dari sebuah perusahaan. Karena, walaupun itu bukanlah ruang lingkup pekerjaanmu, setiap perusahaan membutuhkan karyawannya untuk dapat beradaptasi dengan baik.

Selain itu, dengan mampu memberikan tanggapan yang baik hal tersebut menjadi pertanda bahwa kamu mendengarkan apa yang disampaikan dan peduli terhadap perkembangan serta pertumbuhan perusahaan dimana tempat kamu bekerja.

9. Kemampuan untuk membujuk orang lain

Contoh kesembilan dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah kemampuan untuk membujuk orang lain. Ketika kita masih kecil dan menginginkan sesuatu, kita akan mencoba membujuk orang tua kita untuk membelikannya.

Hal tersebut tidak berbeda jauh di dunia kerja, dimana kemampuan ini akan tetap digunakan ketika kamu diharuskan untuk membangun kerja sama dengan orang lain seperti klien. Dimana untuk mendapatkan persetujuan dari klien bukanlah hal yang mudah, oleh sebab itu dengan memiliki kemampuan ini kamu dapat menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi.

Seperti contohnya, ketika kamu bekerja di sebuah perusahaan, untuk menyelesaikan tugas yang kamu miliki kamu harus meminta tolong kepada divisi lain yang bersangkutan untuk membantu. Namun, jika kamu meminta tolong sama saja seperti memberikan tugas tambahan kepada divisi tersebut.

banner-promo-gramedia

Jika kamu tidak memiliki kemampuan untuk membujuk, mereka dapat dengan mudah menolak permintaan kamu, tapi jika kamu menggunakan kemampuan yang kamu miliki maka kemungkinan untuk mendapat bantuan dari divisi yang bersangkutan akan semakin besar.

Peran Penting dari Interpersonal Skill 

Keterampilan interpersonal merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap orang untuk mencapai kesuksesan. Berikut ini beberapa peran penting dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill.

1. Keterampilan mendengar

Peran penting yang pertama dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill adalah keterampilan mendengar yang merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah proses komunikasi.

Kemampuan ini bukan hanya bagaimana kamu bisa mendengar setiap suara, namun lebih ke bagaimana kamu dapat mencerna serta mengartikan setiap pesan atau informasi yang disampaikan kepada kita.

2. Menyediakan umpan balik atau providing feedback

Peran penting yang kedua dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill adalah bagaimana setelah mampu memahami kamu harus dapat memberikan sebuah tanggapan pribadi mengenai suatu hal.

Selain itu, dengan memberikan tanggapan tersebut kamu juga harus mengetahui dampak dari tanggapan yang kamu sampaikan terhadap diri sendiri dan juga perusahaan yang akan menggunakannya.

Kemampuan ini juga bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dimana seringkali ketika kita berbicara mengenai kehidupan sehari-hari, kita harus melihat apakah lawan bicara kita saat itu sedang senang ataupun sedih, sehingga dapat memberikan umpan balik yang sesuai.

3. Membujuk atau persuading

Peran penting yang ketiga dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill adalah mampu membujuk serta memberikan pemahaman atau pengertian kepada lawan bicara kita. Hal ini agar lawan bicara kita mengerti serta terbujuk untuk mengikuti apa yang kita inginkan.

Seperti contohnya, ketika kita sedang membujuk rekan kerja untuk membantu kita dalam sebuah pekerjaan, kita dapat memberikan alasan yang logis mengapa dia harus membantu kita, seperti dapat membantunya di masa depan atau mendapatkan pembelajaran dari pekerjaan tersebut dan masih banyak lagi.

4. Menyelesaikan konflik atau resolving conflict

Peran penting yang keempat dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill adalah menyelesaikan sebuah konflik atau resolving conflict yang sedang terjadi. Dengan memiliki keterampilan interpersonal, kamu bisa mencari cara yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi dengan mencari solusi yang sesuai untuk tiap masalah.

Cara Meningkatkan Interpersonal Skill 

Walaupun terdengar sederhana, keterampilan ini merupakan bagian penting yang harus kamu kembangkan setiap harinya. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal yang kamu miliki.

  • Mencari mentor yang tepat dan berpengalaman dalam bidangnya. Dengan belajar langsung dari orang yang dapat kamu percaya, maka pembelajaran yang akan kamu terima akan lebih mudah dicerna. Selain itu, dengan berbagai pengalaman yang orang tersebut miliki, kamu bisa meminta saran ataupun nasihat yang dapat kamu gunakan di kemudian hari.
  • Mengikuti pelatihan, kelas online, ataupun workshop yang dapat membantu kamu mendapatkan serta menggali informasi yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan keterampilan interpersonal yang kamu miliki.
  • Mengamati orang yang berada di sekitar kamu, dengan melakukan pengamatan maka kamu memiliki bahan dasar yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal yang kamu miliki. Dari berbagai kemampuan yang kamu dapatkan ketika mengamati, kamu bisa mempelajari yang memang sesuai dengan diri kamu.
  • Menjaga etika saat berada di dunia kerja, hal ini dapat dilakukan dengan selalu menjaga sikap sopan, disiplin, serta menunjukkan rasa hormat ke orang lain baik rekan kerja, atasan, maupun klein. Dengan menjaga etika maka secara langsung kamu sudah menerapkan dan meningkatkan keterampilan interpersonal kamu karena dapat membangun serta menjaga hubungan baik di dalam lingkungan kerja.
  • Terbuka terhadap kritik yang disampaikan jika sifatnya membangun, terutama hal-hal yang menyangkut dengan kemampuan interpersonal kamu. Seperti contohnya, ketika rekan kerja memberi tahu bagaimana harus bersikap kepada atasan dan cara yang baik untuk menyampaikan pendapat, terimalah dan aplikasikan ke dalam setiap hal yang kamu lakukan.
  • Menunjukkan rasa percaya diri, dengan begitu kamu dapat meningkatkan keterampilan interpersonal yang kamu miliki dalam ruang lingkup kerja maupun kehidupan sehari-hari. Hal yang dimaksud adalah tidak takut untuk menyatakan pendapat serta ekspresi jika dibutuhkan dan tidak melewati batas.
  • Menunjukkan rasa empati terhadap orang lain, kita harus dapat menempatkan diri di posisi orang lain dengan begitu akan memperluas pandangan kita mengenai suatu masalah yang sedang terjadi. Memiliki empati juga dapat menghindarkan kita dari berbagai kesalahpahaman yang mungkin saja terjadi. Oleh sebab itu, sangat penting dalam meningkatkan kemampuan interpersonal terlebih dahulu kita memahami perasaan baik diri sendiri dan juga orang lain.



Nah begitulah informasi mengenai berbagai contoh dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang ada. Selain itu, terdapat pula bagaimana cara meningkatkannya yang dapat kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar mencapai kesuksesan di kemudian hari.

Walaupun terlihat dan terdengar sederhana, Grameds tidak boleh mengabaikan atau menganggap keterampilan ini sebelah mata. Karena seringkali banyak perusahaan yang sangat mengedepankan orang-orang yang menguasai keterampilan interpersonal, karena dengan begitu mereka dapat bekerja sama dengan baik untuk meraih kesuksesan bersama.

Oleh sebab itu, bagi Grameds yang sedang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja, mulailah menerapkan dan mengasah keterampilan interpersonal yang kamu miliki melalui berbagai referensi sumber seperti internet maupun buku yang hanya tersedia di Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas yang akan selalu membantu kamu mencapai kesuksesan dalam karier dan juga kehidupan bermasyarakat. Semoga bermanfaat !

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Andrew