in

Kandungan dan Manfaat Anggur Merah yang Perlu Kamu Ketahui

pixabay.com

Manfaat Anggur Merah – Lezat dan menyegarkan adalah dua kata yang tepat untuk menggambarkan anggur merah. Buah ini bisa dibilang bisa diolah menjadi berbagai macam produk, mulai dari minuman hingga kismis. Bahkan, anggur merah memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh.

Lalu, apa saja manfaat dari anggur merah? Nah, kamu bisa temukan jawabannya pada artikel ini. Namun, sebelum membahas hal tersebut, ada baiknya kalau kita membahas tentang kandungan dari anggur merah terlebih dahulu.

Kandungan Buah Anggur Merah

Kandungan nutrisi yang ada pada anggur merah bisa dibilang tak boleh dianggap remeh. Berbagai khasiat anggur merah dalam menjaga kesehatan tubuh berasal dari kandungan nutrisinya. Dikutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia, berikut di bawah ini adalah kandungan gizi di dalam 100 gram anggur merah:

  • Karbohidrat: 6,8 gram
  • Serat: 1,2 gram
  • Kalsium: 39 miligram
  • Fosfor: 12 milligram
  • Zat besi: 1,1 milligram
  • Vitamin C: 3 milligram.
  • Air: 92,3 milligram
  • Protein: 0,5 gram
  • Kalori: 30 kalori
  • Lemak: 0,2 gram

Berdasarkan dengan kandungan di atas, buah anggur merah kemudian mengandung kalori yang cukup rendah, sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat bagi kamu yang sedang diet.

Manfaat Anggur Merah bagi Kesehatan

Manfaat Anggur Merah
pixabay.com

Hampir sebagian besar manfaat makan anggur merah ini berasal dari kandungan antioksidan yang bernama resveratrol. Akan tetapi, terdapat pula berbagai kandungan lain yang turut berperan dalam manfaat anggur merah bagi kesehatan tubuh. Simak ulasan tentang manfaat anggur merah sebagai berikut. B

1. Mencegah dan Melawan Kanker

Kandungan resveratrol di dalam anggur merah juga dinilai dapat melindungi kulit dari sinar UV matahari serta menjaganya dari kanker kulit. Para peneliti juga menemukan bahwa resveratrol dapat menjaga tubuh dari radiasi ketika tengah menjalani perawatan kanker.

2. Meredakan Nyeri Lutut

Menurut klaim yang beredar, mengonsumsi anggur merah secara rutin juga dapat mencegah rasa sakit pada area lutut, khususnya jika dipicu osteoartritis. Terlebih lagi, pada kandungan polifenol yang ada di dalamnya dinilai dapat membuat sendi menjadi lebih fleksibel dalam bergerak. Anggur merah juga dianggap turut berperan dalam menurunkan kadar asam urat tinggi yang dapat menimbulkan rasa sakit pada area lutut.

3. Menyehatkan Otak

Selanjutnya, manfaat buah anggur merah yang tak kalah penting adalah menyehatkan otak. Sebuah studi juga membuktikan, partisipan yang mengonsumsi anggur merah kemudian mengalami peningkatan fungsi hippocampus, yaitu bagian otak yang bertanggung jawab dalam mengingat.

4. Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, anggur merah tidak mengandung kalori yang tinggi. Inilah alasan mengapa fungsi anggur merah dipercaya baik bagi orang-orang yang tengah menjalani program diet. Sebuah studi juga menyatakan, resveratrol dapat membantu mengurangi berat badan, di saat otot-otot menggunakan banyak energi untuk beraktivitas.

5. Melindungi Jantung

Flavonoid merupakan suatu senyawa yang memberikan warna merah pada kulit anggur. Selain itu, salah satu jenis antioksidan ini juga berfungsi untuk melindungi jantung dari penyakit. Hal ini karena flavonoid diyakini dapat mencegah kemunculan gumpalan darah serta oksidasi, dan berkontribusi dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Kulit anggur merah juga disebut dapat meningkatkan kinerja pembuluh darah setelah dikonsumsi selama 30 hari.

6. Bersifat Antibakteri dan Antivirus

Dikarenakan memiliki sifat antibakteri serta antivirus, maka anggur merah dipercaya bisa menjaga tubuh dari berbagai virus serta penyakit. Bahkan, terdapat klaim yang menyatakan bahwa anggur merah juga dapat mencegah penyakit polio dan herpes. Akan tetapi, masih dibutuhkan berbagai penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat anggur merah dalam mencegah kedua penyakit tersebut.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Perlu dipahami bahwa kekurangan vitamin C ini berpotensi membuat tubuh menjadi lebih rentan terserang berbagai penyakit. Buah anggur juga mengandung vitamin C yang mampu memperkuat sistem imun tubuhmu, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai penambah vitamin C. Belum lagi, kandungan resveratrol milik anggur merah yang diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Bagus untuk Kesehatan Mata

Manfaat Anggur Merah
pixabay.com

Jika kamu ingin memiliki mata yang sehat, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi anggur merah secara rutin. Pasalnya, anggur merah juga dipercaya mampu meningkatkan protein pelindung pada area retina dan mencegah munculnya stres oksidatif. Lebih jauh lagi, senyawa flavonoid yang terkandung di dalam anggur merah diyakini mampu mencegah penyakit katarak.

9. Meningkatkan Kinerja Ginjal

Fungsi utama ginjal diantaranya adalah membersihkan darah dari racun serta mengubah limbah menjadi urine. Selain minum air putih, dengan mengkonsumsi anggur merah secara rutin dapat menjadi cara alami dalam memaksimalkan kinerja ginjal. Dengan adanya manfaat ini, maka tidak heran apabila anggur merah diyakini bisa menurunkan kadar asam urat, sehingga mengurangi beban kerja ginjal. Dengan demikian, penyakit ginjal juga dapat dicegah.

10. Meredakan Gejala Asma

Efek terapeutik yang dimiliki oleh anggur merah diyakini dapat meredakan gejala asma. Lebih dari itu, anggur merah diyakini juga dapat meningkatkan kelembaban di paru-paru untuk meringankan gejala asma. Namun, klaim ini belum bisa diyakini sepenuhnya karena belum ada penelitian ilmiah yang mendukungnya.

11. Melawan Penyakit Neurodegeneratif

Penyakit neurodegeneratif ialah jenis penyakit di mana sel-sel sistem saraf pusat berhenti bekerja ataupun mati. Penyakit neurodegeneratif yang berbahaya salah satunya, yaitu Alzheimer. Kandungan resveratrol pada anggur merah diyakini bisa membantu seseorang untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Kandungan antioksidan yang dimiliki anggur merah juga dinilai mampu mencegah berbagai kemunculan penyakit itu. Ditambah lagi, ada klaim yang kemudian menyebutkan bahwa anggur merah dapat meningkatkan kinerja otak dalam mengingat. Meskipun terdengar menjanjikan, tetapi diperlukan dengan lebih banyak penelitian ilmiah untuk membuktikan manfaat anggur merah yang satu ini.

Jenis-Jenis Buah Anggur

Manfaat Anggur Merah
pixabay.com

Bagi kamu yang ingin mengetahui jenis-jenis anggur, tak ada salahnya menyimak poin ini. Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat beberapa jenis anggur.negeri.

1. Anggur Crimson

Jenis anggur tanpa biji berikutnya ialah anggur crimson. Warna anggur ini sendiri berkisar dari merah muda gelap hingga merah terang serta daging berwarna hijau. Uniknya, varietas anggur ini pertama kali ini diperkenalkan pada tahun 1989 oleh seorang petani di California, Amerika Serikat. Sama seperti jenis anggur merah lainnya, anggur crimson ini dipenuhi dengan kandungan antioksidan bernama antosianin yang kemudian berkontribusi terhadap warna kulit dan manfaat kesehatannya.

2. Anggur Moon Drops

Tidak semua anggur memiliki bentuk yang bulat atau oval. Pada anggur moon drops dengan bentuknya yang lonjong atau panjang. Salah satu jenis anggur tanpa biji ini mempunyai tekstur yang lebih renyah. Warna anggur moon drops sendiri umumnya berwarna biru gelap atau hampir hitam. Terlebih lagi, pada jenis anggur panjang ini memiliki rasa yang manis sehingga dapat dijadikan camilan sehat.

3. Anggur Himrod

Jika tadi ada anggur berwarna merah, ungu, ataupun anggur hitam, sekarang saatnya beralih ke anggur kuning. Terdapat sejumlah anggur berwarna kuning keemasan yang kian populer di beberapa negara dunia, salah satunya adalah anggur himrod. Anggur himrod ini dikenal memiliki rasa manis dan berasal dari Turki. Selain itu, lebih mudah ditemukan di Eropa.

4. Anggur Sultana

Anggur sultana merupakan jenis anggur hijau yang rasanya sangat manis. Ciri-ciri buah anggur sultana ialah ukurannya yang kecil dan bentuknya yang oval. Selain itu, anggur sultana memiliki rasa yang manis ini, sehingga anggur jenis ini sering diolah menjadi kismis.

5. Anggur Concord

Anggur concord merupakan jenis buah anggur dengan warna biru keungu-unguan. Anggur ini juga kerap diolah menjadi jus, agar-agar, selai, hingga produk-produk makanan panggang. Di samping lezat serta menyegarkan, anggur concord juga mengandung antioksidan flavonoid serta resveratrol, yaitu dua senyawa yang bersifat antikanker, anti radang, dan dipercaya mampu menyehatkan jantung.

6. Anggur Kyoho

Salah satu jenis anggur hitam yang dapat kamu coba adalah anggur kyoho yang berasal dari Jepang. Namanya ini diambil dari bahasa Jepang, yang berarti “anggur gunung raksasa” serta terinspirasi dari Gunung Fuji. Anggur kyoho ini diklaim sebagai buah anggur terbesar serta cukup sulit ditemukan di pasar.

Ciri-ciri buah anggur kyoho ada pada rasanya yang manis dan juicy, mirip dengan anggur concord. Selain itu, kulitnya cukup tebal serta rasanya kurang sedap. Jadi, kamu disarankan untuk kemudian mengupas bagian kulitnya juga sebelum mengunyah jenis anggur import ini.

7. Anggur Red Globe

Anggur red globe merupakan tipe anggur yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia, khususnya di negara-negara Asia. Rasa anggur red globe juga cukup manis serta memiliki kulit bernama merah. Tekstur dagingnya juga lebih renyah. Selain itu, buah anggur ini memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga akan lebih enak jika dikonsumsi secara langsung.

8. Anggur Black Muscat

Jenis anggur impor lainnya yang kemudian dapat dinikmati adalah ialah anggur black muscat. Varietas anggur ini kemudian dipercaya diciptakan pada tahun 1800-an dengan cara menyilangkan anggur alexandria serta trollinger. Anggur black muscat juga memiliki ukuran yang besar serta warnanya biru kehitam-hitaman dan juga memiliki aroma yang cukup harum.

9. Anggur Cotton Candy

Salah satu jenis anggur termanis yang dapat kamu makan ialah anggur cotton candy. Anggur ini juga dibudidayakan oleh The Grapery, yaitu pada laboratorium anggur serta perkebunan di California, Amerika Serikat. Sesuai dengan namanya, maka rasa anggur cotton candy yang mirip seperti permen.

Demikian pembahasan tentang manfaat anggur merah yang baik bagi kesehatan. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu.

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Anggur Merah yang Wajib Kamu Baca

1. Bertanam Anggur di Pekarangan

Manfaat Anggur Merah

Tidak, menanam anggur sangatlah mudah. Sekarang kamu dapat menanam tanaman “cantik” ini di pekarangan rumah. Metode penanamannya pun relatif mudah, bahkan hanya dalam sebuah pot kecil. Dengan ditambah sedikit keuletan dan gaya seni, kamu dapat menikmati anggur tumbuh subur dan tentunya dapat dipanen langsung dari pekarangan rumah.

Kini, anggur semakin banyak diminati masyarakat. Dikenal dengan nama buah “berkelas” karena harga produk olahannya cukup mahal. Baik dikonsumsi segar ataupun diolah terlebih dahulu, anggur tetap memberikan cita rasa yang berbeda. Buku Bertanam Anggur di Pekarangan ini membahas segala sesuatu tentang anggur. Penyebaran anggur di dunia dan Indonesia, varietas-varietas unggulannya, cara perawatan, hama dan penyakit pada tanaman anggur, hingga berbagai manfaatnya untuk kesehatan manusia.

2. Rahasia Sukses Bertanam Anggur

Manfaat Anggur Merah

Saat ini, sebagian besar anggur yang beredar di Indonesia, merupakan anggur import. Tidak heran jika negara kita masuk ke dalam sepuluh besar pengimpor anggur terbesar di dunia. Permintaan konsumen akan buah ini juga terus meningkat setiap tahunnya. Di satu sisi, kondisi ini membuat kita prihatin, karena banyaknya devisa negara yang terpakai untuk impor. Disisi lain, kita melihat adanya prospek yang cerah dalam budi daya anggur.

Apalagi saat ini sudah dikembangkan berbagai kultivar anggur yang sesuai dengan kondisi alam Indonesia. Salah satu masalah dalam budidaya anggur adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan. Buku ini dibuat untuk berbagi pengetahuan dalam membudidayakan anggur dengan baik dan benar.

Pada buku ini terdapat penjelasan tentang seluk beluk pembudidayaan anggur, mulai dari pemilihan lahan pembudidayaan, pembibitan, pembuatan terali, penanggulangan penyakit, sampai pengelolaan panen dan pascapanen. Informasi yang ada di buku ini diharapkan dapat membantu meningkatkan produksi anggur yang dengan sendirinya akan meningkatkan pendapatan orang-orang yang terlibat di dalamnya, sekaligus mengurangi pengeluaran devisa negara. Lebih jauh lagi, dapat menghasilkan anggur berkualitas ekspor.

3. 20 Tanaman Buah Dalam Pot Rajin Berbuah

Manfaat Anggur Merah

Tanaman buah dalam pot atau yang lebih populer dengan sebutan tabulampot memang bukanlah hal yang baru di kalangan masyarakat umum dan hobiis. Semua tanaman buah pada dasarnya bisa ditanam dalam pot. Namun, masalahnya adalah tidak semua tanaman bisa dengan mudah berbuah ketika ditanam dalam pot.

Kalau pun berbuah, ternyata mudah rontok, busuk, dan ada ulat di dalamnya. Masing-masing tanaman memiliki karakteristik yang berbeda, mulai dari mudah berbuah hingga masih sulit berbuah. Untuk itu, diperlukan tips dan trik khusus agar tanaman rajin berbuah di dalam pot. Temukan ulasan lengkapnya dalam buku ini. Sebanyak 20 jenis tabulampot dibahas tuntas dalam buku ini.

4. Bertanam 13 Tanaman Buah di Pekarangan

Manfaat Anggur Merah

Buku ini akan memberi gambaran kepada pembaca untuk memilih tanaman buah yang cocok ditanaman di pekarangan dengan memperhatikan kondisi ketinggian tempat tinggal dan syarat tumbuhnya. Tidak hanya itu, buku ini menjelaskan cara menanam tanaman buah di pot dan lahan pekarangan secara langsung dengan memperhatikan keindahan penampilan pekarangan, diselipkan pula cara perawatan dan pemberantasan hama serta penyakit yang sering menyerang, ingin panen buah di pekarangan? Pastikan kamu memiliki buku ini.

5. Grow Your Own Fruits, Panduan Praktis Menanam 28 Tanaman Buah Terpopuler

Manfaat Anggur Merah

Agar tubuh sehat, kita perlu mengonsumsi buah-buahan. Tubuh kita memerlukan aneka zat gizi yang terkandung pada buah-buahan tersebut. Salah satu upaya untuk dapat memperoleh buah-buahan dengan hemat adalah dengan menanam sendiri di halaman rumah. Tidak harus memiliki halaman luas untuk bertanam buah. Dengan halaman yang sempit dan metode yang sederhana, kita dapat memiliki tanaman buah. Buku ini akan memandu kamu agar dapat menanam 28 tanaman buah yang populer saat ini di pekarangan rumah sendiri.

Jika ingin mencari buku tentang anggur, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 10 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan dan Kecantikan 
  2. Cara Budidaya Anggur: Mudah dan Bisa Menjadi Sumber Penghasilan 
  3. 9 Manfaat Buah Plum dan Pemahaman Terkait Kandungan di Dalamnya 
  4. Manfaat Buah Zuriat dan Kandungan Nutrisi di Dalamnya 
  5. 10 Manfaat Buah Jeruk yang Perlu Anda Tahu 
  6. 15 Manfaat Buah Naga untuk Tubuh 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda