in

Ikan Mola: Ikan Unik yang Beratnya Bisa Setara Mobil

Pixabay.com

Ikan Mola – Bagi kalian yang suka banget sama binatang dalam air, tentunya nama ikan mola tidak asing di telinga. Meski ikan mola mola terbilang cukup unik jika dilihat dari karakteristiknya. Namun sebenarnya ikan ini sedang dalam kondisi terancam kepunahannya.

Sangat disayangkan jika salah satu hewan dengan keunikan tersendiri tiba-tiba punah begitu saja. Maka dari itu kita sebagai manusia sebaiknya turut menjaga kelestarian hewan-hewan yang terancam punah seperti ikan mola.

Mungkin beberapa dari kalian hanya mendengar namanya saja tanpa tahu seluk beluk dari ikan mola. Nah, bagi kalian yang ingin tahu lebih lanjut tentang ikan mola, yuk baca ulasan selengkapnya tentang ikan mola di artikel ini.

Apa Itu Ikan Mola?

Ikan mola atau biasa juga dikenal dengan sebutan sunfish ini ternyata merupakan salah satu ikan purba. Meski ikan mola memiliki sisi unik tersendiri. Namun, keberadaan populasi ikan mola juga sudah mulai langka. Maka dari itu baik pemerintah dunia maupun pemerintah Indonesia juga telah memberikan instruksi perlindungan terhadap ikan mola.

Ikan mola memiliki berat dewasa sekitar 1.000 kg. Asal dari ikan mola sendiri adalah pada area perairan sub tropis maupun tropis yang ada di seluruh dunia. Namun untuk menemukan ikan, sebenarnya akan lebih mudah ditemukan di perairan yang terdapat banyak ubur-ubur. Sebab makanan dari ikan mola adalah ubur-ubur.

[algolia_carousel]

Seperti yang dijelaskan bahwa ikan mola adalah salah satu jenis ikan yang cukup unik. Keunikan karakteristik dari ikan mola akan dijelaskan lebih dalam pada poin tersendiri. Namun untuk ukurannya umum, ikan mola mampu mencapai panjang sekitar 1 meter.

Meski sebenarnya ikan mola bukanlah jenis ikan yang berbahaya bagi manusia. Namun beberapa kasus menunjukkan jika ikan mola mampu menyebabkan kapal tenggelam. Hal ini dikarenakan gerakan dari ikan mola terbilang lambat. Sehingga ketika ada kapal datang, ikan mola tidak bisa menghindar dan terjadi tabrakan.

Karakteristik Tubuh Ikan Mola

Ikan Mola
Pixabay.com

Setelah mengetahui secara umum tentang ikan mola, maka penjelasan berikutnya adalah tentang bagaimana karakteristik yang dimiliki oleh ikan tersebut.

Ikan mola sebenarnya adalah ikan yang begitu unik jika dilihat dari bentuk tubuhnya. Pasalnya bentuk tubuh ikan pada umumnya memiliki ekor. Namun khusus untuk ikan mola hampir terlihat seperti ikan tanpa ekor.

Meski terlihat seperti tak memiliki ekor, ikan mola sebenarnya memiliki clavus. Di mana clavus merupakan bentuk sambungan antara sirip bagian atas dengan sirip bagian bawah tubuh. Clavus pada ikan mola memiliki bentuk membujur ke bawah, melebar, dan berbentuk pendek. Adanya clavus pada ikan mola membuat dirinya menjadi sangat lambat ketika berenang bahkan ketika melawan arus air laut.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ikan mola juga dijuluki sebagai sunfish. Julukan tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya ikan mola memiliki kebiasaan untuk berjemur sehingga karena hal tersebutlah ikan mola mendapatkan julukan sunfish.

Meski hidup di air laut, namun nyatanya ikan mola memiliki alergi terhadap air dingin. Tentunya untuk bisa bertahan hidup di perairan habitatnya, ikan mola melakukan proses berjemur diri. Area perairan yang tak terlalu dalam adalah tempat yang banyak digunakan oleh ikan mola ketika akan berjemur sambil tiduran.

Ikan Mola

Habitat Ikan Mola

Bisa dibilang jika ikan mola akan lebih mudah ditemukan pada area permukaan perairan. Meski begitu ikan mola sebenarnya memiliki habitat di area perairan dalam yang tersebar di seluruh dunia.Sebagai contohnya adalah pada area perairan samudera Atlantik, samudera Pasifik, samudera Hindia, dan Laut Mediterania. Bahkan di Negara Indonesia sendiri, ikan mola kerap ditemukan di perairan Bali.

Di area Nusa Penida atau kadang Topekong, Candi Dasa, ikan mola akan lebih mudah ditemui sekitaran bulan Juli hingga September. Seperti julukannya yaitu sunfish, ikan mola akan kerap berada di permukaan air untuk berjemur.

Meski begitu seperti yang dijelaskan sebelumnya, ikan mola saat ini sudah masuk ke dalam kategori hewan yang terancam punah. Maka dari itu baik pemerintah dunia maupun pemerintah dunia memberikan instruksi perlindungan bagi ikan mola dari ancaman perburuan liar yang mengakibatkan menurunnya populasi kehidupan ikan mola.

Fakta-Fakta Unik Ikan Mola

Ikan Mola
dkpp.bulelengkab.go.id

Dari awal kita sudah sama sama mengetahui sedikit informasi tentang ikan mola mola. Seperti yang dijelaskan jika ikan mola mola memiliki kebiasaan untuk berjemur dan paling suka memakan seperti hewan ubur-ubur.

Meski ikan mola mola termasuk ke dalam salah satu hewan yang terancam punah. Namun sebenarnya ikan mola mola memiliki sisi uniknya lho. Bahkan banyak fakta-fakta menarik ikan mola mola yang jarang diketahui oleh khalayak umum.

Apa saja fakta-fakta milik ikan mola? Berikut adalah penjelasan akan hal tersebut.

1. Mendapatkan Julukan Sunfish

Ikan mola memiliki kerabat dekat yaitu ikan buntal dan triggerfish. Meski tak begitu berbahaya bagi manusia, namun ikan mola juga rentan terhadap serangan parasit yang ada di dalam laut.

Ikan mola juga salah satu ikan penyelam yang begitu andal. Pasalnya ikan mola mampu menyelam hingga kedalaman 2.600 kaki. Kebanyakan ikan mola akan lebih mudah ditemukan pada kedalam sekitar 160 hingga 650 kaki atau sekitar 46 hingga 198 meter. Namun, tak jarang ikan mola juga mampu menyelam lebih dalam lagi.

2. Ikan Mola Begitu Suka Berjemur

Seperti yang dijelaskan jika ikan mola adalah salah satu jenis ikan yang begitu pandai dalam menyelam. Bahkan ikan mola juga mencari mangsa dengan cara menyelam ke dalam bagian laut paling gelap.

Meski begitu ketika sudah selesai menyelam, ikan mola akan langsung menuju ke permukaan air laut. Tujuan ikan tersebut kembali ke permukaan air laut adalah untuk berjemur. Selain untuk menghangatkan tubuh ikan mola, tujuan lain ikan mola berjemur adalah untuk memperlancar proses pencernaan dalam dirinya.

Di sisi lain, ikan mola terkadang juga akan terlihat seperti ikan mati ketika melakukan proses berjemur. Bahkan terkadang ikan mola juga akan terlihat memiringkan badannya di permukaan ketikan berjemur atau mengepakkan bagian sirip punggung.

3. Ikan Mola Mampu Menampung 54 Spesies pada Tubuhnya

Tahukah kalian jika ikan mola bisa menampung kurang lebih sekitar 54 spesies lain pada tubuhnya. Sebab ketika ikan mola sedang berjemur, maka pada bagian atas tubuhnya akan dihampiri oleh burung laut.

Sedangkan pada bagian bawah tubuhnya akan dihampiri oleh ikan laut. Seperti yang dijelaskan jika ikan mola rentan terhadap serangan parasit laut. Maka dari itu keberadaan burung dan ikan laut pada tubuh ikan mola bisa memangsa parasit yang sedang menyerangnya.

Wah, ternyata banyak juga ya hewan yang berkumpul di sekitaran ikan mola ketika proses berjemur dilakukan olehnya!

4. Memiliki Berat Tubuh yang Bisa Setara Satu Mobil

Dilihat secara rata-rata, ikan mola mampu memiliki panjang sekitar 10 kaki atau setara dengan 305 cm. Namun dari segi berat, ikan mola mampu memiliki berat sekitar 2.200 pound atau 998 kg.

[algolia_carousel page=2]

Bahkan ada juga ikan mola yang memiliki berat hingga 2.5 ton atau setara dengan satu buah mobil SUV. Hal ini juga menjadikan ikan mola memiliki fakta unik yaitu sebagai ikan bertulang terbesar di dunia.

Ikan Mola

5. Mampu Memiliki Jumlah Anak Banyak dalam Sekali Reproduksi

Fakta menarik berikutnya adalah dari segi jumlah telur yang bisa dihasilkan oleh ikan mola dalam satu kali reproduksi. Pasalnya ikan mola memang terkenal sebagai salah satu ikan yang mampu bertelur hingga 300 juta dalam satu kali reproduksi. Hal ini juga menjadikan ikan mola sebagai salah satu hewan tersubur di dunia.

6. Sebagai Fasilitas Pembayaran Pajak Rakyat Jepang Pada Abad Ke-17

Tahukah kalian jika ikan mola pernah menjadi salah satu metode pembayaran pada zaman dahulu? Ya, hal tersebut terjadi di Jepang ketika memasuki abad ke-17. Di mana ikan mola pada zaman tersebut bisa dijadikan salah satu metode pembayaran pajak oleh para shogun di Jepang.

7. Bahasa Jerman Menyebut Ikan Mola Dengan Nama Schwimmender Kopf

Pada bahasa Jerman ikan mola lebih banyak disebut dengan schwimmender kopf yang memiliki arti kepala berenang. Sedangkan pada bahasa Polandia nama ikan mola mendapatkan julukan samog?ów. Arti dari samog?ów lebih merujuk ke “kepala saja”.

Karena tidak memiliki ekor, maka kekurangan tersebut digantikan oleh adanya sirip yang ada di atas dan bagian bawah tubuhnya sebagai alternatif daya dorong ketika berenang di kedalaman laut.

8. Pemakan Ubur-ubur

Fakta unik berikutnya yang dimiliki oleh ikan mola adalah dari segi santapannya. Pasalnya ikan mola begitu suka memakan ubur-ubur ketika berada di dalam laut. Bahkan ikan mola juga akan lebih mudah ditemukan pada area perairan yang banyak dihuni oleh ubur-ubur.

Selain ubur-ubur, ikan mola juga memakan makhluk lain, di antaranya adalah salpa, ikan kecil, plankton, alga, moluska, dan ikan laut. Meski bisa berburu ubur-ubur, namun ikan mola hanya mampu berenang di kedalaman tertentu saja atau sekitar 600 m.

Di sisi lain ikan mola juga termasuk ke dalam salah satu jenis ikan yang memiliki alergi oleh dingin dan tidak bisa hidup pada suhu di bawah 12 derajat celcius. Hal ini menjadikan ikan mola mola harus melakukan proses penjemuran diri. Pada poin sebelumnya juga sudah dijelaskan terkait dengan kenapa ikan mola lebih suka berjemur di bawah sinar matahari.

9. Ikan Dengan Bentuk Unik

Ikan mola terlihat seperti memiliki sebuah bentuk tubuh yang begitu unik. Ketika kalian melihat ikan mola mola dari jauh. Maka tubuhnya akan terlihat seperti kulit licin dan berlendir. Namun jika Grameds menyentuh bagian kulit ikan mola secara langsung, maka kondisinya akan berbeda. Dimana kulit tersebut akan terasa begitu keras layaknya seperti batu.

Berbeda dengan jenis ikan lain yang memiliki bentuk tubuh lengkap dengan ekornya. Ikan mola terlihat layaknya ikan tanpa ekor. Pada bagian tubuh ikan mola terdapat perpaduan sirip dorsal dan sirip anak yang bisa juga disebut dengan clavius.

Tak heran jika pada poin sebelumnya juga disebutkan jika ikan mola mola disebut dalam bahasa Jerman dengan nama schwimmender kopf atau kepala berenang. Atau pada bahasa polandia ikan mola mendapatkan julukan samog?ów yang memiliki arti kepala.

Selain itu ikan mola yang tak memiliki ekor ini tidak bisa bergerak dengan cepat. Hal ini juga kerap mengakibatkan ikan mola terdampar terbawa arus dengan begitu mudah.

Ikan Mola

10. Metode Pembersihan Diri yang Begitu Unik

Sebelumnya juga sudah dijelaskan jika ikan mola memang rentan terhadap parasit yang ada di laut. Menariknya ikan mola mampu membersihkan dirinya dari serangan parasit laut dengan beberapa cara.

Pada area perairan subtropis, ikan mola mola membersihkan dirinya dengan bantuan lumut laut maupun ikan lain yang ada pada tubuhnya. Lalu pada iklim tropis, ikan mola mola akan membersihkan dirinya dari serangan parasit laut dengan cara mengoleskan satu sisi tubuhnya pada ke permukaan dan bergantung pada jenis-jenis ikan karang.

Proses ini juga terlihat seperti ikan sedang berjemur yang mampu mengundang burung-burung untuk mematuk parasit yang ada pada tubuhnya. Selain itu ikan mola mola memiliki hobi melompat di atas permukaan air dengan ketinggian diatas 3 meter. Proses ini untuk mempermudah ikan mola dalam membersihkan serangan parasit laut.

11. Ikan Mola Memiliki Bentuk Gigi Aneh

Sebelumnya telah dijelaskan jika ikan mola memiliki bentuk tubuh yang unik. Bagian tubuh lain yang begitu unik adalah pada bentuk gigi ikan mola. Pasalnya bentuk gigi dari ikan mola menyatu menjadi dua piring. Hal ini juga menjadikan gigi milik ikan mola terlihat begitu menyatu.

12. Menurut Legenda Polinesia, Makan Ikan Mola A\akan Memiliki Nasib Buruk

Tahukah Grameds jika ikan mola juga kerap disangkutpautkan dengan sebuah legenda? Ya legenda ini berasal dari Polinesia. Di mana rakyat Polinesia mempercayai jika ikan mola adalah Raja Makarel.

Ketika orang Polinesia membunuh ikan mola, maka nasib buruk akan menghampirinya. Sebab ada yang percaya jika kehilangan ikan mola akan bisa menjadi penghalang masuknya makarel ke pulau-pulau.

13. Nama Mola Diberikan untuk Batu Kilangan atau Milestone

Terakhir adalah nama mola berasal dari bahasa Latin untuk batu kilangan. Hal ini karena ikan mola memiliki tubuh bulat layaknya matahari, warna abu-abu, dan tekstur kulit yang begitu kasar.

Sebenarnya masih banyak fakta-fakta unik ikan mola yang ada di dunia ini. Namun dari rangkuman penjelasan di atas setidaknya Grameds telah memiliki pemahaman dasar tentang apa itu ikan mola atau sunfish.

Jika Grameds ingin membaca buku-buku terkait ikan mola dan kehidupan ikan laut lainnya, kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki infromasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda