in

Ikan Dorado: Ikan Predator yang Kian Banyak Dipelihara dan Harganya

pinterest.com

Ikan Dorado – Banyak jenis ikan air tawar yang sampai saat ini selain dikonsumsi juga kerap dijadikan hewan peliharaan. Salah satu ikan air tawar yang kerap dijadikan peliharaan adalah ikan dorado. Ikan dorado juga kerap dikenal sebagai ikan golden dorado river tiger, hingga jaw characin.

Bahkan jika dilihat secara sekilas ikan dorado hampir menyerupai ikan salmon. Karena memiliki warna kulit seperti emas atau kekuning-kuningan. Ikan golden dorado kerap juga disebut sebagai ikan salmon emas. Masih banyak karakteristik lain yang dimiliki oleh ikan dorado.

Bagi Grameds yang hendak memelihara ikan dorado. Sebaiknya juga mengetahui lebih dalam tentang seluk beluk ikan dorado. Tak perlu bingung jika minimnya informasi yang kamu terima tentang ikan dorado. Sebab artikel ini akan menyediakan informasi lengkap terkait dengan ikan dorado. Mulai dari klasifikasi, habitat, hingga karakter ikan dorado akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel ini.

Klasifikasi dan Wilayah Habitat Ikan Dorado

Dilihat dari sudut pandang ilmiah, ikan dorado masih masuk ke dalam keluarga animalia yang tercampur juga dalam kelompok chordata. Lalu dari kelompok tersebut, ikan dorado masuk ke dalam genus actinopterygii.

Dilihat dari kategori genusnya, ikan dorado masuk ke dalam kelas characiformes dan keluarga charachidae. Sedangkan untuk spesiesnya, ikan dorado termasuk ke dalam spesies salminus atau jika dilihat lebih spesifik lagi ikan tersebut termasuk ke dalam s. Brasiliensis.

[algolia_carousel]

Lalu untuk wilayah habitatnya ikan dorado awalnya berada di perairan selatan negara Brazil. Dari situ, ikan dorado mulai meluas keberadaanya hingga ke sekitaran negara Brazil seperti Uruguay, Paraguay, North Argentina hingga Bolivia.

Menariknya lagi ikan yang juga dianggap sebagai predator ini mudah sekali memperluas wilayah habitatnya. Seperti ke negara Amerika hingga ke beberapa negara di wilayah Eropa.

Di wilayah Asia, ikan dorado juga sangat mudah temukan. Meski begitu untuk negara Indonesia keberadaan ikan dorado memang sedikit sulit ditemukan pada area perairan. Namun bagi kalangan pecinta ikan, nama ikan dorado sudah banyak terdengar dan dimanfaatkan sebagai salah satu hewan peliharaan.

Sisi Unik Ikan Dorado

Banyak orang memelihara ikan dorado bukanlah tanpa alasan. Pasalnya ikan dorado juga memiliki sisi uniknya tersendiri, lho. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ikan dorado adalah salah satu jenis ikan predator.

Maka dari itu ikan dorado juga memiliki kemungkinan mendapatkan serangan dari ikan predator lainnya di wilayah habitatnya. Namun untuk dapat melindungi tubuhnya dari serangan ikan predator lain. Ikan dorado menggunakan sisik pada badannya untuk tameng perlindungan diri.

Warna dari tubuh ikan dorado adalah abu-abu dengan campuran warna putih dan warna perak. Sehingga kesan yang ditimbulkan dari perpaduan warna pada tubuh ikan dorado adalah seperti memiliki efek glowing.

Dilihat dari segi etimologi, ikan dorado memiliki bagian rahang yang terbilang cukup kuat dan kekar. Hal ini akan mempermudah ikan dorado ketika akan memangsa atau mengunyah ikan santapannya.

Meski bagian gigi terlihat kecil-kecil. Namun sebenarnya deretan gigi ikan dorado tertata dengan rapi sekaligus begitu tajam. Hal ini juga menjadi faktor kekuatan dari ikan dorado ketika akan memangsa ikan lainnya.

Ikan Dorado

Karakter Ikan Dorado

Menjadi salah satu ikan predator, ikan dorado memiliki karakter yang cukup unik. Salah satunya adalah dari segi badan yang tergolong besar. Namun kekuatannya untuk berenang melawan arus air terbilang cukup gesit sekali.

Di sisi lain, ikan golden dorado juga tergolong sebagai ikan yang cukup cerdik. Tak heran jika ikan tersebut bisa dengan mudah berenang melawan arus air yang deras. Bahkan ia juga termasuk ke dalam salah satu ikan perenang handal, baik di sungai, kolam maupun akuarium buatan.

Ikan Dorado
Ikanesia

Makanan Ikan Dorado

Makanan dari ikan golden dorado ketika hidup di perairan wilayah habitatnya biasanya seperti ikan-ikan kecil. Namun ikan golden dorado juga bisa memangsa serangga, udang, hingga kadal.

Menariknya ikan dorado adalah salah satu jenis ikan yang bisa dengan mudah beradaptasi dengan makanan yang ada di lingkungannya. Grameds sebagai pemelihara ikan dorado bisa memberikan makanan berupa sentrat berkualitas bagus ataupun bisa menggunakan ulat sutra Jerman.

Ketika masih dalam fase pertumbuhan atau masih dalam bentuk larva. Ikan dorado lebih banyak memakan plankton untuk bertahan hidup. Ketika ikan dorado sudah memasuki fase dewasa, mereka bisa memulai memakan ikan-ikan kecil.

Agar Grameds sebagai pemilik ikan dorado lebih mudah memberikan pakan kepada ikan tersebut, sebaiknya diperkirakan ukuran dari mulut ikan golden dorado. Dengan begitu kamu bisa mengetahui pakan apa yang paling pas dengan ukuran mulut ikan golden dorado. Selain itu ikan dorado juga terkenal tidak begitu pemilih soal makanan yang diberikan kepada mereka.

Ikan Dorado

Temperamen yang Dimiliki Ikan Dorado

Termasuk ke dalam salah satu jenis ikan predator air tawar. Ikan golden dorado juga memiliki temperamen tersendiri. Pasalnya temperamen dari ikan ini biasanya terkenal dengan kesenangannya.

Namun, kebanyakan orang yang memelihara ikan dorado akan menggunakannya untuk membantu ikan arwana dalam akuarium agar bisa lebih bergerak bebas di dalam akuarium. Hal ini juga menjadikan ikan dorado sangat cocok sebagai teman terbaik ikan arwana. Bahkan ikan arwana yang bisa bekerjasama dengan ikan golden dorado akan memiliki tubuh lebih sehat.

Meski ikan dorado bisa bergerak dengan gesit ke sana kemari. Namun, ikan dorado tidak akan membuat ikan arwana menjadi lebih mudah stres. Meski terbilang cukup aman, tetap saja anda sebagai pemilik ikan dorado juga harus tetap ingat jika ikan tersebut adalah salah satu jenis predator.

Sehingga Garmeds juga harus jeli dengan ukuran ikan lain yang akan dimasukkan ke dalam satu akuarium dengan ikan dorado. Pastikan ikan lain tersebut memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran mulut ikan dorado. Hal ini agar ikan lain tersebut tidak menjadi santapan makanan ikan dorado.

Kisaran Harga Ikan Golden Dorado

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika ikan dorado adalah salah satu jenis ikan predator yang susah ditemukan pada perairan Indonesia. Selain itu ikan dorado juga termasuk ke dalam genius premium atau memiliki nilai yang cukup tinggi.

Selain memiliki karakteristik yang cukup menawan, ikan dorado juga memiliki daging yang cukup berisi. Bahkan daging-daging milik ikan dorado juga begitu baik untuk kebutuhan tubuh manusia. Tak heran selain digunakan sebagai peliharaan karena sisi eksotisnya. Ikan dorado juga kerap dijadikan sajian makanan karena dagingnya.

[algolia_carousel page=2]

Di pasaran, kebanyakan harga dari ikan dorado mampu mencapai Rp. 1.000.000 – Rp. 1.500.000. Meski begitu harga dari ikan golden dorado tidak selalu sama dengan kisaran harga tersebut. Sebab harga dari ikan golden dorado sendiri bisa dipengaruhi oleh ukuran dan juga area pembelian ikan tersebut.

Ikan Dorado

Cara Mudah Memelihara Ikan Dorado

Bagi Grameds yang masih masuk ke dalam kelompok pemula dalam memelihara ikan dorado, tentunya diperlukan beberapa tips atau informasi cara memelihara ikan dorado dengan mudah. Pada poin ini akan dijelaskan beberapa tips mudah untuk memelihara ikan dorado.

Berikut merupakan penjelasan selengkapnya tentang cara mudah memelihara ikan dorado.

  1. Hal pertama yang bisa Grameds lakukan ketika ingin memelihara ikan dorado adalah menyiapkan ikan akuarium ataupun kolam untuk memelihara.
  2. Lanjutkan dengan membuat sebuah media pemeliharaan dengan kondisi nyaman.
  3. Bisa juga diberikan tambahan tumbuhan air ataupun akar-akaran yang bisa digunakan untuk sekedar hiasan maupun tempat bermain ikan.
  4. Karena ikan dorado memang tidak suka dengan kondisi area yang sempit. Maka dari itu usahakan menggunakan akuarium maupun kolam dengan ukuran yang cukup besar.
  5. Air yang digunakan di dalam wadah seperti akuarium maupun kolam harus bersih dan tetap harus diberikan sebuah filter.
  6. Proses pembersihan air setidaknya dalam jangkauan waktu dalam satu bulan adalah sebanyak tiga hingga empat kali.
  7. Jika memang ikan dorado masih dalam kondisi anak-anak, maka berikan ikan dorado seperti plankton maupun larva.
  8. Sedangkan untuk ikan dorado dalam kondisi dewasa, maka ikan tersebut bisa diberikan pakan berupa ikan-ikan kecil, udang maupun kadal. Sebagai catatan, ikan dorado sangat suka dengan pakan hidup daripada pakan dalam kondisi mati maupun kering.
  9. Agar bisa lebih mudah dimakan, sebaiknya pakan ikan dorado memiliki ukuran lebih kecil daripada ukuran mulut ikan.
  10. Jika dalam satu akuarium terdapat lebih dari satu ikan golden dorado, maka Grameds sebagai pemilik ikan harus memastikan jika ikan tersebut memiliki pakan yang cukup.
  11. Agar ikan dorado lebih sehat, pastikan sisa pakan tidak tersedia pada media budidaya maupun pemeliharaan, sebab sisa pakan bisa menjadi racun bagi ikan dorado.

Meski beberapa cara memelihara ikan dorado seperti penjelasan di atas tergolong mudah, namun mungkin saja sisi berat terletak pada biaya yang dikeluarkan dalam proses pemeliharaan. Belum lagi jika Grameds membeli ikan dorado dengan ukuran yang cukup besar. Tentunya akan memerlukan dana yang cukup besar.

Ikan Dorado
GilaKoi

Alasan Kenapa Banyak Orang Memelihara Ikan Dorado

Meski ikan dorado adalah salah satu jenis ikan predator, namun sampai saat ini ikan dorado memang masih sangat jadi primadona bagi mereka yang suka memelihara ikan predator air tawar ini.

Ada beberapa alasan yang mendasari beberapa orang begitu suka memelihara ikan dorado. Mungkin Grameds juga belum begitu tahu apa saja alasan-alasan yang menjadi dasar beberapa orang begitu suka memelihara ikan golden dorado.

Nah, di bawah ini merupakan beberapa alasan yang membuat banyak orang tertarik untuk memelihara ikan dorado.

1. Memiliki Bentuk Mirip dengan Ikan Salmon

Salah satu alasan kenapa banyak orang ingin memelihara ikan dorado adalah dari sisi eksotisnya. Banyak orang menyebut ikan dorado mirip dengan ikan salmon.

Dimulai dari bentuk tubuh yang panjang dan lonjong. lalu dari struktur bagian mulut juga terlihat sangat mirip dengan ikan salmon.

Pada bagian atas tubuh ikan dorado terdapat dua buah sirip. Namun untuk sirip bagian depan akan memiliki ukuran lebih besar dibandingkan sirip bagian belakang.

Selanjutnya adalah pada bagian ekor yang hampir memiliki lekukan menyerupai bendera. Berikutnya pada bagian sirip bawah dan bagian mata terlihat menyerupai sirip ikan salmon. Dari beberapa karakteristik yang banyak menyerupai ikan salmon ini mampu membuat orang-orang tertarik untuk memelihara ikan dorado.

2. Warna Tubuh Ikan Dorado adalah Emas

Alasan yang kedua adalah terdapat pada bagian warna tubuh ikan dorado yang tampak begitu eksotis. Ikan dorado memiliki warna emas yang tampak menawan.

Namun Grameds juga harus tahu jika warna tubuh ikan dorado ketika masih kecil biasanya tidak begitu kelihatan atau lebih condong ke arah warna perak. Namun ketika ikan dorado sudah dewasa, perubahan warna tubuh menjadi emas akan lebih mudah terlihat.

3. Ikan Dorado Sangat Aktif

Alasan yang terakhir banyak orang memelihara ikan dorado adalah karena sisi aktifnya. Bahkan mungkin bagi Grameds yang sudah memelihara ikan ini akan setuju dengan poin ketiga.

Dimana ikan golden dorado ketika berada di akuarium maupun kolam akan bisa dengan mudah berenang kesana kemari secara bebas layaknya torpedo. Hal ini juga mampu menjadi salah satu poin memanjakan mata pemiliknya.

Itulah beberapa alasan kebanyakan orang ingin memelihara ikan dorado atau ikan golden dorado. Bagaimana, apakah Grameds mulai tertarik dengan ikan dorado?

Selain Ikan Dorado, Ikan Predator Ini Juga Mudah Dipelihara

Penjelasan sebelumnya memang tentang ikan dorado atau ikan predator air tawar. Namun sebenarnya masih ada beberapa ikan predator lain yang cukup aman untuk dipelihara. Beberapa rekomendasi ikan predator yang bisa dengan mudah dipelihara ada di penjelasan berikut ini.

1. Ikan Arwana

Ikan arwana bisa menjadi salah satu teman terbaik dari ikan dorado ketika berada di akuarium. Pasalnya ikan golden dorado bisa menjadi pemicu ikan arwana untuk bisa bergerak ke sana kemari layaknya torpedo. Meski begitu tetap saja ikan arwana adalah jenis predator yang mampu memakan ikan kecil lainnya. Selain keindahannya yang cukup eksotis, ikan arwana juga begitu mudah dalam proses pemeliharaannya.

2. Ikan Belida

Jika Grameds pernah memakan pempek palembang, maka ikan belida adalah salah satu bahan baku yang digunakan untuk membuatnya. Sisi unik dari ikan belida adalah terletak pada bagian sisiknya yang berwarna keabuan lengkap dengan titik hitam pada bagian bawah tubuhnya.

Meski memiliki harga cukup terjangkau. Namun tetap saja keberadaan dari ikan belida hingga sekarang menjadi sangat langka.

3. Ikan Oscar

Ikan oscar juga menjadi salah satu jenis ikan predator yang mudah untuk dipelihara. Ikan oscar sendiri berasal dari sungai amazon. Bisa dibilang jika dilihat secara sekilas, ikan oscar memiliki bentuk tubuh hampir mirip dengan ikan piranha.

Namun warna ikan oscar yang membuatnya berbeda dengan ikan piranha sekaligus menjadi daya tarik tersendiri buat ikan tersebut. Saat ini keberadaan ikan oscar sudah lebih mudah ditemukan di negara Indonesia karena memang sudah banyak dibudidayakan.

Selain ikan dorado beberapa ikan predator di atas memang lebih mudah ketika dipelihara atau dibudidayakan. Jika Grameds membutuhkan buku-buku terkait budidaya ikan, kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda