in

Mengenal Jenis Ikan Channa Atau Gabus dan Tips Merawatnya

Kompas.com

Jenis Ikan Channa atau Gabus – Setiap orang pasti memiliki hobinya masing-masing. Menariknya, ada juga lho orang yang suka memelihara ikan. Contohnya memelihara beragam jenis ikan channa atau ikan gabus. Mungkin beberapa dari kalian juga sudah pernah mendengar jika ikan channa atau gabus memiliki beberapa kategori di dalamnya.

Nah agar kalian juga semakin paham, artikel ini akan menjelaskan seputar jenis ikan channa atau gabus secara lebih lengkap lagi. Mulai dari apa itu ikan gabus hingga jenis ikan channa atau gabus bisa kalian dapatkan di sini selengkapnya.

Jadi sebelum kalian memutuskan untuk memelihara jenis ikan channa atau gabus. Maka akan lebih baik bekali pengetahuan kalian tentang jenis ikan channa atau gabus dengan informasi yang ada di dalam artikel ini.

Mengenal Jenis Ikan Channa atau Gabus

Hobi memelihara ikan sebenarnya bukanlah hal baru. Namun, belakangan ingin di tengah maraknya orang memelihara ikan cupang, ada juga jenis ikan lain yang turut banyak diminati. Salah satunya adalah jenis ikan channa atau gabus.

Tentunya jenis ikan channa atau gabus bisa jadi alternatif yang bisa Grameds pilih jika memang kurang berminat untuk memelihara ikan cupang atau jenis ikan lainnya.

[algolia_carousel]

Jenis ikan channa atau gabus memiliki nama famili dari ikan gabus atau nama chana yang merujuk ke dalam istilah familia channidae. Meski terkadang ikan channa atau gabus kerap digunakan untuk lauk. Namun banyak juga yang memanfaatkan jenis ikan channa atau gabus sebagai hiasan rumah.

Salah satu sifat dari ikan channa sebenarnya hampir sama dengan ikan cupang, yaitu akan menyerang ikan lain ketika memasuki wilayahnya. Maka dari itu kebanyakan orang akan memelihara satu ikan channa atau gabus dalam satu tempat seperti akuarium.

Selain itu ikan channa atau gabus juga memiliki nama lain yang kerap digunakan oleh masyarakat umum seperti snakehead emperor alias kaisar kepala ular. Hal ini dikarenakan salah satu karakteristik yang dimiliki oleh jenis ikan channa atau gabus adalah bentuk kepalanya yang menyerupai ular.

Sampai saat ini penyebaran jenis ikan channa atau gabus lebih mudah ditemukan di perairan Asia hingga Afrika. Selain itu ikan channa atau gabus juga memiliki beberapa kelebihan lho, salah satunya perawatan yang begitu mudah.

Ikan channa atau gabus juga sangat memerlukan oksigen dalam jumlah yang begitu minim. Sehingga jika kalian ingin memelihara ikan channa maka memerlukan alat penambah oksigen pada akuarium yang digunakan.

Lalu untuk harga darijenis ikan channa atau gabus sebenarnya bersifat variatif karena setiap jenisnya selalu memiliki harga yang berbeda-beda. Contohnya adalah untuk jenis ikan channa atau gabus kategori yellow sentarum dengan ukuran 5 hingga 6 cm akan mendapatkan harga sekitar Rp30 ribu hingga Rp45 ribu per ekornya.

Sedangkan untuk jenis ikan channa atau gabus impor seperti jenis pulchra dengan ukuran 5 hingga 6 cm akan memiliki kisaran harga Rp50 ribu per ekor.

Ragam Jenis Ikan Channa (Gabus)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa jenis ikan channa atau gabus memiliki beberapa jenis. Mungkin beberapa dari kalian belum begitu tahu jenis atau kategori ikan channa yang tampaknya masih tetap populer.

Tak perlu khawatir akan hal tersebut, sebab penjelasan di bawah ini akan lebih mudah membantumu untuk lebih tahu jenis ikan channa atau gabus.

1. Channa Micropeltes

Jenis Ikan Channa atau Gabus
Icalofish.com

Micropeltes menjadi salah satu jenis ikan channa atau gabus yang begitu populer hingga saat ini. Jenis ikan channa ini juga kerap dijuluki sebagai ikan toman. Jika dibandingkan dengan ukuran ikan channa jenis lainnya.Ikan channa micropeltes memiliki ukuran yang cukup besar yaitu sekitar 1.3 m.

Sedangkan karakteristik lain dari ikan channa jenis micropeltes adalah pada warna tubuhnya yang menyerupai loreng harimau. Karena memiliki harga yang cukup terjangkau menjadikan ikan channa micropeltes selalu mendapatkan banyak peminat sampai saat ini.

2. Channa Barca

Jenis Ikan Channa atau Gabus
Icalofish.com

Berikutnya ada jenis ikan channa atau gabus barca. Yang mana ikan channa jenis ini lebih banyak dikenal karena coraknya. Selain itu, karakteristik menarik lain dari ikan channa barca terletak pada sirip dengan bentuk melebar ke atas.

Walaupun ukuran ikan channa atau gabus jenis barca ini tak sebesar ikan channa jenis micropeltes. Namun jika dilihat dari rata-rata, ukuran dari ikan channa barca juga cukup besar sekitar 90 cm. Selain itu harga yang ditawarkan oleh ikan channa jenis barca juga terbilang cukup mahal dibandingkan dengan jenis lainnya.

3. Channa Auranti

Jenis Ikan Channa atau Gabus
ikanchanna.com

Jika dilihat sekilas, jenis ikan channa atau gabus auranti terlihat seperti ikan channa barca. Perbedaan kedua jenis ikan channa tersebut terletak pada ukurannya. Pasalnya ukuran dari ikan channa jenis auranti adalah sekitar 40 cm, sedangkan ikan channa jenis barca adalah sekitar 90 cm.

Tentunya bagi kalian yang ingin memelihara ikan channa jenis ini sebaiknya melihatnya lebih detail lagi. Hal ini karena seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ikan channa auranti sekilas terlihat seperti ikan channa barca.

4. Channa Gachua

Jenis Ikan Channa atau Gabus
Aquainfo.com

Selanjutnya ada jenis ikan channa atau gabus gachua. Dilihat dari segi ukuran, jenis ikan channa gachua memiliki ukuran lebih kecil dari ikan channa auranti yaitu sekitar 20 cm. Meski memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil tetap saja ikan channa gachua bisa menjadi predator ikan kecil lainnya.

5. Channa Diplogramma

Jenis Ikan Channa atau Gabus
Nakamaaquatics,id

Selanjutnya ada ikan channa atau gabus diplogramma yang juga begitu populer bagi para pecinta ikan. Menariknya ikan channa diplogramma terlihat sekilas seperti ikan channa micropeltes. Hanya saja motif dan juga warna dari ikan channa jenis ini yang sedikit lebih gelap.

Pada bagian tubuh ikan channa diplogramma memiliki dua garis horizontal yang membentang dari kepala hingga ekor. Selain itu motif ikan channa diplogramma juga memiliki dua warna yang terlihat begitu cantik. Keunikan lain dari ikan channa jenis ini adalah terletak pada bintik-bintik warna hitam pada bagian punggung.

Kebanyakan ikan channa diplogramma bisa tumbuh hingga ukuran 44 cm. Selain itu kalian juga perlu tahu jika ikan channa diplogramma memang memiliki banyak peminat. Namun dari segi populasi, ikan channa diplogramma terbilang cukup minim untuk saat ini.

Jenis Ikan Channa atau Gabus

6. Channa Pleuro

Jenis Ikan Channa atau Gabus
Dictio.id

Jenis ikan channa atau gabus pleuro adalah salah satu jenis ikan channa yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan ikan channa jenis lainnya. Keunikan tersebut terletak pada corak bulatan-bulatan yang berbentuk seperti kelereng pada bagian tubuh.

Beberapa ikan channa pleuro biasanya akan memiliki jumlah bulantan sebanyak tiga hingga lima buah. Lalu untuk warna keseluruhan dari ikan channa jenis ini biasanya berwarna biru cerah maupun coklat gelap.

Jika kalian ingin memelihara ikan channa pleuro di rumah, maka sediakan ukuran akuarium dengan ukuran besar. Sebab ukuran pertumbuhan dari ikan channa pleuro bisa mencapai 40 cm. Selain itu ikan channa jenis ini juga terbilang cukup aktif berenang. Tentunya ukuran akuarium yang cukup besar akan memberikan kebebasan bagi ikan channa pleuro.

[algolia_carousel page=2]

7. Channa Andrao

Jenis Ikan Channa atau Gabus
Ikantani.com

Jika kalian ingin memiliki peliharaan ikan channa atau gabus dengan corak cantik, maka ikan channa andrao adalah pilihan yang bisa kalian gunakan. Bisa dibilang jika ikan channa jenis ini memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil sekitar 11 cm saja.

Namun justru dengan ukuran mungil dengan corak warna coklat pada bagian tubuh dan biru pada bagian tubuh akan membuat ikan channa andrao terlihat berbeda dari ikan channa jenis lainnya.

8. Channa Bankanensis

Jenis Ikan Channa atau Gabus
Aquainfo.org

Ikan channa bankanensis memiliki karakteristik ukuran tubuhnya yang relatif kecil. Biasanya ukuran ikan channa jenis ini berkisar dari 20 hingga 24 cm. Sehingga bagi kalian yang memang mencari ikan channa ukuran mungil. Tentunya ikan channa bankanensis adalah pilihan yang bisa kalian gunakan.

Karakteristik lain yang dimiliki oleh ikan channa bankanensis adalah pada warna tubuhnya yaitu coklat diselimuti beberapa bercak hitam. Kebanyakan ikan channa bankanensis akan lebih mudah ditemukan pada perairan Indonesia dan Malaysia.

9. Channa Striata

Jenis Ikan Channa atau Gabus
Ikanesia.id

Selanjutnya ada ikan channa striata yang jika dilihat sekilas hampir sama dengan ikan channa bankanensis. Ikan channa striata juga kerap disebut sebagai ikan gabus Jawa. Selain itu ikan channa jenis ini juga kerap dikonsumsi oleh masyarakat umum.

Meski sekilas hampir menyerupai ikan channa bankanensis. Namun sebenarnya ada perbedaan diantara keduanya lho. Perbedaan tersebut terletak pada bagian warna perut hingga area ekor yaitu berwarna putih. Namun kebanyakan orang akan memelihara ikan channa striata albino karena memang memiliki keunikan tersendiri.

Jenis Ikan Channa atau Gabus

10. Channa Marulioides

Nakamaaquatics.id

Selanjutnya ada ikan channa maruliodes. Ikan channa jenis ini memiliki ukuran tubuh cukup besar yaitu dapat berkembang hingga ukuran 65 cm. Meski besar, namun tetap saja ikan channa maruliodes juga memiliki karakteristik yang berbeda dari lainnya lho.

Pada bagian tubuh memiliki warna dasar putih kekuningan. Selain itu ikan channa maruliodes juga memiliki garis vertikal yang terletak pada bagian kepala hingga ekor. Keunikan lain yang dimiliki oleh ikan channa maruliodes adalah pada bagian sirip yang memiliki warna biru.

11. Channa Bleheri

Nakamaaquatics.id

Alternatif lain untuk ikan channa dengan ukuran tubuh mungil adalah ikan channa bleheri. Pasalnya ukuran tubuh yang dimiliki ikan channa jenis ini berkisar antara 17 hingga 23 cm. Menariknya ikan channa bleheri bisa hidup dengan ikan jenis lain.

Selain itu ikan channa bleheri juga memiliki sisi unik lainnya yang terletak pada coraknya. Biasanya ikan channa bleheri akan berwarna hampir menyerupai pelangi dengan bagian sirip yang berwarna orange. Karena memiliki warna yang unik, banyak orang berburu untuk membeli ikan channa bleheri.

12. Channa Melasoma

Flickr.com

Ukuran dari ikan channa melasoma terbilang tidak begitu besar yaitu sekitar 17 cm. Dengan ukuran tubuh yang tak terlalu kecil menjadikan ikan channa jenis ini bisa bergerak dengan begitu bebas dan gesit.

Karakteristik yang dimiliki oleh ikan channa melasoma adalah pada bagian warna tubuhnya yaitu warna kuning kecoklatan. Adanya motif garis pada bagian sirip membuat ikan channa jenis ini terlihat lembut. Padahal jika dilihat dari sifatnya, ikan channa melasoma selalu bergerak dengan gesit dan begitu garang dibandingkan jenis ikan channa lainnya.

13. Channa Amphibeus

Marulioides.com

Ikan channa amphibeus merupakan salah satu ikan channa dengan ukuran tubuh yang cukup besar yaitu sekitar 90 cm. Ikan channa berhasil ditemukan pada tahun 1845 di perairan india. Karakteristik ikan channa jenis ini adalah adanya campuran warna merah dan hitam di bagian punggungnya.

14. Channa Argus

Aquainfo.org

Jika kalian ingin memelihara ikan channa dengan ukuran besar. Maka kalian bisa menggunakan ikan channa argus sebagai pilihan. Ikan channa jenis ini juga kerap disebut sebagai ikan gabus utara.

Adanya bercak hitam pada bagian tubuh adalah salah satu karakteristik dari ikan channa argus. Habitat dari ikan channa jenis ini biasa mudah sekali ditemukan pada sungai armur hingga pulau hainan.

15. Channa Asiatica

Nakamaaquatics.id

Terakhir ada ikan channa asiatica. Dimana jika dilihat dari segi corak, ikan channa jenis ini memiliki beberapa warna seperti merah dan putih. Ukuran dari ikan channa asiatica sendiri adalah sekitar 35 cm.

Beberapa contoh jenis ikan channa atau gabus di atas hanyalah 15 kategori saja. Namun sebenarnya masih ada banyak sekali jenis-jenis ikan channa atau gabus lainnya yang mudah kalian dapatkan di pasaran.

Tips Merawat Ikan Channa atau Gabus agar Cepat Bermutasi Warna

Jenis ikan channa atau gabus sebenarnya termasuk ke dalam kategori ikan yang mudah sekali perawatannya. Namun meski mudah kita sebagai pemilik juga harus teratur dan juga sabar ketika melakukan proses perawatan.

Nah beberapa tips yang ada di bawah ini bias kalian jadikan acuan ketika ingin mendapatkan kondisi ikan channa atau gabus tetap sehat dan bisa dengan mudah melakukan mutasi.

1. Hindari Ikan dalam Kondisi Stress

Sampai saat ini kondisi ikan menjadi stress ternyata bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang bisa membuat ikan channa stress adalah lingkungan atau wadah yang digunakan.

Kondisi ikan channa yang stress bisa mengakibatkan adanya gangguan mental hingga sakit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pemilik ikan channa agar ikan tidak stress.

  • Ketika ikan channa baru turun sebaiknya hindari memasukkan ke dalam wadah baru. Tunggu dalam kurun waktu sekitar 15 menit agar ikan channa bisa lebih mudah beradaptasi dengan suhu air sekaligus lingkungan sekitar.
  • Wadah yang digunakan sebaiknya lebih besar sekitar dua atau tiga kali dari ukuran ikan channa. Lalu air yang digunakan juga sebaiknya air endapan.
  • Karena ikan channa lebih suka kondisi air yang tenang. Sebaiknya hindari menggunakan pompa air.
  • Tambahan aksesoris pada wadah sebaiknya dalam kadar secukupnya.

2. Gunakan Pakan Terbaik

Dari segi pakan juga harus diperhatikan. Pakan ikan channa atau gabus bisa diberikan hewan hidup seperti jangkrik, cacing maupun ucang. Sedangkan untuk pakan ikan channa yang lebih praktis adalah maggot kering.

Jika kalian memutuskan menggunakan pakan hidup sebagai makanan ikan channa. Maka bersihkan terlebih dahulu pakan hidup tersebut. Contohnya adalah memotong bagian kaki dan sayap jangkrik. Atau bisa juga melakukan pencucian cacing hingga melepas cangkang udang.

3. Kuras Air Secara Teratur

Mengganti air akuarium tempat ikan channa adalah hal yang wajib dilakukan. Apalagi ketika akuarium tersebut tidak menggunakan pasir malang. Tentunya ada kemungkinan jika air akuarium tersebut memiliki amoniak yang cukup banyak. Salah satu fungsi dari pasir malang adalah dapat menyerap kotoran ikan.

Agar kondisi ikan channa tidak kaget ataupun stress. Sebaiknya hindari menguras habis air dalam akuarium. Sepertiga dari air keseluruhan yang ada di dalam akuarium bisa kalian ganti dengan air baru.

Dengan beberapa tips di atas, jenis ikan channa atau gabus milik kalian akan semakin terjaga kesehatannya. Selain itu proses mutasi warna juga akan semakin cepat.

Itulah ulasan mengenai jenis ikan channa atau gabus yang perlu Grameds ketahui. Jika kamu memerlukan buku-buku terkait budidaya dan jenis ikan channa atau gabus, kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda