in

14 Jenis Ikan Koi dan Harganya, Mana Yang Termahal?

14 Jenis Ikan Koi dan Harganya. Mana Yang Termahal? – – Ikan koi berasal dari bahasa Jepang yang bermakna ikan karper atau nishikigoi, yang berarti ikan karper bersulam perak atau emas. Ikan ini juga kerap menjadi simbol persahabatan dan cinta. Ikan koi sendiri telah menjadi salah satu primadona ikan hias di Indonesia. Perkembangannya dimulai sejak awal tahun 1981-1982, didatangkan dari jepang oleh Dragon Feng dan Hani Moniaga. 60 ekor ikan Kumpay berwarna hijau dan kuning dikirimkan oleh Pemerintah Indonesia dari daerah Bogor dan Cibalagung kepada Pangeran Akihito untuk kemudian disilangkan dengan Koi Jepang.

Pangeran Akihito kemudian mengirimkan kembali 50 ekor kumpai ke Indonesia sepuluh tagun kemudian yang kemudian disebut juga dengan Hirenaga Koi. Silangan ini antara Kohaku (1993), Asagi dan Shusui (1988) Platinum (1982), dan Taisho Sanshoku (1989). Sejak saat itu hingga kini ikan koi kian berkembang dengan banyaknya persilangan dan munculnya varietas, harga, dan jenis ikan koi yang kian beragam. Ikan koi tertua lahir pada 1791 dan meninggal di tahun 1977, diberi nama Hanako. Ikan ini memiliki usia 226 tahun,

sementara itu koi terbesar memiliki berat 40KG dengan ukuran hingga 120 cm. Ikan koi jumbo ini kemudian diberi nama Big Girl dan dibeli oleh kolektor bernama Geoff Lawton. Koi juga sebagai Pemakan segala yang akan memakan apapun mulai dari buah-buahan, sayuran. Perlu diperhatikan untuk tak menempatkannya langsung ke sinar matahari, karena membuatnya mudah iritasi. Karenanya pastikan untuk membuat suasana yang rindang di sekitar kolam atau buat pelindung buatan untuk meneduhkan sekitar area kolam saat siang hari.  Jenis-jenis ikan koi sendiri diantaranya:

14 Jenis Ikan Koi dan Harganya

Kohaku

Koi Kohaku

Kohaku sebagai raja dari semua ikan koi merupakan varietas pertama ikan koi yang dikembangkan dengan dua warna yaitu putih (shiroji), dan bercak merah. Tanda merah, yang secara tradisional disebut sebagai hai, kemudian terbagi lagi menjadi dua jenis berbeda, yaitu jenis yang pertama merah ungu dengan sebagian besar diantaranya adalah berwarna kekuningan pada area hidungnya namun seiring bertambahnya usia tanda-tanda ini kemudian akan memudar. Yang kedua adalah memiliki warna orange-merah dengan margin tajam diantara kedua warna tersebut. Pada tahun 2020 Ikan koi kohaku juga pernah terjual dengan harga hingga Rp 1,1 miliar di ajang pelelangan ikan koi Niigata.

Tipe-tipe Kohaku sendiri diantaranya:

  • Inazuma kohaku: Koi kohaku jenis ini memiliki pola warna merah yang terus berlanjut dari mulai kepala hingga ke ujung ekor, namun biasanya jenis kohaku ini akan terlihat zig zag saat dilihat dari atas. Secara harfiah, Inazuma ini memiliki artian Petir.
  • Nidan kohaku, kohaku yang satu ini memiliki dua tanda hi (dua nuansa warna merah seperti di tubuhnya).
  • Sandan Kohaku, merupakan jenis koi kohaku yang memiliki tiga warna Merah yang berbeda pada tubuhnya.
  • Yondan kohaku merupakan jenis koi kohaku dengan tanda, dan terdapat  4 tanda berwarna merah
  • Gotenzakura kohaku, jenis kohaku yang satu ini memiliki warna seperti bunga ceria merah brindle dan membentuk warna seperti anggur.
  • Kanoko kohaku, merupakan kohaku dengan kepala penuh warna merah cerah, namun pada bagian dari tubuhnya berwarna merah brindle dan termasuk dalam Koi Kawarimono, bukan Kohaku.
  • Ginrin Kohaku, dengan perpaduan seperti ini kohaku cenderung memiliki warna putih layaknya minuman susu.
  • Maruten Kohaku, merupakan varian kohaku dengan pola yang cukup dominan dan mempunyai warna Merah merona yang terselimuti di beberapa bagian lain dari tubuh koi kohaku.

Tancho

koi tancho

Tancho sebagai variasi kohaku yang paling populer, di mana ia sebagai satu-satunya koi dengan pola merah dan satu titik merah di kepalanya. Karena hal ini juga ia dinamakan Ikan koi Tancho yang diambil dari nasional Jepang, Tancho Crane sangat digemari di antara koi Jepang karena kemiripannya dengan Koi berjenis Grus japonensis, serta kepercayaan masyarakatnya bahwa koi ini mampu membawa keberuntungan. Lantaran bentuknya yang disebut-sebut mirip dengan Grus japonensis atau red crowned crane. Jenis ikan koi Tancho yang paling indah adalah Tancho Kohaku dengan warnanya yang putih salju dengan bintik merah pada bagian kepalanya. Jenis Koi Tancho yang masih mudah ditemukan diantaranya Tancho Sanke dan Tancho Showa. Koi Tancho dihargai Rp 800 ribu/ekornya.

 

Hariwake

Hariwake 

Doitsu Hariwake sebagai salah satu jenis ikan Koi paling mewah. Tubuhnya berwarna putih keperakan dengan corak kuning muda yang menyebar. Warna putih Hariwake sendiri terlihat lebih cerah dibanding dengan warna putih yang dimiliki oleh Kohaku dan Sanke. Siripnya juga berwarna warna putih keperakan dengan kelopak mata berwarna putih di salah satu sisinya sementara satunya berwarna kekuningan. Variasi dari jenis hariwake diantaranya hariwake Gin Rin, Doitsu (dikenal juga dengan nama Kikusui) dan Tancho. Ikan Hariwake biasanya dihargai s Rp 700 ribuan, sama seperti goshiki.

Hikarimono

Hikarimono 

Koi Hikarimoyo Mono sejatinya memiliki dasar warna kulit putih, hanya saja putihnya lebih keperakan, ia juga memiliki pola hitam blur di punggungnya. Pola itu berbentuk seperti tulang punggung  yang lebih seperti tulang rusuk hitam melintang pada sisi kanan dan kirinya. Ikan jenis ini cukup langka keberadaannya dibandingkan beberapa jenis koi lainnya. Selain itu ikan ini juga terbilang mahal sebab dihargai sekitar Rp.700 ribu per ekornya.

 

Taisho Sanke

Koi Taisho Sanke

Merupakan salah satu jenis ikan koi tertua sehingga banyak diburu oleh para kolektor ikan koi. Taisho Sanke dikenal juga sebagai Taisho Sanshoku. Sanshoku berarti tiga warna sesuai dengan tiga warna pada tubuhnya yaitu putih, hitam dan warna merah. Sangat mirip dengan Kohaku. Sama seperti Kohaku dengan tubuh berwarna putih (shiroji) dengan tanda merah (hai). Satu-satunya perbedaannya terletak pada tanda hitam di tubuhnya. Jenis ikan koi ini biasanya memiliki kepala yang terdiri dari dua warna, yaitu putih dan merah, dan tidak memiliki tanda Sumi. Perbedaan lain antara Koi Sanke dan Koi Kohaku diantaranya pada tanda warna merah dimulai dari kepala, hingga sirip berwarna putih dan beberapa tanda Sumi di beberapa bagian tubuhnya. Ikan koi sanke dihargai Rp. 300 ribu/ekor.

Asagi

Ikan-Koi-Asagi

Koi Asagi memiliki pola berwarna biru, seperti jaring di bagian atas tubuhnya serta warna merah-oranye pada bagian perut, sirip, pelat insang, dan tubuhnya. Dengan bertambahnya usia warna merah (hai) pada koi kemudian menyebar ke bagian atas dan bagian bawah tubuhnya. Jenis ikan koi sendiri terbagi menjadi hi Asagi yaitu yang memiliki tubuh lebih merah, selain itu terdapat juga Taki Asagi dengan pola jaring berwarna biru dan merah yang khas serta sisik putih dengan area berpigmen biru dan biru pada bagian tubuhnya. Asagi biasanya tidak memiliki ciri apapun hanya berwarna putih atau biru pucat. Harga ikan koi asagi sendiri ditaksir kurang lebih Rp 1,1 juta per ekornya, dan akan semakin mahal jika memiliki warna biru yang lebih dominan pada tubuhnya.

Goromo

Goromo 

Koi Goromo mempunyai nama lain yang cukup unik yakni Koromo. Goromo sebagai hasil persilangan antara jenis koi Kohaku dan Asagi dengan ciri corak hitam keunguan seperti buah anggur pada bagian atas tubuhnya. Dihargai kurang lebih Rp. 400.000/ekor goromo memiliki 4 varian warna yaitu: biru, indigo, ungu, dan hitam. Hingga saat ini terdapat

Tiga jenis goromo diantaranya

  • Koi Tancho Goromo merupakan  jenis koi yang memiliki tubuh putih keperakan. Pada bagian kepalanya terdapat corak bulat dengan warna hitam. Meski bentuknya asimetris, dan di sekitar bulatan tersebut terkadang terdapat warna jingga atau merah. Harga per ekornya di kisaran Rp.700.000.
  • Koi Budo Goromo merupakan jenis koi dengan warna dasar tubuh putih seputih susu. Coraknya sebagian besar berwarna hitam dengan sedikit kemerahan pada bagian tepinya. Jenis ikan Koi ini tergolong banyak dipelihara oleh para pecinta Koi. Ikan Koi Budo Goromo dihargai Rp. 600.000/ekornya
  • Koi Sumi Goromo memiliki kemiripan dengan Budo Goromo, hanya saja yang membedakan adalah tubuhnya tidak memiliki warna kemerahan. Coraknya sendiri justru berwarna hitam hampir di seluruhnya. Koi Sumi Goromo dihargai Rp. 600.000/ ekornya.
  • Ikan Koi Goshiki Goromo merupakan perpaduan dari Budo dan Sumi Goromo. Memiliki warna putih susu dengan corak hitam dan kemerahan. Bedanya ada pada titik-titik sisik hitam yang menyebar pada seluruh bagian tubuhnya. Ekornya juga sangat bersih seputih susu. Ikan ini biasanya dihargai Rp. 600.000/ekor.

 

Matsuba

Matsuba 

Koi Matsuba dan tubuhnya yang mirip dengan Karper atau ikan mas. Warna tubuhnya juga bermacam-macam mulai dari oranye, hingga kuning. Ciri-ciri ikan Koi ini sendiri adalah adanya sekumpulan sisik berwarna kehitaman yang memanjang dari bawah kepala hingga ke bagian ekor. Jenis Koi Matsuba diantaranya Gin Matsuba dengan warna dasar putih, Ki matsuba dengan warna dasar kuning, dan aka Matsuba dengan warna dasar merah. Namun semua ikan koi Matsuba memiliki pola jaring berwarna biru di bagian punggungnya. Harga Ikan Koi Matsuba ini adalah Rp. 500.000/ ekor. Jenis matsuba biasanya dihargai Rp 500.000/ekornya.

 

Showa Sansoku

Showa Sansoku 

Showa atau dikenal juga dengan Showa Sanshoku atau Showa Sanke yang berarti tiga warna karena kehadiran warna putih, merah, dan hitam di bagian tubuhnya. Showa sangat mirip dengan Sanke. Perbedaan utama kedua jenis ikan ini terdapat pada Karasu atau tubuhnya yang berwarna hitam. Showa memiliki tanda putih dan merah di bagian atas tubuhnya. Sementara dahinya lebih mirip ikan Tancho lain, dengan corak bulatan berwarna jingga. Terkadang terdapat juga Tancho Showa dengan variasi bulatan jingga yang tertindih corak hitamnya. Selain itu, Showa memiliki pola hitam di area kepalanya. Harga jenis koi ini ditaksir mencapai Rp. 1.000.000/ekornya.

Hikari-Utsurimono

Hikari-Utsurimono

Hikari-Utsurimono merupakan ikan hasil persilangan antara koi showa dan koi berjenis hikarimono. Hingga kemudian persilangan ini menghasilkan showa dengan ciri khas pada sisik dengan warna berkilauan. Pada koi Hikari-Utsurimono juga dikenal istilah Gin yang berarti warna perak metalik yang sementara sifatnya, sementara kin adalah koi dengan warna emas metalik. Ikan koi Hikari-Utsurimono kemudian dibagi lagi berdasarkan pola dan warna pada tubuhnya menjadi beberapa jenis, diantaranya kin showa, gin shiro utsuri, kin hi utsuri, dan kage gin shiro, gin showa, kin ki utsuri,

Ogon

Ogon

Ikan Koi Ogon memiliki ciri khas pada warna kuning keemasan. Ikan ini digilai oleh para kolektor ikan koi. Koi ini sebagai hasil persilangan Shiro-Fuji dan koi dengan corak kuning pada bagian punggungnya. Ditemukan pada tahun 1946 oleh Sawati dan anak laki-lakinya. Dibutuhkan percobaan selama 6 generasi keturunan dari Koi yang disilangkan sebelum akhirnya menjadi Ogon yang dihargai Rp. 1.500.000/ ekor. Ciri koi ini sendiri dimulai dari warnanya yang cantik yaitu kuning keemasan pada area kepala dan sisiknya, warna koi ogon juga tidak akan berubah menjadi gelap meskipun suhu kolam berada dalam kondisi yang naik.

Jenis Koi Ogon

Koi Ogon dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

  • Nezu-Ogon yaitu Koi Ogon yang berwarna dominan perak, Platinum-Ogon sebagai koi hasil peranakan dari nezu ogon dan kigof dengan warna dominan platinum yang merupakan hasil ternak Tadao Yoshioka (1963).
  • Yamabuki-Ogon merupakan koi hasil ternak  Masaoka pada tahun 1957, koi berwarna emas murni hasil perkawinan Ogon dan Kigoi.
  • Orange-Ogon (1956): Koi ini memiliki  ciri khas pada sisik berwarna merah berkilaukan dengan kepala berwarna jernih
  • Kin Matsuba: Koi ini sebagai hasil Perkawinan antara Matsuba dan Ogon yang kemudian menghasilkan Kin-Matsuba. Memiliki ciri-ciri khas yaitu pada sisiknya yang memiliki warna sangat teras serta timbul. Kin-Matsuba dengan sisik berwarna platinum kemudian disebut juga Gin-Matsuba.
  • Platinum-Doitsu merupakan koi ogon yang berasal dari Jerman dengan ciri khas sisiknya yang berwana seperti platinum dan berkilauan.
  • Mizuhi Ogon adalah dengan sisik berwarna hitam berkilauan pada bagian punggungnya.

 

Shiro/Hi/Ki Utsuri

Shiro

Shiro Utsuri memiliki keunikan pada 2 warna berbeda pada tubuhnya yaitu hitam pekat dan putih, warna ini jarang sekali ditemukan di antara ikan koi. Jenis ikan Koi Shiro Utsuri memiliki lekuk tubuh dengan warna putih bercorak hitam-hitam.  Ikan ini sangat cantik pada saat berenang di air, tampak berkilau bagaikan batuan alam.

Ciri-ciri koi ini dimulai dari ukuran tubuhnya yang besar mirip seperti ikan mas dengan corak hitam pada area samping tubuh dan sedikit di pangkal sirip. Ikan Koi Utsuri dihargai Rp700.000/ ekor.  Selain Shiro terdapat juga Koi Hi utsuri merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar hitam yang dikombinasikan dengan warna merah atau orange. Hi utsuri umumnya dihargai Rp 125.000 sampai Rp 300.000. Selain Shiro dan Hi, terakhir terdapat juga Ki utsuri yang masih mempunyai turunan dari Hi utsuri dan Shiro utsuri. Jenis ini terbilang cukup langka dan banyak diminati. Koi Ki Utsuri mempunyai warna kombinasi jingga dan hitam dengan ukuran tubuhnya agak kecil, dengan sirip serta ekornya berwarna hitam. Harga Ikan Koi Ki Utsuri yakni Rp. 850.000/ ekor.



 

Koi Slayer

Slayer 

Seperti namanya, jenis ikan koi satu ini dilengkapi dengan sirip yang panjang dan sangat cantik. Koi slayer memiliki banyak jenisnya, namun yang paling digemari adalah ikan koi slayer kumpay dan platinum. Untuk harga ikan koi slayer platinum biasanya dibandrol dengan harga lebih mahal karena jarang sekali ditemukan di pasaran. Harga ikan koi slayer platinum super bisa dijual dengan harga Rp 5.000.000 per ekor.

 

Buku Rekomendasi Budidaya Ikan Koi

Agar lebih jelas sebaiknya kamu memiliki buku panduan. Berikut ini adalah rekomendasi buku budidaya ikan koi

 

Mengenal & Memelihara 15 Koi Paling Diminati

Mengenal & Memelihara 15 Koi Paling Diminati

Koi dianggap oleh sebagian orang sebagai ikan pembawa keberuntungan dan simbol status sosial. Corak dan pola warna yang indah, ukuran tubuh, umur yang panjang, gemulai gerakannya di dalam kolam, hingga jinaknya ikan hias ini, telah menjadi sarana hiburan dan relaksasi bagi banyak orang. Semoga buku ini dapat memberikan gambaran yang jelas dan mudah dipahami bagi pembaca yang ingin memelihara koi di rumah ataupun ingin meningkatkan kualitas pemeliharaan koi miliknya.

 

Buku Pintar Koi

“Buku yang sungguh tak ternilai bagi semua pecinta koi yang ingin menikmati lenggak- lenggok ikan cantik ini di kolam mereka. Melalui penjelasan praktis yang mudah dipahami, foto berwarna, dan ilustrasi menawan, buku pintar ini mengupas semua aspek pemeliharaan koi, mulai dari jenis koi pilihan, pembuatan kolam dan metode filtrasi, sampai cara menangkarkan koi. Di sini Anda juga dibekali pengetahuan penting mengenai penempatan kolam serta aspek pemberian makan dan perawatan kesehatan koi. Tak hanya itu, pada bagian akhir terdapat daftar deskripsi nama serta istilah dalam bahasa Jepang yang sering digunakan oleh para pecinta hobi ini.”

 

Panduan Lengkap Memelihara Koi



Buku Panduan Lengkap Memelihara Koi ini berisi pengalaman para praktisi dan profesional, meliputi para pemain koi, breeder, dan pencinta ikan koi. Secara garis besar, buku ini menyajikan aneka jenis koi, rancangbangun kolam, aneka model kolam, pemeliharaan dan perawatan, breeding dan pembesaran, penyakit dan solusinya. Juga dilengkapi tips dan trik lainnya. Plus foto-foto full colour nan menawan. Bagi Anda yang sedang atau hendak menekuni hobi koi, buku ini tepat sebagai referensi.

 

Sumber gambar: pinterest.com

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy