in

Mengenal Ikan Palmas : Jenis Ikan Palmas dan Harga Ikan Palmas,

Pinterest.com

Ikan Palmas – Hobi memelihara ikan hias memang sampai saat ini masih kerap dilakukan oleh banyak orang. Salah satu ikan hias yang kerap dijadikan peliharaan adalah ikan palmas. Sepertinya alasan utama orang gemar memelihara ikan palmas adalah karena keunikan yang tak dimiliki oleh ikan lain yang membuat banyak orang tertarik terhadap ikan tersebut.

Meski bukan dari Indonesia, namun sampai saat ini, ikan palmas menjadi salah satu ikan air tawar yang banyak dibudidayakan oleh banyak orang khususnya masyarakat Indonesia.

Jika Grameds belum begitu tahu tentang ikan ini, tak perlu bingung, sebab artikel ini akan memberikan penjelasan yang lebih dalam. Berikut merupakan ulasan selengkapnya tentang ikan palmas yang banyak dijadikan hewan budidaya dan hiasan.

Habitat Ikan Palmas

Ikan palmas merupakan jenis ikan yang berasal dari wilayah Afrika dan memiliki nama latin Polypterus. Lalu jika dilihat dari habitatnya, ikan ini hidup di air tawar. Menariknya meski bukan ikan asli dari Indonesia, tapi ikan palmas sudah mulai banyak dijadikan hewan peliharaan untuk sekedar hiasan hingga dibudidayakan lho. Selain memiliki sirip pada bagian atas dan bawah, jika dilihat keunikan bentuk karakteristiknya, ikan jenis ini juga memiliki bentuk menyerupai naga.

Ikan palmas juga menjadi salah satu ikan yang bisa bergerak dengan begitu lincah di dalam air. Bahkan tak jarang mereka terlihat seperti sedang merayap di area dasar air. Menjadi salah satu ikan karnivora menjadikan ikan ini selalu bergerak begitu agresif setiap sedang mencari mangsa.

[algolia_carousel]

Selain itu ikan palmas juga kerap disebut juga sebagai ikan predator yang memangsa hewan kecil lainnya. Untuk ukuran tubuh mereka biasanya mampu mencapai 30 cm.

Jika sebelumnya sudah dibahas tentang pengertian, maka selanjutnya adalah penjelasan tentang habitat ikan palmas. Ikan palmas sendiri masuk ke dalam ordo Bichir pada kelas Actinopterygii. Menariknya ternyata ikan ini adalah salah satu hewan purba yang masih bisa bertahan hingga saat ini.

Diperkirakan palmas sudah hidup sejak 200 juta tahun lalu atau pada masa awal peradaban dinosaurus atau pada periode Triassic. Hal tersebut juga didasarkan terhadap bukti-bukti fosil yang telah ditemukan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa asal ikan jenis ini adalah dari perairan wilayah Afrika seperti Kenya, Mali, Mesir, Tanzania, Senegal hingga Mesir. Ikan palmas juga akan lebih mudah ditemukan pada area rawa-rawa, danau maupun perairan dengan kondisi arus tidak begitu deras dan dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam.

Meski begitu jika dilihat dari kondisi lapangan saat ini, ikan palmas semakin mudah ditemukan di berbagai negara seperti Indonesia. Hal ini karena sudah banyak orang mulai membudidayakan ikan palmas.

Karakteristik Ikan Palmas

Sama dengan ikan hias lainnya, ikan palmas juga memiliki karakteristik tersendiri. Ikan palmas memang masih bisa dibagi menjadi beberapa jenis lagi, namun secara umum karakteristik ikan palmas terlihat sama.

Meski menjadi salah satu ikan predator, tapi ikan palmas sendiri sebenarnya adalah ikan yang tidak terlalu agresif. Bahkan ikan ini terlihat tidak jahil dan tidak begitu aktif.

Selain itu, mereka juga salah satu jenis ikan pemalu. Ketika sedang berada di dalam habitatnya, ikan palmas akan lebih suka berada di balik celah-celah bebatuan maupun ranting untuk berlindung.

Karena ikan palmas memiliki temperamen yang cukup baik, maka dari itu beberapa orang memilih untuk memberikan ikan lain dengan ukuran sama dalam satu akuarium. Perlu diketahui juga jika ikan palmas adalah jenis ikan yang hidup secara nokturnal atau akan lebih aktif jika sedang berada pada kondisi malam hari.

Meski indera penglihatan ikan palmas tidak terlalu baik, namun ikan palmas mampu memanfaatkan indera penciumannya untuk menemukan makanannya. Menariknya lagi, ikan palmas adalah salah satu hewan yang bisa bertahan hidup cukup lama.

Makanan dari ikan palmas sendiri ketika berada di habitat aslinya biasanya berupa udang, ikan-ikan kecil, maupun cacing. Jika Brameds ingin memelihara ikan palmas di rumah, maka makanan yang bisa diberikan ialah makanan alami maupun makanan beku. Contohnya adalah udang beku maupun cacing beku.

Selain pakan alami, Grameds juga bisa memberi makan ikan palmas berupa pelet. Baik itu pelet tenggelam maupun pelet alami bisa diberikan kepada ikan palmas. Sebagai saran, berikan makanan ikan palmas secara variatif.

Ragam Jenis Ikan Palmas dan Harga Ikan Palmas

Ikan palmas merupakan salah satu ikan predator yang masih jadi salah satu primadona ikan hias yang dipelihara oleh masyarakat umum. Menariknya ikan ini juga memiliki beberapa jenis yang begitu populer untuk dijadikan budidaya maupun hanya sekedar ikan hias, lho.

Nah, mungkin beberapa dari kalian belum begitu tahu apa saja jenis-jenis dari ikan palmas. Pada poin ini akan dijelaskan lebih dalam tentang beberapa jenis ikan palmas yang sudah banyak dijadikan budidaya maupun ikan hias saja.

1. Palmas Endlicheri (Polypterus Endlicheri)

Ikan Palmas
Pinterest.com

Ikan palmas endlicheri lebih banyak kita temui di pasaran sebab ikan ini mudah dibudidayakan. Tak heran jika ikan palmas endlicheri juga kerap diburu oleh para pecinta ikan hias. Apalagi kisaran harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Mulai dari harga Rp25.000 hingga Rp500.000 merupakan kisaran harga ikan palmas endlicheri. Namun Grameds juga harus tahu jika harga dari ikan palmas endlicheri ini tergantung dari besar ukuran dari ikan tersebut.

Ikan palmas endlicheri mampu tumbuh hingga ukuran 63 cm. Selain itu ikan palmas jenis ini juga memiliki corak hampir menyerupai pasir yang diselimuti corak hitam.

2. Palmas Albino

Ikan Palmas
Pinterest.com

Berikutnya ada ikan palmas albino yang juga masih jadi primadona. Memiliki corak warna dominan putih atau albino yang diselimuti sedikit corak kuning menjadikan ikan palmas albino sangat cantik untuk dijadikan hiasan akuarium.

Bahkan ketika ikan palmas albino bergerak ke sana-ke mari bisa terlihat begitu anggun, lho. Bagi Grameds yang ingin memelihara ikan palmas jenis albino ini tidak perlu merogoh kantong hingga terlalu dalam. Sebab harga dari ikan palmas albino terbilang relatif terjangkau, mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000, dan kamu sudah bisa membawa pulang ikan albino ini.

3. Palmas Orna (Polypterus Ornatipinnis)

Ikan Palmas
Pinterest.com

Ikan palmas orna juga begitu banyak diminati oleh para pecinta ikan hias. Di mana ikan palmas orna memiliki karakteristik warna yang sangat unik. Warna tubuh dengan dominan hitam dengan hiasan bintik warna kuning atau orange menjadikan ikan palmas orna sangat berbeda dari lainnya.

Ukuran tubuh dari ikan palmas orna dimulai dari 50 hingga 75 cm. Sedangkan harga iklan palmas orna di pasaran biasanya dibandrol dengan harga Rp. 250.000.

4. Palmas Senegalus (Polypterus Senegalus)

Ikan Palmas
Hewanairinfo.blogspot.com

Selanjutnya ada ikan palmas senegalus. Ikan palmas jenis ini lebih dominan dengan warna abu-abu tanpa memiliki corak layaknya ikan palmas orna. Ikan palmas jenis ini bisa tumbuh dengan ukuran 13 hingga 23 cm.

[algolia_carousel page=2]

Lalu untuk harga dari ikan palmas senegalus biasanya akan dibanderol mulai Rp15.000 hingga Rp40.000 . Namun Grameds juga perlu tahu jika harga ikan palmas senegalus sendiri dipengaruhi oleh ukuran tubuhnya. Semakin besar ukuran tubuh ikan palmas senegalus, maka harga yang ditawarkan juga akan semakin tinggi.

5. Palmas Lapradei (Polypterus Bichir)

Ikan Palmas
Quest4fish.files.wordpress.com

Berikutnya ada ikan palmas lapradei, di mana ikan palmas jenis ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar yaitu mulai dari 75 hingga 10 cm. Menariknya tubuh ikan palmas lapradei memiliki pola garis dari bagian ekor hingga bagian kepala.Karena memiliki corak garis tersebut menjadikan ikan palmas lapradei terlihat menyerupai ular yang ada di dalam air.

Namun jika Grameds ingin memelihara ikan palmas jenis ini perlu merogoh kantong sedikit lebih dalam.Sebab untuk kisaran harga ikan palmas lapradei dengan ukuran 15 cm saja sudah mencapai angka Rp. 150.000 . Sedangkan untuk ikan palmas lapradei dengan ukuran 25 cm mampu mencapai harga Rp. 250.000 . Meski begitu, tetap saja harga ikan palmas lapradei akan dipengaruhi besaran ukuran tubuhnya.

6. Palmas Ansorgii (Polypterus Ansorgii)

Ikan Palmas
Hewanairinfo.blogspot.com

Meski ikan palmas ansorgii sekilas mirip dengan ikan palmas jenis endlicheri, namun sebenarnya kedua jenis ikan palmas tersebut berbeda antara satu sama lain lho. Perbedaan kedua jenis ikan palmas tersebut adalah pada ukuran tubuh. Untuk ukuran tubuh ikan palmas ansorgii memiliki ukuran lebih kecil dari ikan palmas endlicheri sekitar 30 cm.

Meski begitu ikan palmas ansorgii memiliki harga yang lumayan mahal sekitar Rp365.000 untuk ukuran 30 cm. Sedangkan untuk warnanya sendiri adalah warna putih dominan yang memiliki corak hitam tak beraturan.

7. Palmas Congicus (Polypterus congicus)

Ikan Palmas
Pinterest.com

Ikan palmas congicus adalah salah satu jenis yang memiliki ukuran tubuh cukup besar yaitu mampu mencapai ukuran 100 atau 120 cm. Bahkan jenis congicus memiliki karakteristik bentuk rahang yang cukup kuat.

Sehingga membuat ikan predator ini cukup kuat dalam memangsa makanannya. Perkiraan harga ikan palmas sendiri mampu mencapai Rp. 250.000 .

8. Palmas Teugelsi

Pinterest.com

Ikan palmas teugelsi terbilang cukup menarik, sebab sebanyak apapun makanan yang diberikan kepada jenis ini tetap saja ukuran tubuh teugelsi akan tetap kurus memanjang. Meski begitu jenis teugelsi juga memiliki sisi unik lainnya lho. Salah satunya adalah pada sirip bagian atas tubuh hingga ekor teugelsi berbentuk seperti kipas.

Sedangkan untuk corak warna dari teugelsi adalah warna hitam yang diselimuti corak kekuningan lengkap dengan garis pada bagian bawah mulai dari ekor hingga kepala. Lalu untuk ukuran tubuh ikan palmas jenis ini adalah antara 45 cm hingga 70 cm.

Jika Grameds ingin memiliki jenis teugelsi, maka bersiaplah untuk merogoh kantong sedikit lebih dalam. Sebab harga jenis teugelsi mampu mencapai Rp. 400.000.

9. Palmas Mokelembembe (Polypterus mokelembembe)

Pinterest.com

Ikan palmas mokelembembe sebenarnya adalah salah satu jenis yang sedikit susah ditemukan di pasaran. Warna tubuh dari jenis ini sebenarnya hampir menyerupai ikan palmas jenis teugelsi.

Namun warna jenis mokelembembe sedikit lebih gelap dengan sirip yang lebih tajam atau terlihat lebih bergerigi. Harga yang ditawarkan untuk mokelembembe diperkirakan mampu mencapai Rp. 350.000.

10. Palmas Retropinnis

Pinterest.com

Selanjutnya ada ikan palmas retropinnis yang juga memiliki keunikannya tersendiri. Ikan palmas jenis retropinnis memiliki warna seperti polkadot namun lebih sedikit gelap. Ikan palmas jenis ini akan lebih mudah ditemukan pada perairan Afrika Barat. Harga dari ikan palmas retropinnis juga terbilang cukup tinggi yaitu sekitar Rp. 600.000 .

11. Palmas Polli

Pinterest.com

Ikan palmas polli juga bisa kamu jadikan hewan peliharaan di rumah. Jenis ini memiliki warna tubuh coklat dengan corak sedikit hijau. Meski memiliki tubuh cukup besar, namun ekor jenis polli terbilang cukup kecil. Dibandingkan dengan jenis retropinnis, jenis polli ini memiliki harga lebih terjangkau yaitu sekitar Rp. 150 ribu.

12. Palmas Weeksii

Pinterest.com

Dibandingkan dengan jenis lain, ikan palmas weeksii memiliki bentuk yang terlihat paling berbeda. Mulai dari kepalanya yang lebih besar hingga bagian rahang bagian atas maupun bawah yang sama-sama besar.

Lalu untuk corak warnanya sendiri lebih terlihat memiliki dua perbedaan yang sangat menonjol. Pada bagian atas memiliki warna yang sedikit lebih gelap. Sedangkan pada bagian bawah memiliki warna yang sedikit lebih terang. Di pasaran, jenis weeksii biasanya dibandrol dengan harga Rp. 200.000.

13. Palmas Bichir-bichir (Palmas PBB)

Pinterest.com

Berikutnya ada jenis bichir-bichir. Jenis ini biasanya akan memiliki panjang tubuh hingga 70 cm. Lalu untuk warna dari jenis bichir-bichir lebih ke arah kuning kehijauan. Pada bagian sisik melik ikan palmas jenis ini akan terasa lebih kasar.

Harga bichir-bichir di pasaran biasanya berkisar mulai dari Rp. 200.000 .

14. Palmas Buettikoferi

Hewanairinfo.blogspot.com

Ikan palmas buettikoferi memiliki warna tubuh kuning keemasan. Selain itu pada bagian tubuh jenis ini juga terlihat lebih gelap. Berikutnya pada bagian ekor ikan akan terlihat lebih lebar hingga membentuk oval. Kisaran harga dari jenis buettikoferi biasanya akan dibanderol mulai dari Rp. 150.000 .

15. Palmas Delhezi

Pinterest.com

Salah satu karakteristik dari delhezi adalah pada bagian sisik yang terbilang cukup keras. Selain itu pada bagian atas jenis ini biasanya ada duri yang tampak tajam sekaligus keras.

Pada bagian kepala memang terlihat lebih memanjang. Selain itu rahang atas akan lebih panjang dibandingkan rahang bagian bawah. Harga dari ikan palmas delhezi biasanya sedikit lebih mahal yaitu berada di kisaran Rp. 500.000 .

16. Palmas Bertanduk

Pinterest.com

Terakhir ada ikan palmas bertanduk yang juga bisa Grameds jadikan sebagai salah satu hewan peliharaan di rumah. Jenis ini ketika baru saja menetas akan memiliki insang tambahan. Jika dilihat sekilas akan menyerupai salamander axolotl.

Umumnya ukuran dari jenis ini adalah sekitar 10 hingga 15 cm. Adanya insang tambahan membuatnya terlihat seperti naga.

Itulah beberapa jenis ikan palmas yang bisa Grameds jadikan hewan peliharaan di rumah. Setiap jenis ikan palmas selalu memiliki keunikan tersendiri. Sehingga tergantung selera pribadi ingin memelihara yang bagaimana. Grameds bisa mendapatkan buku-buku terkait budidaya ikan hias di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpabatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda