in

13 Jenis Ikan Mas Koki dan Cara Memelihara Ikan Mas Koki

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang digandrungi oleh peminat hias. Selain bentuknya yang lucu serta warnanya yang menarik, ikan mas koki juga mudah dirawat. Ikan mas koki merupakan salah satu ikan yang pertama kali berhasil dipelihara serta dibudidaya oleh manusia.

Ikan mas koki atau lebih sering disebut sebagai ikan mas dengan nama ilmiah Carassius Auratus Auratus merupakan ikan air tawar yang berasal dari familia Cyprinidae serta Ordo Cypriniformes.

Ikan mas yang telah didomestikasi memiliki penampilan tubuh dengan sirip ekor ganda serta berbentuk bulat. Ikan mas koki memakan krustasea, serangga serta tumbuhan-tumbuhan air.

Seperti kebanyakan jenis ikan lain, ikan mas koki ini merupakan ikan yang terus menerus makan, sehingga tidak dapat secara sadar dan sengaja berhenti makan. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi jumlah pangan ikan mas koki. Jika tidak, maka akan menyumbat usus ikan mas koki.

Ikan mas sendiri memiliki setidaknya 300 ras atau varietas yang berbeda. Beberapa varietas hanya dapat bertahan hidup apabila dipelihara di akuarium. Berikut beberapa jenis ikan mas koki yang cukup populer di Indonesia.

11 Jenis-Jenis Ikan Mas Koki

 

1. Ikan Mas Ryukin 

Ikan Mas Ryukin
sumber foto: paxels.com

Ikan Mas Ryukin berasal dari Jepang dan salah satu ikan mas koki yang paling terkenal, karena bentuknya yang lucu. Ciri khas dari Ikan Mas Ryukin ini adalah tubuh pendeknya yang memiliki punuk serta Ikan Mas Ryukin memiliki sirip lebar yang besar.

Ikan Mas Ryukin tergolong dalam salah satu jenis ikan mas koki dengan harga yang cukup mahal, karena sulit ditemukan di Indonesia serta kebanyakan masih impor dari luar negeri.

2. Ikan Mas Koki Black Moor 

Ikan Mas Koki Black Moor 
sumber: aquariumtalks.com

Ikan mas atau gold fish biasa dikenal memiliki warna-warna yang cerah seperti orange atau merah dengan sedikit warna putih. Namun jenis ikan mas koki satu ini berbeda.

Sesuai dengan namanya, Black Moor merupakan ikan mas koki yang berwarna hitam. Namun warna hitamnya ini menjadi salah satu ciri khas ikan mas koki Black Moor, selain itu ikan ini dikenali memiliki mata yang menonjol ke luar.

 

3. Celestial Goldfish 

Celestial Goldfish
sumber: goldfishkeepers.com

Ikan mas koki Celestial atau Celestial Goldfish merupakan ikan mas yang terkenal dengan bentuk kepala cukup unik, hal ini karena matanya menonjol dan berbentuk seperti kepala ikan hiu kepala martil.

Tonjolan mata Celestial Goldfish ini menghadap ke atas serta ia tidak memiliki sirip punggung. Kedua ciri khas tersebut membuat Celestial Goldfish memiliki kemampuan melihat serta berenang yang baik.

 

banner-promo-gramedia

4. Ikan Mas Koki Lion Head 

Ikan Mas Koki Lion Head
sumber foto: theinspirationgrid.com

Ikan mas jenis Lion Head ini merupakan salah satu ikan mas koki terpopuler di Indonesia.

Ikan mas koki Lion Head memiliki ciri khas dari bentuk kepalanya yang memiliki gumpalan-gumpalan seperti buah berry dan bentuk kepalanya tersebut menjadi daya tarik utama ikan mas koki Lion Head.

Lion Head memiliki ekor pendek dan tidak memiliki sirip di atas punggungnya, selain itu Lion Head memiliki perut yang cukup ‘buncit’ atau nampak bulat.

 

5. Bubble Eyes

Bubble EyesJenis ikan mas koki yang berikutnya adalah Bubble Eyes. Sesuai dengan namanya, ikan mas koki satu ini memiliki ciri khas pada bagian matanya yang terlihat seperti balon atau bubble.

Bubble Eyes memiliki tubuh yang cukup ramping, dibandingkan dengan jenis ikan mas koki yang sebelumnya dan tanpa sirip pada bagian atas badan bubble eyes.

Bubble Eyes umumnya memiliki warna tubuh orange atau merah atau kombinasi keduanya, namun tak jarang pula bubble eyes memiliki warna tubuh hitam.

 

6. Shubunkin 

Shubunkin Ikan mas koki berikutnya adalah jenis Shubunkin. Jenis satu ini juga memiliki tubuh ramping, seperti Bubble Eyes, namun Shubunkin memiliki ciri khas pada corak warna di tubuhnya.

Umumnya, Shubunkin memiliki tiga corak warna yaitu orange, putih serta hitam. Komposisi warna dari Shubunkin inilah yang menjadi daya tarik dari Shubunkin. Semakin bervariasi corak warna dari Shubunkin, maka semakin mahal harganya dan semakin diminati oleh pecinta ikan hias.

 

7. Fantail

Fantail Fantail goldfish sesuai namanya jenis ikan mas satu ini memiliki ekor kipas dengan ciri khas ekor ganda yang terlihat seolah terbelah dan berukuran besar, seperti ekor ikan cupang.

Seperti ikan mas koki pada umumnya, Fantail memiliki corak warna orange atau merah dengan sedikit warna putih. Namun ada beberapa Fantail yang berwarna hitam pula.

 

8. Oranda

OrandaJenis Oranda ini sekilas terlihat mirip seperti Lion Head, karena bentuk kepalanya yang hampir sama yaitu memiliki bulat-bulatan atau gumpalan kecil kecil seperti buah berry. Namun, oranda memiliki gumpalan yang lebih kecil dibanding dengan Lion Head.

Oranda memiliki sirip di atas badannya. Gumpalan kepala Oranda ini hanya terdapat pada bagian atas kepala, sedangkan Lion Head memiliki gumpalan di hampir seluruh bagian kepalanya.

Beberapa pecinta ikan mas koki menyebut bahwa gumpalan pada kepala ikan mas koki Oranda terlihat seperti konde dan menjadikan hal tersebut sebagai ciri khas Oranda.

 

9. Mutiara

MutiaraIkan mas koki Mutiara ini memiliki bentuk tubuh yang cukup lucu, karena terlihat bulat seperti mutiara. Ikan mas koki Mutiara memiliki sisik yang menonjol dengan sirip-sirip kecil di bagian atas, samping dan bawah tubuh ikan mas koki Mutiara.

Bentuk bulat seperti mutiara menjadi ciri khas serta pembeda mas koki ini dari jenis mas koki lain. Selain itu mas koki Mutiara memiliki corak warna yang tidak biasa yaitu, hitam dengan corak kuning maupun orange. Walaupun begitu tentu ada ikan mas koki Mutiara yang memiliki warna serta corak umum.

banner-promo-gramedia

10. Ranchu

Ranchu Ikan mas koki memiliki ciri khas pada punggungnya yang sedikit bungkuk. Ikan mas koki Ranchu juga tidak memiliki sirip pada bagian atas badannya. Kepala ikan mas koki Ranchu ini terlihat sama seperti Oranda serta Lion Head, karena memiliki gumpalan kecil disekitar kepala.

Ikan mas koki Ranchu umumnya memiliki warna-warna yang mencolok serta terang dengan bentuk ekor pendek.

 

11. Komet

Komet 

Ikan mas koki komet terlihat mirip dengan ikan mas koki Shubunki. Namun ikan mas koki komet memiliki ciri khas pada sirip yang menonjol serta ekor yang panjang dan biasanya mencapai hingga tiga perempat dari ukuran tubuhnya sendiri.

Ikan mas koki komet ini berasal dari Washington pada tahun 1800-an akhir dan memiliki warna atau corak dengan variasi orange metalik.

 

12. White Telescope

White Telescope Ikan mas koki satu ini memiliki nama yang cukup unik. Penamaan jenis ini tentu saja menggambarkan bentuk atau ciri khas White Telescope yaitu berwarna putih dan memiliki mata menonjol, sehingga terlihat seperti telescope. Panjang White Telescope sendiri bisa mencapai 20 cm.

 

13. Fancy Panda

Fancy PandaIkan mas koki Fancy Panda memiliki corak warna seperti panda yaitu hitam dan putih. Jenis ikan koki satu ini merupakan ikan koki yang langka, dan tentunya memiliki harga yang cukup mahal. Fancy Panda memiliki ciri khas lain selain dari warnanya yaitu tubuhnya berbentuk bulat namun tidak lonjong dan panjang tubuhnya bisa mencapai 20 sampai 30 cm.

Itulah ketiga belas jenis ikan koki mas yang cukup populer di Indonesia. Setiap jenis-jenis ikan mas koki tersebut memiliki ciri khas yang berbeda, seperti warna, bentuk kepala, bentuk mata, arah mata ikan koki, letak sirip, bentuk sirip dan lain sebagainya. Anda perlu mengamati dengan cermat untuk dapat membedakan setiap jenis ikan mas koki agar perawatan yang Anda terapkan pada ikan mas koki Anda tidak salah.

Setelah mengetahui jenis-jenis ikan mas koki, selanjutnya Anda perlu mengetahui cara membudidayakan ikan mas koki atau cara merawat ikan mas koki tersebut. Simak penjelasan berikut ini.

 

Cara Memelihara Ikan Mas Koki 



Memelihara ikan mas koki merupakan salah satu jalan untuk Anda yang memiliki hobi memelihara ikan hias dan memiliki lahan kecil. Membudidayakan ikan mas koki dibilang cukup mudah, namun tentu berbeda cara perawatannya dari jenis ikan yang biasa dikonsumsi. Anda perlu memerhatikan kualitas agar ikan mas koki Anda memiliki warna, bentuk yang cantik dan menarik dibandingkan kuantitas atau jumlah dari ikan mas koki peliharaan Anda.

Berikut beberapa cara untuk memelihara ikan mas koki.

 

1. Menyiapkan akuarium

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan space atau tempat untuk memelihara  ikan mas koki. Siapkanlah akuarium dengan ukuran panjang 80cm, lebar 40cm serta tinggi akuarium 40cm.

Kenapa harus ukuran tersebut? Ukuran akuarium 80 x 40 cm ini dirasa paling ideal untuk memelihara  ikan mas koki, agar Anda tidak kesulitan untuk mengontrol kualitas air akuarium serta rutin melakukan perawatan pada akuarium dan ikan mas koki lebih mudah.

 

2. Memilih jenis ikan

Sebagai pemula, ada baiknya Anda memilih satu jenis ikan mas koki saja untuk dipelihara agar Anda lebih fokus pada perawatan ikan mas koki tersebut, sehingga dapat menghasilkan ikan mas koki dengan bentuk dan warna yang cantik.

Setelah Anda memilih jenis ikan mas koki yang akan Anda pelihara, Anda perlu mengawinkan atau breeding indukan jantan dengan betina dari jenis ikan mas koki yang Anda pilih tersebut.

 

4. Mengenali perbedaan antara jantan dan betina

Langkah ketiga adalah Anda harus mampu mengenali perbedaan antara ikan mas koki jantan dan betina. Hal ini tentu penting agar Anda mampu mengawinkan ikan mas koki Anda.

Ikan mas jantan memiliki tubuh yang lebih ramping dibandingkan dengan ikan mas koki betina. Ikan mas koki betina memiliki tubuh yang bulat. Sirip ikan mas koki jantan memiliki noda atau bercak putih dan memiliki bentuk dubur yang oval serta rata. Sedangkan ikan mas koki betina tidak memiliki bercak putih pada siripnya dan bentuk duburnya bulat serta menonjol.

Selain membedakan antara jantan dan laki-laki, Anda perlu mengetahui kapan ikan mas koki betina siap untuk berkembang biak. Anda dapat melakukan cek dengan cara menekan atau mengurut perut ikan mas koki betina, apabila keluar cairan berwarna kuning, maka ikan mas koki betina Anda sudah siap untuk berkembang biak. Lakukan hal yang sama untuk mengecek kesiapan berkembang biak ikan mas koki jantan, apabila keluar cairan putih maka ikan mas koki jantan Anda siap berkembang biak.

5. Mengawinkan indukan

Setelah mengetahui kesiapan berkembang biak ikan mas koki jantan dan betina, Anda siap untuk mengawinkan ikan Anda.

Caranya adalah dengan menaruh ikan pada akuarium yang telah diberi tanaman eceng gondok. Eceng gondok berfungsi memberikan rasa nyaman pada ikan ketika kawin serta sebagai tempat untuk menaruh telur yang telah dibuahi.

Setelah kawin, ikan mas koki jantan akan membuahi telur yang telah dikeluarkan oleh ikan betina. Hal ini disebut dengan pembuahan eksternal.

 

6. Merawat anakan ikan mas koki

Setelah proses pembuahan selesai, telur ikan mas koki akan menetas dan menjadi larva setelah 2 hingga 4 hari. Apabila ada telur yang tidak menetas, segera ambil telur tersebut agar tidak membusuk dan mengurangi kualitas air.

Setelah telur menetas Anda dapat menggunakan aerator agar jumlah oksigen cukup untuk populasi ikan yang ada akuarium.

Larva ikan mas koki memiliki bulatan kuning yang terlihat seperti kuning telur di area perut. Setelah 4 hari bulatan tersebut akan habis dan Anda perlu memberi makan anakan ikan mas koki dengan telur rebus.

Ingat, Anda perlu memberi makan secukupnya dan mengontrol air dari akuarium. Ikan mas koki adalah jenis ikan yang tidak bisa berhenti atau secara sadar berhenti untuk makan, sehingga sangat penting untuk mengontrol jumlah makanan ikan mas koki.

 

7. Memberi makanan yang tepat untuk ikan mas koki

Anda perlu tahu makanan apa yang tepat untuk dikonsumsi ikan mas koki. Anakan ikan mas koki bisa Anda beri makan jentik nyamuk, kutu air, moina atau daphnia selama satu bulan pertama. kemudian Anda dapat memberikan makanan tersebut sedikit demi sedikit sebanyak 6 kali sehari.

Ikan mas koki yang sudah sedikit besar dapat Anda beri makan cacing darah atau blood worm serta cacing sutra. Sedangkan ikan mas koki dewasa dapat Anda beri pellet dengan protein tinggi serta mengandung vitamin.

Secara singkat itulah keenam cara memelihara ikan mas koki yang dapat Anda terapkan. Keberhasilan memelihara ikan mas koki butuh ketelatenan, ketekunan serta perhatian. Selain menyimak tips serta cara yang telah penulis tuliskan tersebut Anda perlu melatih keterampilan Anda untuk merawat serta membudidayakan ikan mas koki.

Rekomendasi Buku Budidaya Ikan Mas Koki

Panduan Lengkap Merawat & Breeding Maskoki

Harga Rp. 25.000 dalam format ebook

Agar lebih jelas, Anda dapat membaca buku “Panduan LengkapMerawat & Breeding Ikan Mas Koki” karya A. Hery Suyono / B. Sarwono. Buku Panduan Lengkap Merawat & Breeding Maskoki ini berisi pengalaman para praktisi dan profesional, meliputi para pemain maskoki, breeder, dan pencinta ikan maskoki. Secara garis besar, buku ini menyajikan Asal-usul Maskoki, Aneka Strain, Breeding dan Pembesaran, Akuarium & Kolam, Penyakit dan Gangguan Lain, Persiapan Kontes. Plus foto-foto full colour nan menawan. Bagi Anda yang sedang atau hendak menekuni hobi maskoki, buku ini tepat sebagai referensi.

Buku satu ini dalam bentuki e-book yang dapat Anda baca melalui aplikasi e-reader Gramedia Digital.

Kegiatan membudidayakan ikan, baik ikan hias maupun ikan yang akan Anda konsumsi dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda menghabiskan waktu selama masa pandemi ini. Selain menyenangkan, budidaya ikan dapat menambah penghasilan Anda pula. Selamat mencoba!

 

Artikel Lain Terkait Budidaya Ikan Mas Koki

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy